Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Server
Blog Hosting Guru Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Server

Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Server

Anda perlu mengetahui perbedaan shared hosting dan dedicated server jika bisnis anda sudah sangat berkembang. Jika bisnis anda sudah mempunyai website sendiri dan sudah sangat berkembang. Memilih antara shared hosting dan dedicated server akan ada banyak sekali pertimbangan. Hal yang dapat menjadi pertimbangan anda lebih kompleks dari sekedar masalah biaya. Anda juga harus memikirikan saat ini dan masa depan. Sekarang ini di mana sudah banyak sekali penyedia web hosting, anda perlu mengetahui hosting apa saja yang mereka tawarkan.

Di artikel ini, akan dijelaskan setiap aspek dari shared hosting dan dedicated server sehingga akan menjadi lebih mudah bagi anda untuk membuat keputusan yang tepat. Sebelumnya anda harus tahu dahulu 2 jenis paket hosting sesuai dengan fitur mereka.

Bandwidth & Disk Space

Dalam industri penyedia web hosting,”bandwidth” sendiri berarti traffic dari sebuah web yang digunakan oleh layanan seperti cloud hosting dan dedicated server selama sebulan. Untuk menghitung kebutuhan bandwidth pengguna website, sebagian besar penyedia web hosting memperkirakan jumlah data yang masuk dan keluar sebuah website dari jaringan per bulan untuk server tertentu.

Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Server
IDwebhost
  • Shared Hosting:

Sebagian besar penyedia web hosting akan memberikan kesan bahwa hosting di mereka bisa dengan bandwidth dan Disk Space yang tidak terbatas. Tetapi kenyataannya adalah bahwa rencana hosting web ini akan selalu memiliki batas. Dengan kata lain shared hosting adalah hosting berbagi antara website anda dan penyedia web hosting anda. Jika traffic website anda tiba-tiba naik dengan drastis maka pasti website anda akan susah untuk diakses bahkan bisa jadi tidak bisa diakses. Ketika itu sudah terjadi, mau tidak mau anda harus menambahkan kapasitas website anda lebih banyak. Tetapi hanya penyedia web host yang dapat memutuskan berapa banyak yang dapat ditambahkan. Tanyakan kepada penyedia web hosting  anda tentang “soft limit” website anda setelah itu buat keputusan berdasarkan volume traffic yang website anda terima.

Performa Shared Hosting

Semakin baik performa web Anda, semakin banyak juga pengunjung website anda. Karena paket shared hosting akan selalu memiliki sumber daya yang terbatas, anda tidak pernah bisa memastikan seberapa jauh perkembangan website anda. Bayangkan situasi di mana website anda menerima volume traffic rata-rata. Pengguna lain di shared hosting menjalankan kampanye SEO dan mengalami lonjakan besar dalam trafficnya. shared hosting akan menggunakan lebih banyak sumber dayanya untuk mendukung lalu lintas pengguna tersebut, sehingga memengaruhi kinerja website Anda.

Hasilnya adalah bahwa halaman website anda susah untuk diakses, sehingga menyebabkan gangguan pada ribuan pengunjung wesbite anda. Jika website anda yang telah mengalami lonjakan traffic yang belum pernah terjadi sebelumnya, beberapa penyedia web shared hosting bahkan mungkin akan menghukum anda atau membebani anda lebih banyak membeli bandwidth tambahan.

Keamanan Shared hosting

Mekanisme keamanan dasar dari shared hosting membuatnya kurang aman dibandingkan dedicated hosting. Karena website anda akan berada di sebuah server, bersama banyak website lain. Bahkan satu skrip yang bermasalah dapat menyebabkan satu server bermasalah. Karena ada banyak sekali host yang berada dalam server tersebut sehingga menyebabkan anda tidak tahu website apa saja yang berada dalam server yang sama dengan anda.

Fungsi Kontrol Shared hosting

Shared hosting lebih di peruntukkan kepada perusahaan atau pelaku bisnis yang tidak memiliki pengetahuan tentang sebuah website. Sehingga relatif mudah untuk membuat sebuah website dengan asal jadi. Karena shared hosting mempunyai batasan pada jenis bahasa scripting dan jenis file yang dapat digunakan. Tetapi jika anda tidak ingin mempunyai website yang canggih dan sederahana, shared hosting bisa menjadi pilihan ekonomis untuk keuangan anda.

Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Server

  • Dedicated Server Hosting:

Dengan perkembangan bisnis anda yang cepat menyebabkan website anda menerima volume traffic yang besar, dedicated server hosting adalah pilihan yang tepat. Penyedia web host dapat memberikan anda bandwidth dan ruang disk benar-benar tidak terbatas. Sehingga kesempatan untuk susah diakses atau tidak bisa diakses akan jarang sekali terjadi.

Performa Dedicated Server hosting

Jika anda memiliki paket hosting web Dedicated server hosting, Anda tidak perlu khawatir tentang traffic pada pengguna lain. Server akan sepenuhnya menjadi milik anda dan tidak perlu khawatir bahwa website anda susah diakses. Bahkan tidak bisa diakses oleh pengunjung website anda. Jadi, jika Anda memiliki server yang besar dan layak. Secara tidak langsung anda akan memberikan pengalaman yang mudah dan cepat kepada pengunjung anda. Dedicated hosting adalah pilihan ideal untuk bisnis anda yang mulai berkembang dengan sangat cepat.

Keamanan Dedicated Server hosting

Dalam Dedicated server hosting akan lebih aman dan dapat di andalkan. Dedicated server hosting memungkinkan anda untuk menjalankan hampir semua jenis script dan layanan. Selain itu, penyedia host web akan selalu memantau server dedicated hosting anda untuk memastikan bahwa situs anda berjalan dengan lancar. Maka dari itu dedicated hosting lebih mahal daripada shared hosting.

Fungsi Kontrol Dedicated Server hosting

Jika anda ingin memiliki kontrol total atas resources server, sebaiknya menggunakan dedicated hosting. Di sisi lain, jika anda membutuhkan resources besar, maka sebaiknya gunakan Dedicated web hosting. Dengan catatan anda harus memiliki pengetahuan dan pengalaman teknis untuk mengelola server semacam itu. Karena anda harus menjalankan hampir semua jenis fitur dan layanan dan mendukung berbagai jenis bahasa scripting sendiri.

Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Server

Kesimpulan

Jenis hosting yang anda pilih harusnya melihat dari segala aspek seperti pada kebutuhan bisnis anda, anggaran, dan kebutuhan server website anda serta kontrol jumlah traffic yang anda inginkan. Jadi, untuk membuat keputusan yang tepat, lakukan riset dan tanya kepada orang lain terlebih dahulu, konsultasikan dengan orang-orang yang paham betul atau dengan penyedia web host. Ingatlah bahwa keputusan yang tepat dan cerdas akan menentukan kesuksesan dan perkembangan bisnis anda.

Kami juga memiliki konten lain untuk anda perihal bisnis, marketing dan pengembangan bisnis digital anda. Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda!

Bagi anda yang belum mempunyai website juga bisa segera membuat website kalian sendiri untuk memperbesar dan meningkatkan bisnis yang sedang anda jalani saat ini. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.