Penyebab Website Lamban dan Lama Diakses
Blog Tips Keren Penyebab Website Lamban dan Lama Diakses

Penyebab Website Lamban dan Lama Diakses

Website Anda lamban dan lama diakses? Apa yang menjadi penyebab dari masalah website Anda tersebut? Apakah ada eror atau ada struktur website yang tidak tepat? Atau jangan-jangan Anda salah memilih layanan hosting? Salah satu yang menjadi kunci keberhasilan dalam menarik audiens atau pengunjung website adalah kecepatan pemuatan halaman website. Pengujung saat ini enggan lama menunggu loading sebuah situs website.  Maka jangan sampai website Anda lamban. Mari cari tahu apa penyebab website lamban dan lama diakses.

1. Pemilihan Tema Website Yang Tidak Tepat

Pemilihan Tema Website Yang Tidak Tepat

Saat ini dalam membangun sebuah website Anda akan dimudahkan dengan adanya berbagai tema website siap pakai. Tema website ini, mungkin akan memudahkan Anda dalam memiliki tampilan website yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun jika Anda tidak memahami spesifikasi yang ada dalam tema yang Anda gunakan, akan berakibat tidak baik bagi website Anda.

Tema website umumnya digunakan untuk CMS WordPress dan Blogger. Ada berbagai pilihan tema, baik itu tema gratis atau pun tema berbayar. Namun ketika Anda memutuskan untuk menggunakan sebuah tema, Anda perlu melihat apakah tema Anda cocok dengan keseluruhan spesifikasi website Anda. Misalnya bagi pengguna wordpress apakah tema yang Anda gunakan kompatibel dengan versi wordpress Anda.

Walau keberadaan tema ini membantu, namun ketika Anda tidak tepat dalam memilih tema, justru akan menjadi penyebab website lamban dan lambat diakses. Kasus ini akan terjadi terutama pada tema website yang memiliki banyak widget, javascript, dan sebagainya, yang kadang tidak Anda butuhkan sebenarnya.

Menjadi penting untuk Anda ketahui, bahwa implementasi kode dari tema yang buruk otomatis akan membebani load website Anda, hal ini karena pengguna dipaksa untuk mengambil file CSS atau javascript yang tidak dibutuhkan oleh halaman web yang bersangkutan.

Untuk mengantisipasi hal ini, maka pastikan Anda menggunakan tema dengan kode yang ringan dan bersih sesuai dengan pilihan CMS atau framework Anda. Penting juga untuk memilih CMS populer yang memiliki banyak komunitas pengembang, agar Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru terkait pengembangan kode tema, atau perkembangan CMS dari forum komunitas.

2. Penggunaan Ukuran dan Format Gambar Pada Website

Apakah Anda membutuhkan gambar dengan resolusi tinggi untuk website Anda? Ini pertanyaan penting agar gambar atau ilustrasi website Anda benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Karena salah satu yang menjadi penyebab website lamban dan lambat diakses adalah ukuran gambar yang terlalu besar.

Banyak pemilik website pemula yang tidak melakukan kompres ukuran gambar untuk website mereka. Ukuran gambar yang besar dan tidak dikompres atau dikecilkan terlebih dahulu akan memperlambat kinerja dari website Anda. Terlebih jika website Anda memiliki banyak gambar dalam ukuran besar.

Maka, penting bagi Anda untuk mengompres ukuran gambar terlebih dahulu sebelum menggunakan untuk kebutuhan website Anda. Tenang, Anda bisa melakukan kompres gambar tanpa harus kehilangan detail dari gambar Anda. Saat ini telah banyak peralatan dan sofware yang bisa menghasilkan gambar kualitas HD namun berukuran kecil.

Selain itu, penting juga bagi Anda untuk menggunakan format gambar dalam generasi terbaru. Sebagai contoh, jika umumnya format gambar adalah JPG, maka saat ini format yang lebih baik adalah PNG, atau Google WebP, yang mana format gambar ini akan lebih ringan dalam pemuatan halaman.

