Error ‘User Not Found’ di Website Anda? Begini Cara Mengatasinya

16 Apr 2023
Error 'User Not Found' di Website Anda? Begini Cara Mengatasinya campaign-unlimited

Salah satu masalah yang cukup mengesalkan, terutama pada pengelolaan website WordPress adalah error user not found. Bagaimana tidak mengganggu, meskipun terlihat remeh masalah ini dapat berpengaruh pada performa SEO website. Mengapa demikian? Memang, user not found artinya apa?

User not found adalah galat yang membuat browser gagal menampilkan sebuah halaman website. Umumnya masalah ini banyak menimpa sisi klien. Meskipun sudah cukup umum, jika user not found tidak segera diatasi, performa website dapat terjun bebas.

Nah, untuk mencegah hal demikian terjadi sebaiknya kamu mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan gangguan ini serta  bagaimana cara mengatasinya. Yuk, ikuti pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Arti User Not Found?

Sebelum membahas tentang penyebab dan cara mengatasinya, kamu perlu mengetahui pengertian apa itu user not found terlebih dahulu. Saat kamu menemukan peringatan user not found artinya tidak ada data maupun halaman tersedia pada link URL yang kamu masukkan.

User not found adalah peringatan yang memberitahukan kondisi di mana browser tidak dapat menemukan halaman atau file yang diakses pada sebuah website. Hal ini biasanya dipicu oleh konten yang hilang atau rusak.

Ini artinya permasalahan user not found sangat memungkinkan dipicu oleh penulisan URL yang salah atau adanya perubahan URL pada halaman atau konten di sebuah website. Tapi, bukan hanya itu saja, lho. User not found juga bisa disebabkan oleh server hosting.

Dalam kasus ini galat dapat dipicu oleh kesalahan pada server hosting lokasi di mana sebuah website menyimpan filenya. Inilah pentingnya memilih layanan hosting yang tepat. Selain untuk mendapatkan performa website prima, hosting yang tepat juga dapat meminimalisir risiko gangguan demikian.

Penyebab Error User Not Found

user not found

Jika ditelusuri lebih dalam, ada beberapa faktor yang paling sering menjadi penyebab dari user not found. Gangguan user not found artinya server klien gagal mendapatkan data yang dicari pada server website. Adapun beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. URL yang Salah

Penyebab yang paling umum dan seringkali tidak disadari adalah salah memasukkan link URL. Nama URL merupakan hal krusial untuk memudahkan pencarian sebuah website. Meskipun hal ini terlihat sederhana, kesalahan memasukkan URL bisa menyebabkan hal yang fatal, lho.

Salah memasukkan URL bisa membuatmu gagal membuka halaman website, yang artinya kamu juga tidak bisa mendapatkan informasi maupun konten yang ada di dalamnya. Kebanyakan pengguna sering salah memasukkan huruf atau mengulang penulisan karakter secara tidak sengaja sehingga URL tidak mengarahkan ke situs yang dituju.

2. Masalah pada Caching

Browser bekerja cepat dengan mengandalkan sistem caching. Sistem ini memungkinkan browser untuk menyimpan data-data dari sebuah situs yang sudah pernah dikunjungi. Pada saat pengguna akan mengakses situs yang sama kembali, browser akan mengambil data salinan dari sistem cache.

Apabila data yang dicari tidak ditemukan, biasanya browser akan mengirimkan peringatan user not found. Bukan hanya itu saja, terkadang sistem caching juga dapat menyimpan salinan informasi dari halaman website yang tidak ditemukan.

Hal ini dikarenakan kemampuan caching website yang dapat melakukan penyalinan data saat sedang mengakses website. Jadi, bisa saja sistem caching menyalin data website yang sedang tidak tersedia. Alhasil, saat kamu mencoba mengaksesnya lagi halaman website tetap tidak tersedia.

3. Domain Belum Dipropagasi ke DNS

Domain memerlukan beberapa waktu untuk dipropagasi ke Domain Name System, baik untuk domain baru maupun domain migrasi dari server lain. Proses ini bertujuan untuk memperbarui DNS ke server agar informasi yang dimiliki DNS dan semua server yang tersedia sama.

Apabila domain website belum dipropagasi, boleh jadi ini menyebabkan munculnya gangguan user not found. Namun, bukan itu saja kemungkinannya. Boleh jadi domain sudah dipropagasi namun prosesnya belum selesai. Proses propagasi DNS biasanya memakan waktu yang tidak cepat. Umumnya waktu yang diperlukan sekitar 2 x 24 jam.

4. Masalah pada Tema atau Plugin WordPress

Penggunaan tema atau plugin tertentu dapat mempengaruhi pembuatan URL dan permalink website. Boleh jadi pengguna tidak bisa mengakses halaman website milikmu karena adanya modifikasi link URL yang disebabkan oleh pemakaian tema atau plugin tertentu.

