Pentingnya User Experience (UX)

16 Jan 2022
Pentingnya User Experience (UX) campaign-unlimited

Bagi Anda yang akrab dengan internet hari ini, tentu sudah familiar dengan Istilah User Experience atau UX. Memangnya, apa sih, pengertian UX? Juga kenapa UX sering disebut sebagai faktor yang sangat penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan serta meningkatkan penjualan produk? Apakah memang UX sepenting itu? Mari kita cari tahu jawabannya di artikel kali ini!

Apa Itu User Experience?

User Experience merupakan proses yang dirasakan seorang pengguna saat mengakses sebuah situs atau apliksasimengakses situs. Contoh User Experience yaitu mengeksplorasi semua fitur yang ada di sebuah aplikasi. Seperti melihat tampilannya, dan melakukan prosedur sampai berhasil transaksi produk atau jasa.

User Experience, lebih sering disebut dengan singkatan UX. Dalam bahasa Indonesia, UX dipadankan sebagai pengalaman pengguna.

Bidang-bidang yang Berhubungan dengan Pengembangan UX

Seperti yang IDwebhost sampaikan sebelumnya, UX merupakan salah satu bidang yang sedang sangat berkembang akhir-akhir ini. UX berkembang seiring dengan meningkatnya ecommerce. Menciptakan desain yang berpusat pada pengguna (user centered design) seharusnya dengan menyertakan strategi di bidang-bidang berikut :

Project Management

Bidang ini berfokus pada perencanaan dan pengorganisasian proyek serta sumber daya yang tersedia. Project management juga mengidentifikasi dan mengelola siklus yang akan dipakai nantinya. Selain itu, dalam menerapkannya ke proses desain yang sesuai istilah UX yaitu mengedepankan kepuasan dan kenyamanan pengguna.

Bahkan manajemennya termasuk juga menentukan siapa yang termasuk kedalam tim proyek serta memandu tim itu secara efisien sampai proyeknya selesai.

 

Apa itu User Experience
IDwebhost

User Research

Role ini banyak melakukan riset yang berfokus pada pemahaman perilaku user. Apa saja kebutuhan dan motivasi user. User research dilakukan dengan cara observasi, analisis, dan metodologi dengan mencari feedback yang lainnya.

Usability Evaluation

Role selanjutnya adalah usability evaluation. Evaluasi ini berfokus pada seberapa baik user bisa belajar cepat dan menggunakan fitur-fitur situs yang ada untuk mencapai tujuan mereka. Parameternya akan mengacu pada seberapa puas seorang pengguna ketika berinteraksi dengan sebuah website atau aplikasi.

Information Architecture

Bidang satu ini berfokus pada bagaimana cara informasi dapat diatur menjadi terstruktur dan kemudian disajikan kepada user website.

User Interface Design

User interface design lebih fokus untuk mengatur agar pengguna dapat mengunakan sebuah aplikasi atau website tanpa kendala berarti. Selain itu, UI design juga memastikan bahwa tampilan antarmuka mempunyai elemen yang mudah untuk diakses serta dipahami, supaya mudah digunakan seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Interaction Design

Desain ini artinya proses pembuatan sistem interaktif yang menarik bagi user website dengan suatu konsep interaksi yang telah dipikirkan secara matang dan logis.

Visual Design

Desain visual ini berarti memastikan interface atau tampilan websitenya yang artistik agar tetap sejalan dengan tujuan brand dari perusahaan Anda.

 

Bidang-bidang yang Berhubungan dengan Pengembangan UX
IDwebhost

Content Strategy

Strategi konten ini berfokus pada penulisan dan kurasi konten yang bermanfaat bagi pengguna. Tujuannya untuk memudahkan pengguna memahami tentang produknya atau kelebihannya dan juga tips bermanfaat lainnya yang terkait dengan produk. Strategi ini dilakukan dengan merencanakan proses pembuatan, penyampaian serta tata kelolanya seperti apa.

Web Analytics

Web analytics ini berfokus pada pengumpulan, laporan, dan analisis data dari suatu website.

