Pengertian Lengkap Whois Privacy Dan Whois Domain
Blog Tips Keren

Pengertian Lengkap Whois Privacy Dan Whois Domain

Pemahaman whois domain tampakanya akan menjadi perbincangan hangat bagi Anda yang berurusan dalam dunia IT, khususnya bagi Anda yang memang sampai saat ini memanfaatkan layanan web hosting Indonesia. Mengacu pada makna literal dari whois, sangat berkaitan dengan kata bahasa Inggris yang dikenal dengan frase who is atau siapakah dia.

Terlepas dari itu semua, whois itu sendiri sangat erat kaitannya dengan semacam sebuah fasilitas untuk mengetahui data dari sebuah domain tertentu seperti nama pemilik IP address, domain dan juga server. Hal semacam ini tentunya akan sangat berguna bagi Anda yang memanfaatkan web hosting Indonesia untuk kemudian bisa mengetahui apakah domain yang akan Anda buat sudah dipakai oleh orang lain atau belum.

Definisi Whois Domain dan Informasi yang Didapatkan

pengertian dan manfaat whois domain
IDwebhost

Bagi Anda yang memakai layanan provider lokal, penting untuk mengetahui apakah domain yang akan Anda pakai sudah teregistrasi oleh orang lain atau belum dan untuk mengetahuinya, maka dipakailah whois domain. Melalui layanan whois domain inilah, Anda akan mendapatkan 4 jenis informasi seperti halnya berikut ini :

1. Contact administrative

Ketika Anda mendapatkan contract administrative, Anda akan memperoleh berbagai informasi terkait dengan kapan domain tersebut habis waktu expired-nya, dan kapan website tersebut didaftarkan serta berapa usia website yang bersangkutan. Selain itu, Anda akan mengetahui apakah pemiliknya akan memperpanjang masa berlaku domain tersebut atau tidak.

2. Billing contact

Untuk feature ini, Anda akan mendapatkan informasi terkait mengenai pembayaran yang sempat dilakukan oleh pemilik domain dan juga penerimaan tagihan atas domain yang bersangkutan.

3. Server name

Berbeda dengan contact administrative diatas, pada server name para pengguna domain akan mendapatkan informasi yang terkait dengan status dari domain yang dipakai. Selain itu, Anda juga akan mengetahui apakah domain tersebut dalam status pending restore, hold atau register lock.

4. Technical contact

Jika Anda membutuhkan berbagai jenis data teknis seperti email yang nantinya dipakai hingga informasi detail lainnya, Anda bisa memakai fitur technical contact.

Kegunaan Serta Manfaat dari Whois Domain

Bagi Anda yang hingga saat ini masih menggunakan web hosting Indonesia, perlu diketahui bahwa fasilitas whois domain yang ternyata dapat diakses oleh semua orang ini terdiri dari berbagai jenis. Berikut ini adalah empat manfaat dari whois domain yang perlu Anda ketahui :

  1. Keberadaan whois akan membantu dalam memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan ISP, jaringan dan pemilik domain yang bersangkutan. Melalui whois, Anda akan bisa mendapatkan informasi yang rinci atas keberadaan domain tersebut. Jika suatu nama domain belum dipakai oleh orang lain, Anda bisa memakainya untuk kebutuhan Anda sendiri.
  2. Whois juga berfungsi untuk mendapatkan informasi lebih rinci terkait dengan sumber pencari data atas hak cipta dan merk dagang. Berbagai informasi mengenai technical contact, server billing dan server akan tersedia secara lengkap.
  3. Dapat membangun kepercayaan pengunjung dan membantu dalam meningkatkan jumlah traffic dari website anda kelola. Dengan adanya whois ini, maka visitors akan dapat mengetahui informasi terkait dengan kepemilikan situs ecommerce, perusahaan, lembaga dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Whois Domain

 

cara menggunakan whois domain
IDwebhost

 

Untuk menggunakan whois Domain, Anda bisa masuk ke halaman whois.net. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa web yang nantinya akan Anda lacak domainnya. Tidak perlu untuk menunggu lama, Anda akan mendapatkan berbagai macam informasi yang Anda butuhkan. Melalui whois, Anda dapat melacak berbagai ekstensi domain seperti .id, .blogspot, .net, .org, .info dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengubah Data Whois Domain

Kaitannya Whois Domain dengan whois Privacy

Jika memang sebuah data website dapat ditampilkan dengan jelas, sering kali hal tersebut akan memicu timbulnya suatu permasalahan baru yang lebih sulit seperti halnya akan munculnya hacker ataupun spammer yang akan memanfaatkan IP address dan email dari pemilik domain tersebut. Oleh sebab itu, bagi Anda para user web hosting Indonesia harus selalu bisa merahasiakan data tersebut dengan memanfaatkan fitur whois privacy.

Keberadaan whois privacy akan sangat menguntungkan untuk pemilik domain. Anda menjadi tidak perlu lagi khawatir akan resiko IP address Anda jika dilacak oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Terkait akan hal itu, berikut ini beberapa manfaat yang perlu anda ketahui tentang manfaat dari whois privacy yang sesungguhnya.

1. Memberikan perlindungan identitas pribadi

Melalui pemanfaatan whois privacy, Anda dapat melindungi identitas pribadi Anda sendiri sehingga website yang mempunyai peran yang sangat penting bagi hidupnya perusahaan ataupun lembaga Anda akan tetap terlindungi dari berbagai macam ancaman. Pastinya Anda tidak ingin bangkrut atau rugi ,bukan? apalagi jika data website Anda sudah memiliki traffic tinggi kemudian dibajak oleh orang lain.

2. Memblokir spam

Manfaat lainnya yaitu kemampuan untuk memblokir spam yang berupa email dalam jumlah yang banyak dan membanjiri pemilik domain tersebut. Sering kali spam tersebut dalam jenis iklan atau promosi sehingga hal semacam itu akan sangat mengganggu pemilik website tersebut. Melalui whois privacy, semua akan dapat terjaga dan Anda tidak akan mengalami hal merugikan tersebut.

 

cara menggunakan whois privacy
IDwebhost

 

Baca Juga : Apa Itu Email Spam Dan Penyebabnya?

3. Membantu untuk mengamankan data

Secara umum, whois akan memberikan beragam informasi terkait degan data dan juga nomer telepon pemilik domain. Jika data pribadi Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh hacker atau pihak lain yang tidak bertanggungjawab, maka akan sangat memungkinkan jika Anda nantinya akan mendapatkan serangan email yang dinamakan sebagai spam. Bahkan, sangat memungkinkan juga bagi Anda akan dihubungi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap yang terkait dengan whois privacy dan juga whois domain yang memang harus diketahui bagi anda khususnya yang memakai layanan web hosting Indonesia. Bagi Anda yang ingin mendapatkan layanan security website yang lebih terjamin, Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut di laman IDwebhost. Dengan begitu, website Anda akan terjamin keamananya dan bisa dikelola dengan baik.

Selain itu, kami juga akan rutin untuk membahas dan berbagi artikel edukatif menarik lainnya yang berkaitan dengan pengembangan website, bisnis terkini dan berbagai tips trik keamanan website. IDwebhost juga menyediakan paket domain dan hosting murah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga artikel tentang whois domain dan whois privacy di atas dapat membantu anda ya!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.