5 Plugin A/B Testing Untuk Optimasi Situs WordPress Anda
Blog Tips Keren

5 Plugin A/B Testing Untuk Optimasi Situs WordPress Anda

Hallo sahabat IDwebhost, Pada Artikel yang akan anda baca kali ini dengan judul 5 Plugin A/B Testing untuk Optimasi Situs WordPress Anda, kami telah membuat artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi bermanfaat didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ini yang kami tulis dapat anda pahami dengan baik. baiklah, selamat membaca. Hal yang paling penting pada saat anda berencana untuk membuat sebuah blog atau website yang baru yaitu dengan mencari tahu siapa sasaran pengunjung blog atau website anda, dan juga konten seperti apa yang sangat diperlukan oleh para pengunjung. Oleh karena itulah anda tentu akan sangat membutuhkan sebuah data yang valid mengenai fungsi dari website atau blog anda.

Semua data tersebut bisa anda dapatkan dengan cara melakukan A/B testing pada blog atau website yang telah anda buat. Apabila anda memilih platform CMS WordPress dalam membuat sebuah website, maka dalam melakukan suatu pengetesan akan menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Dalam artikel kali ini kami akan mengulas mengenai 5 plugin yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan proses A/B testing pada blog atau pada website wordpress anda supaya teroptimasi dengan baik.

Pengertian A/B Testing (Split Testing)

A/B testing merupakan sebuah pengetesan terhadap blog atau website dengan cara meluncurkan dua versi yang berbeda, perbedaan ini bisa berupa konten, desain, atau berupa bagian lain pada website dengan tujuan untuk dapat mengetahui versi atau bagian mana yang dapat memberikan hasil yang paling baik untuk anda.

Dengan anda melakukan pengetesan ini, maka anda bisa menjadi lebih mudah dalam menentukan sebuah keputusan dengan berbasis pada data yang valid. Sebelum anda menjalankan proses A/B testing ini, anda harus menentukan terlebih dahulu mengenai apa tujuan yang ingin anda capai.

Contohnya yaitu seperti untuk menurunkan tingkat bounce rate, meningkatkan konversi penjualan, meningkatkan CTR, atau anda juga bisa ingin meningkatkan ketiga hal tersebut secara sekaligus. ketiga tujuan tersebut merupakan bagian yang terpenting untuk memulai sebuah pengujian terhadap web atau situs wordpress anda.

 

plugin a / b wordpress
IDwebhost

 

Baca Juga : Plugin SEO Yoast All In One yang Terbaik

Berikut ini adalah 5 plugin A/B testing untuk situs WordPress anda, diantaranya yaitu :

1. Simple Page Tester

Simple Page Tester memungkinkan Anda untuk bisa melakukan Split Testing pada situs WordPress anda tanpa harus mengubah kode pada situs Anda. Plugin ini dirancang sederhana dengan tiga tahap proses, yaitu :

  1. Edit halaman yang ingin dilakukan A/B testing.
  2. Klik Setup Split Test dan edit variasi.
  3. Klik Declare Winner.

Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai efek split testing pada SEO karena pengetesan yang dijalankan akan dianggap sementara oleh Google.

2. Marketizator

Selanjutnya ada plugin Marketizator yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengujian split testing dan survey online guna untuk mengetahui apa yang diinginkan visitor atau pengunjung web serta membuat banner dengan pesan yang relevan sesuai dengan pengunjung website Anda. Anda pun tidak memerlukan pengetahuan teknis untuk bisa menggunakannya. Yang anda perlukan hanya membuat akun, dan memulai instalasi, serta menyalin tracking code ke dalam plugin.

Berbekal plugin ini, Anda akan dengan mudah untuk mengubah pengunjung menjadi calon pelanggan atau pembeli produk/jasa yang Anda jual melalui website. Menariknya lagi, plugin ini bersifat free atau gratis digunakan bagi Anda yang memiliki situs hingga maksimal 10.000 pengunjung/bulan.

