Penjelasan Tentang Domain Untuk Pemula
Blog Tips Keren

Penjelasan Tentang Domain Untuk Pemula

Domain merupakan sebuah istilah yang mungkin sering kita dengar di dunia maya. Hal ini wajar saja karena domain merupakan hal yang cukup penting dan esensial jika anda ingin membangun atau membuat website. Namun, tak banyak dari kita yang mengetahui apa sebenarnya pengertian domain itu. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan memberi penjelasan tentang domain untuk pemula.

Apa Itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address. Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi.

Awalnya sebelum domain diciptakan, sangat sulit mengingat nama suatu website tertentu karena harus mengingat sederetan angka-angka IP Address. Untuk itu, berterima kasih lah anda kepada domain karena sekarang sudah sangat mudah untuk mengingat berbagai nama website.

 

Penjelasan tentang Domain untuk pemula
Idwebhost

Bagaimana Cara Kerja Domain?

Bila diibaratkan dalam keseharian kita, nama domain adalah alamat suatu tempat. Lalu jika anda ingin pergi ke suatu tempat tersebut maka anda pasti harus mengetahui alamatnya terlebih dahulu. Baru kemudian setelah kita berada di tempat kita bisa melihat dan mengetahui ada apa saja yang ada di alamat tujuan. Nama domain bersifat unik ( tidak boleh ada nama domain yang sama lebih dari 1) sehingga tidak ada lebih dari 1 domain dengan nama dan ekstensi yang sama persis.

Umur atau masa aktif sebuah domain minimal adalah 1 tahun, dan karena nama domain bersifat unik, maka nama domain yang sudah terdaftar tidak dapat didaftarkan oleh orang lain sebelum masa aktifnya habis dan terhapus dari registrar.

Untuk mengetahui kapan domain berakhir, kapan domain memasuki redemption period dan kapan domain terhapus dari registrar maka Anda harus mengetahui durasi alur hidup domain. Berikut penjelasannya :

BACA JUGA: Kini Transaksi di IDwebhost Bisa Menggunakan Go Pay

1. Pendaftaran Domain

Ketika domain didaftarkan & aktif maka durasi masa aktif domain tersebut akan dimulai. Masa aktif domain paling kecil adalah 1 tahun atau 12 bulan atau 365 Hari.

2. Grace period / masa tenggang

Setelah 1 tahun atau 365 hari domain akan mengalami expired atau kadaluwarsa dan memasuki masa grace period atau lebih dikenal dengan sebutan “masa tenggang”. Pada masa seperti ini domain anda akan di suspend registrar & tidak berfungsi atau tidak  dapat menampilkan website. Durasi grace period ini adalah selama 40 hari.

3. Redemption Period / Masa penebusan

Ketika domain Anda memasuki redemption period / masa tenggang, maka domain masih dapat diperpanjang. Namun biaya perpanjangan domain Anda biasanya bisa mencapai 10 kali lipat dari harga perpanjangan normal, tidak seperti saat Anda mendapatkan harga domain murah waktu pertama kali mendaftarkannya. Masa redemption period adalah 30 hari.

4. Pending Deletion

Ketika domain anda di dalam masa pending deletion, maka domain anda tidak dapat direnew atau diperbarui. Anda hanya bisa menunggu selama 5 hari hingga domain didelete atau dihapus oleh registrar & dapat didaftarkan kembali.

Yang perlu anda perhatikan, ketika domain Anda terhapus dan ingin mempergunakannya kembali, maka sangat disarankan untuk segera mendaftarkannya kembali. Karena jika domain Anda berkualitas, bukan tidak mungkin ada orang lain yang tertarik mendaftarkan nama domain Anda juga.

Jenis Domain Apa Saja Yang Bisa Anda Gunakan?

Penjelasan tentang Domain untuk pemula
Contoh Domain

Sampai saat ini domain .com merupakan salah satu domain yang paling populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Ya, namanya yang catchy dan mudha diingat dan lekat dengan internet membuat domain ini sangat laris.

