Pengertian Phising dan Cara Menghindari Yang Bisa Diterapkan
Blog Tips Keren Pengertian Phising dan Cara Menghindari Yang Bisa Diterapkan

Pengertian Phising dan Cara Menghindari Yang Bisa Diterapkan

Pada saat ini, mungkin banyak yang belum memahami istilah phising. Memahami pengertian phising dan cara menghindarinya menjadi sesuatu yang sangat penting bagi siapapun sekarang. Terlebih lagi di era digital seperti saat ini. Banyak modus yang dilakukan oleh para peretas untuk melakukan pencurian data  yang dimiliki para pengguna internet.

Data-data tersebut bisa dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk membobol rekening anda atau melakukan berbagai kegiatan yang berbahaya lainnya. Jika ini sampai terjadi, sebagai pemilik data, kita sendiri yang nantinya akan dirugikan. Karena itu penting bagi Anda, yang nyaris setiap hari beraktivitas di internet untuk memahami pengertian phising dan cara mengatasi phising.

Pada artikel kali ini, Kami akan membagikan pada Sahabat IDwebhost, tentang pengertian phising dan dan cara mengatasinya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Pengertian Phising dan Mengapa Phising Sangat Berbahaya

Phising adalah jenis serangan cyber di internet yang bisa menggunakan banyak cara untuk mencuri data orang yang ditarget. Misalnya dengan menggunakan email. Banyak oknum tak bertanggung jawab yang melakukan tindakan satu ini guna mencuri data yang anda miliki.

Contohnya adalah ketika anda membuka suatu link yang mencurigakan di email. Lalu ketika anda klik tautan tersebut, anda akan diinstruksikan untuk memasukan data pribadi anda. Jelas ini adalah sebuah tindakan yang sangat mengerikan jika anda mengisi data pribadi anda dengan polosnya.

Secara jelas, ini adalah jebakan untuk memasukan data, kata sandi, dan informasi penting lainnya. Yang mana nantinya oknum tersebut akan memanfaatkan informasi tersebut untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya membobol rekening bank yang anda miliki. Parahnya lagi, hal tersebut terjadi tanpa pernah anda menyadarinya. Jadi jika sudah demikian, alangkah baiknya jika anda melakukan pencegahan tindakan phising.

Tentu Anda tidak boleh membiarkan data anda tersebut tersebar luas dan bisa diakses dengan mudahnya.

Pengertian Phising
Pengertian Phising

Cara Menghindari Serangan Phising

Pada bagian sebelumnya artikel ini, Anda sudah memahami mengenai pengertian phising. Juga, betapa berbahayanya aktivitas phising jika menimpa seseorang. Apalagi dengan semakin masifnya penggunaan teknologi digital yang ada saat ini, sudah pasti anda perlu melakukan beberapa langkah pengamanan dari phising.
Berikut ini adalah cara mengatasi phising yang harus Anda ketahui:

1. Jangan Klik Tautan Sembarangan

Hal paling dasar yang dapat Anda lakukan untuk terhindar dari kejahatan phising adalah dengan tidak meng-klik tautan yang anda dapatkan secara sembarangan. Kuncinya adalah jangan pernah mengeklik tautan apapun yang anda dapatkan tanpa alasan yang jelas. Biasanya, hal ini akan anda temui ketika hendak konfirmasi ulang password dan lain sebagainya. Akan tetapi, pahamilah dengan baik bahwa jika tautan tersebut datang kepada anda tanpa diminta dan anda merasa bahwa itu adalah indikasi SCAM, sebaiknya anda tidak perlu untuk meng-kliknya. Apalagi memasukan data pribadi anda secara sadar di dalamnya.

2. Install Anti Virus

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengindari phising adalah dengan menginstall Anti Virus. Ini adalah salah satu langkah terpenting yang bisa anda lakukan guna menghindari serangan phising.

Antivirus akan membantu Anda mendeteksi bila ada tautan yangmencurigakan, yang dicurigai sebagai phising. Salah satu antivirus yang bisa Anda pasang, sebagai langkah pencegahan dari tindakak phising adalah Windows Defender. Antivirus bikinan Micososft ini sudah otomatis tersedia ketika Anda menggunakan sistem operasi Windows yang paling baru.

3. Hati-Hati Menyimpan Data Secara Digital

Pengertian Phising
Pengertian Phising

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menghindar dari serangan phising adalah hati-hati terhadap penyimpanan digital. Padahal, melakukan hal ini sama dengan membuat diri anda semakin merugi itu sendiri. Penyimpanan digital, memang memberikan kenyamanan lebih. Anda bisa lebih menghemat penyimpanan.

Tetapi, penyimpanan digital juga cukup rentan disusupi phising. Misalnya, ketika Anda mengakses link yang Anda dapat, yang mengarahkan Anda ke penyimpanan digital, katakanlah Dropbox atau Google Drive. Anda harus mewaspadai, apakah penyimpanan digital tersebut juga mengandung malware yang terindikasi phising.

4. Kenali Ciri-Ciri Web Phising

Lalu, yang juga harus diperhatikan lagi adalah bagaimana cara mengenali ciri-ciri dari web phising itu sendiri. Dalam hal pengertian phising dan cara menghindarinya ini, anda harus paham web mana saja yang memiliki jenis semacam ini.

Contoh paling sederhana, misalnya ada satu brand atau merk ternama yang anda kenal dengan baik. Lalu brand tersebut tiba-tiba memiliki website dalam bentuk blogspot atau domain gratis lainnya. Coba amati ini baik-baik, apakah menurut anda hal tersebut lazim dilakukan atau terjadi?

Tentu saja anda sendiri harus mengamati hal tersebut dengan sangat baik. Kenapa? Karena jangan sampai tertipu hadirnya web yang bersifat phising tersebut. Sudah pasti anda harus memastikan diri anda aman dan tidak terjebak oleh website phising tersebut.

Tanda-Tanda Konten Berbau Phising

Selain informasi tentang pengertian phising dan cara menghindarinya, anda harus paham betul apa saja tanda-tanda dari konten yang terindikasi sebagai phising. Dengan memahami hal ini, tentunya anda akan mampu terhindar dari aktivitas bernama phising. Berikut ini adalah tanda-tanda anda telah bertemu dengan konten yang dapat dikategorikan sebagai phising.

Pengertian Phising
Pengertian Phising
  • Ciri konten berbau phising yang pertama adalah, jika anda melihat suatu link yang mencurigakan dan ini masuk ke email yang anda tidak kenali siapa pengirimnya.
  • Kedua, sebagaimana yang dijelaskan di atas, anda secara tidak sengaja mengeklik link tersebut. Tapi kemudian anda diarahkan ke halaman blogspot atau sejenisnya. Jelas hal tersebut adalah sesuatu yang mencurigakan. Ketika anda mampu mendeteksi hal tersebut dengan baik, sudah pasti Anda akan terhindar dari phising.
  • Ciri ketiga sebuah konten yang memiliki ciri-ciri mengandung spam adalah isi email. Apalagi jika email tersebut berisi hal-hal yang ancaman. Biasanya, pelaku akan memanfaatkan rasa takut korban, dengan mengancam akan menutup akun yang bersangkutan. Jika Anda mendapati hal seperti ini, maka Anda harus memasang rasa waspada.

Penutup

Sekian informasi tentang pengertian phising dan cara menghindarinya. Semoga dengan artikel ini,  data anda selalu  terhindar dari yang namanya kebobolan.

Jangan lupa gunakan layanan domain hosting terpercaya IDwebhost untuk memiliki website terbaik dengan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara  Mudah Mengubah Port SSH di Webuzo Untuk Pemula

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.