3. Engagement Grower

 

plugin engagement grower
IDwebhost

 

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan supaya para pengunjung suka berlama-lama berada di situs Anda. Salah satu caranya yaitu dengan menambahkan fitur related post/postingan terkait pada bagian bawah artikel. Untuk membuat fitur related post, Anda dapat menggunakan plugin wordpress bernama Engagement Grower. Plugin ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui related post mana yang paling disukai oleh pengunjung.

4. Nelio AB Testing

Nelio AB Testing merupakan plugin yang memiliki banyak fitur yang berguna untuk melakukan berbagai macam pengujian pada web Anda. Beberapa hal di antaranya misalnya seperti menentukan, mengatur, dan melacak split testing yang Anda lakukan.

Segalanya perlu Anda lakukan pengujian tanpa terkecuali. Anda dapat menguji pilihan nama, gambar, dan deskripsi produk yang dijual. Selain itu, Anda juga dapat memastikan apakah tombol yang ada telah berfungsi dengan baik, hingga tindakan pengunjung setelah mengunjungi landing page apakah langsung menuju ke halaman daftar harga atau tidak. Hingga Efek pada tindakan pengunjung ketika Anda mengganti background pun dapat Anda ketahui dari sini.

5. Plugin A/B Image Optimizer

 

plugin image optimizer
IDwebhost

 

Bagi Anda yang ingin melakukan pengujian pada featured image mana yang lebih menarik perhatian para pengunjung, Anda dapat mencoba Plugin A/B Image Optimizer ini. Seperti yang telah Anda ketahui, gambar merupakan faktor yang cukup penting pada sebuah web, terutama untuk jenis web e-commerce. Plugin ini dapat membantu Anda dalam melakukan pengujian dengan dua jenis featured image pada postingan, halaman, dan produk WooComerce.

Baca Juga : Plugin Keamanan Terbaik Untuk Situs WordPress Anda

Kesimpulan

Membangun situs untuk bisnis dengan platform CMS WordPress memang sudah sangat dimudahkan. Mulai dari tampilan, tema, plugin sampai dengan tools mengoptimasinya. Tetapi tetap saja yang dicari oleh semua pemilik situs WordPress adalah kecepatan dan keamanan pada situs. Tidak bisa dibayangkan saat situs bisnis anda mengalami akses yang lambat atau bahkan data customer menjadi rawan hilang. Apa yang akan para pengunjung pikirkan nantinya? Tentu saja bisnis kita terkesan menjadi tidak profesional bukan?

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengoptimasi kecepatan dan keamanan situs adalah dengan menggunakan layanan hosting yang terpercaya dan telah dipakai oleh banyak orang. Di indonesia sendiri banyak sekali penyedia/provider hosting yang murah dan berkualitas, tetapi bagaimana cara kita mengetahui sebuah provider yang terpercaya dan bagus? Mudah saja, anda tinggal hanya melihat dari halaman testimoni provider tersebut. Maka anda dapat menemukan provider hosting yang tepat untuk situs anda.

IDwebhost merupakan penyedia layanan domain dan hosting berkualitas yang sudah dipercaya oleh lebih dari 100 ribu pelanggan baik dari indonesia sendiri maupun dari luar negeri. Selain itu, kami juga melayani jasa pembuatan website, jasa promosi online atau marketing online, jasa pembuatan toko online jenis apapun, dan lain sebagainya.

Kami akan terus membagikan artikel mengenai informasi pengembangan bisnis terbaru untuk membantu kesuksesan bisnis online anda. Maka dari itulah pantau terus blog IDwebhost kami ya. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau pendapat anda, bisa anda tulis di kolom komentar dibawah ini. Oiya jangan lupa untuk subscribe kami dengan email anda supaya anda bisa menerima artikel terbaru dari kami melalui email anda! Semoga bermanfaat tetap semangan dan sukses selalu!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.