Peringkat Website Tidak Stabil di Google? Ini Penyebabnya
Blog SEO Peringkat Website Tidak Stabil di Google? Ini Penyebabnya

Peringkat Website Tidak Stabil di Google? Ini Penyebabnya

Website profesional yang baik dengan pengunjung yang banyak bahkan terus meningkat adalah impian bagi webmaster. Selain itu Mendapatkan peringkat website teratas pada mesin pencari Google adalah hal yang di inginkan bagi pemiliki website. Dengan terus meningkatnya pengunjung pemilik website bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnisnya. Namun sebagian besar orang belum bisa memaksimalkan pengunjungnya bahkan cenderung malah turun drastis. Mungkin Anda juga mengalami hal demikian sudah melakukan berbagai cara dan teknik namun trafik masih saja tidak stabil bahkan malah cenderung menurun. Mungkin keadaan seperti ini banyak dialami oleh pemilik website lainnya.

Sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi peringkat website di mesin pencari karena hingga saat ini belum ada yang bisa memastikan bagaimana cara kerja Google menempatkan suatu konten di peringkat pertama atau atas. Ada berbagai faktor yang berpengaruh pada penentuan ranking mulai dari penerapan SEO, algoritma Google dan lain sebagainya. Tentu saja kita tidak bisa memastikan faktor yang mana yang membuat website tidak ada pengunjungnya.

Dengan penerapan SEO yang Anda lakukan bukan berarti bisa memastikan posisi website di mesin pencari aman-aman saja. Mengingat ada ribuan konten perharinya yang terposting dan terupdate dari pemilik website yang lain. Untuk itu mari bersama kami mengulas beberapa faktor yang mempengaruhi posisi atau peringkat website Anda menjadi tidak stabil di Google sebagai berikut:

Terdapat Konten yang Mirip atau duplikat

1. Terdapat Konten yang Sama atau Duplikat

Dampak buruk yang terjadi jika ada duplikat konten adalah menurunkan kualitas SEO yang telah susah payah Anda lakukan. Bagaimana perasaan Anda jika konten yang awalnya mendapat peringkat atas tiba-tiba menghilang dan beralih ke peringkat terbawah? Pastinya sangat kecewa dan merasa bingung kok bisa terjadi demikian? Hal ini banyak juga yang pernah mengalami kejadian seperti itu. Banyak para developer website yang pernah merasakan hal semacam itu. Hal ini dikarenakan terjadinya deindex pada konten Anda. Suatu kondisi dimana Google menemukan adanya pelanggaran pada konten tertentu. Tanda-tanda peringkat website mengalami deindex adalah trafik yang tidak stabil menurun derastis.

Deindex pada konten biasanya terjadi karena mesin pencari menjumpai konten yang sama persis dari website satu dengan yang lainnya yang disebut duplikat konten. Ada dua macam jenis duplikat konten ini yaitu yang dilakukan dengan sengaja oleh orang lain dengan meng-copy-paste suatu konten secara utuh atau plagiarisme. Yang kedua adalah dari pihak Anda sendiri dengan menerbitkan konten yang sama pada website yang sama artinya ada konten double dalam satu website yang sama. Walaupun Anda sendiri yang menulisnya akan tetapi mesin pencari akan tetap menilai sebagai duplikat konten yang akan berpengaruh pada hasil pencarian Google.

Peringkat Website tidak stabil karena Tingkat Kompetisi Keyword tinggi

2. Tingkat Kompetisi Keyword yang Tinggi

Saat Anda mencari kata kunci target pastikan untuk mencari persaingan dengan tingkat menengah-rendah. Anda bisa melakukan pengecekan di Google Keywords Planner seberapa besar persaingan yang ada. Tingkat kompetisi yang tinggi akan sulit untuk mendapatkan peringkat atas website oleh sebab itu website pun akan sulit juga mendapatkan pengunjung. Dari keyword dengan kompetisi tinggi ini akan sulit untuk bisa bersaing mengingat banyak orang yang juga menarget kata kunci tersebut bahkan berani membayar berapapun untuk kata kunci yang diinginkan. Hal inilah yang akan membuat trafik mengalami naik dan turun.

Strategi yang bisa Anda gunakan adalah dengan memilih keyword yang memiliki persaingan rendah dan rata-rata pencarian perbulan yang baik, kemudian menerapkan Long-tail keywords agar bisa lebih mudah dalam persaingan.

Google Melakukan Update Algoritma

3. Google Melakukan Update Algoritma

Algoritma Google sendiri seiring perkembangan teknologi juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Algoritma Google rutin diperbarui tujuannya adalah mendapatkan performa mesin pencari yang terbaik dengan menampilkan hasil pencarian yang relevan dan menghindari kecurangan-kecurangan yang ada. Tak jarang website yang dulunya menempati puncak hasil pencarian harus mengalami penurunan peringkat yang signifikan ini biasanya terjadi karena adanya update algoritma Google terbaru. Untuk itu jika Ada pembaruan atau update Anda perlu mempelajari dan mengetahui perubahan apa saja yang dilakukan pada update terbaru.

4. Adanya keyword stuffing atau spam keyword

Dulu memang spam keyword adalah hal yang wajar dilakukan untuk meningkatkan hasil pencarian, namun seiring perkembangan update algoritma Google kegiatan seperti ini melanggar aturan algoritma Google. Biasanya pelaku akan menempatkan list keyword yang banyak dan berulang tanpa memperhatikan isi konten maka akan di blacklist dari pencarian.

