Perbandingan Website Native dan WordPress
Blog Tips Keren Perbandingan Website Native dan WordPress

Perbandingan Website Native dan WordPress

Sebenarnya saat ini sudah banyak platform yang tujuannya digunakan untuk membuat sebuah website. Tetapi, wordpress masih menjadi salah satu pilihan utama yang dipakai. Namun, penggunaan native atau custom juga banyak dilakukan, apalagi jika penggunaannya berkaitan dengan bisnis. Sehingga akan banyak keunggulan yang didapat dari perbandingan website native dan wordpress apalagi jika dilihat dari sisi SEO. Sebenarnya, memilih platform yang tepat memang sangat penting bagi SEO atau bisnis yang Anda bangun.

Pengertian Website Native dan WordPress

website native dan wordpress

Mungkin untuk sebagian orang masih cukup awam dengan hal tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa baik website native dan wordpress, keduanya bisa digunakan dalam pembuatan website. Dan dari segi SEO atau teknik pencarian yang dillakukan keduanya akan sangat berpengaruh pada mesin search engine atau mesin pencarian yang digunakan seperti google. WordPress merupakan sebuah content management system atau yang biasa dikenal dengan CMS yang mempunyai sifat open source. Atau dengan kata lain, wordpress adalah sebuah software yang akan sangat memudahkan Anda dalam membuat sebuah website dan juga mengelola konten Anda secara daring.

Perlu Anda tahu bahwa saat ini wordpress merupakan CMS yang paling populer di dunia. Data dari sebuah survey 25% dari seluruh website yang ada didunia menggunakan wordpress sebagai basic. Alasan wordpress menjadi sangat populer sangat banyak. Namun salah satunya adalah nantinya Anda tidak perlu membangun website dari nol dan bisa menghemat banyak waktu dan juga tenaga. Tidak hanya itu, wordpress juga dapat dimodifikasi secara bebas dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari pemilik website dari segi tampilan dan juga fitur.

Perbandingan Website Native dan WordPress

website native dan wordpress

Mungkin banyak pertanyaan mengenai perbandingan website native dan wordpress apalagi dari sisi SEO. Berikut perbandingannya.

  1. Kemudahan Penggunaan antara Website Native dan WordPress

Salah satu keuntungan jika menggunakan wordpress adalah dalam kemudahan penggunaan. WordPress sendiri menawarkan kemudahan bagi penggunannya. Bagi untuk pengguna pemula ataupun yang sudah mahir. Hal tersebut juga akan memudahkan Anda dalam mengatur keyword atau kata kunci terbaik, sehngga bisa mendapatkan peringkat atas pada mesin pencari.

Sama halnya dengan website native juga mudah dalam penggunaan. Sehingga bagi pemula juga akan bisa menggunakan website tersebut untuk berbagai keperluan. Anda bisa menambah, mengedit, dan juga menghapus konten artikel secara mudah tanpa harus memahami bahasa pemrograman.

  1. Dapat menggunakan kategori dan Tag pada WordPress

Praktis terbaik yang bisa Anda gunakan untuk keperluan SEO pada wordprss adalah Anda dapat menggunakan kategori dan juga tag pada wordpress. Hal tersebut juga seringkali digunakan pada internal link dari sebuah website yang Anda miliki. Dengan cara tersebut Anda bisa membangun interkoneksi pada halaman website secara internal agar terstruktur dan jauh lebih baik.

  1. Optimasi Komentar WordPress

Dengan menggunakan wordPress, Anda dapat melakukan optimasi pada komentar di setiap halaman wordpress. Dengan begitu, Anda juga bisa memberikan jawaban pada setiap pertanyaan yang ada di artikel konten website Anda.

website native dan wordpress

  1. Optimasi pada Kecepatan dan Performa WordPress

Tentunya, dengan menggunakan wordPress, website Anda bisa menjadi lebih bisa dioptimasi dalam hal kecepatan dan juga perfoma menjadi lebih baik.

