Perbedaan SEO dan SEM Yang Perlu Dipahami

17 Feb 2020
Perbedaan SEO dan SEM Yang Perlu Dipahami campaign-unlimited

Di dunia yang memasuki era digital seperti sekarang ini, kegiatan marketing pun juga bergeser. Pekerjaan marketing tradisional tidak lagi menjadi andalan dan menjadi hal yang diandalkan seperti dulu. Oleh karena itu ada istilah atau profesi yang saat ini cukup terkenal yaitu digital marketing. Hal ini memunculkan dua istilah penting yang cukup sering didengar yakni SEO dan SEM. Yup dua hal yang hampir mirip dan berkaitan dalam dunia digital marketing namun memiliki arti dan kegunaan yang berbeda satu sama lain. Memang apa perbedaan SEO dan SEM ini? Well, di artikel ini kami akan membahas perbedaan dua istilah yang cukup sering kita dengar ini. Berikut ini akan kami bahas perbedaan nya dan akan lebih baik jika anda memahami SEO dan SEM ini terlebih dahulu secara satu per satu.

Perbedaan SEO dan SEM

1. SEO (Search Engine Optimization)

Menurut Wikipedia, SEO atau search engine optimization adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak berbayarpencarian non iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.

perbedaan SEO dan SEM
Idwebhost.com

SEO  merupakan cara optimasi halaman dan konten website untuk mesin pencari agar website kita disukai oleh audiens, disukai  serta berada di halaman pertama mesin pencari. Suatu mesin pencari akan menyukai sebuah website yang memiliki konten relevan dan berkualitas sehingga pengunjung betah berlama lama di dalam website anda.

SEO seringkali disebut sebagai tools untuk meningkatkan jumlah pengunjung di website karena SEO adalah proses yang tumbuh dan berkembang. Berawal dari sebuah situs web yang baru bisa Anda daftarkan domain dan hostingnya. Situs yang tidak populer, tidak memiliki posisi apapun di hasil pencarian internet. Akan tetapi jika situs web tersebut telah dioptimisasi dengan baik, maka situs web itu akan berkembang semakin besar, populer, memiliki posisi bagus di hasil pencarian pada search engine, dan akan memenuhi objektif pemilik website.

Berbeda dengan non-SEO atau non-organik yang sifatnya cenderung instan. Proses non-organik ini harus menggunakan uang untuk dapat memperoleh audiens dalam jumlah tinggi. Itu dia sedikit pengertian dari SEO yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami betapa pentingnya hal ini bagis suatu website. Oke tanpa basa basi lagi, berikut ini pembahasan kami tentang Bing Webmaster Tools.

Pada umumnya ada 2 jenis SEO, white SEO dan blackhat SEO. Apa bedanya? White SEO dilakukan dengan teknik-teknik yang memang diizinkan oleh pihak google sehingga blog pun bisa bertahan lama di posisi teratas. Intinya white SEO itu dilakukan dengan cara – cara yang bersih dan jujur. Sedangkan sebagai kebalikan White SEO, blackhat SEO dilakukan dengan cara – cara yang terlarang yang melanggar TOS google. Dengan memakai blackhat SEO hanya akan memperbesar kemungkinan blog akan di suspend oleh google.

2. SEM (Search Engine Marketing)

SEM merupakan bentuk pemasaran Internet yang melibatkan pembelian lalu lintas melalui kegiatan pencarian berbayar. SEM sering digunakan untuk mendeskripsikan tindakan ada hubungannya dengan riset, mengirimkan dan memposisikan situs web di dalam sebuah mesin pencari. Hal ini mencakup berbagai hal seperti pengoptimalan mesin pencari, daftar berbayar dan layanan hingga fungsi terkait mesin pencari lainnya yang akan meningkatkan eksposur dan lalu lintas ke situs Web Anda.

perbedaan SEO dan SEM
IDwebhost

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya SEM itu mirip dan serupa dengan SEO namun tidak sama. Yup, SEM juga bertujuan menampilkan website di halaman pertama google namun dengan cara yang sedikit berbeda dengan SEO. Jika SEO gratis, namun menggunakan SEM harus berbayar. Salah satu media untuk menggunakan SEM adalah google adwords. Dengan menggunakan google adwords ini, website anda akan berada pada halaman pertama google.

Namun walaupun demikian, pengguna SEM biasanya lebih identik dengan kegiatan menawaran produk. Sangat jarang sekali pengguna SEM yang hanya bertujuan mempromosikan konten (yang hanya berupa tulisan). Biasanya mereka yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk untuk di jual. Tidak seperti SEO yang lebih umum dengan keduanya baik itu promosi produk ataupun konten.

SEM juga memiliki arti yang lebih luas dibandingkan dengan SEO. Karena SEO memiliki tujuan untuk memberikan hasil pencarian secara organik yang lebih baik, SEM menggunakan mesin pencari untuk melakukan promosi situs web atau bisnis ke pengguna internet dan mengirim lalu lintas yang lebih bertarget  ke situs web anda. Jadi misalkan ketika ada orang yang menggunakan search engine untuk mencari keyword tertentu, maka hasil mesin telusur organik adalah tempat layanan dari SEO bisa membantu situs web anda menjadi lebih terlihat. Iklan berbayar, atau tautan yang memiliki sponsor adalah yang ditampilkan dengan jelas di atas atau di samping hasil pencarian organik merupakan hasil dari layanan SEM.

Lebih Baik SEO atau SEM?

Sebenarnya tidak ada yang lebih baik maupun jelek dari antara dua layanan ini. Masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang harus anda perhatikan. Kelebihan dari SEO adalah optimasi yang dilakukan tidak membutuhkan biaya alias gratis, kecuali anda memakai jasa SEO yaa. Tapi memanfaatkan SEO ini tidak akan mudah karena ada ribuan kompetitor untuk berebut mendapatkan halaman pertama di mesin pencari seperti Google.

Di sisi lain SEM sudah pasti akan membuat halaman anda untuk berada di halaman pertama Google, namun hal tersebut tidak gratis dan membutuhkan uang. Namun bukan berarti anda bisa bilang dengan SEM akan lebih mudah karena “pay to win” yaa karena ada banyak perusahaan besar dengan budget besar pula akan beriklan di Google Adwords. Kekuatan uang juga berpengaruh besar disini, karena semakin besar uang yang dikeluarkan semakin besar pula peluang anda tampil di keyword yang sama

perbedaan SEO dan SEM
idwebhost.com

Cara terbaik adalah dengan melakukan optimasi pada keduanya. Dengan SEO anda bisa dengan cepat mendapatkan calon pelanggan dengan gratis dan SEM akan menggaransi produk anda untuk bisa berada di halaman pertama search engine.

Karena pada akhirnya SEO dan SEM sendiri bukan lah layanan yang bersaing melainkan lebih ke sifat saling melengkapi satu sama lain. SEO seringkali disebut sebagai bagian penting dari layanan SEM. Jika anda ingin melakukan atau membangun bisnis melalui media internet , anda harus memanfaatkan berbagai kelebihan yang dimiliki kedua layanan ini secara maksimal agar proses digital marketing bisa berjalan dengan lancar.

Nah itu dia, perbedaan penting antara SEO dan SEM yang harus anda cermati dan manfaatkan dengan baik. Semoga bermanfaat yaa. Jangan lupa juga bagi anda yang ingin membeli domain gratis dan berkualitas bisa di IDwebhost ya.