Perintah Dasar Linux Yang Perlu Kamu Pahami
Blog Tips Keren Perintah Dasar Linux Yang Perlu Kamu Pahami

Perintah Dasar Linux Yang Perlu Kamu Pahami

Perintah dasar Linux menyediakan kepada anda berbagai macam cara yang bisa mudah diterapkan. Pada dasarnya Linux merupakan sebuah sistem operasi yang sangat terkenal. Banyak orang yang menggunakannya. Anda pun juga akan bisa memanfaatkan potensi dari Linux itu sendiri untuk berbagai kemudahan yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa Linux itu sendiri sejatinya mampu memberikan banyak kemudahan dan keuntungan untuk anda. Dengan adanya sistem operasi yang cepat dan terbaik semacam ini sudah pasti akan lebih banyak yang akan bisa anda capai dan temukan didalamnya. Anda pun akan bisa bebas merasakan sendiri banyaknya manfaat itu sendiri.

Apa Itu Linux?

Berikutnya adalah mengenai perintah dasar Linux, tapi anda harus tahu apa itu Linux terlebih dahulu. Dengan mengetahuinya sudah pasti anda akan bisa mendapatkan banyak pengetahuan yang anda butuhkan sebelum melangkah lebih jauh. Linux sendiri sejatinya merupakan klon UNIX yang diciptakan oleh penemu yang bernama Linus Torvalds. Dia menciptakan semuanya ini dari nol. Linux sendiri memiliki sifat sebagai sebuah open source yang bisa mengubah apapun. Bahkan ada beberapa distribusi dari Linux itu sendiri yang mana antara lain adalah Red Hat Enterprise Linux, Linux Mint, Fedora, Debian dan Ubuntu Linux.

Selain itu, Linux juga merupakan server yang saat ini telah digunakan di berbagai server di seluruh dunia. Selain itu, ada sekitar 90% pengguna internet yang telah menggunakan sistem operasi yang satu ini. Anda bisa memanfaatkannya karena memiliki banyak sekali keuntungan yang maksimal tersebut. Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai kemudahan yang akan bisa anda capai dan terapkan didalamnya. Dari sini anda bisa melihat bahwa Linux merupakan sistem operasi yang bisa anda pergunakan dengan mudah untuk Smartphone dan juga PC dengan maksimal. Dengan fungsinya yang menglobal tersebut, tak heran ini membuat Linux begitu sangat dikenal di seluruh dunia.

Linux Shell Atau Terminal

Hal lain yang perlu anda pahami dalam perintah dasar Linux ini adalah ketika anda melakukan konfigurasi yang ada didalamnya. Anda sebaiknya memaksimalkan penggunaanya sesuai dengan kebutuhan itu sendiri. Di sinilah anda akan bisa mendapatkan semua hasil yang diperlukan dengan maksimal dan pasti. Anda juga perlu tahu bahwa Shell itu sendiri adalah sebuah program yang akan menerima perintah langsung dari pengguna. Kemudian, nantinya perintah tersebut akan diberikan pada OS agar segera diproses dengan signifikan.

 

Perintah Dasar Linux
idwebhost.com

 

Distro itu sendiri dari perintah dasar Linux nantinya akan diproses dan output akan terlihat secara langsung. Shell Linux juga menjadi sebuah bagian utama yang terpenting dan signifikan didalamnya. Dari sinilah anda akan mampu mendapatkan semua yang anda perlukan didalamnya. Linux sendiri juga memiliki CLI atau command line interface yang nantinya memberikan berbagai kemudahan dan kegunaan yang spesifik itu sendiri.

Apa Saja Perintah Dasar Linux

Perintah dasar Linux akan anda temukan dibawah ini. Ada banyak sekali perintah dasar Linux yang bisa anda temukan. Tugas anda hanyalah memilih mana sekiranya perintah yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Dengan menerapkan metode yang tepat, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa anda peroleh didalamnya.

