Perbedaan Shopify dan Jejualan yang Harus Diketahui
Blog Tips Keren Perbedaan Shopify dan Jejualan yang Harus Diketahui

Perbedaan Shopify dan Jejualan yang Harus Diketahui

Toko online atau “online store” merupakan salah satu media efektif yang bisa digunakan untuk tujuan bisnis, apalagi terkhusu untuk jual beli barang. Tentunya, akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mempunyai sebuah toko online. Salah satunya adalah untuk memperluas pangsa pasar yang jauh lebih besar. Semakin dengan merebaknya pengguna internet, tentu akan menjadikan pangsa pasar melalui dunia maya menjadi lebih potensial. Apalagi saat ini banyak pebisnis dan perusahaan, baik itu berskala besar ataupun usaha kecil yang sudah mengembangkan jalur pemasarannya melalui toko online. Terdapat toko online yang harus Anda ketahui antara perbedaan shopify dan jejualan.

perbedaan shopify dan jejualan

Perbedaan Shopify dan Jejualan

  1. Mengenal Shopify

Shopify adalah sebuah penyedia layanan e-commerce yang sudah cukup dikenal secara global. Sebuah perusahaan yang berasal dari Kanada mulai melebarkan sayap bisnisnya di Indonesia pada Agustus tahun 2013 silam. Sejak didirikan tahun 2004 lalu, Shopify sudah mengkalim bahwa sudah mengelola lebih dari 60 ribu toko online yang sudah tersebar dalam lebih dari 100 negara. Shopify juga menghadirkan beberapa fitur menarik yang bisa digunakan dalam membantu Anda dalam membuat sebuah toko online. Contohnya memberikan standard keamanan yang tinggi, kapasitas penyimpanan file yang mulai dari 1 GB, desain template yang menarik dan juga professional yang lebih dari ratusan jumlahnya. Selain itu dilengkapi juga dengan sistem pelaporan yang canggih, bandwidth tanpa batas dan masih banyak lainnya. Biaya yang dikenakan dalam menggunakan platform Shopify dikenakan mulai dari 180 ribuan sampai dengan 2 juta per bulan. Tetapi, jika Anda sekedar ingin mencoba, disediakan masa trial yang berlaku dalam waktu 14 hari.

  1. Mengenal Jejualan

Bedanya dengan jejualan yang merupakan sebuah penyedia jasa pembuatan toko online yang memang sudah banyak digunakan oleh para pemula yang ada di Indonesia jika ingin berbisnis secara online. Jejualan juga menawrkan biaya yang sangat murah, hanya 60 ribu rupiah untuk setiap bulannya yang diperuntukkan untuk paket gold. Namun, jika Anda ingin yang jauh lebih bagus dan juga professional, Anda bisa memilih paket platinum yang dibanderol dengan harga 200 ribu per bulan. Fitur yang disediakan, diantaranya: sms report, SEO, marketing tools, ratusan fitur ecommerce dan template, metode pembayaran yang beragam untuk keperluan toko online anda, bisa konsultasi langsung dengan pakar ecommerce, dan lainnya.

perbedaan shopify dan jejualan

Mengetahui Perbedaan Shopify dan Jejualan

  1. Perbedaan Shopify dan Jejualan dalam Kemudahan Penggunaan

Untuk sebagian orang, dalam membuat sebuah toko online bukan suatu proses yang mudah. Dalam bayangan sudah pasti akan terpatri dengan berbagai proses dan juga langkah yang sulit dan juga panjang untuk dilakukan. Tetapi sebenarnya, dalam membuat toko online dapat dilakukan dengan mudah jika Anda sudah mengetahui tips dan trik untuk membuatnya. Salah satu tips dan trik adalah dengan menemukan platform yang memang menawarkan kemudahan dalam penggunaan. Baik shopify dan jejualan merupakan dua platform yang user-friendly dan juga sangat mudah untuk digunakan. Bahkan shopify sendiri sudah memanfaatkan keunggulan tersebut sebagai selling point. Selain itu, shopify merupakan salah satu platform yang memang sangat mudah untuk dikelola. Dan kesemua hal tersebut berkat adanya drag-and-drop builder dan juga dashboard yang intuitif. Sedangkan untuk Jejualan juga menawarkan kemudahan apalagi untuk pemula yang ingin mencoba menggunakan toko online. Sehingga keduanya sama-sama menawarkan kemudahan dalam penggunaan platform toko online. Jejualan memang di tujukkan untuk mereka yang baru memulai, sehingga disana akan disediakan fitur yang bisa membantu dalam mewujudkn toko online.

