Pengertian Web Hosting dan Fiturnya
Blog Tips Keren

Pengertian Web Hosting dan Fiturnya

apa itu web hosting

Web hosting merupakan layanan yang menyediakan tempat untuk menjalankan aplikasi atau penyimpanan data di lokasi terpusat (server) yang bisa diakses dengan koneksi internet. Hosting banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari penyimpanan serta aplikasi website, file transfer pada FTP, pusat data email, dan lain sebagainya.
Perlu diketahui bahwa hosting dibangun dalam kapasitas yang besar di atas komputer atau server yang handal. Server tersebut didukung dengan sistem pendingin sehingga bisa bekerja selama 24 jam terus menerus. Tak hanya itu, server hosting juga didukung jaringan internet dengan kecepatan tinggi. Sederhananya, hosting adalah tempat yang dimanfaatkan untuk menampung atau menyimpan semua data yang dibutuhkan dalam mengelola dan membangun sebuah blog atau website.

Fungsi Web Hosting

Hosting digunakan untuk mempermudah pemilik website dalam mengelola dan mengakses websitenya. Dengan adanya layanan ini, maka server website tidak akan mudah down. Jadi setiap ada pengguna internet yang ingin mengakses situs Anda, maka orang tersebut dapat mengaksesnya dengan mudah dan lancar. Fungsinya ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para pebisnis. Karena hosting dapat memudahkan konsumen atau calon pembeli untuk mengakses online shop tanpa halangan selama 24 jam setiap harinya. Manfaat lainnya adalah untuk menyimpan data. Hosting berbayar biasanya dibedakan menjadi beberapa varian kapasitas, ada yang berukuran 300 MB, 50 MB sampai ratusan GB.

Fitur-Fitur Pada Web Hosting

Saat menggunakan web hosting untuk menunjang kesuksesan website Anda, tentu banyak hal yang perlu diperhatikan. Terutama adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh web hosting itu sendiri. Berikut beberapa fitur yang ada pada web hosting yang perlu Anda ketahui.

1. Kecepatan

Kecepatan sangat penting agar situs web Anda dimuat secepat mungkin. Jika pengunjung situs Anda harus menunggu lama agar laman Anda dimuat, mereka tidak akan memiliki pengalaman yang baik, dan mungkin tidak akan kembali. Selain itu, Google sekarang mencakup kecepatan sebagai bagian dari keseluruhan skor kualitas situs mereka, sehingga pemuatan yang lambat dapat membunuh usaha SEO Anda yang lain.

2. Bandwidth

Bandwidth adalah ukuran jumlah data yang mengalir dari situs ke pengunjung dalam beberapa periode waktu tertentu, biasanya per bulan. Jika Anda menjalankan blog pribadi atau situs untuk bisnis kecil, dan Anda tidak mengharapkan lalu lintas melebihi beberapa ratus pengunjung setiap hari, maka Anda dapat menggunakan bandwidth dari layanan shared hosting. Jika Anda membangun situs yang lebih besar dan pada akhirnya perlu menangani ribuan pengunjung atau ratusan ribu setiap hari, maka menambah bandwidth akan menjadi alternatif.

Bandwidth

3. Penyimpanan

Berapa banyak penyimpanan yang Anda butuhkan? Seperti biasa, ini tergantung.Seperti bandwidth, sebagian besar paket mengklaim menawarkan kapasitas penyimpanan “tak terbatas”, namun selalu ada batasan. Anda sebaiknya tidak mencoba menggunakan akun web hosting dengan penyimpanan hosting besar. Ini adalah penggunaan uang yang tidak efisien. Jika situs Anda membutuhkan sejumlah besar file media besar, gunakan layanan lain (seperti YouTube untuk video).

4. Skalabilitas

Masalah saat memulai situs web baru adalah Anda tidak benar-benar tahu apa kebutuhan spesifik Anda nantinya. Anda dapat membuat beberapa dugaan tentang berapa banyak bandwidth dan penyimpanan yang Anda perlukan, namun biasanya hanya tebakan saja.

Untuk alasan ini, salah satu hal yang lebih penting untuk dilihat saat mendapatkan web hosting adalah: seberapa mudah untuk meng-upgrade. Jika Anda memulai dengan rencana shared hosting dan berharap untuk pindah ke VPS saat lalu lintas mencapai titik tertentu, apakah web hosting Anda dapat melakukannya? Sangat penting untuk akun web hosting Anda agar mampu menangani pertumbuhan yang lamban dan stabil (melalui jalur upgrade yang masuk akal) dan juga lonjakan lalu lintas yang tiba-tiba.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang web hosting. Salah satu penyedia web hosting yang terpercaya di Indonesia adalah Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia web hosting yang handal dan berkualitas serta menyediakan paket hosting murah lainnya. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.