Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Pindah Dari Shared Hosting Ke Dedicated Server
Blog Tips Keren

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Pindah Dari Shared Hosting Ke Dedicated Server

Shared hosting menjadi sebuah pilihan hosting andalan bagi mereka yang ingin membuat sebuah website dengan harga terjangkau. Sayangnya ada beberapa hal yang perlu anda pahami dalam memilih web hosting tipe shared tersebut. Disini anda akan melihat bahwa web hosting ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya mungkin bisa membantu anda membuat web dalam waktu singkat, serta harga yang murah. Tapi kekurangannya karena tipe-nya adalah sharing maka anda harus berbagai server dengan banyak orang lain. Dengan kata lain shared hosting akan menyediakan kepada anda spesifikasi yang mungkin kurang maksimal jika dibuat website dengan fitur besar. Tapi kalau anda menemukan tanda-tanda dibawah ini di shared hosting yang digunakan, itu artinya sudah saatnya untuk beralih ke web hosting yang lain.

Shared Hosting Terlalu Sering Downtime

Shared hosting menjadi sebuah pilihan hosting andalan bagi mereka yang ingin membuat sebuah website dengan harga terjangkau.
idwebhost

Jika anda sudah melihat tanda-tanda bahwa shared hosting sering downtime, maka hal ini adalah sebuah sinyal untuk segera pindah ke dedicated server. Kenapa? Karena dedicated server akan memberikan kepada anda kemudahan server yang tidak mudah downtime. Selain itu, jika web yang dimiliki punya persentase downtime yang sering itu juga akan memicu rangking SEO semakin turun dengan cepat. Jadi supaya rangking SEO tidak cepat turun, yang harus anda lakukan adalah menjaga web tetap stabil dan tidak downtime. Yaitu dengan memilih dedicated server yang membantu anda punya web server yang independen atau bisa anda gunakan sendirinya. Jika ini dibiarkan begitu saja, maka lama-lama rangking SEO anda akan bisa turun dan imbasnya adalah visitor yang ada di web anda pun semakin melemah.

Sering Mengalami Error Establishing Data Connection

Shared hosting juga akan memberikan masalah signifikan apabila sering memunculkan halaman error establishing data connection. Disini anda akan melihat website tersebut menjadi sering bermasalah. Pemicunya antara lain plugin bermasalah dan juga beberapa masalah lain dalam server. Tapi hal tersebut tidak dipungkiri bisa terjadi karena banyaknya traffic yang ada didalamnya. Disitu anda akan melihat bahwa banyak orang  yang datang ke server tipe shared ini. Satu server dengan spesifikasi khusus dibagi digunakan untuk banyak orang. Kalau sudah demikian, anda pun pastinya akan lebih mudah merasakan sendiri semua yang anda inginkan didalamnya. Bagaimana rasanya berada di server yang sering dibagi semacam ini. Apakah merepotkan atau tidak untuk web anda? Mungkin kalau buat website portofolio saja tidak merepotkan, tapi bagaimana dengan website yang besar?

Internal Server Error Yang Tiada Henti

Sesekali internal server error di shared hosting tidak masalah, tapi bagaimana jika persentase mengalami error ini cukup sering? Sudah pasti anda akan merasakan banyak masalah yang signifikan. Disini anda akan melihat bahwa penyebabnya adalah banyaknya kesalahan pada file htaccess dan juga berbagai kesalahan izin lainnya. Yang terparah adalah karena penggunaan resource yang ada di server terlalu berlebihan. Hal ini tentunya bukan sesuatu yang mengejutkan karena memang server ini dibuat untuk dibagi dengan banyak orang. Kalau anda sudah sangat sering mengalami hal ini, tentu akan mempersulit aktivitas dalam membangun web yang terbaik. Jika sudah demikian, solusinya hanya satu, anda sebaiknya segera pindah saja ke dedicated server dan memaksimalkan potensi website dengan segera.

