Pentingnya Mengetahui Cara Cek Plagiarisme
Blog Tips Keren Pentingnya Mengetahui Cara Cek Plagiarisme

Pentingnya Mengetahui Cara Cek Plagiarisme

Sebuah konten yang asli adalah sebuah kunci dalam menarik perhatian dan juga menarik minat pembaca sebuah halaman blog. Tidak hanya itu, Google juga mempunyai sebuah mesin pencarian yang paling besar di dunia memang tidak mentoleransi automatically generated content atau sebuah konten yang mempunyai indikasi plagiat yang besar. Sehingga itulah pentingnya mengetahui cara cek plagiarisme pada konten yang sudah Anda buat.

Tidak hanya itu, pengguna atau pembaca juga akan lebih percaya dan tertarik jika konten yang Anda buat merupakan hasil karya Anda. Bukan dari mengambil dari sebuah website ataupun yang lain. Sehingga, sangat penting untuk menjaga konten agar tetap original dalam arti tidak plagiat dan menjadi menarik. Karena jika tidak, hal tersebut juga akan membuat pembaca Anda tidak percaya, sehingga tidak lagi mengunjungi website Anda. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi cara bekerja SEO pada website Anda.

cek plagiarisme

Cek Plagiarisme Untuk Menjaga Kualitas Konten

Beberapa tahun terakhir memang terjadi peningkatan banyaknya jumlah konten yang sangat signifikan. Tetapi, yang sangat sayangkan adalah kualitas konten yang buruk. Hal tersebut terjadi karena banyaknya jumlah pengguna yang hanya mengembangkan websitenya hanya untuk mengkuti sebuah perlombaan, guna memenuhi tugas kuliah atau biasanya untuk kepentingan trafik saja. Yang lebih miris adalah konten yang sering di publish adalah hasil dari menyalin dari website yang lain.

Sehingga, sejalan dengan hal tersebut, agar tidak memperburuk konten yang ada diinternet, sebagai content marketer akan menghadapi 2 tantangan yang harus dihadapi yaitu membuat sebuah konten yang unik tentang topik yang cukup sering dibahas. Dan selalu melakukan checking terhadap konten yang berasal dari para penulis lepas untuk megecek keaslian konten yang dibuat.

cek plagiarisme

Website Untuk Cek Plagiarisme

Untu Anda yang tidak yakin terhadap konten yang Anda tampilkan pada website termasuk salah satu konten plagiat atau bukan, saat ini tidak perlu lagi khawatir. Karena sudah ada beberapa aplikasi yang Anda gunakan dalam melakukan sebuah pengecekkan artikel yang terdapat unsur plagiat.

1. Cek Plagiarisme dengan Copyscape

Merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan layanan pengecekan plagiat secara gratis yang digunakan untuk mencari salinan dari halaman sebuah website secara online. Dan juga merupakan sebuah solusi dalam mencegah pencurian dan juga penipuan dari sebuah konten. Anda bisa langsung memasukan alamat website dan nantinya copyscape akan otomatis melakukan pengecekan pada tingkat kesamaan konten yang Anda punya.

Konten yang sudah Anda beli atau Anda buat bisa saja sudah disalin bersumber dari website yang lain. Biasanya, artikel yang sudah terpublikasi atau di salin pada website yang lain akan bisa menghancurkan reputasi dan juga mempengaruhi pada peringkat konten Anda. Jika dinilai dari hasil pencarian. Pengecekan yang dilakukan menggunakan copyscape bertujuan untuk membuat konten yang Anda buat tidak dikenal sebagai konten yang plagitan. Namun, terdapat batasan jumlah penggunaan jika Anda menggunakan versi yang gratis. Agar bisa mendapatkan akses yang lebih, maka Anda harus menggunakan layanan premium yang sudah disiapkan.

2. Cek Plagiarisme dengan DupliChecker

Anda juga bisa langsung menggunakan DupliChecker untuk melakukan pengecekan pada teks atau sebuah file. Website ini dikenal menyediakan halaman khusus agar bisa melakukan pengencekan pada konten yang plagiat. Anda juga bisa langsung memasukkan konten dengan jumlah maksimal kata sebanyak 1000 dalam sebuah form yang sudah ada.