Tidak Membuat Konten Secara Konsisten

5. Konten yang Sedikit dan tidak Konsisten

Yang paling penting dari sebuah website adalah seberapa lengkap dan berkualitasnya isi konten yang dimiliki. Hal yang paling disukai oleh Google adalah website dengan kaya akan konten berkualitas. Oleh karenanya membuat konten secara rutin dan teratur adalah kunci utama untuk mempertahankan peringkat atas hasil pencarian. Pada dasarnya tidak ada batasan seberapa banyak konten yang bisa dibuat atau di publish kan. Namun website yang profesional akan selalu menerbitkan konten segar secara konsisten dan rutin. Berapa konten yang mampu Anda publish perhari 1,2,3 atau jarang sama sekali? Jika Anda ingin memiliki website besar maka ada baiknya memperhatikan konten yang diterbitkan secara berkala. Semakin banyak konten yang bisa diterbitkan maka akan semakin baik kualitas website Anda sehari 1-3 artikel adalah website yang dinilai aktif.

Website Anda Tidak Mobile Friendly

6. Website Anda Tidak Mobile Friendly

Mengingat pengguna smartphone yang tinggi dan kebanyakan orang mencari informasi di internet sekarang menggunakan perangkat mobile, maka website sekarang diharuskan mendukung perangkat website. Untuk itu pastikan website Anda sudah mobile friendly bahkan Google sendiri menyarankan untuk website yang mendukung perangkat mobile. Saat ini Google lebih memprioritaskan pengindeksan pada website yang telah mobile friendly.

Peringkat Website tidak stabil karena Jumlah Kata pada artikel yang sedikit kalah dengan pesaing

7. Jumlah Kata pada artikel yang sedikit kalah dengan pesaing

Sebenarnya dari Google sendiri tidak mengharuskan batasan jumlah kata, ada yang bilang di atas 1000 kata namun kenyataanya artikel dengan jumlah kata 500-600 sudah mampu menempati peringkat atas pencarian. Batasan pada penulisan konten memang tidaklah ada namun untuk menghindari terdeteksi sebagai website yang miskin akan konten maka ada baiknya menulis dengan jumlah kata yang dinilai cukup untuk Anda.

Namun demikian sebagai pemilik website tetap ingin menyajikan konten berkualitas lengkap dan informatif. Tak perlu memikirkan jumlah kata berapa yang paling penting adalah manfaat untuk pembaca. Dengan demikian saya sendiri percaya konten yang bermanfaat akan memiliki peringkat tersendiri di mesin pencari maupun para pencari informasi.

Baca juga: 5 Tips Memilih Layanan Hosting Terbaik Indonesia

8. Bandwidth server Hosting Sering Down

Tahukah Anda Server hosting yang tidak memadai akan berpengaruh pada website Anda? Ya benar hosting yang sering mengalami down akan merugikan Anda. Misalnya ada pengunjung yang klik website Anda namun website yang tak kunjung terbuka maka pengunjung pasti akan segera menutup website tersebut. Hal ini akan berpengaruh pada peringkat website Anda. Yang lebih parah jika web crawler Google sedang rutin merayapi isi website Anda dan ternyata server sedang down maka web crawler Google akan akan gagal mengindeks konten Anda.

Oleh sebab itu untuk menghindari permasalahan seperti itu ada baiknya mepertimbangkan layanan hosting yang Anda pakai. Untuk memastikan kualitas performa terbaik web hosting Indonesia Terbaik saat ini adalah IDwebhost.com. Berikut layanan yang akan Anda dapatkan untuk memastikan performa terbaik website Anda:

  • Web Hosting Terpercaya. Berpengalaman sejak 2004 dan telah dipercaya melayani lebih dari 100 ribu pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia maupun yang berada di luar negeri.
  • Hosting Termurah. Jaminan harga hosting termurah se-Indonesia
  • Gratis Domain + SSL. Dapatkan domain .com gratis dan SSL gratis selamanya
  • 24/7 Passionate Support. Kami melayanimu dengan penuh cinta, 24 jam non-stop
  • Garansi Uptime 99.9%. Website ON terus sepanjang tahun, tanpa jeda, tanpa lambat. Buktikan!
  • Akses Web 40x Lebih Cepat. Bandwidth server super cepat, hardware kualitas industri dan web accelerator akan memastikan websitemu berkali-kali lipat lebih cepat diakses
  • Dedicated Cloud Backup. Seluruh data mu di-backup secara terpisah pada dedicated cloud backup server, gratis!
  • Garansi 30 Hari Uang Kembali. Dijamin kamu 100% puas, atau uang kami kembalikan sepenuhnya apabila hosting murah IDwebhost mengecewakan. Tanpa syarat!

Pada intinya kita bisa menarik kesimpulan bahwa untuk mendapatkan peringkat Google sebagai pemilik website harus bisa memastikan semua kriteria apa saja yang diinginkan Google search. Dari poin-poin diatas adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peringkat website di mesin pencari, pastinya masih ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi peringkat website. Tugas Anda adalah berusaha memastikan website sudah sesuai dengan kriteria Google. Semakin baik peringkat website di mesin pencari akan semakin meningkat juga bisnis Anda.