Pengetahuan untuk Menggunakan Hosting itu Penting

5 Mei 2019
Pengetahuan untuk Menggunakan Hosting itu Penting campaign-unlimited

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi yang kian cepat dan pesat, banyak orang yang sekarang berlomba untuk mencoba membuat suatu website. Untuk mengelola website, pastinya Anda akan berhubungan dengan yang namanya hosting. Untuk bisa memakai hosting itu sendiri Anda pun harus mengetahui pentingnya pengetahuan teknis sekaligus mengetahui tentang layanan web hosting murah. Dengan begitu, maka Anda akan bisa mengelola website Anda sendiri dengan lebih baik.

Melalui kemampuan tentang mengelola hosting yang didukung dengan kesadaran penuh atas pentingnya pengetahuan teknis serta mengetahui layanan web hosting murah, Anda akan bisa membawa secara online berbagai informasi. Mengingat pentingnya hosting tersebut, harus diketahui bahwa web hosting itu sendiri akan membantu untuk koneksikan apapun yang ada di server Anda lalu kemudian bisa diakses oleh orang lain dengan internet. Dan di artikel ini kami akan memberikan anda penjelasan tentang betapa pentingnya bagi anda untuk memiliki pengetahuan untuk menggunakan hosting. Namun sebelum menuju kesana, akan lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu apa itu hosting.

Apa itu Hosting?

Web Hosting atau sewa hosting atau juga kerap kali disebut dengan panggilan akrab hosting adalah sebuah tempat yang disewa untuk menampung berbagai jenis data yang diperlukan untuk sebuah website dan agar bisa diakses lewat Internet. Data disini bisa berbagai macam mulai dari file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Pengetahuan Menggunakan Hosting
idwebhost.com

Pengertian Hosting ini bisa diibaratkan dengan ilustrasi berikut; yaitu sebuah website diibaratkan sama dengan kios atau ruangan di Mall. Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya bisa berbeda, desain dekorasi yang berbeda dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 9m x 5m) dan maksimum adalah sebesar gedung Mall tersebut.

Kini cukup banyak terdapat berbagai jenis layanan hosting yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan data website. Dan anda bisa mendapatkannya dengan harga murah di Idwebhost. Tapi sebelum Anda memutuskan ingin menggunakan yang mana, coba pastikan untuk memahami kebutuhan seperti apa yang website Anda butuhkan. Kebutuhan seperti apa yang dimaksud? Mulai dari kebutuhan bisnis, dana dan fitur yang disediakan oleh layanan hosting.

Salah satu jenis hosting paling populer adalah Shared hosting, yaitu jenis hosting yang dapat Anda temukan di hampir semua layanan hosting saat ini. Shared hosting dapat digunakan oleh banyak pengguna secara bersama-sama dalam satu server. Dan harga yang ditawarkan untuk paket shared hosting terbilang cukup murah. Tapi, karena digunakan oleh banyak pengguna, terdapat batasan mengenai resource yang tersedia, baik itu besarnya jumlah penyimpanan, bandwidth yang disediakan, atau lainnya.

Oke itu dia penjelasan singkat tentang apa itu hosting. Tanpa perlu berbasa – basi lagi berikut ini merupakan penjelasan dari kami tentang betapa pentingnya anda memiliki pengetahuan tentang menggunakan hosting!

Menggunakan hosting itu Penting!

Memiliki pengetahuan teknis tentang penggunaan hosting ini dianggap sangat penting, karena anda yang mempelajari hal ini dengan baik akan mampu memanfaatkan berbagai jenis layanan hosting yang saat ini sudah sangat banyak dan menjamur di masyarakat.

