8 Platform CMS Toko Online Terbaik 2018

19 Mar 2019
8 Platform CMS Toko Online Terbaik 2018 campaign-unlimited

Ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk membuat toko online pribadi, seperti memproses pembayaran, menghadapi klien, dan mengelola inventaris. Namun, sebelum melakukan itu semua, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih Platform CMS toko online yang tepat agar bisnis Anda bisa segera diperkenalkan melalui internet.

8 Platform CMS Toko Online Terbaik 2018

Dengan anda memilih dan menggunakan CMS terbaik untuk toko online akan memudahkan proses pembayaran dan bahkan di saat Anda harus menangani inventaris. Di artikel ini, kami akan membahas beberapa kriteria penting yang bisa Anda jadikan acuan untuk memilih CMS toko online yang tepat. Kami juga akan membahas sistem manajemen konten yang paling banyak digunakan.

Berikut daftar 8 Platform CMS Terbaik 2018 untuk Online Shop

  1. WooCommerce
  2. PrestaShop
  3. Magento
  4. OpenCart
  5. AbanteCart
  6. osCommerce
  7. CubeCart
  8. Open Real Estate

Jika Anda baru membuat toko online, jangan khawatir karena semua script di atas bisa diinstall hanya dengan sekali klik. Segera pesan paket web hosting di layanan kami !

Daftar Isi Artikel

  • Apa Saja Kriteria yang Harus Anda Ketahui dan Pertimbangkan Saat Memilih
  • Platform CMS untuk Toko Online ?
  • Perbandingan 8 Platform CMS Toko Online
  • Kesimpulan

Kriteria Apa Saja yang Harus Anda Ketahui dan Pertimbangkan Saat Memilih Platform CMS untuk Toko Online ?

Jika anda ingin mendapatkan uang di internet, memanfaatkan situs e-commerce merupakan salah satu langkah yang tepat. Di e-commerce, Anda bisa membuka toko online lalu menjual produk atau layanan via internet. Anda bisa mengonlinekan bisnis di e-commerce sesegera mungkin.

Platform e-commerce yang baik dan berkualitas akan menyediakan opsi manajemen inventaris, memudahkan Anda memproses pembayaran, dan membuat laporan penjualan. Tiga poin ini merupakan hal paling mendasar terkait ecommerce. Berikut ini beberapa kriteria lain yang patut dipertimbangkan saat Anda mencari platform CMS ecommerce terbaik :

Kategori Produk

Ini akan Memudahkan Anda membuat kategori produk. Jika Anda berencana  menjual lebih dari satu jenis item, maka penting untuk mengatur semuanya agar tetap rapih. Adaya pilihan kustomisasi halaman produk. Pastikan CMS toko online yang dipilih memudahkan Anda dalam membuat halaman yang menarik dan informatif bagi tiap produk.

Fitur Sales dan Diskon

Setiap orang pasti menyukai sales atau harga diskon. Fitur ini bisa menaikkan pamor dan popularitas bisnis produk Anda. Dengan Menawarkan beragam metode pembayaran. Setiap orang memiliki metode pembayaran berbeda-beda. Jadi, penting bagi Anda untuk menyertakan toko online dengan banyak pilihan cara pembayaran.

Memberikan informasi analytics

Semakin Anda mengenal dan mengetahui perilaku pelanggan, maka semakin besar pula peluang  Anda untuk mengoptimalkan dan menaikkan konversi. Meskipun membuat toko online sekarang ini mudah, itu bukan berarti semua platform ecommerce memberikan kemudahan yang sama. Sebagai contoh, platform CMS e-commerce yang cocok untuk perusahaan startup tidak mungkin akan sesuai untuk orang pribadi yang mengelola bisnis online sendiri.

Karena itulah, Anda harus melakukananalisa sehingga bisa mendapatkan CMS terbaik untuk toko online.

Perbandingan 8 Platform CMS Toko Online

Kami akan membahas kelebihan dan kekurangan dari masing- masing CMS e-commerce. Pada sub-bab ini pula, kami akan membantu Anda dalam memilih mana platform e-commerce terbaik yang mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan Anda. Harap diingat, platform e-commerce yang akan kami bahas merupakan self-hosted CMS sehingga untuk mengaktifkannya, Anda memerlukan provider hosting !

1. WooCommerce

woocommerce toko onlie
idwebhost

Platform CMS toko online – WooCommerce

WooCommerce adalah plugin yang diaktifkan di platform WordPress, Sistem Manajemen Konten terpopuler (CMS). Plugin ini menambahkan fitur e-commerce ke platform WordPress. WooCommerce menjadi salah satu pilihan e-commerce favorit kami karena dashboard WordPressnya cukup intuitif bagi pemula yang ingin mempelajari dengan cepat. Kombinasi antara WordPress dan fitur e-commerce yang user friendly menjadikan platform terbaik bagi usaha online Anda.

Kelebihan :

  • Menggunakan Platform CMS WordPress untuk membuat toko online.
  • Menggunakan ekstensi dan tema CMS WooCommerce yang dedicated untuk memodifikasi dan mengelola toko online.
  • Memilliki komunitas pengguna WordPress yang besar.

Kekurangan:

  • Membutuhkan banyak ekstensi jika menginginkan tambahan fungsionalitas tingkat lanjut.
  • Jika Anda hany mencari CMS online shop yang simpel dan mudah digunakan, maka WooCommerce adalah jawabannya.

2. PrestaShop

prestashop toko onlie
idwebhost

Platform CMS untuk toko online – PrestaShop

Tujuan utama dari CMS e-commerce ini yaitu memudahkan Anda dalam membuat toko online dengan tampilan yang menarik serta profesional secepat mungkin. Mudah digunakan, keunggulan lain dari PrestaShop yaitu adanya sejumlah fitur yang pastinya akan membuat Anda terkagum. Fitur-fitur itu, misalnya manajemen produk yang powerful, beragam pilihan pembayaran, checkout yang bisa dimodifikasi, dan lainnya. Bahkan ada fitur PrestaShop yang memungkinkan Anda untuk mengetahui pajak produk.

Kelebihan :

  • Pengaturan manajemen produk yang bagus.
  • Beragam pilihan metode pembayaran.
  • Fitur checkout yang bisa dimodifikasi.
  • Menggunakan fitur analytics untuk mendapatkan informasi tentang perilaku klien atau pelanggan Anda.
  • Pertanyaan atau permintaan bantuan yang langsung ditangani di dalam platform CMS.
  • Memberikan informasi soal pajak barang.

Kekurangan :

  • Anda harus memahami sebagian besar learning curve untuk menginstall dan mengaktifkan fitur.
  • Seperti yang anda ketahui, kami menyukai PrestaShop. Bahkan kami berani bilang kalau CMS toko online ini merupakan platform ecommerce terbaik bagi pengguna pemula, di samping WordPress.
  • PrestaShop menyediakan dua jalan yang berbeda sehingga ada baiknya untuk mengetes masing-masing supaya Anda bisa tahu mana yang harus digunakan dan mana yang tidak perlu.

3. Magento

magento toko onlie
idwebhost

Platform CMS terbaik untuk toko online – Magento

Untuk target bisnis yang berskala besar CMS Magento adalah yang terbaik. Juga soal fleksibilitas, Magento lebih unggul dibandingkan dengan platform e-commerce lain. CMS ini merupakan platform powerful untuk toko online berskala kecil maupun besar. Tapi untuk menggunakan Magento, Anda harus memahami tentang pengembangan web. Magento juga memiliki banyak fitur seperti fitur Optimasi Mesin Pencari (SEO), fitur keamanan, serta banyak tema dan plugin yang bisa Anda manfaatkan.

Kelebihan :

  • Platform e-commerce yang dapat di-scaling sehingga sangat sesuai untuk toko online besar.
  • Sudah ada fitur SEO dan keamanan bawaan.
  • Mampu mengelola berbagai macam mata uang dan rate pajak.
  • Terintegrasi dengan hampir semua jenis pembayaran.

Kekurangan :

  • Platform CMS ini memiliki learning curve yang sulit.
  • Tidak mudah dalam mengelola Magento, Apalagi jika Anda belum memiliki pengalaman di bidang web development.
  • Magento adalah CMS e-commerce terbaik untuk perusahaan startup (pemula).
  • Platform ini memiliki banyak sekali fleksibilitas dan fitur e-commerce yang sangat dibutuhkan toko online Anda. Magento merupakan pilihan yang tepat bagi perusahaan yang mempekerjakan in-house developer.
  • Sayangnya, CMS toko online ini bukan pilihan yang tepat bagi pemula atau bagi Anda yang mencari platform simpel untuk mengawali pembuatan bisnis skala kecil.

4. OpenCart

opencart toko onlie
idwebhost

Platform CMS online shop – OpenCart

Keunggulan utama CMS OpenCart terletak pada dashboardnya. Dashboard OpenCart bersifat intuitif, memiliki tampilan yang modern, serta menyediakan informasi yang Anda butuhkan untuk menaikkan performa toko online. Mengkustomisasi store OpenCart semakin mudah karena adanya sistem modul platform. Meskipun tidak seintuitif page builder yang terbaru, sistem modul tersebut membantu Anda dalam membuat toko online.

Kelebihan :

  • Sangat mudah digunakan jika dibandingkan dengan PrestaShop dan Magento.
  • Memiliki fitur SEO bawaan default.
  • Support untuk ekstensi dan tema.

Kekurangan :

  • Fitur bawaan yang dimiliki tidak sebanyak platform lain.
  • Berbagai tema OpenCart sepertinya sudah tidak update.
  • OpenCart merupakan pilihan terbaik jika Anda mencari platform yang mudah digunakan serta proses membuat websitenya juga tidak sulit.

5. AbanteCart

abantecart toko onlie
idwebhost

Platform CMS ecommerce – AbanteCart

AbanteCart unggul pada interface atau software antarmuka, AbanteCart memang bukan pilihan tercepat. Namun, CMS ini merupakan pilihan yang paling tepat bagi pengguna pemula. AbanteCart memberi kemudahan bagi user jika ingin menambahkan produk baru ke toko melalui halaman dashboard. Prosesnya cuma 2 langkah dan simpel. Tetapi Kumpulan tema dan ekstensinya tidak terllau banyak.

Kelebihan :

  • Memiliki halaman dashboard yang intuitif sehingga cepat dalam membuat toko online.
  • Menambahkan produk baru yang mudah cuma dalam hitungan menit.
  • Fitur SEO bawaan default.
  • Menawarkan plugin dan tema tidak terlalu banyak.

Kekurangan :

  • Komunitas AbanteCart tidak besar.
  • Tema dan plugin masih terbatas.

6. osCommerce

oscommerce toko onlie
idwebhsot

Platform CMS toko online – osCommerce

osCommerce ini mudah untuk dikelola dan dijalankan untuk toko online pertama anda. Ketika baru pertama kali dijalankan, akan terlihat tampilan dashboardnya sedikit usang. Meskipun demikian, dashboard osCommerce menawarkan fungsi standar dan tingkat lanjut, mirip seperti yang dimiliki AbanteCart. Keunggulan lain yang ada di osCommerce adalah komunitas yang aktif serta koleksi ribuan add-ons dan tema. Anda pun bisa mengelola dan memodifikasi toko online dengan mudah. Platform ini cocok untuk toko online sederhana.

Kelebihan :

  • Dengan osCommerce, membuat toko online lebih mudah dan cepat.
  • Platform ini menyediakan ribuan jenis add-ons dan tema gratis.
  • Komunitas usernya besar serta siap membantu Anda jika menemukan masalah.

