Perbedaan WordPress.Com Dan WordPress.Org
Blog Tips Keren

Perbedaan WordPress.Com Dan WordPress.Org

WordPress.com dan WordPress.org apa bedanya? Banyak orang yang bingung dalam menentukan mana yang terbaik antara wordpress.com atau wordpress.org yang terbaik  untuk website mereka saat berkunjung ke jasa hosting domain. Seperti yang kita ketahui WordPress merupakan sebuah alat untuk menciptakan sebuah situs dan menerbitkan konten yang ada didalamnya. Tentu saja masing-masing dari .com dan .org tersebut adalah kelemahan dan juga kelebihannya. Dengan memahami masing-masing fungsinya, sudah pasti anda akan bisa menciptakan sebuah situs yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan saat ini. Sebelum melangkah lebih jauh membandingkan mana yang terbaik dari keduanya, alangkah baiknya jika kita memahami lebih dahulu pengertian dari WordPress.com dan WordPress.org.

Pengertian dan Fungsi WordPress.org

Perbedaan WordPress.Com Dan WordPress.Org
idwebhost

WordPress.org merupakan sebuah platform untuk menerbitkan konten secara free dan bisa anda pakai kapan saja. Jika anda sudah memilki server website sendiri, maka memilih WordPress.org merupakan ide yang bagus. Fasilitas ini juga kerap disebut sebagai self hosted WordPress. Manfaat yang bisa anda dapatkan didalamnya antara lain memberikan kemudahan bagi anda untuk mengontrol penuh situs web yang dimiliki. Anda bebas melakukan konfigurasi dengan tema apapun yang diinginkan. Prosesnya juga mudah dan tidak ribet. Anda bisa menambahkan widget, postingan, dan konfigurasi manual lain bila diperlukan. Selain itu, anda juga bisa memasang sejumlah iklan-iklan tertentu melalui banner atau backlink yang akan memudahkan para pemilik situs mendapatkan pendapatan tambahan didalamnya.

Selain itu dalam WordPress.org anda juga bisa mengunduh tema yang dibutuhkan secara unlimited. Anda bebas menentukan sendiri mana theme yang sesuai dengan kebutuhan anda. Disini juga tersedia beragam plugin yang anda butuhkan untuk menunjang kerja website yang lebih baik. Anda mampu pula melalukan sejumlah perubahan yang terdapat pada direktori file di website tersebut. Desain web juga bisa dilakukan dengan cepat tanpa mengeluarkan biaya apapun. Namun, perlu anda garis bawahi juga bahwa anda perlu melakukan pencadangan, pembaruan keamanan dan juga memberi dukungan supaya situs website tersebut bisa terus berjalan dengan baik. Anda yang bertanggung jawab sendiri dengan kelangsungan dari situs tersebut. Bahkan ada beberapa pengetahuan teknis yang juga perlu anda pahami, antara lain pengetahuan tentang HTML dan lain sebagainya.

Pengertian dan Fungsi WordPress.com

Perbedaan WordPress.Com Dan WordPress.Org
idwebhost

Masuk ke tahap selanjutnya, yakni tentang WordPress.com. Platform yang satu ini dibuat langsung oleh WordPress untuk memudahkan aktivitas IT para pelanggannya. Dengan kata lain, WordPress.com memudahkan para pengguna hosting untuk memaksimalkan semua fitur dan kegunaan dari platform yang ada didalamnya. Namun, anda harus mengikuti syarat dan ketentuan dari hosting tersebut. Keuntungan yang bisa didapatkan antara lain memberikan waktu pengaturan yang jauh lebih sedikit karena WordPress.com melihat dari sudut pandang penggunanya. Pastinya para pengguna ingin menggunakan layanan Open Source yang lebih mudah diaplikasikan ketimbang yang ribet. Selain itu, anda juga tidak perlu memahami terlalu ribet tentang bahasa pemrograman karena di WordPress.com murni semua bisa dilakukan tanpa harus coding.

Anda juga akan mendapatkan keuntungan lain mulai dari dukungan email dan juga obrolan dengan staff IT terkait untuk mengoptimalkan website yang anda miliki. Sayangnya, WordPress.com juga memiliki beberapa ketentun tertentu yang cukup tegas, antara lain punya hak mematikan situs anda jika terdapat konten yang tidak sesuai dengan syarat yang berlaku. Jadi jangan kaget jika situs website anda tiba-tiba tidak bisa diakses. Sementara itu, jika anda menggunakan paket WordPress.com yang gratis maka anda domain anda akan dibaca sebagai subdomain, contohnya namadomain.wordpress.com. Jadi bukan nama domain.com.

