Rekomendasi Plugin Backup WordPress Terbaik [UPDATE]

23 Mar 2022
Rekomendasi Plugin Backup Wordpress Terbaik [UPDATE]

WordPress adalah salah satu platform web builder terbaik yang kaya dengan fitur. Meski begitu, permasalahan seperti server down, virus, malware, atau hack bisa saja terjadi pada website. Jika permasalahan ini terjadi, bisa saja Anda kehilangan semua data website. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, WordPress menyediakan plugin backup WordPress terbaik.

Bukan hanya server down saja, masalah kehilangan data juga dapat terjadi akibat human error. Tentu Anda tidak ingin mengalami kerugian besar akibat hilangnya seluruh data website, bukan? Supaya Anda tidak mengalami kerugian akibat kehilangan data website, ketahui dan pahami pentingnya backup WordPress dan rekomendasi plugin terbaik.

Apa itu Plugin Backup WordPress

Mengapa Backup WordPress Penting?

Apakah Anda sering melakukan backup terhadap seluruh data yang ada dalam situs WordPress Anda? Melakukan backup terhadap seluruh data di website WordPress adalah hal yang penting untuk dilakukan. Backup data sendiri adalah menduplikasi semua data yang ada untuk disimpan di tempat lain sebagai cadangan.

Mengapa melakukan backup data WordPress itu penting? Melakukan pencadangan data website adalah satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kehilangan data. Memang betul data-data dalam website Anda akan tersimpan dalam database server. Akan tetapi, apa yang dapat Anda lakukan jika data hilang akibat terjadinya down server?

Plugin Backup WordPress Terbaik

Tentu saja Anda tidak dapat mengembalikan semua data-data tersebut karena tidak dicadangkan di tempat lain. Bayangkan kerugian yang akan Anda alami ketika semua data situs bisnis atau blog Anda hilang. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk melakukan backup situs WordPress setiap hari atau setidaknya seminggu sekali.

Nah, untuk membantu dalam melakukan pencadangan, Anda dapat menggunakan plugin backup WordPress terbaik. Dengan bantuan plugin backup, Anda dapat melakukan pencadangan WordPress secara manual maupun otomatis dan menyimpannya dalam penyimpanan cloud. Jadi, ketika data hilang Anda dapat mengembalikan semua data tersebut seperti semula.

BlogVault

Rekomendasi Plugin Backup WordPress Terbaik

WordPress sebetulnya menyediakan banyak sekali plugin backup. Setiap plugin tersebut juga memiliki keunggulannya masing-masing. Ada plugin WordPress dengan fitur-fitur canggih berbayar, ada juga plugin backup gratis yang menawarkan fitur-fitur terbaik. Nah, berikut tujuh rekomendasi plugin backup WordPress terbaik untuk website Anda.

1. UpdraftPlus – Plugin Backup WordPress Terbaik

Plugin UpdraftPlus adalah rekomendasi terbaik pertama dari semua plugin backup untuk WordPress. Jika Anda adalah orang yang pelupa, maka UpdraftPlus memiliki fitur backup yang dilakukan secara otomatis dan terjadwal. Sebagai plugin backup WordPress terbaik, UpdraftPlus dapat digunakan secara gratis di situs Anda, lho.

Meski gratis, fitur yang ditawarkan kepada pengguna juga cukup canggih. Anda dapat melakukan pencadangan dan restore semua data dalam situs dalam komputer maupun penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau Amazon S3. Anda dapat meng-upgrade ke versi premium untuk menggunakan fitur lain seperti incremental backup dan enkripsi database.

Plugin Backup WordPress Terbaik

2. BackupBuddy – WordPress Backup Plugin

Ingin mencadangkan data tanpa ribet setting plugin? BackupBuddy dapat menjadi pilihan sebagai plugin backup WordPress terbaik. Penggunaannya yang cukup mudah. Hanya dengan beberapa kali klik pada plugin membuat BackupBuddy menjadi salah satu tool backup terbaik untuk WordPress. BackupBuddy menyediakan versi gratis dan premium dengan beberapa fitur tambahan.

Meski gratis, fitur yang mereka tawarkan juga cukup lengkap. Anda dapat melakukan backup data dalam situs WordPress secara menyeluruh dan mengunduhnya untuk menyimpan di penyimpanan komputer. Selain itu, BackupBuddy juga dapat mencadangkan seluruh data secara otomatis dan restore data apabila data hilang.

3. BackWPup for Backup WordPress

Yang menjadikan BackWPup sebagai plugin backup WordPress terbaik selanjutnya adalah banyaknya pilihan tempat penyimpanan dengan berbagai bentuk file. Sama seperti dua plugin sebelumnya, BackWPup juga dapat melakukan backup WordPress secara otomatis dan terjadwal. Bukan hanya itu, Anda juga dapat mengoptimalkan database dari situs Anda dengan BackWPup.

Anda dapat memasang plugin backup ini pada situs WordPress Anda secara gratis atau berbayar untuk versi premium. Sebetulnya, fitur yang tersedia dalam versi gratis sudah cukup untuk mengamankan semua data dalam situs Anda. Akan tetapi, bila Anda ingin melakukan restore data secara otomatis, maka Anda harus beralih ke versi premium.

Baca juga: 5 Plugin WordPress Terbaik Untuk Toko Online

4. Duplicator – Migrations & Backups

Rekomendasi selanjutnya adalah Duplicator. Yang menjadikan plugin ini hebat adalah dua fitur yang mereka sediakan untuk pengguna. Bukan hanya mampu untuk melakukan backup data WordPress, tetapi Anda juga dapat memindahkan semua data website Anda ke situs lain.