PWD

Perintah dasar Linux yang pertama adalah command PWD. Dari sini command ini akan memberitahukan path terkait dimuali dari Root. Di sini Root sendiri menjadi awalan dari sistem file yang dipakai linux itu sendiri. Anda biasanya akan melihat format yang umum seperti home{slash)username dan lain sebagainya.

IS

Perintah dasar Linux yang selanjutnya adalah bagaimana anda menggunakannya untuk mengetahui sekiranya ada file apa saja yang langsung menuju ke directory yang anda buka. Dari sini anda juga bisa melihat berbagai file tersembunyi yang ada didalamnya. Caranya adalah cukup dengan menggunakan command atau perintah Is-a itu sendiri.

CD

Lalu perintah dasar Linux yang selanjutnya bisa anda terapkan adalah command atau perintah CD. Di sinilah anda akan bisa masuk langsung ke bagian directory. Kemudian, anda bisa melihat bahwa berbagai folder tersedia didalamnya. Command yang satu ini sebetulnya cukup senstif karena anda harus memasukan namanya dengan sangat tepat. Untuk bisa menerapkan hal tersebut anda tentunya harus hafal dengan nama yang ada didalamnya.

 

Perintah Dasar Linux
idwebhost.com

MKDIR dan RMDIR

Opsi lain dari perintah dasar Linux adalah MKDIR dan RMDIR. Dengan menggunakan perintah yang satu ini maka anda bisa melakukannya dengan mudah saat perlu membuat sebuah directory atau folder. Jadi kalau anda menggunakan nama “new”, maka yang harus anda lakukan hanyalah tinggal memasukan command atau perintah mkdir new. Dengan penerapan yang simple ini tentu saja akan banyak kemudahan yang bisa anda cepat dapatkan didalamnya. Tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi pastinya.

RM

Anda juga bisa mencoba memanfaatkan perintah dasar Linux yang bernama RM ini. Sebuah perintah yang pastinya akan memberikan kepada anda kemudahan untuk menghapus file yang diinginkan atau direktori yang ada didalamnya. Dengan menggunakan perintah ini maka akan memungkinkan anda mendapatkan semuanya dengan mudah dan tepat didalamnya. Hasilnya akan bsia anda temukan dengan mudah dan signifikan itu sendiri.

CP

Mungkin anda cukup dasar dengan perintah yang satu ini. Anda bisa melakukan perintah untuk mengcopy file terkait yang anda inginkan. Pastikan untuk menggunakan perintah ini jika anda ingin menduplikatkan file yang anda miliki.

Baca Juga: Belajar Bisnis Online Gratis Dengan Facebook Blueprint

MV

Ada juga perintah dasar Linux yang merupakan perintah yang bisa anda pergunakan jika ingin memindahkan sebuah file yang anda inginkan. Dengan adanya perintah ini maka anda bisa mengganti nama file dari tempat satu ke tempat lainnya.

LOCATE

Anda juga bisa memanfaatkan perintah dasar Linux yang satu ini ketika anda ingin menemukan lokasi dari sebuah file system yang ada di Linux itu sendiri. Dengan cara ini maka anda pun akan mampu menemukan dimana file tersebut anda simpan. Cara ini akan bisa anda terapkan apabila anda mampu menerapkan semuanya dengan baik dan tepat.

 

Perintah Dasar Linux
idwebhost.com

NANO dan VI

Lalu perintah dasar Linux ini akan bisa anda pergunakan ketika ingin membuat sebuah perintah dasar yang anda perlukan didalamnya. Text Editor ini nantinya akan bisa membantu anda dalam mengeluarkan berbagai keyword dan lain sebagainya. Ini juga merupakan sebuah metode yang lebih sederhana dari opsi lainnya.

SUDO

Perintah dasar Linux cukup umum ini juga banyak digunakan dimana berasal dari SuperUserDo. Dengan memanfaatkan perintah ini maka anda akan bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan hak akses terhadap Root terkait yang anda inginkan. Anda akan bisa memproses sebuah otoritas yang diperlukan oleh sistem itu sendiri. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi didalamnya. Karena pada dasarnya anda akan mampu memanfaatkan perintah terkait ini dengan mudah dan signifikan didalamnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.