Perlukah Menggunakan Whoisguard Untuk Domain?
Blog Tips Keren Perlukah Menggunakan Whoisguard Untuk Domain?

Perlukah Menggunakan Whoisguard Untuk Domain?

Menggunakan whoisguard atau tidak untuk domain anda, sebenarnya penting untuk anda ketahui. Berapa kali anda pernah diganggu oleh spam di email anda atau orang orang yang dengan sengaja memakai nama anda untuk hal yang merugikan. Itu semua hanya akan membuat anda bertanya tanya bagaimana mereka bisa mendapatkan informasi pribadi anda?

Di era sekarang ini, internet membuat semua orang dengan mudah dapat saling terhubung. Jika anda mempunyai sebuah domain atau website bisa jadi mendapatkan informasi anda dari domain anda tersebut. Karena dengan aplikasi yang tepat informasi pribadi anda bisa diakses melalui domain dan website anda. Hal ini akan mengungkapkan detail informasi pribadi anda seperti alamat amail anda, nomor telepon, alamat anda dan semua yang anda berikan pada saat pendaftaran nama domain anda.

Layanan pembelian domain sebenarnya menawarkan privasi pengguna secara gratis pada saat akan mendaftar . Tetapi itu meninggalkan cukup banyak pertanyaan para orang yang akan membeli domain tersebut. Basis data pada domain yang anda beli akan menyimpan seluruh catatan semua informasi detail pribadi anda. Karena ini salah satu syarat  yang harus anda penuhi ketika ingin mendaftar untuk membeli domain. Pendaftar domain harus menampilkan rincian pemegang nama domain pada database mereka sebagai bagian dari perjanjian akreditasi layanan atau jasa pembelian domain.

Tetapi bagaimana jika anda memilih untuk tidak menampilkan data rahasia pribadi anda di basis data pada domain anda? Lalu disinilah WhoisGuard berfungsi. Konsep menampilkan data pendaftaran pribadi pengguna pada basis data domain telah diperdebatkan di komite ICANN selama tujuh tahun terakhir. Jadi, inilah WhoisGuard sebenarnya.

Perlukah menggunakan whoisguar untuk domain anda?

Mari coba kita uraikan apa yang sebenarnya dilakukan WhoisGuard sehingga anda dapat memutuskan sendiri apakah itu yang anda butuhkan untuk domain anda serta host anda.

Pengertian Whoisguard

Informasi pemilik domain setiap hari diambil oleh spammer dari domain mereka yang tersedia untuk mengirim spam. WhoisGuard menghindari masalah ini dengan menempatkan informasi kami di domain dan memberikan opsi untuk mengalihkan email dan surat yang asli ke alamat palsu dari pemilik domain. Selama proses transfer email, Whoisguard mencoba menghindari email sampah yang jelas dan surat biasa, sehingga membebaskan pelanggan dari sampah.

Sehingga pengertian dari whoisguard adalah layanan yang disediakan oleh hampir semua registrant untuk keperluan whois privacy. Melindungi dengan menyembunyikan informasi identitas diri anda sebagai pendaftar domain saat ada orang yang ingin memeriksa menggunakan ‘whois’.

Jadi, pada dasarnya whoisguard merupakan layanan yang mencegah data pribadi anda yang terdaftar pada saat pendaftaran domain ditampilkan pada database Whois. Apa yang dilakukan WhoisGuard adalah meletakkan data mereka di basis data Whois publik dan mencegah menampilkan data pribadi anda seperti telepon, nomor, alamat, Email. Hal ini untuk mencegah potensi spammer dan pencurian identitas. Cukup meyakinkan, bukan?

Bagaimana cara WhoisGuard melindungi domain anda ?

