RAM Adalah: Begini Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Bedanya dengan ROM

9 Jun 2024
RAM Adalah: Begini Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Bedanya dengan ROM campaign-unlimited

Pengguna gawai pasti sudah tidak asing dengan istilah RAM, bukan? Begitu pula bagi pengguna perangkat komputer. RAM adalah salah satu komponen yang wajib tersedia dalam komputer. Peranan RAM dalam menjalankan sistem perangkat elektronik cukup penting. Tapi, memangnya apa sih RAM itu sebenarnya?

Pada artikel kali ini, kami ingin mengajakmu untuk mengenal RAM lebih dekat. Mulai dari mengetahui pengertiannya, jenis, fungsi, serta perbedaannya dengan ROM. Mari langsung saja menyimak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu RAM?

Kepanjangan RAM adalah Random Access Memory. RAM merupakan sebuah perangkat keras atau hardware yang bisa ditemukan di berbagai perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, dan PC. Kerja utama dari RAM ialah menyimpan data-data sementara pada gadget dan software tertentu.

Data-data dalam RAM tidak dapat disimpan secara permanen. Hal ini dikarenakan sistem RAM yang didesain untuk menyimpan data sementara selama sambungan listrik tersedia pada perangkat. Artinya, jika sambungan listrik terputus maka data dalam RAM akan hilang.

Dengan begitu, komputer atau smartphone yang mati akan mengosongkan ruang memori RAM. Selanjutnya, RAM akan digunakan kembali saat perangkat dinyalakan atau digunakan untuk beraktivitas.

RAM yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai kapasitas. Kamu bisa menemukan RAM dengan kapasitas mulai dari 128 MB, 512 MB, 1 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, dan lainnya. Apa kelebihan dari kapasitas RAM yang besar?

Semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat perangkat dapat membaca dan menjalankan aplikasi. Kapasitas RAM yang besar juga mendukung perangkat untuk melakukan kegiatan multitasking dengan lebih baik. Kebanyakan perangkat di pasaran saat ini sudah dibekali dengan kapasitas RAM 4 GB untuk mendukung kemampuan multitasking standar.

Cara Kerja RAM

Mengetahui kemampuan penyimpanan RAM yang sifatnya temporary tentu membuat kamu bertanya-tanya seperti apa itu RAM bekerja.  Pada dasarnya, cara kerja dari RAM cukup sederhana sekalipun pergerakan data yang disimpannya cukup dinamis.

Saat sebuah perangkat digunakan untuk beraktivitas, RAM secara otomatis bekerja untuk mengolah data dan instruksi yang diberikan. Data-data ini selanjutnya disimpan sementara olehnya dan diteruskan ke harddisk untuk disimpan secara permanen. Dalam menjalankan tugasnya ini, struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian sebagai berikut:

  • Input storage: Bagian ini digunakan untuk mengumpulkan data yang dimasukkan oleh user.
  • Program storage: Selanjutnya kerja RAM dilanjutkan ke bagian program storage, di mana instruksi semua program diproses.
  • Working storage: Usai data-data dan instruksi diolah, berikutnya RAM mulai menyimpannya.
  • Output storage: Akhirnya, hasil pengolahan data ditampilkan ke alat output dengan bagian ini.

Jenis RAM

Usai mempelajari pengertian apa itu RAM, selanjutnya ketahui juga jenis-jenis RAM yang saat ini tersedia di sekitar kita. Adapun beberapa jenisnya antara lain sebagai berikut:

1. SD RAM

SD RAM atau Synchronous Dynamic Access Memory merupakan RAM dengan kecepatan 100 hingga 133 MHz. Jenis RAM ini mempunyai dua buah celah pada bagian kaki dan biasanya diletakkan pada slot DIMM/SD RAM di bagian motherhood. SD RAM mampu menyimpan data mencapai 1 GB.

2. DDR RAM

Pengertian RAM adalah

Berikutnya adalah DDR RAM atau Double Rate Random Access Memory. Jenis ini memiliki kemampuan untuk menjalan tugas multitasking. Artinya, kamu dapat menggunakan RAM ini untuk melakukan dua instruksi dalam waktu bersamaan tanpa mengurangi kecepatan semula.

Biasanya, DDR RAM banyak digunakan pada perangkat sebab dapat menghemat daya listrik dan berkapasitas 184 pin. Besar memori DDR RAM ini mampu mencapai 16 GB.

3. RD RAM

Rambus Dynamic Random Access Memory adalah SD RAM dalam versi yang lebih cepat. Kecepatannya ini membuat RD RAM dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada SD RAM di pasaran. RD RAM digunakan untuk PC Pentium 4 dengan slot memori yang tersedia hingga 184 pin.

4. EDO RAM

EDO RAM adalah singkatan dari Extended Data Out Random Access Memory. Jika dibandingkan dengan jenis RAM lainnya, EDO RAM mempunyai kemampuan yang lebih cepat khususnya saat membaca dan mentransfer data. Kecepatan EDO mencapai lebih dari 66 MHz.

Kegunaan RAM

Sekarang kamu akan mempelajari fungsi RAM. Sederhananya, RAM memiliki fungsi utama untuk menyimpan data sementara. Beberapa fungsi dari RAM adalah sebagai berikut:

1. Menyimpan Data Sementara

RAM berfungsi untuk menyimpan data-data sementara. Memori dalam RAM dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan data dan instruksi yang sedang diproses oleh user. Data yang disimpan sementara oleh RAM ini dilanjutkan menuju harddisk untuk selanjutnya diproses lebih lanjut.

2. Mendukung Aktivitas Multitasking

Pengertian RAM adalah

Kamu pasti sering melakukan aktivitas multitasking di perangkatmu, bukan? Misalnya seperti mendengarkan lagu sambil scrolling Instagram di hp atau menulis di MS Word sambil membuka web browser. Kehadiran RAM mendukung perangkat untuk dapat melakukan kegiatan multitasking.

Kecepatan kerja RAM memproses kegiatan multitasking bergantung pada kapasitas memorinya. Semakin besar kapasitas memori RAM maka kemungkinan perangkat untuk lag akan semakin kecil.

3. Membantu Kerja Prosesor

RAM adalah komponen dalam komputer yang membantu kerja dari prosesor. Kemampuan RAM bekerja dengan baik sangat berpengaruh pada kinerja perangkat. Jika kamu menggunakan RAM dengan kapasitas pas-pasan, sistem komputer tidak bisa memproses data dengan cepat dan optimal.

Oleh sebab itu, semakin berat kinerja komputer yang diperlukan maka semakin besar juga RAM yang harus digunakan. Contohnya kamu menggunakan komputer untuk mengoperasikan aplikasi desain atau editing video. Setidaknya kamu harus menggunakan kapasitas RAM setara atau lebih dari 8 GB.

Beda RAM dan ROM

Bicara soal RAM, tentu kamu juga perlu mengetahui bahwa RAM berbeda dengan ROM. Dilihat dari kepanjangannya saja, kedua komponen ini sudah berbeda. Mari ketahui perbedaan selengkapnya dari beberapa aspek berikut ini:

1. Jenis Penyimpanan Data

RAM adalah Random Access Memory yang bertugas untuk menyimpan data sementara. Artinya, data yang ada pada RAM tidak akan tersimpan selamanya. Ini berbeda dengan ROM, Read Only Memory. ROM menyimpan data permanen yang membuat memorinya bisa penuh.

2. Kecepatan

Pengertian RAM adalah

Untuk melakukan beberapa tugas, RAM diakses langsung oleh komponen CPU komputer. Saat suatu data diperlukan prosesor bisa langsung mengambilnya dari RAM kapan pun. Berbeda dengan ROM. CPU tidak bisa mengakses data yang terdapat pada ROM.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa RAM bekerja dengan kecepatan yang lebih baik. Komponen ini bahkan dapat membantu prosesor komputer untuk memproses data dengan lebih cepat.

3. Fungsi

Fungsi RAM meliputi membaca, menulis, dan membuat aplikasi bekerja lebih cepat. Kegunaannya ini membuat kapasitas RAM tidak tetap, satu waktu kapasitas RAM bisa penuh namun di lain waktu kapasitas RAM tersisa luang.

Berbeda dengan ROM yang fungsinya adalah untuk menyimpan program di perangkat. Kegunaan ROM yang tidak kamu sadari contohnya seperti saat kamu mengunduh aplikasi baru pada smartphone. ROM adalah komponen yang bertugas untuk menyimpan data-data dan program yang terpasang pada perangkat.

Sekarang kamu sudah mengetahui tentang pengertian RAM, fungsi, jenis-jenis, dan perbedaannya dengan ROM. RAM adalah komponen dalam perangkat elektronik yang memiliki tugas utama untuk menyimpan data sementara. Kemampuan RAM dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan multitasking user.

Jika kamu menginginkan perangkatmu bekerja dengan lebih cepat maka gunakanlah kapasitas RAM yang sesuai. Begitu pula dengan website. Pastikan untuk pilih layanan hosting dengan kapasitas RAM sesuai kebutuhanmu. Kabar baiknya, kamu bisa menemukan pilihan layanan yang paling cocok denganmu di IDwebhost. Yuk, cek sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022