Wirausaha Adalah: Pengertian, Manfaat, Karakteristik, dan Cara Menjadi Wirausahawan

10 Feb 2024
Wirausaha Adalah: Pengertian, Manfaat, Karakteristik, dan Cara Menjadi Wirausahawan campaign-unlimited

Wirausaha adalah salah satu pekerjaan yang memiliki peran penting untuk memajukan perekonomian nasional. Hal ini dikarenakan berwirausaha dapat membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan menambah diversifikasi sumber pendapatan. Kini, perkembangan teknologi yang pesat bahkan membuat banyak orang tertarik untuk terjun berwirausaha.

Jadi, apa yang dimaksud dengan wirausaha? Apakah berdagang secara mandiri? Atau menjual barang produksi pribadi? Jika kamu tertarik dan ingin tahu lebih dalam, pastikan untuk menyimak pembahasan kami. Di artikel ini, kami akan menjelaskan pengertian wirausaha, manfaat, karakteristik, dan cara menjadi seorang wirausahawan. Ayo simak penjelasannya!

Apa Itu Wirausaha?

Sebenarnya, sudah ada banyak ahli yang mendefinisikan istilah ini. Jika dipahami secara harfiah, wirausaha adalah seseorang yang memproduksi barang, menentukan metode produksi, mengadakan produk baru, mengatur permodalan, dan menentukan pemasaran produk sendiri.

Jadi kewirausahaan adalah suatu kegiatan usaha mandiri dengan modal sumber daya dan upaya dari pelaku usaha sendiri. Upaya yang dimaksud ini meliputi identifikasi produk, penentuan konsep dan proses pembuatan produk, hingga pemilihan strategi marketing yang akan digunakan.

Seseorang yang menjalankan wirausaha disebut sebagai seorang wirausahawan. Tugas dari wirausahawan adalah menjalankan berbagai upaya, seperti yang tadi sudah disebutkan, dengan tujuan menghasilkan produk baru yang memiliki nilai tinggi.

Dari banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan oleh wirausahawan, bisa diketahui bahwa berwirausaha memerlukan banyak keterampilan. Bahkan, tidak jarang seorang wirausahawan harus melalui proses belajar untuk memecahakan suatu masalah dalam perjalanannya mendirikan sebuah bisnis.

Manfaat Wirausaha

Wirausaha adalah pekerjaan yang dapat memberikan banyak manfaat. Bukan hanya bagi diri sendiri, namun juga untuk lingkungan sekitar. Berikut ini telah kami rangkumkan beberapa manfaat wirausaha yang perlu kamu ketahui.

1. Membuka Lapangan Pekerjaan

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan oleh banyak orang di sekitarmu saat kamu memutuskan berwirausaha adalah membuka lapangan pekerjaan. Berwirausaha berarti membuka bidang usaha baru yang bisa menjadi peluang kerja bagi masyarakat.

Kamu mungkin perlu menguasai konsep dasar dari usaha yang akan kamu dirikan. Namun, bukan berarti seluruh pekerjaan harus kamu lakukan sendiri. Misalnya untuk mengelola bahan baku, mengatur frekuensi pengiriman, atau mengelola website bisnis.

Walaupun berwirausaha, kamu tetap memerlukan bantuan orang lain, agar kamu dapat membagi fokus pekerjaanmu. Dengan begitu, kamu masih memiliki tenaga dan kemampuan berpikir untuk mengembangkan bidang lain dari usahamu.

2. Mempertajam Kreativitas

Manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan adalah kreativitas yang lebih tajam. Terbiasa untuk membuat konsep baru dapat meningkatkan kreativitasmu. Di samping itu, kamu juga bisa mengembangkan potensi dalam dirimu lebih jauh lagi dengan berwirausaha.

3. Membantu Membangun Kesejahteraan Masyarakat

Dengan membuka lapangan pekerjaan baru, kamu sudah berkontribusi untuk membangun kesejahteraan masyarakat. Terlebih lagi jika produkmu mengandalkan bahan baku yang diproduksi oleh UMKM atau masyarakat lokal. Dengan demikian, kamu dapat membangun lingkungan yang sinergis dan lebih sejahtera.

4. Membangun Karakteristik yang Adaptif dan Kompeten

Berwirausaha dapat membantu membangun karakteristik yang adaptif dan kompeten. Tidak dapat dipungkiri bahwa kamu mungkin akan menemukan berbagai tantangan dalam prosesnya. Tentu saja mau tidak mau kamu perlu beradaptasi dan mengatasi tantangan tersebut, untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Pengalaman menjadi seorang pendiri usaha yang terbiasa menghadapi tantangan, akan membentuk karakteritik yang adaptif dan mampu memecahkan masalah. Bukan hanya itu saja, dengan mengetahui kondisi industri, karaktermu juga akan terbentuk sebagai pribadi yang kompeten, untuk menyesuaikan diri dengan persaingan pasar.

5. Memiliki Kebebasan untuk Mengatur Pekerjaan

Ini merupakan manfaat yang paling banyak dicari oleh para pekerja kantoran yang ingin beralih ke wirausaha. Ketahuilah bahwa wirausaha adalah pekerjaan yang sangat fleksibel. Boleh dibilang, progres pekerjaan tergantung pada seberapa besar upaya yang kamu lakukan.

Kamu dapat mengatur dan menyesuaikan jadwal pekerjaanmu sendiri. Tidak perlu khawatir lagi akan patokan jam kerja kantor. Buat dan atur jadwal kerja sesuai dengan kebutuhanmu. Namun, jangan salah, fleksibilitas ini justru juga bisa menjadi boomerang berbahaya jika tidak dikelola dengan bijak.

Karakteristik Wirausaha

Seorang wirausahawan dapat dikenali dari karakteristik yang melekat pada dirinya. Adapun karakteristik seseorang yang bekerja wirausaha adalah sebagai berikut:

  • Berani mengambil risiko – Dalam kehidupan, setiap pilihan memiliki risiko dan konsekuensinya. Begitu pula dengan bisnis. Seorang wirausahawan dapat dikenali dari karakteristiknya yang berani mengambil risiko dalam setiap keputusan penting bisnis.
  • Memiliki pemikiran yang visioner – Wirausahawan tidak hanya memikirkan bagaimana sebuah usaha dapat berjalan hari ini, namun juga bagaimana bisnis dapat berjalan secara berkelanjutan. Oleh sebab itu, diperlukan pemikiran yang visioner, agar bisnis tetap relevan dengan pasar dan bisa terus berkembang.
  • Kreatif dan inovatif – Agar mampu bersaing, seorang wirausahawan harus mampu membuat gebrakan baru. Hal inilah yang membuat karakter wirausahawan kreatif dan inovatif.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan – Sebagai seorang pendiri, wirausahawan memiliki karakter seorang pemimpin. Wirausahawan harus mampu mengarahkan dan membina orang lain maupun karyawannya untuk memenuhi standar yang diharapkan dalam proses pendirian bisnis.
  • Kritsis dan mampu melakukan analisis – Menghadapi kompetisi di pasar memerlukan analisis dan strategi yang tepat, oleh sebab itu wirausahawan perlu memiliki karakter yang kritis. Dengan begitu, setiap keputusan dibuat berdasarkan pertimbangan dan data yang akurat.
  • Memiliki kemauan yang keras – Tanpa adanya kemauan yang keras, seorang wirausahawan tidak akan mampu mewujudkan usaha yang dirintisnya. Terlebih lagi dengan dinamika pasar yang terus berubah. Seorang wirausahawan harus memiliki kemauan yang keras untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

Cara Menjadi Wirausahawan

Lantas bagaimana cara menjadi seorang wirausahawan? Diperlukan usaha keras untuk membangun usaha secara mandiri, mulai dari konsep, produksi, hingga marketing. Agar dapat melakukan upaya-upaya tersebut, kamu memerlukan bekal keterampilan. Adapun cara untuk memulai karir wirausaha adalah sebagai berikut.