3.Penyebab Website Lamban Terlalu Banyak Memasang Plugin

Terlalu Banyak Memasang Plugin

Plugin menjadi salah satu ads-on yang membantu dalam membangun sebuah website. Apa yang ditawarkan sebuah plugin dengan kemudahan dalam proses instalasi serta adanya keberagaman fungsi serta fitur yang ditawarkan menjadikan pengelola website ‘ketagihan’ menginstal plugin untuk berbagai kebutuhan.

Maka, kebiasaan menginstal plugin ini, membuat pengelola website terlena, tanpa sadar sudah menginstal banyak plugin. Bahkan, plugin yang sudah tidak ‘terpakai’ pun masih ada dalam website. Nah, jika website Anda lamban dan lama diakses, mulai sekarang Anda harus lebih selektif dalam menginstal plugin.

Semakin banyak plugin yang terinstal maka akan semakin banyak memakan ruang dari CPU Server, dan ketika banyak ruang dari CPU Server tersebut yang digunakan, maka akan menjadikan kinerja dari akses website menjadi sangat lamban dan lambat diakses.

Langkah untuk menghindari penyebab website lamban dan lambat diakses karena plugin, maka Anda harus benar-benar membatasi jumlah plugin yang terinstal.  Pilihlah jenis plugin yang memang sifatnya esensial untuk menunjang fitur website, misalnya; plugin page builder, SEO, atau toko online.

Sebaiknya untuk plugin tambahan yang hanya berperan untuk kebutuhan redirect halaman, atau sistem keamanan, atau untuk kebutuhan social share bisa Anda kurangi karena fungsinya bisa langsung diaplikasikan ke dalam template dengan menggunakan kode HTML atau javascript.

4. Hosting Anda Tidak Bisa Diandalkan

Kualitas hosting memiliki pengaruh yang signifikan dalam menentukan kecepatan akses data website di tangan pengguna. Karenanya, penting bagi Anda untuk memilih hosting terbaik sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Performa hosting yang tidak optimal pada website, akan memberikan dampak langsung terhadap kecepatan loading berkas gambar, teks, ataupun video yang akan ditayangkan di website Anda. Tidak heran jika hosting Anda tidak bisa diandalkan, maka website Anda pun akan lambat diakses.

Maka, menjadi penting bagi Anda untuk memilih paket hosting dari penyedia yang terpercaya yang sudah berpengalaman, seperti Anda bisa memilih berbagai layanan hosting murah IDwebhost yang sudah terpercaya menjadi bagian dari pengelola website di seluruh Indonesia.

Penting juga bagi Anda ketika memilih layanan hosting dan domain murah, untuk memastikan bahwa penyedia layanan memiliki suport penuh terhadap layanan mereka. Hal ini akan berguna ketika Anda mengalami kendala. Di IDwebhost, Anda bisa mendapatkan layanan pelanggan secara penuh, dan sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika website Anda mengalami kendala.

5. Penyebab Website Lamban Koneksi Jaringan Internet

Pastikan Koneksi Jaringan Internet Anda

Tidak ada salahnya Anda melakukan akses website dengan mencoba berbagai jaringan internet yang berbeda. Bisa jadi penyebab website lamban dan lambat diakses bukan dari dalam website Anda, namun dari koneksi internet yang Anda gunakan.

Cobalah untuk melakukan akses  dari koneksi yang lebih stabil. Atau meminta orang lain untuk mengakses atau mengunjungi website Anda. Jika ternyata dari tempat lain normal, maka penyebabnya adalah jaringan internet Anda.

Di Indonesia, koneksi internet memang masih menjadi salah satu kendala dan menjadi penyebab lambatnya akses website. Karenanya, Anda bisa menggunakan provider seluler terbaik sesuai kebutuhan Anda untuk melakukan tes lambat tidaknya website Anda, sebelum Anda melakukan analisis lebih mendalam dari penyebab lambatnya website Anda.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Penyebab Website Lamban dan Lama Diakses semoga pembahasan ini dapat memberikan gambaran dan jawaban dari pertanyaan atau masalah website Anda. Terima kasih telah membaca. Salam.