Perbedaan Slack vs Discord

Perbedaan Slack vs Discord

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, tren kerja remote menjadi makin tinggi. Banyak perusahaan dan perkantoran yang mengambil kebijakan kerja dari mana saja untuk ikut menekan persebaran virus mematikan ini. 

Komunikasi adalah hal krusial yang menentukan efektivitas kerja remote dan kerja jarak jauh. Jika komunikasi antar anggota tim tersendat, bukan tidak mungkin akan memberikan pengaruh buruk pada hasil kerja. 

Dua aplikasi komunikasi yang banyak digunakan oleh banyak perusahaan saat ini, baik yang menerapkan kerja remote atau tidak, adalah Slack dan Discord

Bukan tanpa alasan Slack dan Discord banyak digunakan sebagai platform komunikasi internal di perusahaan. Slack dan Discord memiliki beragam fungsi yang memudahkan komunikasi dan kolaborasi antar anggota tim. 

Lantas, karena sama-sama sebagai alat komunikasi internal,  tentu banyak yang bertanya-tanya, apa sih, yang membedakan keduanya? 

Pada artikel kali ini, IDwebhost akan berbagi dengan Sahabat semua, tentang perbedaan Slack vs Discord. Siapa tahu, dari informasi ini, kamu bisa menentukan aplikasi manakah yang akan digunakan sebagai alat komunikasi internal dengan rekan kerja. 

Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Slack? 

Apa Itu Slack

Sebelum membahas perbedaan Slack vs Discord, mari cari tahu satu per satu aplikasi yang akan dibandingkan pada artikel kali ini. Mulai dari Slack

Slack adalah sebuah aplikasi yang digunakan sebagai alat komunikasi dengan rekan kerja. Kamu bisa mengirimkan pesan teks, file, dan lain-lain dalam satu platform. 

Karena itu, Slack menjadi aplikasi pesan instan yang sangat berguna bagi pekerja kantoran untuk berkomunikasi. Baik komunikasi dengan anggota satu divisi dan lintas divisi. 

Ada dua metode obrolan yang bisa digunakan di Slack. Yaitu channel, atau percakapan grup dan direct message, atau pesan langsung

Saat menggunakan Slack untuk perusahaanmu, maka nantinya nama perusahaan akan masuk ke dalam URL Slack. 

Sebagai contoh, nama perusahaanmu adalah Kantor Saya. Maka, URL Slack nantinya adalah kantorsaya.slack.com. Dengan URL, kamu dapat mengundang anggota tim untuk masuk dalam Slack yang kamu buat. 

Apa Itu Discord? 

Apa Itu Discord

Jika sebelumnya kita sedikit membahas tentang Slack, sekarang saatnya kita mengenal Discord. Pernahkah kamu mendengar Discord? 

Discord adalah sebuah aplikasi pesan instan yang memungkinkan penggunanya untuk saling mengirim pesan teks, gambar, audio, video, sampai share screen. Sejak pertama kali dirilis pada bulan Mei 2015, Discord lebih banyak digunakan oleh creator gaming. 

Baca Juga : Strategi Komunikasi Digital Marketing yang Tepat 

Bukan tanpa alasan mengapa Discord lebih populer di kalangan gamer dan content creator. Discord adalah buah karya Jason Citron. Sebelumnya, ia menciptakan sebuah platform gamer bernama OpenFeint yang kemudian dijual sebesar 104 juta dollar Amerika. 

Ia kemudian membuat studio game dan merilis permainan MOBA yang ironisnya tidak laku di pasaran. Di tengah kegamangan tersebut,Citron berpikir untuk mencipatakan layanan voice over internet protocol (VoIP) yang ramah pengguna. Maka hadirlah Discord

Perbedaan Slack vs Discord

Slack vs Discord

Slack dan Discord, kedua platform perpesanan instan yang memang dirancang komunikasi dengan anggota tim. Banyaknya kesamaan antara Slack vs Discord ini sering membuat banyak orang kesulitan menentukan pilihan. 

Keduanya menawarkan layanan freemium, sampai dengan layanan berbagi file. Slack dan Discord dapat digunakan untuk tim yang beranggotakan sedikit orang sampai tim yang besar. 

Lantas, apa saja yang membedakan Slack s Discord? 

Berikut adalah perbedaan Slack vs Discord yang harus kamu tahu: 

  • Harga 

Slack dan Discord menggunakan metode freemium. Artinya, selain memiliki versi gratis, untuk mendapatkan fitur yang lebih tinggi, harus berlangganan paket premium. 

