Memilih Penyedia Jasa Website Sekolah, Ini Caranya!

Memilih Penyedia Jasa Website Sekolah, Ini Caranya! campaign-unlimited

Memilih penyedia jasa website sekolah saat ini sangat penting. Pada masa di mana semua serba online saat ini, memilik website adalah sebuah keharusan bagi semua kalangan. Tak terkecuali bagi institusi pendidikan, yaitu sekolah. Memiliki website sekolah sangat penting karena beberapa hal. Pertama, untuk eksistensi sekolah. Kemudian, juga sebagai sarana untuk keterbukaan atau transparansi informasi yang bisa diakses oleh siapa saja.

Saat ini sudah sangat banyak sekolah yang menerapkan sistem online dengan menggunakan website. Halaman website yang menarik dapat membantu untuk mempromosikan sekolah, memberikan semua informasi penting tentang kegiatan sekolah.

Ketika memiliki website sekolah, maka sebuah sekolah akan dipandang lebih kredibel oleh masyarakat luas. Tapi bagaimana bisa memilih penyedia jasa website sekolah? Apa saja yang harus dipertimbangkan? Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih penyedia jasa website untuk sekolah? Apakah bisa asal pilih? Tentu tidak! Ini dia beberapa cara memilih penyedia jasa website untuk sekolah!

Memilih Penyedia Jasa Website Sekolah

Berikut ini adalah cara memilih penyedia jasa website untuk sekolah. Jadi, simak artikel ini sampai selesai:

1. Lihat SDM Sekolah

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satu penyedia jasa website sekolah, terlebih dahulu Anda harus melihat sumber daya manusia yang dimiliki sekolah tersebut. Apakah di sana ada sosok yang mampu untuk bertindak sebagai operator website sekolah nantinya. Tapi kalau ternyata di sekolah Anda tidak memiliki seorang pun yang memiliki kemampuan operator website tersebut, maka pastikan salah satu penawaran yang diberikan penyedia jasa tersebut adalah pemeliharaan, pengisian konten, atau bahkan sedikit pendidikan untuk para guru agar siap memelihara website tersebut. Maka wajib bagi Anda untuk memilih penyedia jasa website sekolah.

Baca Juga : Cara Membuat Website Sekolah Gratis

2. Temukan Penyedia Jasa Website Sekolah yang Tepat

Memilih penyedia hosting adalah salah satu langkah penting saat akan membuat website sekolah. Jika tidak membuat hosting, website Anda tidak akan pernah ada. Karena hosting adalah tempat di mana data website Anda tersimpan. Dan karena hostinglah, website Anda bisa mengudara di internet.

Hosting sendiri terdapat tiga jenis. Yaitu VPS hosting, cloud hosting, dan shared hosting. Untuk website sekolah, menggunakan shared hosting adalah pilihan yang bijak. Hosting ini tak hanya memiliki harga terjangkau, namun juga mudah dikelola.

3. Kredibilitas Penyedia Jasa Itu Penting!

Cara selanjutnya ketika Anda ingin memilih penyedia jasa website sekolah adalah mengetahui kredibilitas dari provider tersebut. Anda harus memastikan kalau penyedia jasa tersebut memberikan layanan yang profesional dan tentunya berkualitas. Tujuannya jelas agar Anda mendapatkan tampilan website yang menarik.

Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Ingat, patokan harga sangat berpengaruh pada kualitas pengerjaan. Jadi usahakan mendapatkan yang sesuai meskipun harganya agak mahal. Istilahnya, ada harga ada kualitas.

Selain kredibilitas yang harus Anda ketahui, legalitas dari perusahaan tersebut juga harus Anda perhatikan. Jangan sampai kemudian Anda malah tertipu. Anda bisa tahu hal itu dari lokasi perusahaannya. Anda juga bisa mempertimbangkan portofolio yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Portofolio itu bisa menjadi salah satu pertimbangan penting untuk mengetahui kualitas pekerjaan mereka dan juga legalitas dari perusahaan mereka.

