4 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif untuk Pemula

28 Feb 2022
4 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif untuk Pemula

Saat ini, Indonesia memiliki banyak sekali bisnis baru yang muncul tiap bulannya termasuk bisnis Anda. Rasa-rasanya hampir setiap orang berkeinginan memiliki bisnis mereka sendiri. Banyaknya jumlah PHK di masa pandemi, membuat banyak orang kemudian beralih membuka bisnis. Akan tetapi, tanpa paham teknik pemasaran yang tepat, sebuah bisnis juga tidak akan bertahan lama. Nah, salah satu teknik marketing yang bisa dapat Anda lakukan adalah pemasaran online.

Seperti namanya, teknik pemasaran ini memanfaatkan internet atau media online dalam mempromosikan bisnis. Banyak cara atau strategi yang dapat Anda lakukan dalam pemasaran online ini.

Akan tetapi, tidak semua cara atau strategi tersebut cocok untuk bisnis Anda. Apabila Anda pemula, maka Anda harus mengetahui strategi online marketing yang cocok untuk bisnis Anda.

Strategi Pemasaran Online yang Efektif

Pemasaran Online

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengetahui strategi online marketing yang sesuai adalah mengetahui lebih dulu apa itu yang dimaksud dengan pemasaran online.

Sama seperti marketing pada umumnya, pemasaran online adalah rangkaian kegiatan untuk meraih pelanggan. Bedanya, online marketing ini memanfaatkan jaringan internet.

Ada beberapa media yang digunakan dalam online marketing. Tetapi, saat ini banyak bisnis baru yang memanfaatkan media seperti website, media sosial, email, dan juga iklan.

Biasanya, untuk media sosial dan email dinamakan sebagai content marketing. Banyak juga jenis strategi dalam online marketing yang dapat diaplikasikan dalam bisnis Anda.

Pemasaran online ini masuk ke dalam ranah pemasaran digital atau digital marketing. Jadi, antara pemasaran online dan digital marketing itu merupakan hal yang berbeda.

Online marketing memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam hal internet saja untuk meraih para pelanggannya. Sementara, digital marketing memanfaatkan segala kemajuan teknologi digital mulai dari internet hingga TV untuk meraih pelanggan.

Fokus dengan konsumen

Strategi Pemasaran Online

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pemasaran online memiliki berbagai strategi. Akan tetapi, tidak semua strategi tersebut cocok untuk Anda sebagai pelaku bisnis. Mengapa?

Hal ini karena strategi yang mungkin Anda belum familiar dengannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencoba strategi yang tidak begitu sulit dulu. Ada empat macam strategi dalam online marketing yang bisa Anda terapkan sebagai pemula.

strategi konten visual marketing 2021

1. Content Marketing

Strategi pemasaran online pertama yang dapat Anda lakukan adalah content marketing. Dengan strategi ini, Anda bisa menggunakan konten-konten menarik untuk membangun brand awareness. Dapat dikatakan dalam strategi content marketing, Anda tidak mempromosikan produk Anda sama sekali.

Anda dapat membuat konten-konten menarik yang berkaitan dengan produk Anda.  Seperti membuat artikel, konten di media sosial, email, dan platform lainnya. Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis di bidang fashion berupa berjualan kaos oblong.

Nah, Anda dapat membuat konten tentang bahan dari kaos tersebut tanpa berjualan. Contohnya, fakta unik tentang penemuan bahan katun di zaman lampau.

Visual online marketing

2. Social Media Marketing

Sama halnya dengan content marketing, strategi pemasaran online yang satu ini memanfaatkan konten menarik untuk membangun brand awareness dan meraih pelanggan.

Bedanya, social media marketing hanya menggunakan media sosial saja sebagai sarana memasarkan atau mempromosikan brand kita. Strategi ini merupakan salah satu strategi yang paling ampuh.

Mengapa? Karena hampir seluruh masyarakat di Indonesia saat ini menggunakan media sosial.

Mulai dari Whatsapp, Facebook, hingga Instagram dapat Anda gunakan untuk menerapkan strategi pemasaran online yang satu ini. Buatlah konten sebaik dan semenarik mungkin agar para pelanggan maupun calon pelanggan teredukasi dan terhibur dengan konten Anda.

Dengan membuat konten yang menarik, pelanggan dan calon pelanggan akan terhibur dan teredukasi. Akhirnya, mereka akan mengenal brand Anda melalui konten-konten tersebut.

Personal Branding

3. Personalized Marketing

Dari namanya, tampaknya strategi pemasaran online yang satu ini mungkin terlihat  membingungkan. Nyatanya, strategi online marketing yang satu ini dapat dikatakan mudah untuk Anda terapkan sebagai pemula.

Personalized marketing adalah strategi pemasaran yang langsung ke konsumen atau pelanggan secara personal. Mudahnya, Anda mengeluarkan produk yang memang dibutuhkan oleh pelanggan tersebut alias ‘mencuri’ ide pelanggan.

Bagaimana caranya? Anda dapat memanfaatkan kedua strategi sebelumnya untuk  mengetahui apa yang memang pelanggan Anda butuhkan. Anda bisa melakukan tantangan berhadiah atau melakukan jajak pendapat di media sosial Instagram.

Dari data yang telah Anda dapat, maka akan terlihat apa yang paling dibutuhkan oleh pelanggan. Sebagai bentuk apresiasi, Anda bisa membuat konten di media sosial mengenai inspirasi dari produk tersebut.

4. Visual Marketing

Strategi pemasaran online yang terakhir yang dapat Anda lakukan sebagai pemula adalah visual marketing. Seperti namanya, strategi pemasaran yang satu ini memanfaatkan visual seperti gambar dan video untuk mempromosikan brand.

Salah satu media yang saat ini sering digunakan sebagai media marketing adalah TikTok. Meskipun aplikasinya yang terkesan bukan platform untuk berbisnis, nyatanya hampir semua bisnis baru booming melalui video TikTok.

Indonesia merupakan negara denganminat baca yang rendah. Artinya, sebagian besar masyarakat Indonesia lebih suka menonton video atau melihat gambar. Keadaan inilah yang juga dimanfaatkan oleh pebisnis lain untuk memperkenalkan brand dan juga produknya.

Anda cukup membuat video yang singkat dan menarik lalu upload di akun TikTok bisnis Anda. Video ini nantinya dapat disebarkan ke media sosial lain yang terkait dengan bisnis Anda punya.

Keuntungan Pemasaran Online

Bagi Anda yang baru memulai bisnis, maka pilihan teknik pemasaran yang tepat adalah online marketing. Mengapa kemudian teknik ini tepat untuk diterapkan oleh pemula? Hal ini karena teknik online marketing ini dapat Anda mulai meski tanpa pengetahuan tentang teknologi digital yang memadai.

Anda bisa memulainya dari media sosial yang sudah pasti juga Anda miliki. Berikut keuntungan lain dari penerapan pemasaran online bisnis Anda.

  • Pemasaran Online Minim Biaya

Betul sekali, pemasaran online sangat minim biaya. Bahkan, mungkin Anda tidak membutuhkan biaya sama sekali di awal bisnis. Cukup siapkan strategi yang tepat untuk bisnis Anda dari yang telah dijabarkan sebelumnya.

Selanjutnya, lakukan semuanya secara online alias bekerja dari rumah. Tidak perlu mencetak berlembar-lembar poster atau selebaran untuk Anda berikan kepada calon pelanggan.

  • Jangkauan Target Luas

Salah satu kelebihan dari pemasaran online adalah jangkauan target pasarnya yang sangat luas. Bahkan, Anda bisa mendapatkan pelanggan yang berbeda kota atau negara dengan Anda.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Semua bisa terjadi karena internet tidak mengenal batasan wilayah. Anda bisa menjangkau siapapun melalui internet, begitu pula dengan pelanggan.

Menariknya, sekarang Anda dapat mencapai target audiens yang spesifik sesuai dengan produk Anda melalui media sosial seperti Instagram.

  • Hubungan dengan Pelanggan Terjaga

Keuntungan lain yang dapat Anda rasakan dari pemasaran online ini adalah hubungan Anda dengan para pelanggan dapat terjaga dengan baik. Memanfaatkan internet sebagai teknik pemasaran membuat Anda dapat lebih mudah berinteraksi dengan para pelanggan.

Selain itu, Anda dapat memantau bisnis Anda setiap saat secara online sehingga dapat terus meningkatkan pelayanan bisnis Anda.

Kesimpulan

Ada banyak sekali strategi pemasaran online yang dapat Anda terapkan dalam bisnis yang baru Anda buat ini. Akan tetapi, selalu pelajari apakah strategi tersebut dapat disesuaikan dengan  jenis bisnis Anda.

Selain online marketing, Anda juga dapat menggabungkan teknik digital marketing lainnya agar bisnis Anda dapat semakin berkembang.

Banyak keuntungan yang dapat bisnis Anda rasakan dalam menerapkan online marketing. Pelajari juga strategi pemasaran online lainnya agar bisnis Anda dapat lebih luas dalam meraih pasar.

Membuat website dapat menjadi salah satu langkah dalam strategi pemasaran online Anda. Dengan memanfaatkan jasa pembuatan website atau web developer, bisnis Anda akan semakin profesional dan lebih dipercaya oleh pelanggan maupun calon pelanggan.

Mau punya website tapi malas ribet? IDwebhost punya solusinya untuk Anda. Dapatkan jasa pembuatan website dengan teknologi terbaik dan harga yang masuk akal. Jangan sampai ketinggalan promo menarik lainnya dari IDwebhost.

Web hosting, ya IDwebhost!

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022