1. Identifikasi Ide Usaha

Pertama-tama, kamu perlu menentukan ide usaha yang ingin ditekuni. Pada dasarnya, untuk memilih ide usaha ini, kamu bisa berkaca dari potensi diri, pengalaman pekerjaan, atau keresahan pribadi yang kamu rasakan.

Dengan melakukan identifikasi ide usaha dari dirimu sendiri, kamu akan lebih mengenal potensi dan risiko usaha tersebut. Di samping itu, secara alami kamu juga akan merasa lebih bersemangat dan memiliki kemauan yang lebih keras untuk mewujudkannya.

2. Memiliki Networking yang Luas

Menjadi pengusaha memungkinkan kamu untuk bekerja dan berkolaborasi dengan banyak orang. Kamu akan membutuhkan banyak bantuan tangan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan usahamu. Oleh sebab itu, perbanyaklah kenalan dan koneksi pertemanan.

3. Mempunyai Akses Permodalan

Selain memiliki networking yang luas, memiliki akses permodalan juga akan memudahkanmu untuk mewujudkan bisnis yang sedang kamu rintis. Dengan adanya akses modal yang baik, kamu bisa mempercepat proses produksi dan memperlancar jalannya usaha.

Kamu perlu tahu dari mana kamu bisa mendapatkan modal usaha. Misalnya seperti dari pinjaman bank, tabungan pribadi, atau dari investor. Selain perlu memiliki aksesnya, pastikan untuk mendalami proses permodalan dan mengalokasikannya dengan bijak.

4. Memiliki Karakter dan Skill yang Dibutuhkan oleh Seorang Wirausahawan

Terakhir, jika kamu ingin mendirikan sebuah usaha, pastikan kamu sudah memiliki karakter dan skill yang diperlukan. Tidak semua orang terlahir dengan skill pengusaha. Kamu mungkin perlu mempelajari skill tertentu untuk mengembangkan bisnis dari benihnya.

Pastikan kamu memiliki keberanian untuk mengambil peluang, mampu memecahkan permasalahan dengan solusi yang tepat, dan memiliki skill untuk berkompetisi di pasar. Sebagai seorang pengusaha, penting untuk mengenal target sasaran, memahami kebutuhan pasar, dan membaca peluang sejak awal membangun usaha.

Semua skill tersebut bisa sangat bermanfaat dalam membangun usaha. Terlebih lagi jika diimbangi dengan kemampuan adaptasi teknologi terbaru. Dengan begitu, kamu bisa membangun usaha secara efektif, terarah, dan terukur.

Itulah sedikit ulasan tentang pengertian, manfaat, karakteristik, dan cara menjadi wirausahawan. Bisa disimpulkan bahwa, wirausaha adalah kegiatan usaha mandiri yang menggunakan modal sumber daya dan upaya dari pelaku usaha sendiri.

Selain bisa mempertajam kreativitas, membangun karakteristik yang adaptif, dan memberikan kebebasan waktu kerja, berwirausaha juga bisa membuka lapangan pekerjaan dan mendorong kesejahteraan masyarakat sekitar. Jika tertarik untuk menjadi wirausahawan, kamu perlu membekali diri dengan skill sebagai seorang pengusaha. Termasuk dengan, kemampuan mengadaptasi teknologi baru.

Salah satunya adalah dengan membangun website dengan katalog produk/layanan yang terintegrasi dengan berbagai fitur lengkap. Ayo, kembangkan bisnismu bersama IDwebhost. Mulai dari Rp 50 ribuan/bulan saja, kamu bisa mendapatkan jangkauan pembeli yang lebih luas!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022