Masalah compatibility ini tidak jarang menimpa para pengguna website WordPress. Modifikasi permalink akibat penggunaan plugin WordPress tertentu membuat user gagal mengakses situsmu.

Cara Mangatasi User Not Found

user not found

Dengan mengetahui adanya user not found artinya kamu dapat mendeteksi error pada halaman situsmu yang tidak dapat diakses dengan semestinya. Kamu bisa mengatasi permasalahan ini dengan solusi yang tepat. Berikut kami rangkumkan dua solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

1. Solusi User Not Found di Browser

Jika kamu menemukan peringatan user not found, boleh jadi penyebabnya terdapat pada browser. Kami sarankan untuk melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Bersihkan Cache Browser

Pertama-tama cobalah untuk membersihkan cache pada browser milikmu terlebih dahulu. Langkah ini dapat membantumu untuk mengatasi user not found yang disebabkan oleh kesalahan pada sistem caching web browser.

  • Mulai Kembali Web Browser

Usai membersihkan cache pada web browser, kamu dapat menutup jendela web browser. Jika perlu, kamu juga dapat memulai ulang perangkat yang kamu gunakan. Setelah itu, nyalakan kembali device dan buka web browser untuk mengakses halaman website kembali.

  • Periksa Ulang Link URL

Sebelum menekan tombol Enter untuk masuk ke halaman website tujuan, periksa kembali link URL. Pastikan tidak ada kesalahan pada link URL yang dimasukkan.

  • Gunakan Mode Incognito

Apabila langkah-langkah di atas masih tidak dapat membantumu untuk mengakses website tujuan, ubah mode browsing menggunakan mode incognito. Mode ini dapat mengakses halaman website tanpa menyimpan cache maupun cookie. Alhasil, halaman yang ditampilkan merupakan versi halaman yang paling baru.

  • Akses Website dengan Perangkat Lain

Masih gagal mengakses halaman tujuan? Masalah user not found artinya tidak disebabkan oleh browser namun oleh perangkat yang kamu gunakan. Cobalah untuk mengakses halaman website tujuan menggunakan perangkat yang berbeda. Jika berhasil, artinya masalah terdapat pada perangkatmu.

2. Solusi User Not Found di WordPress

Apabila kamu mendapatkan laporan bahwa user not found terjadi pada salah satu halaman pada website WordPress milikmu, kamu dapat mengatasinya dengan cara ini. Mari perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

  • Periksa Domain Mengarah ke Alamat Hosting yang Tepat

Langkah pertama untuk mengatasi user not found pada website milikmu adalah memastikan domain sudah terpropagasi ke DNS dan mengarahkan ke server hostingmu. Untuk memastikan domain website milikmu sudah dikonfigurasikan dengan benar, periksa melalui situs DNS Checker. Masukkan nama domain pada kolom yang tersedia maka kamu dapat mengetahui status propagasi dan informasi ke mana domain diarahkan.

  • Kelola Hak Izin Akses

Boleh jadi halaman situs tidak dapat ditampilkan karena kesalahan pada peraturan izin aksesmu. Untuk mengubah peraturan izin akses file, kamu dapat mengunjungi menu panel akun hosting dan memilih opsi Perbaiki Kepemilikan File. Pilihlah peraturan izin default untuk mengubah hak izin akses seperti semula lagi.

  • Nonaktifkan File .htaccess Corrupt

.htaccess adalah file yang mengelola kontrol akses, redirect URL, maupun performa website. Pada beberapa kasus, file .htaccess yang corrupt menyebabkan halaman situs tidak bisa diakses.

Jika hal ini menimpamu, nonaktifkan file ini dengan masuk ke menu Hosting pada panel. Peraturan pengelolaan file ini bisa diakses pada File Manager, tepatnya di folder public_html.

Untuk menonaktifkan file .htaccess, klik kanan dan lakukan rename dengan menambahkan karakter apapun pada nama file.

Berikutnya buatlah file .htaccess baru dengan klik opsi New File pada File Manager. Buat file bernama .htaccess dan gunakan .htaccess generator untuk membuat kode default. Jika sudah, klik Create untuk menyimpan perubahan.

Jadi, dapat diketahui bahwa User Not Found merupakan peringatan bahwa halaman atau konten yang diakses tidak tersedia. Peringatan ini artinya server klien tidak bisa menemukan URL pada server website. Semoga artikel ini dapat membantumu mengatasi masalah user not found, ya.

Untuk pilihan domain yang berkualitas, kamu dapat membeli layanan domain murah IDwebhost. Layanan domain IDwebhost dapat memastikan alamat IP mengarahkan ke alamat server yang benar sesuai dengan keinginanmu, lho.

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022