Tiba-Tiba Website Mengalami Suspend

Shared hosting menjadi sebuah pilihan hosting andalan bagi mereka yang ingin membuat sebuah website dengan harga terjangkau.
idwebhost

Yang paling tak terduga dalam masalah shared hosting ini adalah tiba-tiba web anda mengalami suspend. Disini anda akan melihat bahwa suspend tersebut terjadi karena hal yang tak diketahui. Tapi jika melihat dari alasan umum, website anda disuspend karena melanggar aturan yang ada dii jasa hosting domain yang digunakan. Sayangnya hal tersebut bisa juga terjadi karena anda terlambat dalam pembayaran perpanjangan hosting. Tapi terkadang meski anda sudah membayar pun, tetap saja peluang terkena suspend tak terduga ini bisa datang tanpa anda sangka sebelumnya. Jika sudah demikian, anda harus bolak-balik konfirmasi ke pihak jasa domain terkait supaya masalah shared hosting ini bisa teratasi. Tapi mau sampai kapan anda seperti itu? Apakah ini bisa memberikan rasa nyaman bagi anda? Bukankah anda ingin membangun website dengan mandiri tanpa mengalami kendala-kendala yang tak penting semacam ini.

CS Menyediakan Pelayanan Sesuai Harga Yang Anda Bayarkan

Shared hosting adalah layanan hosting dengan biaya yang terjangkau. Jadi tidak usah heran jika anda mendapatkan layanan yang sesuai harga yang dibayarkan. Kalau anda ingin mendapatkan layanan yang lebih banyak, maka harga yang anda berikan pun juga harus lebih mahal. Tentu saja semua fitur terbaik akan tersedia di layanan server dengan fasilitas yang mumpuni didalamnya, salah satunya adalah dedicated hosting. Percuma saja anda berdebat atau merayu CS agar memberikan anda layanan lebih kalau nanti jawabannya adalah anda harus upgrade paket. Memang kenyataanya harus seperti itu. Anda pun juga akan melihat terkadang CS susah dihubugi. Tapi jangan salahkan penyedia jasa tersebut. Coba pikirkan baik-baik dalam benak anda, berapa uang yang sudah anda keluarkan? Kalau layanan yang dipilih adalah yang tipe murah, apakah anda berhak mendapatkan lebih banyak? Tidak, kan!

Website Lambat Laun Semakin Besar, Shared Hosting Tak Mampu Lagi Menampung Database Anda

Shared hosting memberikan spesifikasi yang terbatas, jadi jangan heran kalau nanti database web anda sudah tak mencukupi lagi disini. Anda tak perlu khawatir karena ini bukanlah akhir dari segalanya. Jika anda ingin benar-benar mendapatkan layanan hosting yang terbaik, sudah pasti solusinyaa adalah memilih hosting yang lebih baik dari tipe ini. Anda bisa beralih ke dedicated hosting, VPS hosting, atau Cloud Hosting. Dengan pemahaman yang baik tentang hosting apa yang sebaiknya digunakan anda akan bisa lebih efisien dalam memilih jasa hosting domain yang diinginkan. Sudah pasti ini juga akan mencegah anda dari mengalami kendala paada saaat membangun website tersebut.

Baca Juga: Perbedaan WordPress.Com Dan WordPress.Org

Situs Anda Terlalu Lemot dan Tidak Responsif

Shared hosting menjadi sebuah pilihan hosting andalan bagi mereka yang ingin membuat sebuah website dengan harga terjangkau.
idwebhost

Shared hosting menyediakan kecepatan situs yang memang bisa kurang memadai. Kenapa? Karena servernya saja dibagi dengan pihak lain. Contoh kecilnya jika server itu dipakai untuk sepuluh orang, maka anda hanya mendapatkan kekuatan server 1/10 saja. Ini tentunya jumlah yang sangat kecil sekali dan juga menyusahkan bagi anda. Apabila anda ingin membuat situs yang dimiliki menjadi lebih baik dan mudah digunakan, sudah pasti cara terbaik melakukannya adalah dengan berpindah ke dedicated hosting. Disinilah akan semakin banyak kemudahan dan keuntungan yang akan bisa anda peroleh dengan mudahnya.

Itulah beberapa pertanda yang bisa menjadi sinyal untuk berpindah dari shared hosting ke dedicated hosting. Dengan adanya cara tersebut, sudah pasti anda akan mampu menciptakan sebuah website terbaik yang anda butuhkan didalamnya. Tak hanya itu saja, anda pun juga akan mampu menciptakan sebuah situs istimewa yang akan memberikan kepada anda banyak fitur terbaik.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.