Perubahan Nama Domain Utama dan Pengaruhnya Di Search Engine
Blog Tips Keren Perubahan Nama Domain Utama dan Pengaruhnya Di Search Engine

Perubahan Nama Domain Utama dan Pengaruhnya Di Search Engine

Perubahan nama domain utama menjadi sebuah hal yang dipertimbangkan sebagian orang. Hal ini juga menjadi sebuah diskusi yang cukup banyak diperbincangkan di situs-situs ternama, salah satunya dikutip dari Siteground[dot]com. Melalui situs yang satu ini, ada sebuah pertanyaan masuk dimana penanya ingin mengetahui apakah ada pengaruh dari perubahan nama domain utama di mesin pencari. Sebagaimana diketahui bahwa mesin pencari mungkin sudah terlanjur meng-capture nama website kita yang lama dan utama. Di sisi lain, ini juga menjadi sebuah hal yang penting. Kenapa? Karena pada kenyataanya nanti, anda pun akan perlu memahami hal ini ketika memutuskan untuk mengganti nama situs yang anda miliki dengan sejumlah alasan.

Apakah Ini Berpengaruh Pada Peringkat Situs Anda?

Jika ditanya apakah hal ini akan berpengaruh pada peringkat yang dimiliki oleh situs anda, jawabannya adalah ya. Hal tersebut secara tidak langsung akan bisa berpengaruh pada perkembangan ranking yang ada pada situs anda. Bisa jadi ini malah akan berimbas pada situs anda yang tiba-tiba turun peringkatnya dan semacamnya. Karena secara tidak langsung anda akan memberikan sebuah tugas yang sulit bagi mesin pencari untuk kembali mengindex website anda yang sudah mengalami perubahan nama domain utama tersebut.

Dalam hal ini, anda juga harus tetap menjaga agar nama dari domain yang baru tersebut tetap aktif. Tentu saja ini akan menjadi hal yang sulit apabila anda tidak paham bagaimana cara penerapannya dengan baik. Anda juga bisa menggunakan nama domain yang terpakir untuk memarkirkan nama domain anda di cPanel dengan tujuan tertentu yang ada didalamnya.

 

perubahan nama domain utama
idwebhost.com

Mesin Pencari Kemungkinan Masih Mengindex Web Yang Lama

Tapi perlu dipahami pula bahwa perubahan nama domain utama ini juga akan terlihat dimana kemungkinan mesin pencari masih akan mengindex nama domain utama anda yang lama. Hal ini jelas dikarenakan website anda yang lama tersebut kemungkinan sudah memiliki banyak traffic dan arusnya sendiri. Selain itu, interaksi yang ada dalam website juga sudah berjalan cukup singeri. Belum lagi jika ada halaman-halaman baru yang terbentuk jika ternyata situs anda tersebut dibangun dengan jalan semacam forum atau sejenisnya.

Yang mana pengguna akan bisa menciptakan thread dan halaman baru atau semacamnya. Hal ini akan menjadi lebih sulit pada saat anda melihat bahwa di dalamnya sudah terjalin lebih banyak lagi yang ada didalamnya. Kalau sudah demikian, alangkah baiknya jika anda memahami bahwa dalam membangun website itu sendiri, sangatlah penting dalam membuat nama yang benar-benar tepat.

Kenapa? Karena pada saat anda membuat nama yang tepat, maka hal itu juga secara tidak langsung akan mampu membuat situs anda menjadi lebih baik lagi dibandingkan dengan sebelumnya. Di kemudian hari, tidak juga perlu ada rencana untuk mengganti nama website atau menerapkan perubahan nama domain utama.

Pindahkan Domain Anda Secara Permanen

Jika memang anda berencana untuk membuat nama baru yang mana nama baru tersebut nantinya akan anda pergunakan untuk hal-hal yang spesifik, silahkan mencoba untuk memindahkannya secara permanen. Jadi anda benar-benar harus melupakan website anda yang lama dan benar-benar menggunakan domain yang baru mulai sekarang. Ini adalah sebuah cara dan jalan terbaik apabila anda benar-benar ingin membuat sebuah website yang tepat dan sesuai dengan yang diinginkan.

