Memilih Penyedia Jasa Website Sekolah, Ini Caranya!
Blog Tips Keren

Memilih Penyedia Jasa Website Sekolah, Ini Caranya!

Apakah sekarang kamu membutuhkan sebuah layanan jasa website sekolah untuk mengembangkan instansi sekolahmu? Lalu apakah kamu bingung dengan banyaknya pilihan penyedia jasa website sekolah yang memberikan banyak sekali penawaran? Kamu memang harus memilih yang paling berkualitas, karena nantinya kamu bisa sekaligus mengembangkan sekolah dengan memanfaatkan website tersebut.

Adanya website sekolah ini sangat penting untuk branding atau pun promosi sekolahan. Kalau dilihat secara umum, fungsi dari website skolah itu sendiri tentunya ada apda promosi gratis, penyebaran informasi yang cepat, dan juga pengembangan dari sekolah itu sendiri. Ketika ada website sekolah, maka sebuah sekolah akan dipandang lebih kredibel oleh orang lain. Tapi bagaimana bisa memilih penyedia jasa website sekolah? Apa saja yang harus dipertimbangkan? Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih penyedia jasa website sekolah? Apakah bisa asal pilih? Tentu tidak! Ini dia beberapa cara memilih penyedia jasa website sekolah!

1. Lihat SDM Sekolah

Jauh sebelum kamu memutuskan untuk memilih salah satu penyedia jasa website sekolah, kamu harus melihat terlebih dahulu SDM yang dimiliki sekolah tersebut. Apakah disana ada sosok yang bisa atau mampu untuk mendesain website, atau bahkan me-maintenance website dengan baik? Kalau ada, maka satu tugas untuk mendesain website tidak perlu kalian berikan pada penyedia jasa website tersebut. Tapi kalau ternyata kamu tidak memiliki seorang pun untuk membuat atau memelihara website tersebut, maka pastikan salah satu penawaran yang diberikan penyedia jasa tersebut adalah pemeliharaan, pengisian konten, atau bahkan sedikit pendidikan untuk para guru agar siap memelihara website tersebut. Apakah ada? Pasti dari sekian banyak penyedia jasa, ada salah satu yang menawarkan paket semacam itu.

 

2. Temukan Penyedia Jasa Website Sekolah Terdekat

Poin kedua dalam mencari penyedia jasa website sekolah yang tepat adalah pertimbangkan dimana penyedia website itu berada. Usahakan ia berada di dekat lokasi sekolah terlebih dahulu. Kenapa? Karena untuk maintenance website atau kalau tiba-tiba websitemu ada masalah, maka kamu tak perlu jauh-jauh untuk datang ke kantor penyedia jasa tersebut yang mungkin berbeda kota atau pulau. Jadi usahakan pilih yang paling dekat dengan lokasi sekolah tersebut. Bukan Cuma itu, ketika kamu memilih layanan yang dekat dengan lokasi sekolah, maka kamu bisa mengecek kualitas kerjanya. Kamu bahkan bisa bertanya hal ini kepada pihak lain yang sudah pernah menggunakan jasa mereka sebagai salah satu pertimbangan apakah penyedia jasa tersebut layak untuk dijadikan penyedia jasa website sekolahmu atau tidak.

3. Kredibilitas Penyedia Jasa Itu Penting!

Cara selanjutnya ketika kamu ingin memilih penyedia jasa website sekolah adalah mengetahui kredibilitas dari penyedia jasa tersebut. kamu harus memastikan kalau mereka memberikan layanan yang profesional dan tentunya berkualitas. Tujuannya jelas agar kamu mendapatkan tampilan website yang menarik. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Ingat, patokan harga sangat berpengaruh pada kualitas pengerjaan. Jadi usahakan mendapatkan yang sesuai meskipun harganya agak mahal. Istilahnya, ada harga ada kualitas kan?

Selain kredibilitas yang harus kamu ketahui, legalitas dari perusahaan tersebut juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai kemudian kamu malah tertipu. Kamu bisa tahu hal itu dari lokasi perusahaannya. Kamu juga bisa mempertimbangkan portofolio yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Portofolio itu bisa menjadi salah satu pertimbangan penting untuk mengetahui kualitas pekerjaan mereka dan juga legalitas dari perusahaan mereka.

4. Pilih Harga yang Sesuai

Pertimbangan selanjutnya dalam memilih penyedia jasa website sekolah adalah melihat kemampuanmu untuk membayar pembuatan website sekolah. Kamu harus mempertimbangkan budget yang kamu punya dan menyesuaikannya dengan kualitas desain yang akan kamu dapatkan dengan harga segitu. Lagi-lagi, jangan memilih asal murah saja. Ingat, website ini akan menjadi wajah dari sekolahanmu. Maka pilihlah yang terbaik dengan harga yang terbaik juga. Harga terbaik bukan berarti mahal ya. Tapi harga terbaik adalah harga yang pas dengan kemampuanmu dan mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang juga kamu butuhkan. Ketika kamu hanya memiki budget yang sedikit, cobalah untuk mencari perbandingan di tempat lain sampai menemukan yang paling pas dengan budgetmu. Tapi kalau kamu memiliki budget yang cukup atau berlebih, manfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan desain terbaik. Biasanya, sekali lagi, ada uang ada kualitas. Jadi jangan khawatir. Tapi bukan berarti tidak ada uang tidak ada kualitas, kita tetap bisa mendapatkan kualitas yang cukup dari banyak penyedia jasa website sekolah yang memberikan banyak promo juga. Seperti misalnya IDwebhost.

 

 

5. Periksa Tingkat Keamanan Data Perusahaan Itu

Poin ini juga sangat penting untuk kamu yang ingin memilih penyedia jasa website sekolah. Keamanan data bisa jadi salah satu poin yang paling penting. Kenapa? Karena data sekolahan adalah data yang private banget. Ia tidak bisa dikonsumsi umum. Maka penyimpanan datanya harus jelas dan tidak boleh sembarangan. Jangan hanya memperhatikan tampilan website tapi kamu malah mengabaikan tingkat keamanannya. Kamu harus memastikan kalau tingkat keamanannya juga bagus sehingga selain websitenya punya tampilan bagus, kamu tak perlu khawatir website itu akan dibobol atau di hack dan semua datanya disalah gunakan. Untuk mendapatkan jaminan keamanan, kamu harus memilih penyedia jasa yang sudah profesional. Banyak cara untuk mengetahui hal itu, mulai dari melihat portofolio dan lain sebagainya.

6. Pilihlah yang Free Domain dan Hosting

Jika kamu sudah mendapatkan desain website yang kamu inginkan. Selanjutnya adalah meng-on air kan websitemu. Untuk meng-on air-kan websitemu itu kamu membutuhkan domain dan hosting. Karena itulah, pilihlah penyedia website yang menawarkan domain dan hosting gratis. Biasanya akan ada beberapa penyedia website yang memberikan penawaran desain tapi dengan domain dan hosting gratis. Nah, kalau kamu memiliki uang lebih, kamu juga bisa menggunakan uang tersebut untuk mendapatkan jasa maintenance dari penyedia jasa tersebut. Jadi kamu tidak perlu repot. Tapi kalau tidak punya, kamu terpaksa harus belajar memelihara website itu sendiri. Belajar selalu terasa menyenangkan kok. Iya kan?

 

 

7. Pilih yang Punya Fitur Lengkap

Tips terakhir untuk memilih penyedia jasa website sekolah adalah dengan melihat seberapa lengkap fitur yang mereka punya. Setelah kamu mengecek fitur yang mereka punya, cobalah untuk bernegosiasi demi mendapatkan fitur yang kamu inginkan dan dibutuhkan oleh sekolah tersebut. fitur yang dipilih antara lain harus user friendly, dukungan bahasa asing, dan lain sebagainya. Termasuk di dalamnya SEO.

Nah, itu tadi 7 cara atau tips dalam memilih penyedia jasa website sekolah. Pastikan sekali lagi kamu mendapatkan yang terbaik untuk website sekolah tersebut. Dengan cara yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa mendapatkan tampilan website yang menarik, murah, dan bahkan dengan pemeliharaan yang baik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!