Pengertian Tentang WordPress Hosting dan Bagaimana Memanfaatkannya

26 Des 2018
Pengertian Tentang Wordpress Hosting dan Bagaimana Memanfaatkannya campaign-unlimited

Sebagai CMS (Content Management System) yang paling populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia, WordPress tidak bisa dipungkiri membutuhkan sebuah hosting khusus yang cukup dan memadai untuk para pemilik blog atau website dengan CMS WordPress tersebut. Sehingga di masa kini cukup banyak perusahaan penyedia hosting yang menawarkan WordPress Hosting kepada para pemilik situs dengan CMS di Indonesia. Namun sebenarnya apa itu WordPress hosting? Untuk memberikan pencerahan kepada anda, maka di artikel ini kami akan membahas tentang pengertian tentang WordPress hosting.

Apa itu WordPress?

Namun sebelumnya perlu anda pahami terlebih dahulu tentang apa itu WordPress. WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Lebih dari 30% website dibuat di WordPress dan persentasenya masih akan terus meningkat. WordPress menggunakan PHP dan MySQL, yang ternyata didukung oleh hampir semua penyedia web hosting.

Kelebihan WordPress lainnya terletak pada tipe website yang bisa dibuat di platform ini. CMS ini memungkinkan Anda tak hanya membuat sekedar blog melainkan juga situs e-commerce, portofolio, newspaper, atau apa pun yang diinginkan. Selain itu CMS paling populer ini juga memiliki software antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Jadi bila anda tahu dan mengerti cara menggunakan Microsoft Word, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan saat hendak mengoperasikan WordPress. Ibaratnya, membuat dan menerbitkan konten semudah menjentikkan jari.

Pengertian tentang WordPress hosting
WordPress merupakan salah satu CMS paling populer

Pengertian Tentang WordPress Hosting

Pengertian tentang WordPress hosting sebenarnya cukup mudah. WordPress hosting, sesuai namanya adalah sebuah layanan hosting yang dibuat khusus untuk para pengguna CMS WordPress sehingga para pemilik website bisa fokus pada konten blog/wordpressnya. Dia tidak harus repot-repot mengurus berbagai macam masalah teknis seperti kecepatan loading (speed), keamanan (security), dan masalah resource limit yang membatasi.

Intinya jenis hosting ini dibuat sedemikian rupa untuk menunjang performa sebuah situs WordPress semaksimal mungkin. Mulai dari teknologi yang digunakan hingga sampai arsitektur server semuanya didesain untuk keperluan situs WordPress, karena itu kadang WordPress hosting ini kerap kali disebut juga dengan istilah “Managed WordPress Hosting”.

WordPress hosting memiliki beberapa fitur utama atau standar yang bisanya ditawarkan seperti berikut :

  • Resource limit yang jauh lebih besar
  • Setting dan penginstallan WordPress yang jauh lebih mudah. Hanya tinggal setup tools atau control panel khusus, tidak ribet dan sangat simple
  • Auto update engine, plugin, dan theme yang memudahkan pengguna
  • Auto backup yang sangat membantu bila terjadi masalah
  • Keamanan yang lebih terjamin (virus dan malware protection)
  • Free premium theme/plugin (tidak semua penyedia hosting loh memberikan fitur ini)

Kadang penyedia hosting juga menyediakan berbagai fitur lain seperti free SSL, setting CDN, dan sebagainya namun itu semua tidak begitu penting. Yang harus Anda perhatikan adalah resource limit yang mereka berikan karena inilah value utama dari jenis WordPress Hosting yang akan Anda gunakan dan bisa anda manfaatkan.

Pengertian tentang WordPress hosting
WordPress hosting memiliki resource limit yang sangat besar sehingga memudahkan pemilik website

Setiap hosting memiliki resource limit yang beragam dan berbeda-beda, jadi jangan terpaku pada persentase resource yang mereka berikan baik itu 100%, 200%, unlimited atau semacamnya. Server dan teknologi tiap hosting berbeda-beda karena itu jangan tertipu dan terpancing oleh besarnya persentase semata, yang harus Anda perhatikan adalah portofolio nyata dari pengguna WordPress Hosting tersebut.

Cobalah pantau pemilik situs lain yang sudah menggunakan jasa mereka dan lihat kecepatan loading websitenya melalui website speed test seperti Google PageSpeed. Bandingkan kecepatannya dengan harga yang mereka tawarkan untuk menentukan apakah worth it atau tidak.

Sedangkan keuntungan utama menggunakan WordPress Hosting adalah resource limitnya yang tidak dibatasi sehingga kecepatan akses dan loading di website atau blog Anda bisa mencapai 5-10x lipat dari hosting yang biasanya, tetapi batasan sebenarnya ada pada disk space dan jumlah visitor yang mengunjungi blog Anda, selain itu harganya juga relatif akan lebih mahal.

Jumlah storage yang diberikan sangat kecil (sengaja dibatasi) dibandingkan paket shared hosting dengan harga yang lebih murah, selain itu beberapa penyedia WordPress Hosting juga ada yang membatasi traffic atau jumlah visitor per bulan. Jadi jika visitor (unique visitor) blog atau website Anda melebihi kuota yang diberikan maka mereka akan menurunkan resource limitnya sehingga yang paling parah blog atau website Anda jadi tidak bisa diakses.

Angka-angka yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli hosting adalah:

  • Disk space yang diberikan
  • CPU sesuai kapasitas server hosting tersebut (number & percentage of CPU)
  • Besarnya RAM, virtual memory, physical memory, entry process, number of process, dan I/O
  • Batasan jumlah kuota visitor per bulan (jika ada)

Pada umumnya ada 2 batasan utama pada sebuah hosting yakni resource limit dan disk space (storage). Jika Anda masih bingung tentang bagaimana mempertimbangkan perbedaan antara resource limit dan disk space, berikut penjelasannya:

Jika blog Anda memiliki beberapa fitur seperti theme atau plugin yang berat dan dinamis (contoh seperti forum/marketplace). Artinya aktivitas pengunjung blog anda sangat tinggi dan sering terjadi perubahan pada situs anda. Maka saya sarankan anda bisa menggunakan hosting yang resource limitnya lebih besar. Resource inilah yang mempengaruhi kecepatan akses blog dan besarnya kapasitas visitor yang mampu Anda tampung secara bersamaan.

Jadi jika website atau blog anda memiliki fitur seperti theme atau plugin yang memberatkan, jenis WordPress hosting ini sangat cocok. Karena resource limitnya, wordpress hosting cocok dengan website yang memiliki aktivitas traffic yang tinggi seperti forum atau marketplace seperti blog dengan visitor yang sangat banyak. Apalagi jika konten website anda sering diupdate dan diubah atau dinamis.

Pengertian tentang WordPress hosting
idwebhost

Sebagai rangkuman, berikut inilah beberapa kelebihan dan kekurangan utama menggunakan WordPress Hosting :
Kelebihan :

  • Resource limit jauh lebih besar sehingga loading blog sangat cepat dan kuat menampung banyak pengunjung secara bersamaan. Cocok bagi website yang memiliki aktivitas traffic tinggi.
  • Fitur penunjang WordPress seperti auto update dan backup (tidak begitu penting), fitur yang jauh lebih penting adalah dari sisi keamanannya yang lebih terjaga (advanced security).

Kekurangan :

  • Harga yang relatif lebih mahal dibanding jenis hosting pada umumnya
  • Adanya batasan dalam bentuk lain, biasanya disk space yang diberikan jauh lebih kecil atau jumlah visitor per bulan dibatasi.

Nah berikut tadi pengertian tentang WordPress hosting. Bagaimana apakah anda tertarik menggunakan jenis hosting ini? Ya, walaupun harganya relatif mahal, namun itu sesuai dengan berbagai fitur dan keunggulan yang dimiliki. Anda bisa mendapatkan wordpress hosting dengan mudah hanya di IDwebhost. Jadi tunggu apa lagi, ayo segera dapatkan wordpress hosting untuk website atau blog anda.