  1. Perbedaan Shopify dan Jejualan dalam Manajemen Toko Online

Sebuah platform toko online apapun yang dipilih sebaiknya memang menyediakan bermacam-macam opsi ataupun pilihan agar bisa mengelola situs sebuah toko online. Contohnya, Anda juga akan menangani berbagai metode pembayaran dan metode pengiriman. Dari segi fitur yang disediakan oleh Shopify memang dilengkapi dengan semua tool dasar yang Anda butuhkan dalam mengonlinekan sebuah situs e-commerce. Tetapi, jika menginginkan fitur dengan tingkat lanjut, Anda harus membeli paket premimum yang sudah disediakan oleh Shopify. Sama halnya dengan jejualan juga menawarkan paket premium yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan fitur dengan tingkatan lanjut. Baik shopify maupun jejualan mempunyai pilihan fiturnya masing-masing, sehingga Anda juga bebas memilih dalam menggunakan platform toko online. Untuk mendapatkan paket pelayanan premium memang lebih murah biayanya ketika Anda menggunakan Jejualan. Sehingga Anda akan jauh lebih berhemat jika menggunakan jejualan.

perbedaan shopify dan jejualan

  1. Perbedaan Shopify dan Jejualan dalam Kemudahan Kustomisasi

Jika membandingkan antara shopify dan jejualan tentu tidak bisa dilakukan hanya berasal dari satu atau dua sudut panjang. ada beberapa hal lainnya yang dapat ditinjau, contohnya adalah untuk pilihan tambahan dalam melakukan kustomisasi. Tool ini memang hampir ada di semua platform jualan online, termasuk shopify dan jejualan. Dengan apanya opsi kustomisasi ini, Anda bisa mengaktifkan dan juga menambahkan fitur baru ke dalam toko onlie dengan menggunakan ekstensi ataupun add-ons. Tidak hanya opsi kustomisasi saja, Shopify dan Jejualan juga sudah menyediakan bermacam-macam template dan juga tema, sehingga Anda bisa memodifikasi tampilan, style dan juga layout dari toko online yang Anda punya dengan cepat.

  1. Perbedaan Shopify dan Jejualan dalam Performa

Performa adalah satu factor penentu dalam sebuah aplikasi toko online terbaik. Tidak hanya itu, performa juga sangat berkaitan dengan kecepatan loading apabila website sudah diakses oleh beberapa customer dan ketika Anda mengubah pengaturan yang ada di back end. Beberapa factor yang mempengaruhi dalam kecepatan waktu loading sebuah website adalah pemilihan tipe dan juga layanan hosting yang Anda pakai. Sehingga akan mempengaruhi trafik yang bisa didatangkan ke toko online Anda. Selain itu, beberapa platform e-commerce juga ada yang sanggup untuk memuat banyak visitor. Anda juga biasanya tidak senagaja mengupload gambar yang berevolusi tinggi atau melakukan instalasi terlalu banyak sehingga menyebabkan waktu loading pada toko online Anda menjadi bertambah.

perbedaan shopify dan jejualan

  1. Faktor Keamanan

Kemanan merupakan salah satu factor utama yang sangat tidak boleh disepelekan. Apalagi jika yang Anda buat adalah sebuah toko online. Informasi pribadi dari pelanggan dan juga sistem pembayaran merupakan dua hal yang selalu Anda temui. Contohnya, jika nantinya terjadi pencrian data pelanggan, tentunya tidak ada customer atau pelanggan yang mau percaya lagi dengan situs Anda. Dua factor yang mempengaruhi keamanan online pada situs e-commerce adalah platform e-commerce yang Anda gunakan dan juga tool ataupun software keamanan yang sudah diaktifkan oleh provider web hosting yang sudah Anda pilih. Namun, baik shopify dan juga jeualan mempunyai sistem keamanan yang patut untuk diacungi jempol.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.