Kekurangan :

  • Platform CMS tidak melakukan scalling sehingga tidak cocok untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis berskala besar.
  • Dashboard telihat sudah outdated.
  • Platfom osCommerce cocok bagi Anda yang ingin membuka toko online sederhana. Hanya saja, jika katalog produknya bertambah, CMS ini mulai kehilangan performanya. Hal ini bisa disebabkan karena  performa hosting yang buruk atau ketidaksesuaian tema dengan platform.

Baca Juga : Mengenal E-Commerce, Penjelasan Tentang Marketplace dan Toko Online

7. CubeCart

cubecart toko onlie
idwebhost

Platform CMS untuk toko online – CubeCart

CMS toko online ini menawarkan banyak fitur yang Anda butuhkan untuk membuat situs ecommerce, dari manajemen produk sampai tracking penjualan. Anda juga bisa juga membuat basic newsletter di CubeCart untuk kemudian dikirimkan ke client atau pelanggan Anda. Newsletter merupakan salah satu cara terbaik untuk menaikkan penjualan. CubeCart menyediakan tool untuk mengedit gambar seperti cropping dan mengatur ulang ukuran gambar. Plugin dan tema tidak banyak tapi sudah cukup untuk toko online skala kecil sampai medium.

Kelebihan :

  • Platform yang mudah digunakan dan menyediakan banyak fitur.
  • Memungkinkan Anda mengirimkan newsletter ke pelanggan lama.
  • Mengedit gambar dari admin panel.
  • Menyediakan ekstensi yang bisa digunakan untuk mengustomisasi toko online.

Kekurangan :

  • Kumpulan ekstensinya tidak begitu banyak.
  • Kami cukup terkejud dengan apa yang ditawarkan oleh CubeCart. CMS untuk toko online ini menyediakan banyak sekali fitur berkualitas yang belum tentu ada di platform lain. Meskipun pilihan ekstensinya terbatas, kami tetap merekomendasikan CubeCart sebagai salah satu CMS online shop terbaik jika Anda hendak membangun bisnis skala kecil.

8. Open Real Estate

open real estate toko onlie
idwebhost

Platform CMS online shop – Open Real Estate

CMS toko online terakhir adalah  Open Real Estate yang difokuskan untuk pembuatan website real estate. Dengan Open Real Estate, Anda bisa menambahkan daftar real estate yang hendak dijual atau disewakan dalam berbagai pilihan mata uang. Selain itu, CMS toko online ini juga menyertakan fungsionalitas pencarian yang handal yang memungkinkan calon pelanggan untuk memfilter properti yang Anda tawarkan.

Kelebihan :

  • Memudahkan Anda dalam membuat website yang ditujukan khusus untuk real estate.
  • Mengatur berbagai pilihan mata uang untuk properti yang hendak dijual atau disewakan.
  • Membuat halaman produk untuk tiap-tiap properti.
  • Menyediakan fitur pencarian untuk memudahkan visitor memfilter properti yang ditawarkan.
  • Menyediakan modul dan tema untuk memodifikasi website.

Kekurangan :

  • Sebagian besar modul premium atau berbayar.
  • Platform ini didesain secara khusus untuk real estate. yang berarti Anda tidak bisa menggunakannya untuk membuat website lain.
  • Platform toko online yang khusus di bidang real estate tidak begitu banyak dan bisa dibilang jarang. Kesempatan bagi anda jika anda menerima orderan pembuatan website real estate dengan memanfaatkan platform gratis ini dan akan menguntungkan anda.

Kesimpulan

Kini membuat toko online sudah dimudahkan. CMS terbaik untuk toko online siap membantu Anda membuat bisnis online hanya dalam hitungan jam bahkan menit. WooCommerce merupakan kandidat CMS toko online terbaik untuk bisnis sederhana. Namun, itu tergantung kebutuhan anda.

Bagaimana pendapat Sahabat IDwebhost tentang platform CMS toko online terbaik ? Tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini !