Pengertian Web Server Menurut Para Ahli
Blog Tips Keren Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

pengertian web

Di era digital seperti sekarang ini perkembangan teknologi semakin pesat, salah satunya yaitu web server. Banyak dari kita yang kini ingin belajar lebih jauh mengenai web server yang ada sekarang. Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa pengertian dari web server menurut para ahli.

Sebelum mengetahui apa itu web server, ada baiknya kita mempelajari dulu apa yang dimaksud dengan website atau web menurut para ahli. Berikut adalah beberapa pengertian yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Wikipedia

Menurut wikipedia, Web atau website adalah suatu halaman yang saling berhubungan dan umumnya berada pada sebuah sistem komputer yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet. ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

2. Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, Web merupakan suatu metode untuk menampilkan informasi di dalam jaringan internet, baik berupa teks, gambar, suara, maupun video yang interaktif. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa web mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser.

3. Haertalib

Menurut Haertalib, Web merupakan sebuah lokasi di dalam jaringan internet, dimana lokasi tersebut memiliki tempat dan juga alamat tertentu, sehingga bisa diakses siapa saja.

4. Suwanto Raharjo

Menurut Suwanto Raharjo, Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan oleh usernya dibandingkan dengan layanan lain seperti, seperti layanan internet ftp, gopher, news dan juga layanan surat elektronik atau email.

5. Boone

Menurut Boone, Web merupakan sebuah koleksi sumber informasi yang kaya akan desain dan juga grafis yang mana dapat saling berhubungan satu sama lain dalam suatu jaringan internet yang lebih besar.

Boone

Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Setelah kita mengetahui apa saja pengertian web atau website, maka berikut adalah pengertian dari web server menurut para ahli.

1. Solochin

Solochin, dalam diktat kuliah pemrograman website mengatakan bahwa yang dimaksud dengan web server adalah sebuah perangkat lunak yang terinstall di dalam komputer server, yang berfungsi untuk menerima permintaan dan juga request berupa halaman website melalui HTTP atau HTTPS dari user maupun client, dan kemudian mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web yang berbentuk dokumen HTML.

2. Khairil

Khairil dalam modul mengenai jaringan dan juga web komputer mengatakan bahwa yang dimaksud dengan web server adalah suatu software atau perangkat lunak yang menjadi tulang belakang atau tulang punggung dari sebuah www atau world wide web. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa web server akan menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser, kemudian melakukan pemrosesan terhadap request tersebut, dan kemudian menampilkannya kembali dalam sebuah browser, sebagai hasil dari pemrosesan data yang telah dilakukan.

3. Kurniawan (2008)

Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML”. Web server yang dimaksud disini adalah simulasi dari sebuah web server secara fisik. Web server biasanya juga disebut HTTP server karena menggunakan protocol HTTP sebagai basisnya.

Itulah beberapa pengertian dari web dan web server menurut para ahli. Semoga dapat membantu Anda dalam memahami lebih jauh tentang web server. Jika saat ini Anda sedang mencari penyedia hosting atau domain yang terpercaya, maka Anda bisa menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia yang handal dan berkualitas di Indonesia. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.