6 Tanda Anda Harus Pindah Layanan VPS
Blog Tips Keren 6 Tanda Anda Harus Pindah Layanan VPS

6 Tanda Anda Harus Pindah Layanan VPS

Pemilik website sebaiknya harus tahun kapan harus pindah layanan VPS agar lebih aman. VPS (Virtual Private Server) ini bisa Anda kolola sendiri dan kemungkinan besar Anda juga bisa mengkonfigurasikan semuanya asal Anda tahu cara melakukannya. Server VPS selalu memberikan kebabasan penuh terkait pengaturan pembatasan resource dan apa yang dapat Anda konfigurasikan.

Beberapa tanda Anda harus pindah layanan VPS tentunya harus dipahami khususnya Anda yang mengelola website untuk bisnis online. Untuk memberikan keamanan yang maksimal, VPS sangatlah penting. VPS hosting merupakan salah satu layanan hosting yang paling banyak digunakan untuk mengonlinekan sebuah website. Jenis hosting seperti ini biasanya menggunakan teknologi virtualisasi yang menyediakan resourse dedicated (pribadi) di server meskipun digunakan oleh lebih dari satu user.

VPS hosting biasanya lebih dibutuhkan bagi pemilik situs web yang websitenya sudah memperoleh jumlah traffict tinggi. Bahkan hal tersebut sudah melampaui batas yang disarankan oleh paket shared hosting. Banyak pengemban wesbite yang sudah beralih ke VPS hosting karena merupakan pilihan yang lebih aman dan lebih stabil jika dibandingkan dengan shared hosting karena Anda tidak perlu lagi menggunakan ruang server yang dedicated.

Seiring dengan kemajuan zaman tentunya banyak orang yang ingin lebih praktis. Di zaman dulu memang sistem admininstrator secara tradisional hanya memiliki satu server fisik dan hanya digunakan untuk satu tujuan saja. Sedangkan untuk virtualisasi sendiri menawarkan kemudahan untuk menghosting beberapa server pada satu server fisik.

layanan vps

Akan tetapi hal ini berbeda dengan VPS hosting yang kini menggunakan teknologi virtualisasi, hosting provider menginstall layer virtual di atas  sistem operasi dari server. Layer ini nantinya akan membagi server ke partisi dan memungkinkan setiap user untuk menginstall sistem operasi dan software. Itulah mengapa virtual private server bersifat virtual dan juga private karena Anda lah yang memiliki kendali penuh atas semuanya.

Apa Saja Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih VPS?

Bagi Anda yang tahu bagaimana cara mengelola website dengan baik tentu memiliki beberapa pertimbangan sebelum memilih VPS. Pada umumnya penyedia layanan server selalu memberikan spesifikasi yang berbedap-beda dan Anda bisa memilih spesifikasi yang ditawarkan. Agar tidak sia-sia dalam memilih VPS yang akan digunakan, maka Anda harus memberhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk memilih VPS.

Pertimbangan sebelum memilih VPS

1.Sesuaikan Dengan Rencana

Ini sangat penting dan wajib menjadi pertimbangan utama dalam memilih VPS. Di sini Anda bisa mempertimbangkan apakah ada kemungkinan sistem akan membutuhkan sumber daya yang tinggi dalam waktu dekat atau tidak. Perencanaan seperti ini sangat penting untuk menentukan proses migrasi yang mungkin dilakukan. Hal tersebut untuk mengantisipasi agar nantinya migrasi lebih mudah mengingat VPS akan lebih rumit jika dibandingkan dengan shared hosting.

2.Perhatikan Sistem Operasi Yang Tersedia

Sistem operasi juga menjadi pertimbangan yang sangat penting. Jika sistem yang ingin dipasang lebih maksimal menggunakan windows, maka Anda harus menggunakan windows juga. Sebagai informasi, sekarang ini penyedia VPS windows semakin jarang karena lebih banyak yang menyediakan VPS dengan linux.

