Perbedaan Sales dan Marketing Yang Perlu Kita Ketahui

28 Sep 2019
Perbedaan Sales dan Marketing Yang Perlu Kita Ketahui campaign-unlimited

Kebanyakan masyarakat Indonesia pasti berpikir kalau sales dan marketing itu sama sama berjualan produk? Padahal sebenarnya kedua hal tersebut sangat berbeda. Namun sayangnya masyarakat masih sering menyalahartikan bahwa sales dan marketing itu memiliki peran yang sama yaitu jualan produk. Nyatanya, kedua istilah itu sangat berbeda. Marketing merupakan keseluruhan dari system di suatu kegiatan bisnis yang bertujuan untuk merencanakan suatu produk, penetapan harga, penetapan cara promosi dan pendistribusian barang yang bertujuan untuk memuaskan pelanggan. Jika Sahabat IDwebhost sedang mencari pekerjaan dan bingung tentang perbedaan sales dan marketing, maka artikel ini sangat tepat untuk kamu ikuti karena kami akan menjelaskan nya secara lebih mendalam seperti berikut!

Perbedaan Sales dan Marketing

1. Definisi

Sales adalah kegiatan yang hanya memiliki fokus untuk berjualan suatu produk yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja. Sales adalah bagian dari suatu perusahaan yang kegiatannya adalah menjual, memastikan produk yang terlihat ataupun tidak, aset, dan jasa bisa terjual dengan harga yang sesuai dengan rencana dari perusahaan dan juga diterima oleh konsumen.Sales cuma memperhatikan faktor promosi di pemasaran bisnis mereka.

Di sisi lain, marketing adalah kegiatan implementasi strategi yang dijalankan dengan sistem. Pengertian marketing ini yang membuat penjual dan pembeli bisa bertemu.  Pada strategi marketing juga mereka akan selalu berusaha menjaga citra produk agar pelanggan bisa dengan cepat memutuskan untuk membeli salah satu produk yang ditawarkan karena telah mengetahui kualitas dari merek tersebut. Juga  marketing memiliki strategi dengan istilah 7P, yakni Product, Price, Place, Promotion, Process, People, dan Physical evidence.

 

perbedaan Sales dan Marketing
idwebhost.com

 

Ini merupakan penjelasan singkat tentang definisi dari sales dan marketing. Bagaimana, sudah cukup terlihat bukan perbedaan kedua fungsi kerja ini?

2. Proses Kerja yang tidak sama

Perbedaan sales dan marketing yang berikutnya terlihat dari proses kerja mereka yang berbeda atau tidak persis sama. Tim sales akan menghadap langsung ke hadapan konsumen alias face to face. Sales bisa saja langsung datang ke lokasi calon konsumen atau pembeli, menghubungi lewat telepon, atau bisa juga bertemu pada sebuah acara atau kegiatan tertentu. Di beberapa jenis perusahaan, bahkan tim sales harus melakukan pendekatan dan perlakuan yang berbeda ke tiap konsumen karena proses kerjanya memang berupa aktivitas langsung.

Supaya tim sales bisa melakukan penjualan secara efektif, ada tim marketing yang mempunyai tugas untuk melakukan analisis pasar, termasuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen. Perbedaan sales dan marketing, tim marketing menyiapkan tools dan konsep yang akan membuat customer mencari barang dan produk yang sudah disiapkan. Sedangkan Tim sales adalah yang bertugas melayani para calon customer ini agar produk bisa laku dijual. Tim marketing harus membayangkan kembali produk yang sudah pernah sukses laku di pasaran sebelumnya, cara promosi, dan kelebihan produk sebelumnya untuk bisa merancang strategi yang bisa dipakai saat memasarkan produk.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Kerja Server Google

3. Ruang lingkup Pekerjaan

Perbedaan antara sales dan marketing yang berikutnya terletak pada ruang lingkup pekerjaan. Ruang kerja dan durasinya juga bisa menggambarkan perbedaan yang terjadi di antara sales dan marketing. Pekerjaan tim sales cenderung bersifat short term sementara tim marketing tentu lebih long term karena harus bisa menjaga hubungan dan membina serta membangun relasi yang harmonis dengan para partner bisnis serta vendor yang terkait pemasaran produk. Lingkup pekerjaan marketing termasuk seperti Market ResearchPublic Relations, dan Customer Satisfaction.