Anda belum mempunyai website? Silakan pelajari cara membuatnya di artikel ini : Membuat Website dengan CMS Joomla

Apa Pentingnya User Experience?

Sekarang, Anda sudah mengetahui apa arti UX. Tetapi, mengapa UX itu penting? Jika Anda seorang pebisnis dan mencoba menarik lebih banyak pembeli melalui website atau aplikasi Anda, UX menjadi sangat penting. Berikut ini data penelitian yang menggambarkan betapa pentingnya UX:

  • Menurut penelitian dari Imaginovation, sebuah lembaga penelitian di Amerika : Jika konten Anda tidak dioptimalkan dengan baik, maka sebanyak 79% pengunjung akan keluar dari situs Anda dan mencari konten atau produk lainnya.
  • Dari penelitian HubSpot : pengguna ponsel 5X lebih kecenderungan untuk meninggalkan situs Anda jika situs tidak dioptimalkan sesuai dengan perangkat yang mereka gunakan. Akan merugikan jika setidaknya ada 2 atau 3 pelanggan yang mengakses situs Anda dari ponsel mereka dan sebenarnya mereka ingin melakukan pembelian pada hari itu juga)
  • Menurut penelitian dari MindTouch : Ini kasus nyata, pendapatan dari situs ESPN.com melonjak 35% setelah mereka mendapatkan keluhan user mereka dan mendesain ulang homepage mereka.
  • Menurut Adobe : 39% orang akan berhenti mengakses situs jika gambar terlalu lama loadingnya.

Jadi intinya, situs Anda sekarang ini fungsinya mirip seperti toko. Bayangkan pengguna sebagai seorang calon pembeli yang masuk ke toko Anda. Jika user mengalami pengalaman yang buruk, contohnya calon pembeli ini tidak bisa menemukan apa yang mereka cari. Tidak hanya itu, bisa juga admin toko tidak berhasil menjangkau calon pembelinya, maka calon pembeli pasti akan pergi lalu tidak akan kembali lagi.

 

Apa Pentingnya User Experience
IDwebhost

Google Juga Sangat Memperhatikan UX

Bisa dibilang, perkembangan dunia UX tak bisa dilepaskan dari kontribusi perusahaan teknologi kelas dunia. Contohnya seperti Facebook dan Google. Kedua penguasa dunia maya ini sangat memperhatikan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi.

Google  sejak jauh-jauh hari telah menetapkan bahwa UX adalah salah satu faktor penting dalam penentuan peringkat website. Mesin pencari ciptaan duet Larry Page dan Sergey Brin menyatakan diri ingin memberikan hasil pencarian yang relevan dan sesuai di mata pengguna. Tujuannya apalgi kalau bukan agar makin banyak yang memakai mesin telusur Google.

Menaikkan peringkat situs yang rendah tidak akan membuat user Google puas. Jadi sebuah situs memang harus mudah dipakai, dinavigasi serta dipahami oleh pengunjung situs (web visitor). Artinya, pengalaman pengguna juga sangat berpengaruh pada SEO website.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai cara membuat web desain? Silakan baca Cara Membuat Web Desain untuk Pemula

Lalu, apa saja sih Desain Web terbaik untuk website kita? Coba baca: 7 Desain Website Terbaik yang Dapat Menginspirasi Anda

Kesimpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda dapat mengenali lebih lanjut soal pentingnya UX bagi pengembangan bisnis maupun situs Anda. Bagaimana? Apakah sudah dapat membantu anda? Yuk, Tinggalkan komentar Anda di kolom dibawah ini.

Selain artikel ini, IDwebhost juga sering memberikan konten-konten menarik yang berkualitas mengenai pengembangan bisnis dan website di blog IDwebhost. Ini merupakan bentuk komitmen kami kepada Anda sebagai provider hosting murah berkualitas dan jasa promosi online murah yang bisa anda coba untuk membantu melancarkan bisnis online anda.

Novredha
Member since 23 Mar 2020