3.Hardisk Yang Digunakan

Jika dilihat sekarang ini memang sudah banyak penyedia VPS yang menggunakan SSD untuk mendukung server yang mereka sediakan. HDD juga sangat penting untuk dipertimbankan. Beberapa kasus yang dialami adalah kapasitas disk space yang kecil sedangkan kebutuhan website atau sistemnya  lebih besar. Hal tersebut hanya akan menyebabkan VPS ditangguhkan lantaran penyedia layanan yang sudah overload.

4.Backup

Beberapa orang yang menggunakan layanan  VPS ternyata tidak melakukan backup secara berkala sehingga data-data penting seringkali hilang. Hal ini akan berakibat khususnya bagi Anda yang sedang mengelola bisnis online. Ini juga bisa menjadi pertimbangan buat Anda yang ingin memilih layanan VPS sebaiknya pilih yang menyediakan layanan backup secara berkala agar data-data penting tetap aman.

layanan vps

5.Pemilihan Lokasi

Terkadang memang lokasi tidak terlalu penting, namun hal ini akan menjadi masalah jika mengalami gangguan server. Anda harus tahu kalau tidak semua penyedia layanan VPS di Indonesia meletakkan servernya di Indonesia. Bahkan beberapa provider hanya menggunakan server yang letaknya di luar negeri. Di sinilah lokasi sangat berpengaruh terhadap koneksi antara klien degan server.

Beberapa pengguna bahkan lebih memilh mempertimbangkan lokasi secara matang. Hal tersebut untuk mengurangi delay yang terjadi saat melakukan pengiriman data dari dan ke server. Anda yang ingin mencari layanan VPS yang sudah terpercaya bisa langsung ke IDwebhost.

6.Lihat Teknologi Yang Digunakan

Untuk memaksimalkan penggunaan website tentunya banyak yang mengikuti perkembangan teknologi masa kini. Sebagai contoh, versi kernel yang dipakai atau virtualisasi yang digunakan di dalam cloud VPS. Beberapa aplikasi terkadang tidak mendukung versi kernel tertentu sehingga Anda harus mempertimbangkan teknologi yang digunakan.

Bagaimana Tanda-Tanda Harus Pindah Layanan VPS?

Seiring berkembangnya website yang Anda kelola, maka layanan VPS kadang sudah tidak mampu menampung lagi. Dan Anda harus beralih ke VPS lain. Adapun beberapa tanda yang harus Anda tahu dan harus pindah layanan VPS.

1.Membutuhkan Akses Full Root

Akses tertinggi pada sebuah VPS adalah username yang bernama root yang mana hal ini setara dengan akses super administrator. Salah satu tanda bahwa Anda harus pindah VPS adalah Anda ingin memiliki kontrol penuh terhadap server.

2.Trafik Website Yang Sudah Terlalu Tinggi

Semakin lama tentu webiste yang Anda miliki akan semakin berkembang. Jika dulunya Anda hanya memilih VPS dengan kapasitas yang rendah, tentu semakin lama akan semakin membutuhkan kapasitas yang besar ketika trafik website Anda sudah semakin banyak pengunjungnya.

3.Anda Memiliki Banyak Klien

Dengan semakin banyaknya klien, Anda tentunya lebih membutuhkan VPS baru. Hal tersebut dikarenakan jumlah website yang terus meningkat sehingga VPS sudah tidak bisa menampungnya.

layanan vps

4.Menginginkan Kebebasan Konfigurasi Server dan Instalasi Software/Aplikasi Tambahan.

Konfigurasi server dan instalasi software maupun aplikasi tambahan memang memerlukan VPS yang baru karena membutuhkan space yang lebih besar.

5.Lebih Membutuhkan Kebebasan Dalam Menentukan Resource Yang Dibutuhkan

Adakalanya Anda lebih  membutuhkan kebebasan dalam menentukan resource. Jika sudah begini maka Anda bisa melakukan migrasi layanan VPS.

6.Anda Memiliki Kemampuan Teknis Untuk Mengelola Server

Setelah lama berkecimpung dalam dunia perwebsitean, maka seseorang akan muncul keinginan untuk mengelola server. Dalam hal ini nggak ada masalah. Jika Anda memiliki kemampuan mengelola server maka bisa pindah layanan VPS.

Itulah beberapa tanda harus pindah layanan VPS. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.