Perbedaan Nameserver dan DNS Untuk Konfigurasi Domain
Blog Tips Keren

Perbedaan Nameserver dan DNS Untuk Konfigurasi Domain

Perbedaan nameserver dan DNS memang cukup signifikan. Dalam hal ini internet memberikan banyak manfaat yang bisa diperoleh orang-orang yang ada didalamnya. Dengan adanya layanan internet tersebut, banyak sekali kemudahan yang bisa didapatkan orang-orang didalamnya. Hal ini jelas dikarenakan ada banyak sekali keutamaan yang terdapat didalamnya itu sendiri, salah satunya adalah hal yang berkaitan dengan DNS. Dalam hal ini anda mungkin akan bingung dan bertanya-tanya mengenai perbedaan nameserver dan DNS.

Dalam hal ini, tentu saja ada banyak hal yang sebaiknya perlu anda perhatikan didalamnya. Perbedaan nameserver dan DNS sebetulnya tidak seberapa mencolok. Yang patut diperhatikan adalah bagaimana keduanya mampu saling mengisi satu sama lain. Keduanya memang menyediakan fungsi yang saling melengkapi. Jadi sudah pasti ada banyak hal yang perlu dipahami dengan baik didalamnya. Jadi anda harus benar-benar paham apa saja istilah yang sering digunakan dalam dunia teknologi yang satu ini. Silahkan membaca penjelasan berikut ini untuk lebih lengkapnya.

Pengertian Nameserver Dan DNS

Hal paling awal dalam perbedaan nameserver dan DNS ini adalah seperti apa keduanya saling berkesinambungan satu sama lain? Dalam hal ini memang Nameserver merupakan sebuah pilihan nama yang mengarahkan domain atau komputer pemilik ke provider hosting atau server yang menyediakannya. dari sinilah penamaan dari nameserver itu sendiri berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Semuanya juga memiliki konfigurasi dan pengaturan itu sendiri.

 

Perbedaan Nameserver Dan DNS
idwebhost.com

 

Sedangkan yang dimaksud dengan DNS adalah sebuah sistem yang memiliki standard yang digunakan dalam mengatur pemberian nama publik terhaap suatu situs itu sendiri. Secara sederhana, ini bisa dikatakan sebagai dNS tapi menjadi sebuah sistem yang menyimpan segala informasi maupun data yang ada didalamnya. DNS ini nantinya juga akan berperan penting dalam menerjemahkan nama situs (domain) yang terkait didalamnya. Ini tentu saja berperan sangat signifikan itu sendiri.

Dalam hal ini ada banyak orang yang mengakses internet untuk berbagai kebutuhan. DNS server yang terdapat pada alamat IP situs itulah yang nantinya akan menyediakan berbagai macam fungsi signifikan yang akan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat didalamnya. Semua akan bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya itu sendiri. Karena pada dasarnya memang ada banyak hasil dan manfaat yang didapatkan itu sendiri.

Tipe DNS Dan Fungsinya

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam perbedaan nameserver dan DNS adalah berkaitan dengan bagian tertentu yang memegang peran berbeda didalamnya. Dari sini anda bisa melihat bahwa salah satunya disebut sebagai Zone Records. Ini merpakan bagian dari DNS yang memiliki peran untuk menampilkan pemetaan dari nama domain itu sendiri. Zone Record tersebut kemudian dibagi lagi menjadi beberapa jenis dan informasi yang terdapat didalamnya. Semua tipe yang tersedia tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. A (Address) Record

Jenis Record yang pertama adalah Address yang mana biasanya disingkat menjadi A Record. Dalam hal ini, terdapat IPV4 yang bersemayam didalamnya. Ini menjadi sebuah alamat IP 32 bit yang pasti memiliki fungsi tersendiri didalamnya. Nantinya A Record tersebut akan bisa dipergunakan untuk memetakan domain dari alamat website itu sendiri. Format penulisan yang ada didalamnya tentu ada banyak, yaitu menggunakan www.