Ketika Anda menggunakan DupliChecker untuk melakukan sebuah pengecekan tingkat plagiat pada sebuah konten. Nantinya Anda akan disuguhi dengan informasi tentang besarnya kemiripan antara konten Anda dengan konten lainnya dalam bentuk persentase. Jika tidak diketahui adanya indikasi kesamaan konten, maka nantinya website akan memunculkan sebuah informasi “No Plagiarism Detected!”. Yang lebih menarik lagi adalah, tidak hanya bisa melakukan pengecekan tingkat plagiat pada sebuah konten. Tetapi DupliChecker juga menyediakan sebuah sistem pengecekan yang lain. Contohnya seperti grammar, paraphrasing, keyword position checker dan masih banyak yang lain.

cek plagiarisme

3. Cek Plagiarisme dengan PlagTracker

Merupakan sebuah website yang sudah menyediakan alat pengecekan konten plagiat yang dinilai cukup lengkap. Namun untuk menikmati fitur lengkapnya, Anda diharuskan memakai layanan premium yang ditawarkan oleh PlagTarcker. Layanan yang disediakan berupa, laporan cepat, melakuakan pengecekkan grammar, laporan bentuk PDF, melakukan pengecekkan database, bisa mengecek file dalam jumlah banyak, dan lain sebagainya.

Salah satu website ini juga merupakan penyedia sebuah layanan dalam melakukan pengecekkan plagiat yang dilakukan secara professional. Karena sudah tersedia tim professional yang nantinya akan melakukan pengecekkan pada konten yang Anda punya. Tim inilah yang nantinya ditawarkan kepada Anda untuk melakukan beberapa pengecekan kesalahan sintaksis, tata bahasa, dan juga alur yang sesuai sebagai mana mestinya.

4. PlagScan

Adalah sebuah website yang menyediakan layanan pengecekan plagiat secara online yang mempunyai banyak sekali keunggulan. Anda hanya perlu melakukan klik saja agar bisa melakukan pengecakan keaslian dari sebuah konten. Nantinya laporan pengecekan bisa disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan file PDF agar bisa dicetak atau Anda ingin melakukan kolaborasi dengan orang yang lain. Bisa dilakukan dengan bantuan PlagScan.

Yang menjadi target dari PlagScan adalah kaum akademisi, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin juga melakukan pengecekan sebelum mempublish sebuah konten. Website ini bisa Anda pakai gratis selama beberapa hari setelah melakukan pendaftaran sebagai member. Jika Anda ingin menggunakan lebih lama, Anda harus melakukan pembayaran terlebih dahulu.

cek plagiarisme

5. PlagiarismChecker.com

Sebuah website yang hanya menyediakan sebuah layanan pengecekan phrase dari beberapa bagian dokumen yang sudah terintegrasi dengan Google maupun Yahoo. Sehingga, ketika Anda mengisi pada kolom bos yang terdapat pada muka website dan klik tombol “Search”, nantinya website akan mengarahkan Anda pada hasil pencarian yang sudah dilakukan oleh Google.

Walaupun sudah dikembangkan sejak lama, tahun 2006 lalu dan dikenal sebagai website yang bisa melakukan pengecekan pada sebuah konten yang plagitan. Tetapi website ini tidak melakukan pembaharuan sehingga terdapat beberapa fitur yang bermasalah dan sangat tidak relevan dengan kondisi saat ini.

Memang ada begitu banyak website yang sudah dikenal sebagai penyedia layanan cek plagiarism. Anda juga bisa menggunakan sesaui dengan kebutuhan dan juga kenyaman yang ditawarkan oleh masing-masing website. Walaupun ada beberapa aplikasi yang mengharuskan mengeluarkan biaya agar bisa menggunakan, tetapi ada beberapa website juga yang bisa langsung Anda gunakan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

Dengan memakai aplikasi tersebut, cara cek plagiarisme akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan dan sangat sederhana. Anda juga tidak perlu untuk kerepotan dalam membandingkan konten satu dengan konten yang lain secara manual. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.