Pilih Blogspot Atau WordPress? Mana Yang Terbaik?
Blog Tips Keren

Pilih Blogspot Atau WordPress? Mana Yang Terbaik?

Jika Anda ingin memulai blog Anda sendiri, Anda mungkin akan kesulitan menentukan platform mana yang harus Anda gunakan. Pilih Blogspot atau WordPress, keduanya adalah pilihan yang bagus. Itulah sebabnya saya lakukan perbandingan WordPress vs Blogger untuk membantu Anda memutuskan mana yang lebih baik untuk kebutuhan Anda.

Dalam Segi Sifat Kepemilikan

Blogger adalah layanan blog yang disediakan oleh raksasa teknologi Google. Platform ini bersifat gratis dan dapat Anda gunakan untuk mempublikasikan brand Anda di web. Anda dapat dengan mudah membuat blog di ID Gmail Anda dan Anda dapat membuat hingga 100 Blog dengan bantuan ID Gmail, tetapi Anda tidak memiliki akses ke server, Google memiliki hak untuk itu, yang berarti ketika kapanpun Anda ingin tutup akun atau tutup blog, Anda tidak dapat mengajukan klaim atau keberatan. Google juga berhak untuk mematikan layanan ini, atau mematikan akses Anda kapan saja. Dengan WordPress, Anda menggunakan platform WordPress untuk meng-host situs Anda sendiri. Anda bebas memutuskan berapa lama ingin menjalankannya dan kapan Anda ingin mematikannya. Anda memiliki semua data website dan mengontrol informasi apa yang bisa Anda bagikan dengan pihak ketiga dimanapun.

Kontrol Website

Kontrol Website Blogspot Atau WordPress
Kontrol Website Blogspot Atau WordPress

Blogger adalah layanan yang disempurnakan dengan alat yang sangat terbatas yang memungkinkan Anda hanya bisa melakukan tugas tertentu di situs web Anda. Hal-hal yang dapat Anda lakukan di blog blogspot terbatas, dan bersifat terbatas ketika dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan. WordPress adalah perangkat lunak open source, sehingga Anda dapat dengan mudah memperluasnya untuk menambahkan fitur baru. Ada ribuan plugin WordPress yang memungkinkan Anda untuk memodifikasi dan memperluas set fitur default seperti menambahkan toko ke situs web Anda, membuat portofolio, dll. Ketika membandingkan WordPress vs Blogger untuk situs web bisnis, WordPress adalah solusi jangka panjang terbaik untuk pemilik bisnis yang serius.

Plugin dan Fitur

Kebanyakan tema WordPress modern dilengkapi dengan berbagai fitur dan fungsi yang ada di dalamnya. Tema WordPress Premium secara khusus akan menggabungkan berbagai alat tambahan. Ini berbeda dari tema ke tema, jadi selalu periksa apa yang termasuk tema sebelum Anda melakukan pembelian. Namun, salah satu aspek WordPress yang paling mengesankan adalah fitur apa pun yang Anda inginkan ada plugin untuk itu. Jadi jika tema Anda tidak dikirimkan dengan fungsi tertentu yang Anda butuhkan, cukup cari plugin yang dapat dipasang dengan cepat untuk menambahkan lebih banyak fitur ke situs Anda dengan mudah. Seperti halnya tema, ada ribuan plugin WordPress gratis dan premium yang tersedia. Salah satu kelemahan terbesar dalam menggunakan Blogger adalah kurangnya fitur dan opsi penyesuaian. Blogger menyediakan ‘Gadget’ yang menyediakan sejumlah fitur berbeda yang dapat ditambahkan blogger untuk membantu meningkatkan situs Anda. Bagi Anda yang ingin memiliki pengalaman pengkodean, Blogger juga memungkinkan Anda mengubah desain blog Anda menggunakan HTML atau CSS, serta menambahkan kode HTML dari situs pihak ketiga.

Perubahan Penampilan Website

Perubahan Penampilan Website
Perubahan Penampilan Website

Template adalah sejenis tekstur atau desain yang dapat kita gunakan untuk mengubah tampilan blog kita. Blogger secara default hanya menyediakan satu set template terbatas untuk digunakan. Anda dapat memodifikasi warna dan tata letak template ini menggunakan alat bawaan, tetapi Anda tidak dapat membuat tata letak sendiri atau melakukan modifikasi dengan tata letak buatan Anda. Ada beberapa template Blogger non-resmi yang tersedia, tetapi template tersebut biasanya berkualitas sangat rendah. Ada ribuan template WordPress gratis dan premium yang memungkinkan Anda membuat situs web yang tampak profesional. Ada tema WordPress yang bisa Anda gunakan untuk hampir semua jenis situs web. Terlepas dari apa pun jenis situs Anda, di WordPress Anda akan menemukan banyak tema berkualitas tinggi yang mudah dimodifikasi dan dikustomisasi.