Adanya pilihan untuk perubahan nama domain utama juga adalah sebuah hak anda selaku pemilik website. Tapi alangkah baiknya juga jika anda mendiskusikannya terlebih dahulu dengan sejumlah pihak terkait. Siapa tahu ada yang merasa keberatan dengan hal ini. Pada saat itulah anda perlu tahu bahwa ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan didalamnya. Domain yang sudah anda miliki dan telah dipindahkan secara permanen pastinya tidak akan bisa kembali lagi. Jadi dalam sekali langkah ini berbincanglah dengan tim terkait yang ada didalamnya.

 

perubahan nama domain utama
idwebhost.com

Butuh Waktu Bagi Mesin Pencari Untuk Beradaptasi Dengan Domain Baru Anda

Hal utama ketika melakukan perubahan nama domain utama adalah sebaiknya anda tahu bahwa mesin pencari pun juga membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan domain baru yang anda miliki. Jika sudah demikian, alangkah baiknya jika anda bersabar dalam hal tersebut. Kalau perlu bangun lagi konten terbaru yang ramah SEO supaya nantinya anda akan bisa membuat domain baru dengan popularitas yang juga sama. Dalam hal ini, menciptakan sebuah domain memang adalah sesuatu yang sangat penting dan perlu anda pahami dengan baik. Jadi jangan ragu untuk menerapkan dan melakukannya dari sekarang.

Yang paling penting juga dalam perubahan nama domain utama ini adalah anda sebaiknya tahu bahwa nama domain baru tersebut juga harus sesuai dengan tema dan deskripsi dari website anda yang sudah ada tersebut. Dengan cara inilah maka anda pun akan mampu membangun situs yang anda miliki dengan lebih baik. Di sisi lain, hal tersebut juga akan mampu memberikan kepada anda berbagai macam kemudahan yang akan bisa anda capai didalamnya dengan lebih mudah dan pasti.

Perubahan nama domain utama juga sekali lagi harus dilengkapi dengan pertimbangan yang cukup matang. Kenapa? Karena hal ini juga akan membuat pengunjung setia merasa bingung karena mereka tidak akan menemukan lagi domain anda di website yang lama. Jika sudah demikian, alangkah baiknya jika anda melakukan sosialisasi.

Cara melakukan sosialisasi juga bisa diterapkan dengan sejumlah cara, misalnya adalah dengan menggunakan social media, atau menggunakan pengalihan sementara ke situs atau domain yang baru dan lain sebagainya. Dengan cara inilah maka nantinya anda pun juga akan bisa lebih mudah dalam mendapatkan popularitas anda kembali.

Baca Juga: Panduan GTMetrix Guna Menganalisa Speed Website

 

perubahan nama domain utama
idwebhost.com

Tingkatkan SEO Domain Baru Anda Di Mesin Pencari

Perubahan nama domain utama juga harus disertai pula dengan pengaplikasian SEO yang tepat. Pada saat anda mampu menerapkan pengaplikasian SEO yang tepat, sudah pasti hal ini juga akan memberikan kepada anda manfaat yang lebih banyak didalamnya. Jadi tak perlu bingung lagi. Karena pada kenyataanya, anda akan bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh mesin pencari tersebut. Untuk tahap yang paling sederhana, anda bisa menerapkan SEO On Page dan SEO Off Page. Sudah pasti hal tersebut akan menghasilkan sesuatu yang lebih tepat dan baik didalamnya.

Anda bisa melakukannya sendiri, atau opsi lainnya anda juga bisa menggunakan jasa profesional. Tergantung dari CMS apa yang anda gunakan di perubahan nama domain utama tersebut, anda bisa melakukan optimasi On Page dengan mudah lewat Backend CMS tersebut. Yang terpenting lagi adalah bagaimana supaya nantinya CMS tersebut bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Ada sejumlah hal-hal yang perlu anda pahami dalam meningkatkan website anda agar bisa menjadi populer dengan baik.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.