Perbedaan Internet dan Intranet Yang Wajib Diketahui
Blog Tips Keren Perbedaan Internet dan Intranet Yang Wajib Diketahui

Perbedaan Internet dan Intranet Yang Wajib Diketahui

Perbedaan internet dan intranet adalah dua hal yang tidak sama satu dengan yang lainnya. Anda perlu memahami bahwa internet merupakan sebuah media yang dijadikan sebagai penghubung informasi yang ada di seluruh dunia. Tak bisa dipungkiri bahwa animo masyarakat terhadap internet saat ini sudah meningkat. Kini semua orang dengan mudah mengakses informasi yang ada di internet. Hasilnya pun juga beragam dan sangat besar sekali manfaatnya. Dari sini bisa anda lihat bahwa internet itu sendiri sebetulnya bisa memberikan begitu banyak manfaat signifikan yang ada didalamnya. Dengan memahami perbedaan internet dan intranet, maka anda akan bisa melihat bahwa sebetulnya ada perbedaan dari persamaan yang awalnya mereka miliki. Awal dari kesamaan tersebut adalah menghubungkan komputer satu dengan lainnya.

Internet itu sendiri digunakan sebagai sarana untuk mencari dan mendapatkan informasi sebanyak mungkin. Dengan adanya informasi yang lebih banyak, maka semua orang bisa teredukasi dengan baik tentang apapun yang dia inginkan. di sisi lain, anda juga akan bisa melihat bahwa komputer menjadi sebuah perangkat yang signifikan dalam rangka menghubungkan kita dengan dunia informasi yang ada di luar sana. Simak selengkapnya melalui penjelasan yang ada di bawah ini:

Pengertian Internet

 

Perbedaan Internet Dan Intranet
idwebhost.com

 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang perbedaan internet dan intranet, alangkah baiknya jika anda mengetahui lebih dahulu tentang pengertian dari internet itu sendiri. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa internet memiliki peran yang signifikan dalam rangka menyediakan penghubung untuk satu komputer dengan komputer lainnya. Hal ini kemudian menggunakan sebuah sistem global transmission protocol atau Internet Protocol Suite yang disingkat dengan TCP. Dari sini bisa dilihat bahwa protokol tersebut memiliki peran yang signifikan sebagai media yang digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Dari sini anda akan bisa mendapatkan informasi meskipun terlampau oleh jarak yang jauh sekalipun. Memang ini adalah fungsi dari internet itu sendiri. Lalu untuk kegunaanya adalah dengan memasukan URL atau nama domain di aplikasi atau software pencari yang tersedia. Di sinilah anda akan bisa mendapatkan semuanya dengan mudah dan tepat.

Pengertian Intranet

Lalu bagaimana dengan intranet? Di sinilah letak perbedaan internet dan intranet akan bisa anda temukan. Dalam hal ini, anda bisa melihat bahwa intranet sebetulnya adalah jaringan pribadi atau private network. Yang mana memungkinkan penggunanya untuk bisa saling berbagi atau bertukar informasi, namun hanya sebatas jaringan lokal saja. Ini biasanya terbatas untuk kebutuhan korporasi, sekolah dan sejenisnya. Dengan adanya penggunaan jaringan tersebut, maka ini memperlihatkan bahwa jaringan LAN yang digunakan hanya mencakup wilayah tertentu yang kecil saja. Tidak seperti internet yang mencakup kancah global dan bisa diakses dengan mudah di seluruh dunia.

Perbedaan Internet Dan Intranet

 

Perbedaan Internet Dan Intranet
idwebhost.com

 

Supaya anda lebih paham lagi dengan perbedaan internet dan intranet, maka perlu dibuat poin-poin mengenai apa saja perbedaan yang akan bisa anda temukan dan dapatkan didalamnya. Dengan cara ini maka akan memudahkan anda untuk bisa memperoleh hasil yang dibutuhkan. Serta memahami lebih jauh tentang bagaimana sarana pemberian informasi tersebut bisa saling berkesinambungan satu sama lain. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan internet dan intranet yang perlu anda ketahui didalamnya.

