MySQL vs MySQLi: Adakah Perbedaan Diantara Keduanya?
Blog Tips Keren MySQL vs MySQLi: Adakah Perbedaan Diantara Keduanya?

MySQL vs MySQLi: Adakah Perbedaan Diantara Keduanya?

MySQL vs MySQLi keduanya adalah Sistem Manajemen Database Relasional atau RDBMS. Untuk mengingat, DBMS Relasional dimodelkan pada entitas yang mewakili hubungan dunia nyata. Data disimpan dalam format tabel dan terkait dengan data lain melalui normalisasi dan kendala.

MySQL dan MySQLi adalah sistem manajemen basis data relasional open-source. Ini adalah sistem manajemen basis data yang paling banyak digunakan. Beberapa nama aplikasi kelas berat termasuk Facebook, Twitter, YouTube, dll. Ini merupakan pendekatan prosedural. MySQLi dan MySQLi adalah driver database relasional untuk menyediakan antarmuka ke database MySQL. Huruf i dalam MySQLi berarti perbaikan. Itu sebagian besar digunakan dalam bahasa scripting PHP. Ini berorientasi objek dalam pendekatan.

Pengertian MySQL dan MySQLi

MySQL adalah opensource sistem relasi manajemen database terpopuler atau RDBMS dan digunakan oleh website kelas atas seperti WikiPedia, Google, Facebook dan banyak lagi. Dahulu MySQL sangat diminati banyak orang karena penggunaannya yang sangat mudah. Namun semakin canggih teknologi yang ada, MySQL tertinggal jauh dari segi penggunaan dan keamanannya. Karena sekarang ekstensi-ekstensi MySQL bisa dibilang sangat terbatas. Bisa dikatakan, ketika kalian menggunakan MySQL akan terasa banyak esktensi yang perlu digunakan hanya untuk satu tujuan saja.

MySQLi merupakan pembaruan dari pendahulunya yaitu MySQL.  Tanda “i” ini artinya ialah improvement yang merupakan improvisasi dari MySQL. MySQLi ini telah dikembangkan agar lebih banyak ekstensi yang menyenangkan dan mudah digunakan juga membantu penggunanya lebih mudah menggunakannya dibanding MySQL. MySQLi juga didesain sedemikian rupa untuk menjadi lebih baik dari MySQL. Tentu saja dalam fungsinya pun lebih mudah dan tidak begitu membingungkan walaupun baru memulai menggunakan MySQLi.

MySQL vs MySQLi

MySQL vs MySQLi

MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional atau RDBMS meskipun itu adalah sistem manajemen basis data berdasarkan model relasional. RDMS ini berjalan sebagai server sendiri dan menyediakan akses multi pengguna ke banyak basis data sekaligus. Kode sumber MySQL tersedia berdasarkan ketentuan yang ditetapkan dalam Lisensi Publik Umum (GNU) serta sejumlah besar perjanjian kepemilikan. Anggota komunitas MySQL telah membuat banyak cabang RDMS yang berbeda. Selain sebagai prototipe beberapa cabang, sebagian besar proyek perangkat lunak gratis yang harus memiliki sistem manajemen basis data lengkap atau DMS biasanya menggunakan MySQL.

MySQLi Extension atau hanya dikenal sebagai MySQL Improved atau MySQLi adalah driver basis data relasional yang digunakan terutama dalam bahasa pemrograman PHP. Ini menyediakan antarmuka ke database MySQL yang sudah didirikan. Hal ini secara harfiah merupakan versi yang ditingkatkan dari pendahulunya. MySQL sekarang ini hanya merupakan sarana untuk mengelola database melalui server. MySQL dapat ditemukan di banyak aplikasi web sebagai komponen basis data dari tumpukan perangkat lunak bundle solusi atau LAMP. Penggunaannya dapat dilihat secara luas di situs web populer seperti Flickr, FaceBook, Wikipedia, Google, Nokia dan YouTube. Masing-masing situs web ini menggunakan MySQL untuk penyimpanan dan pencatatan data pengguna. Kode ini terdiri dari bahasa program C dan C ++ dan menggunakan banyak platform sistem yang berbeda termasuk Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Ekstensi MySQLi dilengkapi dengan banyak manfaat yang lengkap serta meningkatkan manfaat yang disediakan oleh pendahulunya yaitu MySQL. Ada beberapa yang lebih menonjol dari yang lain. Fitur-fitur ini yang dimaksudkan untuk meningkatkan fungsionalitas MySQL serta memberikan pembaruan kepada manajer basis data secara keseluruhan adalah antarmuka berorientasi objek. Dukungan untuk pernyataan yang telah disiapkan sebelumnya, dukungan untuk berbagai pernyataan, dukungan untuk segala jenis transaksi yang terjadi, tingkat dukungan debug yang ditingkatkan dan tingkat dukungan server yang ditingkatkan yang sudah tertanam dalam infrastruktur basis data.