Pengoperasian WhoisGuard cukup mudah dan jelas. Yang perlu dilakukan adalah whoisguard akan menaruh detail pribadi mereka pada hasil Whois anda, menyembunyikan catatan detail informasi pribadi anda. Berikut merupakan contoh yang tidak menggunakan fitur ini:

  • Registrant: John Doe
  • Address: 1234 New York Avenue,  New York 10019.
  • Contact: +818 789 1297
  • Email: JohnDoe@JohnDoe.com

Dengan menggunakan aplikasi di atas hasil yang akan orang terima ketika mereka menggunakan aplikasi ‘whois’ adalah:

  • Registrant: Domain Registrar, LLC
  • Address: 5786 New York Avenue, New York – 10019
  • Contact: +800 348 9456
  • Email: contact@domainregistrar.com

Hal ini memberi gambaran ke anda tentang apa fungsi dari aplikasi WhoisGuard sebenarnya.

Aplikasi ini menampilkan data mereka di database Whois ketika diakses oleh publik. Email mereka dan detail kontak mereka. Tetapi ketika seseorang menghubungi dengan mengirim email ke pemilik domain. Hal itu akan diteruskan ke email pemilik domain yang terdaftar setelah memeriksa spam dan kemungkinan ancaman lainnya. Ini hanya akan menutupi detail pribadi anda dari dunia luar yang bisa diakses oleh publik.

Satu-satunya hal yang dapat dilakukan saat informasi data anda termasuk nomor telepon dan alamat, akan diberikan secara benar adalah ketika pendaftar menerima perintah pengadilan terhadap anda atau layanan domain dari penyedia yang melibatkan perselisihan merek dagang.

Perlukah menggunakan whoisguar untuk domain anda?

 

Apakah kalian membutuhkan aplikasi ini ?

Jika anda sangat merasa terganggu atas bocornya informasi anda dan anda peduli terhadap privasi anda. Maka aplikasi ini adalah layanan yang harus anda gunakan. Jika anda tidak ingin detail pribadi anda ditampilkan di database Whois. Anda bisa langsung mengakses aplikasi ini dan mengaktifkan layanan mereka pada nama domain anda. Atau dengan kata lain, jika anda tidak ingin orang lain tahu bahwa anda adalah pemilik domain tertentu, Anda harus menggunakan layanan dari aplikasi ini.

tetapi ada juga pendapat dari orang lain mengenai penggunaan aplikasi ini, ada yang setuju pun ada yang sebaliknya. Beberapa orang lain yang tidak setuju mengatakan bahwa tidak perlu menggunakan WhoisGuard, karena hal ini dapat menurunkan kredibilitas domain website anda dan bisnis anda. Terlebih jika website yang dibuat untuk keperluan menghasilkan uang atau bisnis tentu tingkat kredibilitas suatu website sangat penting. Karena alasan itulah banyak pelaku bisnis yang tidak menyarankan menggunakan aplikasi ini.

Perlukah menggunakan whoisguard untuk domain anda?

Kesimpulan

Jadi, sekarang anda tahu apa fungsi sebenarnya aplikasi WhoisGuard ini dan bagaimana cara kerjanya. Anda dapat juga memutuskan sendiri apakah anda membutuhkan layanan aplikasi ini atau tidak. Tetapi jika privasi dan perlindungan informasi adalah prioritas utama anda. Maka jelas aplikasi ini yang anda butuh, jika tidak anggaplah artikel ini sebagai tambahan wawasan anda.

Sedikit tips ingatlah, banyak penyedia jasa domain menawarkan aplikasi ini secara gratis untuk tahun pertama. Tetapi anda harus membayar tahun depan untuk tetap mengaktifkan layanan dari ini. Khususnya jika anda memiliki domain kontroversial atau domain tempat anda tidak ingin dikaitkan. Anda harus memanfaatkan layanan tambahan domain ini.

Semoga Artikel kali ini tentang perlukah menggunakan Whoisguard dalam domain anda dapat membantu anda dalam pengembangan website. Apabila anda masih mengalami kebingungan dalam menggunakan aplikasi ini atau tidak dan ingin tahu tentang aplikasi ini lebih jauh lebih jauh, jangan ragu untuk menghubungi tim support IDwebhost. Penyedia hosting murah terbaik. Tersedia berbagai pilihan paket hosting dan domain murah spesial hanya untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu!