Perbedaan Nameserver dan DNS Untuk Konfigurasi Domain

23 Mei 2023
Perbedaan Nameserver dan DNS Untuk Konfigurasi Domain campaign-unlimited

Sahabat IDwebhost, perbedaan nameserver dan DNS memang cukup signifikan. Dalam hal ini internet memberikan banyak manfaat yang bisa diperoleh orang-orang yang ada didalamnya. Dengan adanya layanan internet tersebut, banyak sekali kemudahan yang bisa didapatkan orang-orang didalamnya. Hal ini jelas dikarenakan ada banyak sekali keutamaan yang terdapat didalamnya itu sendiri, salah satunya adalah hal yang berkaitan dengan DNS. Dalam hal ini kamu mungkin akan bingung dan bertanya-tanya mengenai perbedaan nameserver dan DNS.

Dalam hal ini, tentu saja ada banyak hal yang sebaiknya perlu diperhatikan. Perbedaan nameserver dan DNS sebetulnya tidak seberapa mencolok. Yang patut diperhatikan adalah bagaimana keduanya mampu saling mengisi satu sama lain. Keduanya memang menyediakan fungsi yang saling melengkapi. Jadi sudah pasti ada banyak hal yang perlu dipahami dengan baik didalamnya. Jadi kamu harus benar-benar paham apa saja istilah yang sering digunakan dalam dunia teknologi yang satu ini. Silahkan membaca penjelasan berikut ini untuk lebih lengkapnya.

Pengertian Nameserver Dan DNS

Hal paling awal dalam perbedaan nameserver dan DNS ini adalah seperti apa keduanya saling berkesinambungan satu sama lain? Dalam hal ini memang Nameserver merupakan sebuah pilihan nama yang mengarahkan domain atau komputer pemilik ke provider hosting atau server yang menyediakannya. dari sinilah penamaan dari nameserver itu sendiri berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Semuanya juga memiliki konfigurasi dan pengaturan itu sendiri.

Perbedaan Nameserver Dan DNS
idwebhost.com

Sedangkan yang dimaksud dengan DNS adalah sebuah sistem yang memiliki standard yang digunakan dalam mengatur pemberian nama publik terhaap suatu situs itu sendiri. Secara sederhana, ini bisa dikatakan sebagai dNS tapi menjadi sebuah sistem yang menyimpan segala informasi maupun data yang ada didalamnya. DNS ini nantinya juga akan berperan penting dalam menerjemahkan nama situs (domain) yang terkait didalamnya. Ini tentu saja berperan sangat signifikan itu sendiri.

Dalam hal ini ada banyak orang yang mengakses internet untuk berbagai kebutuhan. DNS server yang terdapat pada alamat IP situs itulah yang nantinya akan menyediakan berbagai macam fungsi signifikan yang akan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat didalamnya. Semua akan bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya itu sendiri. Karena pada dasarnya memang ada banyak hasil dan manfaat yang didapatkan itu sendiri.

Tipe DNS Dan Fungsinya

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam perbedaan nameserver dan DNS adalah berkaitan dengan bagian tertentu yang memegang peran berbeda didalamnya. Salah satunya disebut sebagai Zone Records. Ini merupakan bagian dari DNS yang memiliki peran untuk menampilkan pemetaan dari nama domain itu sendiri. Zone Record tersebut kemudian dibagi lagi menjadi beberapa jenis dan informasi yang terdapat didalamnya. Semua tipe yang tersedia tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. A (Address) Record

Jenis Record yang pertama adalah Address yang mana biasanya disingkat menjadi A Record. Dalam hal ini, terdapat IPV4 yang bersemayam didalamnya. Ini menjadi sebuah alamat IP 32 bit yang pasti memiliki fungsi tersendiri didalamnya. Nantinya A Record tersebut akan bisa dipergunakan untuk memetakan domain dari alamat website itu sendiri. Format penulisan yang ada didalamnya tentu ada banyak, yaitu menggunakan www.

