Pengertian OwnCloud yang Perlu Anda Ketahui
Blog Tips Keren

Pengertian OwnCloud yang Perlu Anda Ketahui

OwnCloud

OwnCloud merupakan suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu OwnCloud project. Slogan perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data, Your Way!. OwnCloud merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.

OwnCloud menempatkan kontrol kepada pengguna teknologi informasi itu sendiri dan juga menawarkan penyedia layanan, pusat dan bagian transmisi yang berfungsi untuk menyediakan solusi sinkronisasi dan berbagi bagi pengguna. OwnCloud memberikan akses terhadap berkas-berkas secara universal dengan menggunakan antarmuka jaringan atau WebDAV.

Keuntungan Menggunakan OwnCloud

1. Anda dapat mengakses data kapanpun dan dimanapun
2. Kapasitas tidak ada batasnya (tergantung Hosting yang Anda gunakan)
3. Berbagi data dengan mudah dan cepat
4. Sinkronisasi data dengan berbagai media penyimpanan lainnya (misalnya sinkronisasi dengan akun Dropbox, Hardisk, Flashdisk, dll)
5. Perangkat lunak ini bersifat gratis

install OwnCloud

Tips Sebelum Menginstall OwnCloud

Pastikan bahwa di environment server Anda sudah terinstal software-software berikut:
1. Apache HTTP server versi 2 ke atas
2. PHP versi 5.1 ke atas
3. Untuk database dapat menggunakan SQLite, MySQL 5.1 ke atas, atau PostgreSQL 8 ke atas
4. Untuk sistem operasinya sendiri dapat menggunakan GNU Linux, Microsoft Windows, Solaris, MacOSX maupun keluarga BSD (FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, dll) selama terdapat web server HTTP dan PHP serta database engine (SQLite, MySQL, PostgreSQL).

Cara Membuat OwnCloud

– Download Installer OwnCloud di : http://owncloud.org/install. Lalu extract file ZIP tersebut.
– Lakukan installasi XAMPP atau webserver yang lain. Pada tutorial ini kami menyarankan untuk menggunakan XAMPP yang dapat di download melalui : http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html
– Jalankan XAMPP, khususnya Apache dan MySQL.
– Selanjutnya copykan satu folder hasil extract Installer OwnCloud ke Folder : C:\xampp\htdocs
– Buka Web Browser Anda : ip-server\owncloud dan buat sebuah User dengan Privilleges Admin.
– Selanjutnya Anda sudah dapat membuka tampilan akses OwnCloud. Buka menu user untuk melakukan administering OwnCloud lebih lanjut.
– Kemudian Anda dapat membuat user baru dan group baru sesuai yang diinginkan. Anda juga dapat mengatur limit storage per-user.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda ketahui tentang OwnCloud. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kapasitas OwnCloud tergantung dari jenis hosting yang Anda gunakan. Jika Anda sedang mencari hosting yang tepat, Anda bisa memilih Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.