WordPress.com VS WordPress.org, Mana Yang Bagus Untuk SEO?

Perbedaan WordPress.Com Dan WordPress.Org
idwebhost

Tidak ada perbedaan yang begitu mencolok antara SEO WordPress.com dan WordPress.org, pasalnya untuk .org anda akan bisa menginstal sejumlah fitur SEO yang anda inginkan tanpa batas. Jadi anda akan bisa membuat situs yang dimiliki tampil di halaman pertama searching engine dengan mudah. Hal ini bisa anda sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Sementara untuk .com, anda bisa menginstall sejumlah plugin dari pihak ketiga untuk lebih mengoptimalkan SEO dari website tersebut. Hal ini pastinya membuat anda mampu melakukan boost terhadap rangking web tersebut dengan mudah.

Terkait mengenai biayanya, banyak yang berpendapat bahwa WordPress.org memberikan biaya hosting yang lebih tinggi. Terkadang ada biaya desain yang dikeluarkan sehingga menjadikan pengeluaran semakin tak terkendali. Tapi untuk WordPress.com, biayanya bisa saja lebih murah karena ada paket yang bisa diatur oleh penggunanya sesuai kebutuhan. Tentu saja dibalik pengeluaran biaya tersebut, ada sejumlah fasilitas yang bisa anda dapatkan dari WordPress.org, antara lain kemampuan anda untuk memonetisasi melalui WordPress.org. Hal ini akan membantu anda untuk melakukan apa saja terhadap web tersebut tanpa kendala dari pihak lain. Sementara itu, kebijakan yang ada di WordPress.com memang terbilang cukup ketat, terutama dalam hal monetisasi. Jadi anda harus benar-benar menggunakannya secara hati-hati. Salah sedikit saja atau menyalahi kebijakan akan berpengaruh pada situs anda.

Baca Juga: Inilah Keunggulan WordPress Yang Wajib Diketahui

Untuk faktor pemeliharaan, WordPress.com nampaknya bisa lebih unggul karena semua bergantung pada penyedia hosting itu sendiri. Mereka akan melakukan kontrol pemeliharaan secara berkala. Sementara itu, untuk WordPress.org, kontrol pemeliharaan tersebut murni ada di tangan pengguna. Jadi jangan sampai lupa melakukan kontrol jika tidak ingin website tiba-tiba error atau mengalami bug yang tidak semestinya terjadi.

WordPress.com Memberikan Tema Yang Terbatas, Kecuali Jika Anda Membeli Paket Khusus

Tak bisa dipungkiri bahwa tema sangat penting untuk menunjang semua kemudahan yang anda butuhkan dalam membuat website tersebut. Tampilan yang free atau gratis benar-benar cukup menyulitkan bagi anda yang ingin melakukan banyak hal dengan web tersebut. Sejumlah perintah dan fitur yang diberikan akan sangat terbatas. Namun, saat anda membeli paket khusus dari WordPress.com, maka anda akan bisa mengoptimalkan semua yang anda butuhkan. Disini tema yang terbaik akan muncul di pencarian yang anda gunakan. Tema yang optimal bisa memudahkan pengguna untuk mengatur plugin, tata letak, dan lain sebagainya.

Para pengunjung yang masuk ke situs WordPress.com dengan tema yang free biasanya akan dikesalkan dengan tampilannya yang kurang optimal. Tapi jika tema yang digunakan versi paket khusus dan berbayar, biasanya mereka akan cenderung lebih nyaman mengakses situs itu sendiri. Namun, semua kembali lagi ke tangan anda. Mau seperti apa anda menggunakan situs WordPress.com itu. Tapi untuk tahap awal, para pemula sangat disarankan menggunakan WordPress.com untuk memahami seluk beluk menciptakan website yang diinginkan. Jadi ini sangat berguna untuk para pemilik blog gratis. Sementara jika anda rasa sudah cukup untuk belajar yang versi gratis, anda bisa langsung menuju WordPress.org untuk mengembangkan situs yang dimiliki menjadi lebih baik. Seperti yang dijelaskan diatas, WordPress.org memberikan lebih banyak manfaat dari segi monetisasi, fitur, plugin, tampilan, dan lain sebagainya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.