Perbedaan Nameserver Dan DNS
idwebhost.com

 

2. AAAA Record

Jenis selanjutnya yang akan bisa ditemukan dalam perbedaan nameserver dan DNS ini adalah pilihan AAAA Record. Yang mana ini jelas berbeda dengan A Rercord yang dijabarkan di poin pertama. Di sini record yang terdapat didalamnya berisikan menganai IPV6. Di sinilah keduanya memiliki fungsi yang signifikan yaitu menghasilkan format alamat hasil yang berbeda-beda didalamnya. Dalam hal ini AAAA nantinya akan menghasilkan IPV6.

3. CName Record

Opsi berikutnya dalam perbedaan nameserver dan DNS tersebut adalah CName Record. Yang mana fungsinya sangat signifikan sebagai nama dari satu domain. Nama yang digunakan tentu saja adalah nama alias. Maka ini akan bisa menjadi alternatif yang akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan nama host yang berbeda dengan jumlah lebih dari satu didalamnya.

4. Mail Exchange (MX)

Yang selanjutnya adalah MX atau Mail Exchange. Di sini record yang digunakan adalah untuk memetakan konfigurasi yang terdapat pada server mail itu sendiri. Record ini menyediakan kemudahan untuk memiliki email hosting yang menggunakan nama domain yang bisa dipilih dengan sendirinya.

Mengenai TTL Atau Time To Live

Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam perbedaan nameserver dan DNS adalah tentang TTL atau Time To Live. Ini biasanya disebut sebagai istilah yang merujuk pada waktu yang digunakan oleh nameserver dalam melakukan perubahan pada DNS itu sendiri. Dalam hal ini memang ada banyak sekali nilai TTL yang tidunjukan mulai dari 86400 dan seterusnya. Semua itu sama artinya dengan waktu 86400 detik atau setara dengan 24 jam untuk bisa mengetahui data cache lama yang terdapat didalamnya. Ini harus diketahui sebelum melakukan perubahan terhadap data DNS terkait itu sendiri.

Kini kamu sudah mendapatkan gambaran mengenai perbedaan nameserver dan DNS. Yang pasti di era modern ini, penggunaan fitur internet memang ada banyak sekali. Untuk bisa memaksimalkan semua fitur tersebut dengan baik, tentu wawasan mengenai DNS dan juga nameserver harus dimiliki.

Siapa tahu nantinya teknologi yang satu ini akan bisa berguna dan banyak sekali membantu didalamnya untuk membuat kita memahami semua seluk beluknydengan lebih baik lagi. Dalam jangka panjang, tentu saja akan semakin banyak pula manfaat yang akan bisa tersedia dan didapatkan didalamnya.

Perbedaan Nameserver Dan DNS
idwebhost.com

Sebagaimana diketahui bahwa jaringan tersebut juga penting ketika kamu hendak membuat suatu website yang akan kamu gunakan. Ini juga akan menjadi sebuah bagian terpenting dalam hal tersebut.

Baca Juga: Mengenal OWASP Sebagai Standar Keamanan Web App Dunia

Kesimpulan

Sebagaimana diketahui bahwa kita semua membutuhkan internet agar bisa beraktivitas sehari-hari dengan sangat baik. Dengan menggunakan internet tersebut maka segala informasi yang ada didalamnya akan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana menggunakan semua itu untuk mampu menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi didalamnya.

Di era digital yang semakin maju ini, memiliki website menjadi suatu keharusan bagi individu dan bisnis yang ingin membangun kehadiran online yang kuat. Dengan website, kamu dapat menjangkau pasar yang lebih luas, mempromosikan produk atau layanan, dan membangun brand secara efektif.

Dapatkan layanan hosting handal, kecepatan tinggi, dan dukungan teknis 24/7. Segera daftar sekarang dan rasakan perbedaannya sendiri!”