Namun, tidak berarti nama domain yang lainnya tidak baik, Bagi Anda yang ingin menggunakan ekstensi domain .com tapi nama domain tersebut sudah didaftarkan oleh orang lain. maka Anda dapat menggunakan ekstensi nama domain lainnya sebagai alternatif. Berikut adalah penjelasan tentang berbagai jenis domain untuk anda pemula

1. TLD – Top Level Domain

Domain TLD merupakan tipe domain tertinggi pada struktur DNS di Internet. Domain TLD masih dibagi kembali menjadi beberapa jenis, yaitu:

ccTLD – country code Top Level Domains

ccTLD atau country code Top Level Domain adalah domain berekstensi dua huruf yang berpatokan pada penamaan geografis suatu negara seperti .id untuk ccTLD Indonesia, .us untuk United States, .au untuk Australia, .ru untuk Russia dan  lain – lain.

Sebelumnya, domain ccTLD hanya tersedia untuk warga negara sesuai ekstensi tldnya, akan tetapi saat ini sebagian besar domain ccTLD dapat didaftarkan oleh siapapun meskipun bukan warga negara bersangkutan.

Domain ccTLD sangat cocok digunakan oleh pemilik bisnis yang ingin terlihat lebih profesional serta pemilik bisnis yang ingin websitenya memiliki alternatif jika domain .com yang sudah dimiliki oleh orang lain.

2. gTLD – Generic Top Level

Tipe domain yang umum ditemui dan dapat didaftarkan oleh siapapun. Beberapa jenis gTLD domain yang dikenal adalah .com, .net, .org dan sejenisnya.

Domain jenis ini sangat cocok digunakan bagi anda yang membutuhkan domain ektensi populer seperti .com, .net .org supaya lebih mudah diingat dan juga bagi anda yang tidak ingin terlalu direpotkan dengan persyaratan dokumen.

3. Premium TLD

Walaupun terhitung baru, domain premium TLD merupakan alternatif penamaan domain yang menggunakan ekstensi-ekstensi premium seperti .site, .web , .travel , .host , .doctor dan ekstensi lainnya. Domain Premium TLD cenderung menekankan ke spesifikasi sebuah website.

Misalnya domain yang menggunakan ekstensi .travel kemungkinan besar akan membahas tentang travel atau merupakan layanan produk atau jasa travel atau domain yang menggunakan ekstensi .tv pastinya merupakan website yang bergerak di bidang TV. Begitupula dengan ekstensi lainnya.

Domain jenis premium TLD ini sangat cocok bagi anda pemilik website dengan kategori spesifik.  Misalnya domain .host  untuk layanan hosting, kemudian domain .travel untuk penyedia layanan travel dan juga sebagai Alternatif nama domain selain .com yang sudah dimiliki oleh orang lain.

Bagaimana Cara Kerja Domain Hingga Dapat Diakses & Memiliki Tampilan?

Shared hosting menjadi sebuah pilihan hosting andalan bagi mereka yang ingin membuat sebuah website dengan harga terjangkau.
idwebhost

Jika tujuan Anda mendaftarkan suatu domain, maka ada 2 hal yang perlu anda ketahui untuk membangun sebuah website yaitu hosting dan file website itu sendiri. Lalu bagaimana hubungan ketiganya?

Secara sederhana Hosting bisa diibaratkan sebuah rumah yang memiliki lokasi di suatu tempat. File website dapat digambarkan sebagai “isi” rumah tersebut seperti pintu, jendela beserta furnitur di dalamnya. Dan domain adalah alamat dari rumah tersebut.

Ketika anda ingin mengunjungi suatu tempat, maka Anda harus mengetahui alamatnya terlebih dahulu, setelah itu Anda menuju alamat yang telah anda ketahui. Setelah sampai maka Anda akan menjumpai sebuah bangunan, lengkap dengan tampilan dan segala isinya.

Itulah dia Penjelasan tentang Domain untuk pemula. Mungkin dari penjelasan di atas kurang 1, yaitu bagaimana cara mendapatkan domain? Untuk mendapatkan nya anda bisa mengunjungi Idwebhost.com yang menyediakan domain murah. Semoga penjelasan tentang domain untuk pemula diatas bermanfaat.

Willy Budianto

Willy Budianto adalah lulusan S1 dengan konsentrasi Public Relations. Writer yang akrab disapa Willy ini merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.