 

Perbedaan Nameserver Dan DNS
idwebhost.com

2. AAAA Record

Jenis selanjutnya yang akan bisa anda temukan dalam perbedaan nameserver dan DNS ini adalah pilihan AAAA Record. Yang mana ini jelas berbeda dengan A Rercord yang dijabarkan di poin pertama. Di sini record yang terdapat didalamnya berisikan menganai IPV6. Di sinilah keduanya memiliki fungsi yang signifikan yaitu menghasilkan format alamat hasil yang berbeda-beda didalamnya. Dalam hal ini AAAA nantinya akan menghasilkan IPV6.

3. CName Record

Opsi berikutnya dalam perbedaan nameserver dan DNS tersebut adalah CName Record. Yang mana fungsinya sangat signifikan sebagai nama dari satu domain. Nama yang digunakan tentu saja adalah nama alias. Maka ini akan bisa menjadi alternatif yang akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan nama host yang berbeda dengan jumlah lebih dari satu didalamnya.

4. Mail Exchange (MX)

Yang selanjutnya adalah MX atau Mail Exchange. Di sini record yang digunakan adalah untuk memetakan konfigurasi yang terdapat pada server mail itu sendiri. Record ini menyediakan kemudahan untuk memiliki email hosting yang menggunakan nama domain yang bisa dipilih dengan sendirinya.

Mengenai TTL Atau Time To Live

Hal lain yang juga perlu anda perhatikan dalam perbedaan nameserver dan DNS adalah tentang TTL atau Time To Live. Ini biasanya disebut sebagai istilah yang merujuk pada waktu yang digunakan oleh nameserver dalam melakukan perubahan pada DNS itu sendiri. Dalam hal ini memang ada banyak sekali nilai TTL yang tidunjukan mulai dari 86400 dan seterusnya. Semua itu sama artinya dengan waktu 86400 detik atau setara dengan 24 jam untuk bisa mengetahui data cache lama yang terdapat didalamnya. Ini harus diketahui sebelum melakukan perubahan terhadap data DNS terkait itu sendiri.

Kini anda sudah mendapatkan gambaran mengenai perbedaan nameserver dan DNS. Yang pasti di era modern ini, penggunaan fitur internet memang ada banyak sekali. Untuk bisa memaksimalkan semua fitur tersebut dengan baik, tentu wawasan mengenai DNS dan juga nameserver harus anda miliki. Siapa tahu nantinya teknologi yang satu ini akan bisa berguna dan banyak sekali membantu didalamnya untuk membuat kita memahami semua seluk beluk yang ada didalamnya dengan lebih baik lagi. Dalam jangka panjang, tentu saja akan semakin banyak pula manfaat yang akan bisa tersedia dan didapatkan didalamnya.

 

Perbedaan Nameserver Dan DNS
idwebhost.com

 

Sebagaimana diketahui bahwa jaringan tersebut juga penting ketika anda hendak membuat suatu website yang tersedia didalamnya. Dengan menciptakan website yang tepat dan terkoneksi dengan baik, sudah pasti akan lebih banyak lagi manfaat yang nantinya akan bisa anda capai dan temukan didalamnya. Ini juga akan menjadi sebuah bagian terpenting dalam hal tersebut. Yang mana ini juga akan membawa lebih banyak manfata yang ada didalamnya.

Baca Juga: Mengenal OWASP Sebagai Standar Keamanan Web App Dunia

Kesimpulan

Sebagaimana diketahui bahwa kita semua membutuhkan internet agar bisa beraktivitas sehari-hari dengan sangat baik. Dengan menggunakan internet tersebut maka segala informasi yang ada didalamnya akan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana menggunakan semua itu untuk mampu menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi didalamnya. Dari sinilah anda akan bisa melihat bahwa internet memberikan semua kemudahan dan kebutuhan yang anda inginkan tersebut dengan begitu mudah dan signifikan. Wawasan mengenai perbedaan nameserver dan DNS jelas akan begitu membantu semua orang dalam memahami apakah kegunaan dari internet itu sendiri dalam waktu yang signifikan. Semua akan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat didalamnya. Hal tersebut juga akan sangat penting sekali untuk diterapkan dalam rangka memperoleh hasil yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat didalamnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.