Kemudahan Perpindahan Website

Memindahkan situs Anda dari Blogger ke platform yang berbeda adalah tugas yang rumit. Ada risiko signifikan bahwa Anda akan kehilangan SEO (peringkat mesin pencari seperti jumlah pengunjung, dan pengikut selama pindah). SEO telah menjadi sangat penting di masa kini, yang membantu meningkatkan Traffic Blog / Situs Web dan menjadikannya ramah di mesin telusur. Meskipun blogger memungkinkan Anda untuk mengekspor konten Anda, data Anda akan tetap berada di server Google untuk waktu yang sangat lama. Dengan menggunakan WordPress, Anda dapat memindahkan situs Anda ke mana pun Anda inginkan. Anda dapat memindahkan situs WordPress Anda ke host baru, mengubah nama domain, atau bahkan memindahkan situs Anda ke sistem manajemen konten lainnya. Juga jika Anda membandingkan pilih Blogspot atau WordPress dalam segi SEO, maka WordPress menawarkan lebih banyak fitur SEO yang bisa digunakan.

Dukungan dan Bantuan

Ada dukungan terbatas yang tersedia untuk Blogger. Mereka memiliki dokumentasi yang sangat mendasar dan forum pengguna. Dalam hal dukungan, pilihan Anda sangat terbatas. WordPress memiliki sistem pendukung komunitas yang sangat aktif. Ada dokumentasi online, forum komunitas, dan ruang obrolan IRC di mana Anda bisa mendapatkan bantuan dari pengguna dan pengembang WordPress yang berpengalaman. Selain dukungan masyarakat, ada banyak perusahaan yang menawarkan dukungan premium untuk WordPress.

Pilih Blogspot Atau WordPress, Lihat Keamanannya

Keamanan Pilih Blogspot Atau WordPress
Keamanan Pilih Blogspot Atau WordPress

Dengan menggunakan Blogger, Anda memiliki keuntungan tambahan dari platform Google yang kuat dan aman. Anda tidak perlu khawatir tentang mengelola sumber daya server Anda, mengamankan blog Anda, atau membuat cadangan. WordPress cukup aman, tetapi karena ini merupakan platform yang di-hosting sendiri, Anda bertanggung jawab atas keamanan dan pencadangan sepenuhnya. Ada banyak plugin WordPress yang bisa digunakan.

Besar Ruang Penyimpanan

Di Blogger, Anda dapat memublikasikan sebanyak mungkin konten yang Anda inginkan karena tidak ada batas penyimpanan. Sementara semua blog WordPress.com dilengkapi dengan 3 GB ruang untuk file dan gambar yang diunggah. Dengan perangkat lunak dari WordPress.org Anda dapat membangun situs web sebanyak yang Anda inginkan secara gratis.

Masa Depan Website Anda

Blogger belum terlihat melakukan pembaruan utama sejak waktu yang sangat lama. Kami telah melihat Google mematikan layanan populer mereka seperti Google Reader, Google Adsense untuk umpan, dan kemungkinan mematikan FeedBurner. Masa depan Blogger tergantung pada Google, dan mereka memiliki hak untuk mematikannya kapan pun mereka mau. WordPress adalah perangkat lunak Open Source yang berarti masa depannya tidak bergantung pada satu perusahaan atau individu (Lihat sejarah WordPress). Ini dikembangkan oleh komunitas pengembang dan pengguna. Menjadi sistem manajemen konten paling populer di dunia, ribuan bisnis di seluruh dunia bergantung padanya. Pilih Blogspot atau WordPress, tentu saja masa depan WordPress lebih cerah.

Saya berharap perbandingan WordPress vs Blogger ini membantu Anda memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk bisnis Anda. Blogspot sangat bagus untuk pemula dan blogger biasa. Anda dapat memulai dengan gratis dan mendapatkan pemahaman yang baik tentang apa itu blogging. Paket gratis WordPress.com juga bagus untuk pemula dan blogging biasa. Paket premium WordPress.com memberi Anda lebih banyak fitur dan opsi plus hosting yang tangguh. Dalam hal penggunaan mungkin dirasa lebih sulit saat memulai, tetapi dalam jangka panjang sangat berdampak pada pertumbuhan website Anda. Namun sebelum Anda memutuskannya, cari tahu apa dasar Anda dalam membuat suatu website. Pilih Blogspot atau WordPress disesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam membangun website. Apabila Anda tidak ingin pusing, Ada banyak penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia yang menyediakan pengembangan website. Anda cukup memantaunya, dan merekalah yang akan membangun website untuk Anda.

Alya Nisania

Alya Nisania demikian nama lengkap writer yang memiliki panggilan Alya ini. Meskipun kesehariannya dia menjadi karyawan swasta, tetapi Alya tidak bisa meninggalkan hobi menulis yang menjadi passionnya.