Tidak sampai di  situ saja, Anda pun juga bisa memilih jenis hosting yang ditawarkan oleh web hosting murah sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan dari website yang tengah Anda saat ini. Sesuai dengan penjelasan hosting diatas, keberadaan dan pengertian dari hosting ini sangat penting Dan memilih hosting yang sesuai serta mengetahui layanan web hosting murah sangat penting, sehingga nantinya bisa memanfaatkan dengan baik berbagai kemampuan website Anda saat ini dengan maksimal. Terkait dengan hal tersebut, berikut adalah beberapa jenis hosting yang bisa Anda pilih.

Pengetahuan Menggunakan Hosting
Idwebhost

1. Shared Hosting

Ketika Anda telah mendapatkan web hosting murah seperti yang ditawarkan oleh Layanan Web Hosting Murah dari Idwebhost sekaligus juga menyadari jika hingga kini Anda masih memiliki pengetahuan teknis yang cukup sedikit, maka shared hosting akan sangat disarankan. Penggunaan shared hosting ini akan memberikan manfaat seperti kemudahan untuk menggunakan berbagai server pada berbagai situs yang berbeda. Sering kali ketika menggunakan web hosting murah terjadi suatu masalah ketika situs web ada pada server yang sama dan membuat website Anda menjadi lebih lambat serta juga menjadi kurang aman. Dengan menggunakan shared hosting, maka Anda akan mendapatkan kemudahan menggunakan website dengan pengetahuan teknis yang masih minim.

BACA JUGA: Cara Daftar Google Bisnisku

2. Dedicated Hosting

Saat Anda telah menyadari pentingnya memiliki pengetahuan tentang teknis sekaligus cara mendapatkan web hosting dengan harga murah, kini anda yang telah memiliki cukup banyak pengetahuan teknis bisa menggunakan jenis hosting kedua, yakni dedicated hosting. Sayangnya, jenis hosting ini sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan shared hosting, akan tetapi fasilitas yang diberikan dan tersedia pada jenis dedicated hosting ini juga worth it dan sebanding dengan uang yang akan Anda bayarkan untuk memanfaatkan hosting ini. Lalu, untuk jenis hosting yang satu ini juga akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki sebuah website yang berpeluang untuk menghasilkan traffic dan kunjungan yang tinggi. Dengan layanan dedicated hosting, Anda yang memiliki kemampuan teknis hosting akan bisa mendapatkan kontrol yang tinggi pula. Yang lebih menariknya lagi, website anda akan lebih aman dengan downtime yang lebih sedikit.

3. VPS (Virtual Private Server)

Jenis hosting yang ketiga adalah VPS atau singkatan dari Virtual Private Server. Bisa dibilang untuk VPS ini adalah campuran dari dedicated hosting serta shared hosting. Pemanfaatan VPS yang bisa didapatkan dari web hosting murah satu ini juga membutuhkan kemampuan teknis yang cukup memadai karena Anda akan berbagi server dengan website lain. Terlepas dari pentingnya pengetahuan teknis untuk menggunakan hosting, jenis VPS hosting ini sendiri dibanderol dengan harga lebih murah daripada dengan dedicated hosting.

Pengetahuan Menggunakan Hosting
idwebhost.com

4. Cloud Hosting

Sama halnya dengan beberapa jenis hosting yang tersebut di atas, Anda juga harus tahu tentang pentingnya pengetahuan teknis dalam menggunakan hosting sehingga bisa melakukan management website dengan baik. Untuk cloud hosting akan menjadi solusi bagi Anda yang sering mengalami crash traffic saat kondisinya penuh. Jenis web hosting murah ini merupakan solusi bagi shared hosting. Dengan menggunakan cloud hosting yang notabene adalah web hosting murah, Anda akan bisa memuat website plus mendistribusikannya ke berbagai macam server. Penggunaan cloud hosting ini sangatlah fleksibel dan pastinya juga sangat cocok untuk website yang dibuat untuk mendapatkan traffic yang tinggi. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda mengetahui pentingnya pengetahuan teknis untuk menggunakan hosting.

Nah berikut tadi merupakan beberapa penjelasan tentang hosting. Bagaimana sangat penting bukan memiliki pengetahuan tentang hosting ini?