Sebagai RDBMS, MySQL tidak perlu dikirim dengan tools GUI untuk mengelola database atau mengelola data di dalamnya. Sangat mungkin bagi pengguna untuk menggunakan tools baris perintah atau mengunduh MySQL Frontends dari berbagai pihak yang memiliki perangkat lunak dan aplikasi web yang diperlukan untuk mengelola basis data, membangun basis data dan bekerja dengan catatan data.

Perbandingan Head to Head antara MySQL vs MySQLi

MySQL vs MySQLi

MySQL

  • Ekstensi MySQL ditambahkan dalam versi PHP 2.0. dan tidak digunakan pada PHP 5.5.0.
  • Tidak mendukung pernyataan yang disiapkan.
  • MySQL menyediakan antarmuka prosedural.
  • Ekstensi MySQL tidak mendukung prosedur tersimpan.
  • Ekstensi MySQL ketinggalan dalam hal keamanan dan fitur khusus lainnya.
  • Transaksi ditangani oleh query SQL saja.
  • Direktori ekstensi: ext / mysql.

MySQLi

  • Ekstensi MySQLi ditambahkan dalam PHP 5.5 dan akan bekerja pada MySQL 4.1.3 atau lebih tinggi.
  • MySQLi mendukung pernyataan yang disiapkan.
  • MySQLi menyediakan antarmuka prosedural dan berorientasi objek.
  • MySQLi mendukung prosedur toko.
  • Ekstensi MySQLi dengan keamanan yang ditingkatkan dan peningkatan debugging.
  • MySQLi mendukung transaksi melalui API.
  • Direktori ekstensi: ext / mysqli.

Perbedaan utama antara MySQL vs MySQLi

Mari kita bahas beberapa perbedaan utama antara MySQL dan MySQLi.

Pada dasarnya MySQLi bukan database. Tools ini adalah antarmuka yang ditingkatkan untuk mengakses fungsi yang disediakan oleh database MySQL. Antarmuka yang ditingkatkan ini memudahkan tugas tugas bagi developer.
Hal baik lain tentang MySQLi adalah dukungan berorientasi objek ke database MySQL yang mendasarinya. Hal ini membantu programmer membuat objek koneksi dan melakukan semua tugas melalui metode di kelas objek koneksi. Pada saat yang sama untuk aplikasi di mana pertanyaan ke database adalah operasi CRUD sederhana, MySQL berkinerja sebaik MySQLi.

Bicara tentang fitur keamanan, MySQLi memiliki mekanisme pencegahan untuk serangan SQL Injection. MySQLi juga memiliki dukungan untuk semua fungsi MySQL dengan kelebihan tambahan API. API memberi MySQLi keunggulan atas MySQL. Developer sering merasa lebih mudah menggunakan API daripada merumuskan pertanyaan mereka sendiri untuk tugas-tugas yang berlebihan. Untuk menambah ini, kompatibilitas bahasa yang hebat dan dukungan komunitas juga memotivasi programmer PHP untuk menggunakan MySQLi lebih dari MySQL.

MySQL vs MySQLi

Kesimpulan

MySQLi jelas merupakan versi baru dan perbaikan dari MySQL. Tetapi untuk memilih satu tergantung pada teknologi anda. PHP memiliki dukungan besar untuk MySQLi tetapi hal yang sama tidak terjadi dengan bahasa lain. Jika aplikasi anda adalah bagian dari tumpukan LAMP (Linux, Apache, MySQL, Perl / Python / PHP). Anda lebih baik menggunakan MySQL. Ini karena MySQL memiliki dukungan komunitas yang hebat untuk masalah yang timbul dari arsitektur LAMP.

Mungkin cukup sampai disini dulu. Selamat Membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.