Rekomendasi Plugin Anti Spam WordPress Terbaik [UPDATE]

29 Mar 2022
Rekomendasi Plugin Anti Spam Wordpress Terbaik [UPDATE]

Salah satu masalah yang akan muncul dalam suatu website adalah munculnya spam. Biasanya, spam ini akan muncul pada kolom komentar dalam setiap postingan blog website. Keberadaan spam yang semakin banyak ini dapat berdampak buruk bagi website Anda. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan plugin anti spam.

Keberadaan plugin anti spam ini merupakan kabar baik bagi Anda para pengguna WordPress. Dengan bantuan plugin WordPress ini, Anda dapat menghalau serangan spam yang muncul pada kolom komentar setiap postingan blog. Dengan begitu, Anda dapat mencegah kerugian yang diakibatkan munculnya spam pada website WordPress Anda.

Apa itu Plugin Anti-Spam WordPress

Bahaya Komentar Spam pada Website

Meski tampaknya keberadaan spam pada setiap kolom komentar website Anda hanya mengganggu pengguna, nyatanya keberadaan komentar spam ini dapat membahayakan website, lho. Bahkan, website yang mengandung terlalu banyak komentar spam dapat membuat blog Anda hilang dari peredaran Google. Sangat merugikan, bukan?

Ada beberapa dampak buruk yang diakibatkan oleh munculnya banyak komentar spam pada website Anda. Apa saja dampak buruk tersebut?

  • Menurunkan kredibilitas website, terlalu banyaknya komentar spam pada postingan website, akan membuat kredibilitas situs Anda menurun. Hal ini karena keberadaan spam tersebut dinilai mengganggu kenyamanan para pembaca. Alhasil, pembaca akan melihat bahwa situs Anda kurang kredibel sebagai sumber informasi mereka.
  • Menurunkan peringkat di Google SERP, website yang mengandung banyak komentar spam akan membuat peringkat postingan tersebut turun di mesin pencari Google. Komentar spam yang berada di website Anda ini akan membuat situs semakin tidak optimal dan berat. Alhasil, peringkat website Anda di Google SERP pun semakin menurun.
  • Hilang dari peredaran Google, dampak buruk dari spam yang sangat merugikan website Anda adalah hilangnya situs dari peredaran Google. Sebagai mesin pencari, Google selalu memperbarui algoritmanya agar melindungi pengguna dari situs berbahaya. Nah, bila situs Anda memiliki spam score yang tinggi, maka Google akan menghapus situs Anda.
  • Menurunkan traffic website, apabila peringkat situs Anda semakin turun hingga hilang dari peredaran Google, maka traffic website Anda pun akan semakin menurun. Jika hal ini terjadi, maka kerugian selanjutnya yang dapat terjadi adalah pendapatan dari situs Anda yang semakin menurun pula.

Rekomendasi Plugin Anti Spam WordPress

Untuk menghindari kerugian akibat keberadaan komentar spam pada website Anda, maka penggunaan plugin anti spam adalah solusi terbaik. Dengan plugin anti spam, Anda dapat menyaring, menghentikan, ataupun menghapus segala komentar spam yang muncul di setiap postingan website Anda.

Baca Juga: Apa Itu WordPress? Yuk, Kenalan Dengan WordPess

Ada banyak sekali plugin anti spam di WordPress yang dapat digunakan untuk website Anda. Nah, supaya tidak bingung memilih plugin anti spam mana yang bagus untuk situs WordPress Anda, berikut ini rekomendasi best anti spam plugin di WordPress.

WangGuard

1. Akismet – Best Anti Spam Plugin

Plugin anti spam pertama yang dapat digunakan di situs WordPress Anda adalah Akismet. Plugin ini sebetulnya produk asli dari WordPress yang dibuat oleh tim Automatic. Sehingga, keberadaan Akismet ini sesungguhnya sudah ada secara default pada setiap website WordPress. Akan tetapi, untuk mengaktifkannya, Anda membutuhkan Akismet API key.

Akismet merupakan plugin anti spam terpopuler untuk melindungi situs WordPress Anda dari gangguan. Melalui plugin ini, Anda dapat memeriksa setiap komentar dan juga formulir kontak yang masuk ke situs Anda untuk melakukan penyaringan spam. Anda juga dapat memblokir setiap spam yang masuk ke situs Anda melalui plugin WordPress ini.

Plugin Anti-Spam WordPress Akismet

2. Cleantalk – Plugin Anti Spam WordPress

Salah satu plugin anti spam berbasis cloud terbaik adalah Cleantalk. Plugin WordPress yang satu ini memiliki tampilan yang sederhana tetapi sangat kuat untuk melindungi situs Anda dari spam. Fitur yang ditawarkan Cleantalk kepada para penggunanya pun cukup lengkap untuk menghalau masuknya spam pada website Anda.

Dengan menggunakan Cleantalk, semua komentar yang terdeteksi sebagai spam oleh sistem, maka akan langsung di-blacklist. Selain itu, Anda juga dapat melakukan filter terhadap spam dari toko online Anda, formulir kontak, dan lain-lain. Nah, untuk menggunakan plugin WordPress ini Anda harus membayar sebesar $8 per tahun.