4. Pilih Harga yang Sesuai

Pertimbangan selanjutnya dalam memilih penyedia jasa website sekolah adalah melihat kemampuanmu untuk membayar pembuatan website sekolah. Anda harus mempertimbangkan budget yang Anda punya dan menyesuaikannya dengan kualitas desain yang akan Anda dapatkan dengan harga tertentu.

Lagi-lagi, jangan memilih asal murah saja. Ingat, website ini akan menjadi wajah dari sekolah Anda. Maka pilihlah yang terbaik dengan harga yang terbaik. Harga terbaik bukan berarti mahal. Tapi harga terbaik adalah harga yang pas dengan segala pelayanan dan fasilitas yang juga Anda butuhkan.

Ketika Anda hanya memiki budget yang sedikit, cobalah untuk mencari perbandingan di tempat lain sampai menemukan yang paling pas dengan budget Anda. Tapi kalau Anda memiliki budget yang cukup atau berlebih, manfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan desain terbaik. Biasanya, sekali lagi, ada uang ada kualitas. Jadi jangan khawatir. Tapi bukan berarti tidak ada uang tidak ada kualitas, kita tetap bisa mendapatkan kualitas yang cukup dari banyak penyedia jasa website sekolah yang memberikan banyak promo juga. Seperti misalnya IDwebhost.

5. Periksa Tingkat Keamanan Data Perusahaan

Poin selanjutnya yang juga sangat penting untuk Anda yang ingin memilih provider jasa website sekolah. Keamanan data bisa jadi salah satu poin yang paling penting. Kenapa? Karena data sekolahan adalah sesuatu yang bersifat prifat. Ia tidak bisa dikonsumsi umum. Maka penyimpanan datanya harus jelas dan tidak boleh sembarangan.

Jangan hanya memperhatikan tampilan website tapi Anda malah mengabaikan tingkat keamanannya. Anda harus memastikan kalau tingkat keamanannya juga bagus sehingga selain websitenya punya tampilan bagus, Anda tak perlu khawatir website itu akan dibobol atau di hack dan semua datanya disalah gunakan. Untuk mendapatkan jaminan keamanan, Anda harus memilih penyedia jasa yang sudah profesional. Banyak cara untuk mengetahui hal itu, mulai dari melihat portofolio dan lain sebagainya.

6. Pilihlah yang Free Domain dan Hosting

Jika Anda sudah mendapatkan desain website yang Anda inginkan, selanjutnya adalah meng-on air kan website Anda. Untuk meng-on air-kan website Anda itu, Anda membutuhkan domain dan hosting. Karena itulah, pilihlah penyedia website yang menawarkan domain dan hosting gratis.

Biasanya akan ada beberapa penyedia website yang memberikan penawaran desain tapi dengan domain dan hosting gratis. Nah, kalau Anda memiliki uang lebih, Anda juga bisa menggunakan uang tersebut untuk mendapatkan jasa maintenance dari penyedia jasa tersebut. Jadi Anda tidak perlu repot. Tapi kalau tidak punya, Anda terpaksa harus belajar memelihara website itu sendiri. Belajar selalu terasa menyenangkan kok. Iya kan?

Penyedia Jasa Website Sekolah

7. Pilih yang Punya Fitur Lengkap

Tips terakhir untuk memilih  jasa website sekolah adalah dengan melihat seberapa lengkap fitur yang mereka punya. Setelah Anda mengecek fitur yang mereka punya, cobalah untuk bernegosiasi demi mendapatkan fitur yang Anda inginkan dan dibutuhkan oleh sekolah tersebut. fitur yang dipilih antara lain harus user friendly, dukungan bahasa asing, dan lain sebagainya. Termasuk di dalamnya SEO.

Penutup

Nah, itu tadi 7 cara atau tips dalam memilih penyedia jasa website sekolah. Pastikan sekali lagi Anda mendapatkan yang terbaik untuk website sekolah tersebut.

Mau punya website sekolah yang cepat, andal, dan harga terjangkau? Buat website sekolah Anda di IDwebhost sekarang juga!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019