Pengertian Whois Domain dan Whois Privacy
Blog Tips Keren

Pengertian Whois Domain dan Whois Privacy

Pengertian whois domain menjadi informasi yang paling banyak dicari pecinta IT, khususnya para pemilik website yang memakai jasa hosting domain. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, arti dari Who Is adalah “siapakah”. Who Is mengacu pada sebuah fasilitas yang digunakan untuk mengetahui data dari domain tertentu, misalnya nama pemilik domain, IP Address, server, dan informasi lainnya yang digunakan. Informasi tersebut tentunya sangat berguna ketika kita ingin mendapatkan data tertentu terkait nama domain yang hendak kita buat, apakah sudah ada yang menggunakan atau tidak. Disamping itu, banyak juga fungsi dari Who Is lainnya yang bisa Anda dapatkan di dalamnya.

Pengertian Whois Domain dan Apa Saja Informasi Yang Bisa Anda Dapatkan?

Pengertian Tentang Whois Domain dan Whois Privacy
idwebhost

Who Is merupakan fasilitas yang berguna untuk mengecek registrasi dari domain tertentu yang sudah mendaftarkan diri di layanan hosting. Jika Anda ingin melihat data secara detail maka berikut adalah beberapa data yang akan bisa Anda dapatkan dalam Who Is:

Contact Administrative

Informasi yang satu ini berisikan hal-hal yang berkaitan dengan data administrative domain tersebut, misalnya kapan expired date domain tersebut. Apakah pemilik memperpanjang masa hosting domain mereka atau tidak. Selain itu ada juga data mengenai kapan website tersebut didaftarkan dan juga berapa usia aktifnya.

Billing Contact

Informasi lainnya yang bisa didapatkan adalah tentang pembayaran atau penerimaan tagihan terhadap domain tersebut.

Server Name

Informasi lainnya adalah terkait nama server yang digunakan domain tersebut. Disinilah anda juga akan mendapatkan informasi tentang status dari domain ini. Apakah masih aktif, sedang registar lock, hold, atau pending-restore.

Technical Contact

Informasi lainnya adalah yang berkaitan dengan data teknis, seperti email yang digunakan dan juga detail-detail lainnya yang ada di dalamnya.

Kegunaan dan Manfaat Dari Whois

Sebagai sebuah fasilitas yang bisa diakses oleh semua orang, tentunya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari Whois, beberapa diantaranya yakni sebagai berikut:

  1. Whois berfungsi untuk menjaga keamanan dan kestabilan internet dalam menyediakan informasi pemilik domain yang berhubungan dengan ISP, jaringan dan juga pemilik domain itu sendiri. Semua informasi tersebut bisa didapatkan dengan rinci dalam whois ini.
  2. Whois juga memberikan informasi yang detail tentang ketersediaan dari sebuah domain. Apabila domain yang anda gunakan belum didaftarkan oleh orang lain, maka secara otomatis nama domain tersebut akan bisa anda gunakan. Registrasi bisa dilakukan dengan cara menggunakan jasa hosting domain yang kredibel dan terpercaya.
  3. Whois memiliki manfaat sebagai sumber pencari data untuk merk dagang dan hak cipta tertentu. Semua informasi tentang server, billing, dan technical contact tercantum dengan lengkap didalamnya.
  4. Yang tak kalah pentingnya, fungsi dari whois adalah membuat kepercayaan visitor atau pengunjung semakin meningkat. Hal ini jelas dikarenakan mereka bisa mendapatkan data yang lengkap tentang kepemilikan dari situs ecommerce, lembaha sosial, perusahaan, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Menggunakan Whois?

Pengertian Tentang Whois Domain dan Whois Privacy
idwebhost

Secara praktis whois bisa digunakan dengan cara masuk ke situs utamanya laangsung, yakni whois.net. Dari sini anda tinggal memasukan web-web yang ingin anda lacak data domainnya. Setelah itu, anda akan bisa mendapatkan informasi yang bersangkutan dengan mudah. Disisini proses pencarian data juga bisa dilakukan untuk semua jenis ekstensi domain, baik itu .id, .net, .info, .org, dan lain sebagainya. Bahkan anda juga bisa mendapatkan data untuk blogspot.com.