Internet

  • Dari sisi yang pertama, perbedaan internet dan intranet bisa anda lihat dari jaringan internet yang sangat amat luas didalamnya. Jadi anda akan bisa melihat bahwa jaringan tersebut terhubung secara internasional atau mendunia. dengan adanya jaringan tersebut, sudah pasti akan memberikan lebih banyak kemudahan bagi siapa saja dalam mengakses informasi dengan signifikan.
  • Kemudian perbedaan internet dan intranet bisa juga dilihat dari kekuatan jaringan internet itu sendiri yang mana bisa dibilang lebih kuat. Dari sisi ini anda akan melihat bahwa intranet sebetulnya memiliki jaringan yang limited alias terbatas didalamnya. Anda perlu memahami beberapa hal tentang itu semua.
  • Perkembangan dari internet itu sendiri juga cukup pesat. Jadi tidak ada yang perlu dibingungkan lagi. Penggunaan internet dari waktu ke waktu memang semakin pesat dan besar. Jadi jangan heran apabila kemudian internet lebih banyak digunakan oleh masyarakat yang ada di seluruh dunia karena potensinya yang cukup besar ini.
  • Perbedaan internet dan intranet yang perlu dipahami lainnya adalah kemudahan untuk mengaksesnya dimana saja dan kapan saja. Ini adalah sebuah keuntungan tersendiri karena orang kini bisa dengan mudah mengakses internet lewat Smartphone, PC, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, ada banyak yang bisa didapatkan dari situ. Semuanya memberikan kemudahan yang mengarahkan orang-orang supaya menggunakan internet lebih banyak berkat fitur dan kemudahan yang tercapai itu sendiri.

Intranet

  • Lalu, perbedaan internet dan intranet yang penting lainnya adalah jaringan dari Intranet itu sendiri yang bisa dibilang sempit dan kecil sehingga hanya mampu mencakup wilayah lokal saja. Dari sini anda bisa melihat bahwa orang yang berada di wilayah yang tidak terkoneksi oleh intranet itu sendiri pastinya akan kesulitan untuk terhubung didalamnya. Keterbatasan yang diberikan oleh intranet memang tak pelak menimbulkan kendala itu sendiri.
  • Perkembangan yang lambat juga menjadi perbedaan internet dan intranet cukup signifikan. Anda bisa melihat bahwa perkembangan dari intranet memang hanya mencakup wilayah-wilayah tertentu saja. Sebagaimana yang dijelaskan di atas bahwa ini hanya tentang private network yang mana tidak semua orang akan bisa dengan mudah mengaksesnya.
  • Tidak seperti internet yang sudah mengarah ke global atau mendunia, anda bisa melihat bahwa intranet ini hanya terbatas digunakan untuk sekolah, universitas, rumah sakit, dan sebagainya. Di sini bisa dilihat bahwa keterbatasan akses memang sangat real menyelimuti didalamnya. Namun, tetap jika dilihat dari fungsi sebetulnya keduanya memiliki peran yang masing-masing tetap signifikan didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda bingungkan dan ragukan lagi. Karena dari sisi kegunaan memang ada banyak yang akan bisa dihasilkan didalamnya.

Kesimpulan

 

Perbedaan Internet Dan Intranet
idwebhost.com

 

Kini anda sudah paham tentang perbedaan internet dan intranet. Sudah saatnya bagi anda untuk memahami lebih jauh tentang apa yang sebaiknya anda terapkan dan lakukan didalamnya. Ketika anda melihat internet sebagai sebuah media untuk mendapatkan informasi, dari sini anda juga harus tahu bahwa ada keterbatasan yang akan bisa anda capai didalamnya itu sendiri. Dengan kata lain, ini akan memberikan kepada anda lebih banyak manfaat jika anda ingin mencari informasi yang dibutuhkan didalamnya.

Baca Juga: Robots.txt, Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Perbedaan Dengan SEO

Dengan kata lain, anda bisa tinggal memilih sendiri mana jaringan yang menurut anda tepat digunakan. Mungkin jaringan yang terkoneksi di intranet bisa dibilang lebih secure mengingat keterbatasannya membuat tidak semua orang dengan mudah menyusupkan SPAM, virus, dan lain sebagainya. Sudah pasti beda dengan internet yang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja dan kapan saja.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.