  1. Optimasi Gambar Website Native dan WordPress

Anda dapat melakukan optimasi gambar yang ada dalam wordpress Anda. Meskipun sebenarnya jarang diperhatikan, namun cara ini dapat meningkatkan SEO Anda. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkompress berkas gambar seminimal mungkin tanpa harus mengurangi kualitas yang Anda inginkan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memberikan penamaan pada gambar yang sudah disesuaikan dengan kata yang dimengerti mesin pencari. Pemberian nama yang sudah disesuaikan juga akan memudahkan mesin pencari untuk mengetahui gambar yang nantinya akan ditampilkan.

  1. Pengamanan Website Native dan WordPress

Penggunaan wordPress yang digunakan untuk website dinilai cukup baik dalam hal pengamanan. Anda dapat menggunakan plugin yang bisa diguanakan untuk melakukan pengamanan dan juga keamanan pada wordpress. Hal tersebut yang nantinya bisa Anda gunakan untuk mencegah wordPress dari hal yang tidak diinginkan.

  1. Penggunaan SSL dan HTTPS

Ketika sebuah website sudah menggunakan SSL atau HTTPS, maka syarat dari sebuah website yang Anda kelola masuk dalam kategori bagus dalam sebuah mesin pencari search engine. Penggunaan kedua hal tersebut cukup baik karena dapat membuat pengunjung website Anda menjadi lebih nyaman berada di website Anda. Tentunya, Anda juga tidak mau jika pengunjung website yang melihat konten pada halaman website Anda dihalangi oleh notifikasi dari browser website yang tidak kunjungi. Sehingga menggunakan SSL dan juga HTTPS sangat dianjurkan.

Keunggulan Website Native dan WordPress

website native dan wordpress

  1. Dapat Digunakan untuk Proyek Kecil

Sebenarnya, CMS seperti wordpress banyak digunakan pada website menengah ke atas. Berbeda dengan website native yang biasanya digunakan pada proyek yang lebih kecil apalagi untuk mereka yang tidak mengerti bahasa pemrograman.

  1. Tersedia Banyak Gambar dengan Kualitas Tinggi

Pada website native akan disediakan puluhan ribu stok gambar tentunya dengan jaminan kualitas yang tinggi. Gambar tersebut dapat Anda gunakan untuk melengakpi konten website Anda agar menjadi lebih menarik. Gambar yang disediakan tentunya mempunyai kualitas grafik yang tinggi dan juga jelas. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan yang digunakan untuk membeli hak cipta atas gambar.

  1. Manajemen Situs Website Native

Website native ini sangat berguna dalam menyederhanakan hal yang sulit contohnya mengupdate situs, troubleshooting, memperbaharui atau bisa juga menghapus postingan lama Anda. Anda juga tidak perlu melakukan hal tersebut karena sudah terdapat developer yang nantinya akan melakukannya. Tidak hanya itu, Anda juga dapat lebih mudah dalam menduplikasi, menghapus dan juga mentransfer website yang ada didalamnya. Hanya, fungsionalitasnya cukup terbatas jika dibandingkan dengan wordPress.

WordPress sebenarnya menjadi sebuah solusi cerdas dan juga cepat yang bisa membantu Anda dalam pembuatan website dengan proses pembuatan yang umum. Namun, jika ditarik secara jauh dari segi keilmuan pemrograman, tidak ada perbedaan khusus dengan website native. Apalagi sebenarnya, wordpress merupakan native php yang sudah dikembangkan menjadi sebuah CMS. Untuk membuat sebuah website native biasanya berkisar antara 50 juta sampai 2 Miliyar. Namun, bisa juga lebih jika scopenya sudah masuk ke level startup atau malah marketplace dengan skala global. Sedangkan jika membuat sebuah website yang dibangun dengan wordpress dapat dibanderol dengan harga dibawah Rp. 12,5 juta. Namun, dalam beberapa website tertentu, ada yang berkisar di bawah 1 juta rupiah. Tergantung dengan kerumitan dari website yang diminta.

Beberapa keunggulan diatas bisa menjadi pembanding Anda dalam membuat website. Karena semuanya juga pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga Anda dapat memilih menggunakan aplikasi bisa dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah website yang SEO friendly. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.