 

perbedaan Sales dan Marketing
idwebhost.com

 

Di sisi lain, ruang lingkup pekerjaan tim sales adalah untuk meyakinkan (calon) customer untuk bisa merasakan kebutuhan akan produk yang kamu jual. Sekarang, kamu yang ingin bekerja di kedua divisi ini semakin bisa melihat adanya perbedaan sales dan marketing yang cukup signifikan.

4. Prioritas dan Fungsi

Perbedaan sales dan marketing yang keempat bisa kamu lihat dari prioritas dan fungsi kerja dari kedua divisi ini. Dalam hal prioritas kerja, perbedaan sales dan marketing terletak pada target kegiatan. Prioritas tim marketing adalah menjangkau customer, dan membangun relasi yang baik dengan para customer sampai bisa menjadi pelanggan setia. Kamu tentu bisa bayangkan keuntungan yang jelas didapat jika ada beberapa perusahaan besar menjadi pelanggan tetap produk yang perusahaan kamu punya. Semakin banyak pelanggan tetap, semakin besar juga tentunya keuntungan atau benefit yang akan anda dapat.

Tapi, pelanggan tetap ini akan ada hanya jika pelayanan dan respon dari tim sales juga bagus serta mendukung kualitas produk dan customer yang sudah dijangkau. Disini peran dari tim sales adalah untuk mengakomodasi dan target customer sambil membantu untuk memenuhi kebutuhan mereka lewat produk yang ditawarkan. Adanya perbedaan sales dan marketing dalam fungsi dan prioritas ini juga yang kemudian membuat keduanya saling bersinergi satu sama lain.

5. Aktivitas Kerja dan Goal

Goal adalah suatu target yang juga menjadi salah satu faktor yang membedakan fungsi sales dan marketing yang perlu kamu ketahui sebelum memilih salah satu divisi ini. Beberapa contoh sederhana yang menggambarkan perbedaan sales dan marketing adalah saat melakukan aktivitasnya. Misalnya dalam sebuah startup, tim sales yang akan menghubungi langsung calon klien sampai menemukan kesepakatan atau deal kerja, sedangkan tim marketing sebelumnya harus sudah memastikan terlebih dahulu produk atau jasa yang ditawarkan sudah terjamin kualitasnya sehingga bisa “dibawa” oleh tim sales. Kinerja marketing biasanya juga akan menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan fitur – fitur yang dimiliki website.

Perbedaan sales dan marketing ini menuntut tipe pekerja yang berbeda pula, dengan aktivitas marketing yang sebagian ada di belakang layar maka kamu yang suka menganalisis punya peluang dan kesempatan yang cukup besar di bidang ini. Lalu bagi kamu yang senang berurusan langsung dengan customer dan tidak ragu untuk beramah tamah setiap saat dengan (calon) klien atau customer, maka masuk tim sales akan semakin mengasah skill dan bakat potensi yang kamu punya.

 

perbedaan Sales dan Marketing
idwebhost.com

Apakah Bisa Bekerja Menjadi Sales Sekaligus Marketing?

Dari beberapa perbedaan sales dan marketing yang telah kami jelaskan di atas, tentu kamu bisa mendapat gambaran tentang betapa dua divisi ini memang punya peran dan tugas yang berbeda dan tidak sama persis. Ketika Salesperson lebih berfokus pada strategi untuk mendapatkan revenue secara langsung dan memiliki orientasi pada keadaan sekarang, kegiatan marketing lebih fokus sebagai pembuat strategi agar informasi dan branding perusahaan bisa tersampaikan ke audiens target, jadi produk dan aktivitas marketing lainnya bisa bertahan lebih lama di pasaran.

Maka, dari perbedaan sales dan marketing terkait tanggung jawab dan segala pekerjaannya, menjadi seorang Marketing dan Sales sekaligus akan memakan waktu dan tenaga yang jauh lebih besar. Oleh karena itu lebih fokus ke salah satu peran.