Punya Bisnis Online? Ketahui Pentingnya Service Excellence terhadap Kesuksesan Bisnis!

4 Apr 2024
Punya Bisnis Online? Ketahui Pentingnya Service Excellence terhadap Kesuksesan Bisnis! campaign-unlimited

Pelayanan adalah salah satu aspek penting bagi kesuksesan bisnis. Baik itu bagi perusahaan di bidang produksi maupun jasa, pelayanan tetap menjadi kunci utama untuk membangun loyalitas pelanggan. Oleh sebab itu, jika kini kamu sedang menjalankan usaha, pastikan untuk mengetahui pentingnya service excellence terhadap bisnis.

Bukan sekadar ‘baik’, service excellence berbicara soal pelayanan yang terus ditingkatkan dan berkelanjutan. Dalam praktiknya, konsep ini bukan hanya dapat berpengaruh pada hubungan antara bisnis dengan konsumen tapi juga membantu koordinasi yang terarah dalam struktur internal perusahaan.

Di artikel ini kami akan membahas tentang service excellence mulai dari pengertian, manfaat, serta aspek penerapannya. Mari simak baik-baik pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Service Excellence

Service excellence adalah gabungan dua kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti ‘pelayanan prima’. Ini merupakan upaya yang perlu diterapkan untuk memberikan layanan terbaik pada pelanggan. Setiap jenis usaha, perlu memahami pentingnya service excellence terhadap kesuksesan bisnis, mengingat kondisi persaingan saat ini begitu ketat.

Terutama bagi pelaku bisnis online. Seperti yang diketahui, kini bisnis online telah menjamur di berbagai jenis usaha. Transformasi digital membuat para pelaku usaha mau tidak mau harus beradaptasi dengan bentuk aktivitas bisnis yang baru, melalui medium internet.

Kondisi ini membuat bisnis online semakin masif. Jika hanya sekadar memiliki online presence, maka bisnis tidak dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Inilah mengapa bisnis online harus memiliki keunggulan kompetitif untuk bisa membedakan dirinya dengan pesaing lainnya.

Service excellence adalah salah satu aspek yang dapat memberikan competitive advantage. Meskipun terdengar simpel, pada kenyataannya untuk mencapai ‘service excellence’ tidaklah mudah dan instan. Ini melibatkan proses pembelajaran dan pelatihan yang lebih dalam terkait faktor keamanan, kenyamanan, dan proses untuk menghadirkan pelayanan prima.

Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan Service Excellence?

Mungkin kamu belum dapat menyadari pentingnya service excellence terhadap kesuksesan bisnis jika belum mengetahui manfaatnya. Berikut ini kami rangkumkan beberapa manfaat yang bisa didapatkan melalui penerapan konsep service excellence.

1. Memberikan Daya Saing yang Unggul

Seperti yang sudah disebutkan di atas, service excellence merupakan keunggulan kompetitif yang berarti, terutama bagi bisnis online. Katakanlah ada 5 perusahaan yang memasarkan produk A di e-commerce. Saat ingin berbelanja, biasanya konsumen menghubungi untuk menanyakan detail produk.

Untuk membandingkan satu toko dan lainnya, konsumen biasanya melakukan pemeriksaan ke lebih dari 1 toko. Jika pada tahapan pemeriksaan ini konsumen menemui toko yang kurang responsif dan informatif, maka ia akan beralih ke toko lain yang lebih cepat dan informatif.

2. Membangun Reputasi Bisnis yang Baik

Kenapa service itu penting? Dalam konteks bisnis online, pelanggan dan penjual tidak bertemu langsung di dunia nyata. Kesan yang baik perlu diwujudkan melalui detail produk, copy brand, dan cara berkomunikasi dengan pelanggan. Inilah bentuk pelayanan yang dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian.

Dalam jangka panjang, ini juga akan membantu perusahaan untuk membangun reputasi yang baik. Postingan kolom testimoni yang menjadi acuan bagi pelanggan baru akan dipenuhi dengan review pelayanan yang baik. Dengan demikian reputasi baik perusahaan akan menyebar dari mulut ke mulut.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan sekaligus meminimalisir keluhan pelanggan. Dengan mengedepankan pelayanan yang prima, perusahaan dapat melakukan mitigasi potensi masalah konsumen di masa mendatang.

Namun, bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan? Bisnis online adalah usaha yang menggunakan medium internet untuk menjangkau dan memasarkan produk. Di internet, khususnya media sosial, berbagai berita dapat tersebar dengan mudah dan cepat.

Inilah mengapa perusahaan perlu mengedepankan komunikasi yang efektif dan efisien. Dengan cara komunikasi yang baik, pelanggan dapat merasakan kesan yang positif dan mendapatkan pengalaman berbelanja yang memuaskan. Alhasil, perusahaan pun dapat meminimalisir masalah keluhan produk yang berpotensi merusak reputasi bisnis.

4. Mendorong Penjualan Produk

Poin utama dari pentingnya service excellence terdapat pada peningkatan penjualan produk. Pelayanan yang prima mencakup pemberian bantuan dan pertimbangan tentang produk saat pelanggan akan melakukan pembelian.

Layanan yang cepat dan responsif dapat meyakinkan pelanggan untuk segera melakukan pembelian. Itulah mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk memiliki website yang responsif dari IDwebhost!

5. Membantu Mengoptimalkan Biaya Promosi

Bukan hanya meningkatkan loyalitas dengan produk, service excellence dapat mendorong pelanggan untuk merekomendasikan produk ke kerabat atau teman. Ini merupakan strategi promosi yang paling efektif, sebab tidak melibatkan sumber daya perusahaan secara langsung.

Melalui pelayanan prima yang diberikan, perusahaan dapat membangun citranya yang baik pada pelanggan. Dengan pengalaman baiknya, pelanggan cenderung akan dengan senang hati membagikannya secara mandiri dan merekomendasikan perusahaan ke calon pelanggan.

Aspek Penerapan Service Excellence

Sudah paham seperti apa pentingnya service excellence bagi kesuksesan bisnis? Nah, kini kamu mungkin penasaran, kira-kira apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan? Berikut ini adalah beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan untuk meningkatkan pelayanan bisnismu:

  • Kepastian Hukum: Dengan adanya kepastian hukum, pelanggan akan merasa lebih aman dan nyaman untuk bertransaksi.
  • Keterbukaan: Pelanggan perlu mendapatkan informasi yang jelas dan sesuai dengan kebutuhannya.
  • Efisiensi dan Efektivitas: Semakin efektif dan efisien layanan, maka semakin baik pengalaman dari pelanggan.
  • Kejujuran dan Kepercayaan: Untuk menciptakan layanan yang unggul, perusahaan harus memiliki tingkat kepercayaan dan kejujuran yang seimbang dalam aturan, pembiayaan, dan penyelesaian permasalahan yang tepat.
  • Penampilan: Tampilan yang rapi dan menarik membuat pelanggan nyaman untuk berinteraksi.
  • Kesopanan dan Keramahan: Individu pemberi layanan harus bersikap sopan, tidak egois, dan sabar dalam menghadapi pelanggan dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi.
  • Kesediaan dalam Melayani: Profesionalisme pelayanan harus tinggi; sehingga selalu siap untuk melayani dengan baik.
  • Pengetahuan dan Keahlian: Memberikan service excellence juga memerlukan pengetahuan dan keahlian yang baik tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Tepat Waktu dan Menepati Janji: Pelayanan yang baik harus tepat waktu agar pelanggan tidak perlu menunggu.
  • Biaya: Biaya pemberian layanan haruslah wajar agar sesuai dengan daya beli pelanggan.

Bagaimana Cara Menciptakan Service Excellence Agar Sukses?

Kini kami akan memberikan panduan untuk membantumu menciptakan layanan prima yang sukses. Mari, ikuti penjelasannya di bawah ini!

1. Kenali Jenis dan Kebutuhan Konsumen

Lakukan identifikasi kebutuhan konsumen. Pahami bahwa setiap konsumen memiliki perilaku, keinginan, dan preferensi yang berbeda-beda. Dengan pemahaman ini, pastikan untuk memberikan layanan yang sesuai.

2. Bersikap Ramah dan Sopan

Berikan layanan yang ramah dan sopan. Gunakan gaya bicara dengan bahasa yang baik dan benar. Untuk menambah kesan yang diinginkan, dalam konteks pesan singkat kamu bisa menggunakan emoji. Tidak lupa, pastikan layanan yang diberikan juga tetap responsif dan efisien.

3. Jadilah Pendengar yang Baik bagi Pelanggan

Saat menerima keluhan dari pelanggan, dengarkan dengan baik dan berikan perhatian yang penuh. Tunjukkan sikap pengertian dengan menggunakan kalimat ekspresif yang menunjukkan rasa simpati. Jika sudah memahami keluhannya, segera lakukan tindak lanjut dan berikan solusi yang cepat dan tepat.

4. Fokus Pada Layanan

Hindari bebicara bertele-tele. Prioritaskan pelayanan pada pelanggan yang sedang dilayani saat itu juga. Pastikan untuk berfokus pada kebutuhan dan kepuasan pelanggan sebelum beralih ke pelanggan lainnya.

5. Hormati Keputusan Pelanggan

Pertahankan sikap yang profesional. Apabila pelanggan memutuskan untuk membatalkan pembeliannya, tunjukkan sikap yang pengertian. Hindari menunjukkan sikap yang kecewa kepada pelanggan.

Demikian pembahasan tentang pentingnya service excellence bagi kesuksesan bisnis yang harus kamu ketahui. Untuk menciptakan service excellent pada perusahaan, pastikan untuk memberikan sumber daya yang dibutuhkan, seperti referensi dan pelatihan pada seluruh karyawan.

Ayo tingkatkan pelayanan dengan dukungan Hosting Unlimited IDwebhost! Dengan kecepatan tanpa batas, kamu bisa berlangganan mulai dari Rp 14 ribuan saja per bulan!

Layanan cepat kunci reputasi bisnis yang kuat!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022