Duplicator memungkinkan para penggunanya untuk melakukan backup WordPress secara otomatis untuk data tertentu saja sesuai kebeutuhan seperti database website, direktori, dan file hanya dengan satu klik. Nah, jika Anda ingin menyimpan di tempat lain maka Anda dapat mengunduh atau mengirimkannya pada penyimpanan cloud dalam bentuk zip.

Plugin Backup WordPress Terbaik

5. BlogVault

Plugin backup WordPress terbaik selanjutnya adalah BlogVault. Berbeda dengan plugin lain yang melakukan backup di server website, BlogVault melakukan pencadangan data website WordPress dari server mereka sendiri sehingga server situs Anda tidak terbebani. Hal ini karena BlogVault merupakan software as a service (SaaS) yang berdiri di luar WordPress.

Backup data WordPress secara manual maupun otomatis yang terjadwal dan menyimpannya selama 90 hari. Menariknya, BlogVault juga dapat melakukan recover website yang mengalami masalah. Selain itu, ada juga fitur staging yang memungkinkan Anda untuk melakukan cloning pada website untuk melakukan pengetesan yang dapat diterapkan langsung pada situs utama.

6. VaultPress – Jetpack Backup WordPress

Jika plugin-plugin sebelumnya dapat Anda gunakan secara gratis, maka untuk plugin yang satu ini Anda harus merogoh kocek untuk membeli paket-paket yang ada. Meski begitu, fitur-fitur yang ditawarkan VaultPress layak untuk diakui sebagai plugin backup WordPress terbaik. Tidak hanya mengamankan file saja, VaultPress juga dapat melindungi situs Anda dari spam.

Anda tidak perlu takut lupa mencadangkan karena VaultPress dapat melakukan backup WordPress secara otomatis setiap harinya (daily). Selain melakukan backup dan restore data, Anda juga dapat melakukan migrasi website ke situs lain. Sehingga, plugin ini memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa situs dalam satu waktu.

Plugin Backup WordPress Terbaik
VaultPress (Jetpack Backups)

7. All in One WP Migration

Rekomendasi plugin backup WordPress terbaik yang terakhir adalah All in One WP Migration. Plugin backup WordPress terbaik yang satu ini adalah plugin dengan tampilan paling sederhana dan juga sangat user-friendly diantara rekomendasi lainnya. Dalam plugin ini, Anda hanya akan menemukan tiga menu utama yaitu Backup, Export, dan Import.

Anda dapat mencadangkan dan mengekspor setiap file yang ada dalam secara manual WordPress ke penyimpanan lokal komputer Anda. Nah, jika sewaktu-waktu situs Anda mengalami masalah maka Anda dapat melakukan restore dari menu Import. Sayangnya, untuk versi gratis plugin ini membatasi jumlah penyimpanan serta pilihan tempat penyimpanan lain seperti cloud.

Fitur Penting dalam Plugin Backup WordPress

Sebelum Anda memilih salah satu dari tujuh rekomendasi plugin backup WordPress terbaik, ada baiknya Anda mengetahui fitur-fitur penting dalam sebuah plugin backup. Dengan mengetahui fitur-fitur penting, Anda dapat memilih plugin backup WordPress sesuai dengan kebutuhan situs Anda. Untuk itu, berikut ini beberapa fitur penting yang harus Anda ketahui.

1. Automated Backup

Fitur pertama yang sebaiknya ada dalam plugin backup WordPress terbaik pilihan Anda adalah automated backup. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pencadangan secara otomatis. Sehingga, Anda dapat terhindar dari masalah akibat lupa mencadangkan. Biasanya, dalam fitur ini dapat diatur untuk melakukan secara terjadwal, baik harian maupun mingguan.

2. Recovery

Selanjutnya, fitur yang harus ada dalam plugin backup WordPress terbaik pilihan Anda adalah recovery. Fitur ini sangat dibutuhkan jika sewaktu-waktu website Anda mengalami masalah baik akibat human error atau down server. Melalui fitur ini, Anda dapat mengembalikan keadaan website Anda seperti semula.

3. Restore

Fitur restore memiliki peran yang penting dalam plugin backup WordPress. Meskipun semua data situs telah tersimpan dengan baik dalam pencadangan, Anda tetap membutuhkan fitur ini untuk melakukan restore data secara otomatis dari server situs Anda. Tanpa adanya fitur ini, Anda harus melakukan restore data secara manual dari penyimpanan cloud atau komputer Anda.

4. Incremental Backup

Tidak semua plugin memiliki fitur incremental backup dalam melakukan backup data WordPress. Keberadaan fitur ini cukup penting untuk meringankan beban yang ditanggung oleh server situs Anda untuk melakukan backup. Melalui fitur ini, semua perubahan file yang ada dapat tersimpan secara otomatis tanpa mencadangkan file sepenuhnya dari awal.

Kesimpulan

Untuk melindungi website Anda dari kerugian akibat kehilangan data, Anda harus rutin melakukan backup data terhadap situs WordPress Anda. Agar proses pencadangan lebih mudah, gunakanlah salah satu dari rekomendasi plugin backup WordPress terbaik di atas. Jangan lupa juga untuk memperhatikan beberapa fitur penting dalam sebuah plugin backup WordPress.

Agar website Anda terhindar dari masalah akibat server down, segera gunakan layanan web hosting dari IDwebhost. Dengan layanan hosting murah atau WordPress hosting, website Anda akan terhindar dari masalah karena IDwebhost selalu memberikan layanan terbaik. Jangan lewatkan berbagai promo menarik dari IDwebhost untuk website Anda dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost

Web hosting, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013