Keterkaitan Dengan Whois Privacy

Tentu saja jika data sebuah website dipaparkan secara terang-terangan di whois, hal ini bisa memicu sejumlah masalah yang krusial. Salah satunya adalah ancaman hacker dan spammer yang memanfaatkan alamat IP dan email pemilik domain tersebut. Jika sudah demikian, data yang disampaikan malah memberikan kerugian terhadap orang lain. Bisa dikatakan bahwa whois juga memberikan manfaat positif, tapi tidak menutup kemungkinan ada hal negatif pula yang bisa terjadi. Pasalnya, di dunia maya tidak semua orang memiliki niat yang baik. Ada beberapa diantara dari mereka yang melakukan segala cara untuk merugikan orang lain.

Karena itulah, kali ini akan dibahas mengenai Whois Privacy. Fasilitas ini akan memberikan benefit bagi pemilik domain untuk bisa melindungi data dan IP Address mereka agar tidak terlacak. Kemudian, data ini akan tergantikan dan diarahkan langsung ke penyedia service yang bersangkutan. Jadi bagi para pemilik domain yang ingin situs mereka datanya tetap aman, berikut adalah keuntungan dari Whois Privacy.

Baca Juga: Review IDwebhost: Penyedia Web Hosting Super di Indonesia

Perlindungan Identitas Pribadi

Pengertian Tentang Whois Domain dan Whois Privacy
idwebhost

Pertama, anda akan bisa melindungi identitas pribadi dengan lebih mudah. Keamanan terhadap data merupakan sebuah hal yang sangat penting. Apalagi jika website yang anda miliki bukanlah website biasa. Melainkan website yang populer dan banyak visitornya. Bahkan untuk website sekelas ecommerce yang sudah banyak dikenal masyarakat sangatlah penting untuk melindungi data dari domain mereka. Hal ini akan tetap menjaga kerahasiaan dari data pribadi situs tersebut. Serta mecegah serangan dari hacker merajalela.

Memblokir SPAM

Kedua, Whois Privacy juga berfungsi untuk memblokir adanya SPAM yang tiba-tiba membanjiri email pemilik domain. Coba bayangkan apa jadinya jika data email pemilik domain diketahui public. Bisa jadi semua orang akan berlomba-lomba untuk mengirimkan iklan dan juga promosi ke email terkait. Bahkan hal ini bisa terjadi sampai ribuan kali yang membuat email anda terpenuhi oleh hal-hal yang tidak penting. Bahayanya lagi, pada saat ada email penting, anda tidak bisa melakukan filter karena semua tertutupi oleh SPAM yang sangat banyak jumlahnya. Jika anda menggunakan Whois Privacy, maka data pemilik akan tetap terjaga keamanannya. Pasalnya, data email yang tercantumkan malah dialihkan ke perusahaan penyedia domain anda.

Mengamankan Data Anda

Ketiga, Whois juga menampilkan data nomor telepon dari pemilik domain. Ini juga akan menjadi bahaya karena semua orang akan bisa menemukan nomor telepon pemilik situs dengan mudahnya. Nomor telepon sendiri juga adalah sebuah hal yang pribadi. Jangan sampai nomor tersebut dimanfaatkan untuk berkirim pesan SPAM, serta anda akan dihubungi oleh orang-orang yang tidak berkepentingan dan berniat mengeruk keuntungan pribadi semata. Jika anda menggunakan Whois Privacy, maka nomor telepon yang sudah ada akan diganti dengan nomor lain penyedia jasa.

Itulah beberapa hal perlu anda ketahui tentang Whois Privacy. Dengan memanfaatkan hal ini, maka anda akan dengan mudah mendapatkan semua informasi tentang data yang anda inginkan didalamnya. Semua data yang kita inginkan tentang sebuah domain akan bisa terlihat dengan bebas di whois.net. Kesimpulannya, Whois bisa menyediakan data penting yang dibutuhkan secara bebas, namun sebaiknya kita mengutamakan sikap bijak dalam menggunakannya. Jika kita merefleksikannya ke diri sendiri, apakah kita mau data pribadi tersebar luas dengan mudahnya? Whois secara tidak langsung menjadi protocol yang terus bekerja secara real time untuk merekam setiap data yang masuk ke domain kita.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.