  • Slack 

Slack menawarkan empat paket, yaitu Slack Free, Slack Standard, Slack Plus, dan Slack Enterprise Grid. Dengan Slack Free, kamu bisa mengirim sampai dengan 10 ribu pesan, menghubungkan hingga 10 aplikasi pihak ketiga, berbagi file, dan melakukan telepon suara dan video. 

  • Discord

Berbeda dengan Slack, Discord memiliki tiga paket yang bisa dipilih oleh penggunanya. Yaitu Discord Free, Discord Nitro, dan Discord Classic. Dengan Discord Free, kamu bisa mengirimkan pesan tak terbatas, video conference hingga 8 orang, dan mengupload file sampai 8 MB. 

Buat kamu yang lebih mementingkan harga, Discord adalah pilihan yang lebih rasional. Paket Discord Free memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan Slack Free. 

  • Tampilan Antarmuka 

  • Slack 

Keunggulan Slack terletak pada tampilannya yang simpel. Tampilan antarmuka Slack sangat clean dan mudah digunakan. Hal ini tentu saja memudahkan pengguna yang sering kesulitan untuk beradaptasi dengan software baru. 

Tampilan Slack juga sangat mudah dikustomisasi. Ada 8 tema yang bisa dipilih dan pilih tema custom yang bisa digunakan. 

  • Discord 

Keunggulan terbesar Discord terletak pada fitur on screen-nya. Di layar utama Discord, kamu bisa melihat voice chat atau video chat yang aktif di server. Kamu juga bisa melihat siapa saja yang online dan pesan baru yang kamu diterima. 

Dari sisi tampilan antarmuka, Slack lebih mudah dikustomisasi daripada Discord. Bagi siapapun yang menyukai tampilan yang clear, Slack adalah pilihan terbaik. 

  • Pesan Teks 

  • Slack 

Slack memiliki tiga wadah untuk berkomunikasi. Yaitu direct message, channels, dan threads. Fitur direct message Slack terhitung standar. Kamu cukup klik foto teman untuk memulai private chat. 

  • Discord 

Discord adalah tempat yang tepat untuk komunikasi pesan dan suara. Meskipun begitu, pengguna tetap dapat mengirimkan pesan teks dan direct message. 

Baca Juga : Untung Rugi Beriklan di Google Ads

Buat kamu yang lebih suka berkomunikasi dengan teks, Slack menawarkan fitur yang lebih mumpuni dibandingkan dengan Discord. 

  • Integrasi 

Integrasi adalah kunci dari keberhasilan pekerjaan. Sejauh mana Slack can Discord menjawab kebutuhan ini? 

  • Slack 

Untuk menunjang produktivitas, Slack versi gratis menawarkan integrasi hingga 10 aplikasi. Beberapa aplikasi yang bisa diintegrasikan dengan Slack, antara lain Google Calendar, Zoom, Google Sheets, Dropbox, dan lain sebagainya. 

  • Discord

Discord menyebut aplikasi yang diintegrasi sebagai “bot’. Bot ini dikembangkan oleh pihak ketiga atau pengguna Discord sendiri, dengan fitur yang spesifik sesuai kebutuhan. 

Slack lebih unggul untuk kemampuan integrasi karena menawarkan lebih banyak pilihan. 

  • File Sharing 

Sebagai tools untuk menunjang produktivitas, fitur file sharing juga harus diperhatikan. Berikut perbandingan kemampuan file sharing Slack vs Discord: 

  • Slack 

Slack memungkinkan penggunanya berbagi file dari dua sumber. Yaitu Google Drive dan komputer. File yang bisa diupload di Slack maksimal adalah 1 GB. Tapi ingat, paket free plant memiliki penyimpanan maksimal 5 GB per pengguna. 

  • Discord 

Discord memungkinkan penggunanya berbagi file dengan pengguna lain. Jika menggunakan Discord Free, kamu bisa mengupload file sebesar 8 MB. 

Untuk kamu yang rutin berbagi file bersama kolega, Slack adalah pilihan yang terbaik. 

Penutup 

Buat kamu yang sedang mencari aplikasi pesan instan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja di kantor, Slack dan Discord menawarkan keunggulannya masing-masing. Sekarang, giliranmu untuk memilih. 

Mau punya domain dengan nama kantor agar terlihat profesional? Kembangkan ide bisnismu dengan layanan Google Workspace IDwebhost!

Dapatkan fitur-fitur terbaik untuk produktivitas yang lebih baik. 

 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019