Anti-Spam by CleanTalk

3. Wordfence

Bila Anda ingin mencari plugin anti spam yang gratis, Anda dapat menggunakan Wordfence di situs WordPress Anda. Sebetulnya, Wordfence merupakan plugin keamanan untuk situs WordPress. Nah, salah satu fitur yang mereka tawarkan adalah perlindungan dari spam yang masuk di kolom komentar Anda.

Dengan fitur anti spam ini, Anda dapat melakukan scanning terhadap seluruh file konten, postingan, serta komentar di dalam website. Hal ini dilakukan untuk memeriksa apakah terdapat URL yang berbahaya bagi situs Anda. Nah, karena plugin ini merupakan plugin keamanan, Anda dapat menggunakan fitur perlindungan lain terhadap brute force attack, malicious traffic, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Plugin WordPress

Titan Anti-spam & Security

4. Titan Anti-spam & Security

Ingin memiliki plugin anti spam yang lengkap dengan fitur keamanan lainnya? Mungkin Anda bisa memilih Titan Anti-Spam & Security untuk melindungi situs Anda. Bukan hanya menghalau masuknya spam, Titan Anti-Spam & Security ini juga dapat mengatasi masalah lain dari situs Anda.

Melalui fitur anti spam, nantinya plugin WordPress ini akan melakukan pengecekkan secara terus menerus pada setiap komentar yang ada melalui database spam globalnya. Tidak berhenti sampai disitu, sistem akan melakukan pemeriksaan kembali terhadap komentar yang tidak difilter agar situs Anda tetap aman dari bahaya.

Plugin anti spam
WPBruiser {no-Captcha anti-Spam}

5. WP Cerber

Jika Anda ingin memblokir semua komentar spam secara otomatis, maka Anda dapat menggunakan WP Cerber sebagai plugin anti spam dalam situs WordPress Anda. Menariknya dari plugin ini, mereka dapat mendeteksi setiap komentar spam secara otomatis dan langsung menolak atau memindahkannya ke folder  sampah.

WP Cerber juga memiliki fitur ReCaptcha untuk memblokir spambots yang akan melakukan login, registrasi, perbaikan kata sandi, komentar, dan juga formulir WooCommerce. Bila Anda ingin menggunakannya, plugin ini dapat dipasang secara gratis. Tetapi, untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap seperti proteksi spam berlapis, Anda dapat meningkatkan ke layanan premium.

6. Anti-Spam Bee – Best Anti Spam Plugin

Seperti yang kita ketahui, untuk menggunakan sebuah plugin pada WordPress, Anda harus melakukan aktivasi yang cukup rumit. Nah, kabar baik bagi Anda karena kini Anda bisa menggunakan Anti-Spam Bee tanpa ribet aktivasi. Cukup install Anti-Spam Bee pada situs WordPress Anda dan plugin anti spam ini dapat langsung digunakan.

Baca Juga: Cara Install Google Analytics di WordPress

Fitur yang mereka tawarkan juga cukup lengkap seperti penanganan komentar spam dan trackback tanpa sistem Captcha. Untuk penanganan komentar spam ini sendiri, Anda dapat menggunakan fitur-fitur seperti validate IP address commenters, automatic delete form spam, dan lain-lain. Menariknya lagi, Anda dapat menggunakan semua fitur yang ada secara gratis.

Plugin anti spam
Anti-Spam Bee

7. WP-SpamShield 

Sama halnya dengan hacker, robot spammer juga akan berusaha untuk menembus pertahanan dari sebuah website. Nah, WP-SpamShield dapat mengatasi ini dengan perlindungan berlapis yang mereka gunakan untuk melindungi situs Anda. Setiap robot spammer yang masuk akan menghadapi lapisan pertama yang terdiri dari JavaScript dan Cookies Web.

Lapisan pertama ini dapat memblokir setiap robot spam yang masuk secara otomatis. Bila robot spammer berhasil menembus pertahanan pertama, maka WP-SpamShield akan menghalau menggunakan lapisan kedua yaitu Algorithmic Anti-Spam Layer. Lapisan ini menggunakan ratusan algoritma untuk mendeteksi spam yang ada di kolom komentar.

Plugin anti spam

Kesimpulan

Banyak sekali plugin anti spam yang bagus untuk melindungi situs WordPress Anda. Mulai yang secara khusus memang mengatasi komentar spam hingga yang dapat melindungi situs Anda dari serangan seperti trackback, malware, firewall spam, dan spam jenis lainnya. Penting sekali bagi Anda untuk memasang plugin WordPress ini agar tidak mengalami kerugian.

Jangan sampai situs yang telah Anda bangun susah payah seketika turun peringkat bahkan mungkin hingga rusak akibat tidak aware terhadap bahaya spam. Selain plugin anti spam, Anda juga harus mengoptimalkan website Anda dengan menggunakan layanan web hosting dari IDwebhost.

IDwebhost menawarkan berbagai layanan web hosting dengan pelayanan terbaik untuk mengoptimalkan website Anda. Jangan takut dengan harga yang mahal karena Anda bahkan bisa mendapatkan domain murah dan hosting murah di IDwebhost dengan layanan terbaik. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi laman utama IDwebhost untuk informasi menarik lainnya!

Jangan ketiggalakan juga berbagai promo menarik IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini! 

Promo IDwebhost

Jagoan Web hosting Indonesia, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013