Segala Hal Tentang Live Streaming

16 Apr 2019
Segala Hal Tentang Live Streaming campaign-unlimited

Live Streaming (LS) sudah semakin popular. Berbagai platform sosial media juga mengenali hal itu serta mulai terdapat fitur live streaming. Twitter mempunyai aplikasi streaming sendiri yang dikenal yaitu Periscope. Facebook dan Instagram memperkenalkan fitur live streaming di akhir tahun 2015 dan 2016. Dengan live streaming, Anda dapat berinteraksi dengan audience Anda secara langsung. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang livestreaming, yuk baca lebih lanjut artikel ini!

Apa itu Live Streaming?

Live streaming merupakan konten video yang disiarkan secara langsung melalui internet, dimana Anda tidak perlu lagi melakukan editing dan post production. Anda hanya perlu menyalakan kamera lalu mulai merekam kapanpun Anda mau. Live streaming juga bersifat interaktif sehingga audience dapat langsung meninggalkan komentar serta reaksi selama video Anda berlangsung. Selain itu, followers akun Anda juga akan mendapatkan notifikasi setiap kali Anda melakukan live streaming. Biasanya, video setelah selesai juga akan langsung tersimpan sehingga anda bisa menontonnya kembali. Dengan begitu, teman-teman anda yang ketinggalan video Anda dapat menontonnya juga.

Mengapa Anda Perlu Melakukan Live Streaming?

Live streaming juga merupakan salah satu jenis content marketing dan diperlukan untuk mencapai sebuah goal, contohnya seperti memberi informasi ke audience Anda dalam bentuk webinar atau sesi Q&A. Dengan memanfaatkan live streaming sebagai salah satu strategi digital marketing, dapat membantu anda untuk menjangkau lebih banyak audience serta engagement yang lebih baik dengan follower atau pengikut Anda. Berikut ini tiga alasan mengapa Anda perlu melakukan live streaming.

Untuk memberikan konten yang fresh

Dengan live streaming, Anda dapat memberikan konten yang terbaru dan spontan. Karena konten live streaming tidak dapat diedit, video “raw” atau mentah tersebut juga memberikan kesan baru bagi para audience Anda. Selain itu, dengan live streaming, Anda juga dapat berbagi kabar menarik seperti ada diskon, promosi, atau info produk baru secara langsung. Bagi seorang content creator yang perlu melakukan review, live streaming juga dapat membantu Anda untuk memberikan konten real-time. Misalnya, kalau ada produk terbaru lalu Anda perlu melakukan review, Anda dapat memberi review dengan cepat secara real-time. 

Bagi brands, Anda dapat memakai live streaming untuk berbagi konten yang bersifat “behind-the-scene” atau di balik layar. Dengan cara membagikan kegiatan di balik layar, Anda juga dapat menjadi lebih dekat dengan audience serta customer Anda.

apa itu live streaming
IDwebhost

Membangun brand personality dan engagement

Tidak seperti video biasa yang direkam dan diedit, live streaming dapat menunjukkan bagian yang kurang sempurna. Meskipun kebanyakan orang pasti menginginkan segala sesuatu terlihat sempurna, ketidaksempurnaan ini merupakan salah satu keunggulan LS.

Ketidaksempurnaan menunjukkan bahwa brand tersebut nyata. Audience senang melihat orang-orang terlihat di balik sebuah brand dan bisnis. Berbagai kesalahan yang mungkin terjadi telah menunjukkan sisi manusiawi dari brand tersebut.

Selain itu, dengan live streaming, Anda juga bisa meningkatkan engagement. Dengan LS, Anda mempunyai kemampuan untuk mengadakan sesi Q&A atau sesi tanya jawab secara langsung. Audience Anda tidak perlu lagi menunggu jawabannya karena Anda dapat langsung menjawab melalui video. Keterlibatan audience ini akan meningkatkan retensi audience, dan membuat audience semakin mendukung brand anda. Salah satu kunci kesuksesan LS adalah dengan tidak mengikuti script. Ini dengan tujuan untuk menunjukkan sisi manusia dan personality dari brand Anda.

Membangun brand awareness dan audience Anda

Dengan melakukan live streaming, Anda tidak hanya menarik perhatian followers anda. Tetapi, Anda juga dapat menjangkau audience baru yang mungkin tidak dapat dilakukan dengan cara marketing biasa. Sebuah penelitian dari Magid mengenai customer di Amerika mengatakan bahwa customer yang berusia 8 sampai 64 tahun merasa dengan live video membuat mereka menjadi update. LS juga lebih authentic dibandingkan jenis marketing lainnya.

Live streaming merupakan sesuatu yang dicari orang, khususnya, dibandingkan dengan konten text maupun video on demand (VOD). Penelitian terbaru dari Livestream.com, menemukan bahwa dari orang yang telah diwawancarai, 80% orang lebih suka menonton video secara langsung dari sebuah merek atau brand daripada dengan membaca blog. Penelitian yang sama juga telah menunjukkan bahwa waktu rata-rata yang dihabiskan untuk melihat video langsung di ponsel mencapai 125% lebih banyak daripada VOD dan 1300% lebih banyak di PC.

Mengapa Anda Perlu Melakukan Live Streaming
IDwebhost

Ini menunjukkan bahwa orang-orang senang melihat LS. Audience juga cenderung membagikan konten ke teman mereka. Strategi word-of-mouth ini juga bisa membangun audiens untuk Anda, dan dapat meningkatkan brand awareness dengan cara yang tidak dapat Anda lakukan dengan metode biasa.

Tips dan Trik Live Streaming

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mulai melakukan lives treaming? Di bagian ini, IDwebhost akan membahas bagaimana caranya memulai LS.

Pilih platform yang Anda mau

Jika Anda sudah mau memulai live streaming, Pertama-tama yang harus Anda pikirkan adalah platform apa yang ingin Anda pakai. Seperti yang sudah disebutkan diatas, hampir semua sosial media sudah mendukung fitur Livestreaming. yang paling populer yaitu Instagram Live dan YouTube Live.

  • YouTube Live merupakan salah satu platform live streaming yang paling populer. Dengan YouTube Live, Anda juga dapat mengintegrasikan video Anda ke sosial media lain seperti Facebook. YouTube Live juga menyediakan untuk desktop dan mobile. Kalau Anda ingin memonetisasi Livestreaming Anda, Anda dapat menambahkan ads ke Livestreaming Anda walau tidak kami sarankan karena dapat mengganggu.
  • Instagram Live merupakan platform live streaming yang juga banyak pakai. Dengan dirilisnya fitur Instagram Stories dan IGTV, Instagram telah menunjukkan bahwa mereka ingin menguasai wilayah market video mobile. Dengan fitur tersebut, mereka ingin engagement user mereka di  Instagram meningkat. Jika Anda ingin livestream dengan Instagram, Anda dapat kemudian menyimpan videonya ataupun langsung posting ke IGTV serta Instagram Stories.
  • Facebook Live juga adalah salah satu platform livestreaming yang banyak digunakan. Facebook masih mempunyai tempat khusus di pasar livestreaming. Facebook fleksibel yang memungkinkan user untuk memakai berbagai pilihan kamera dan audio. Selain itu, facebook masih memprioritaskan livestreaming dalam feed Facebook serta semakin fokus pada konten video.

Baca Juga : 3 Tips Strategi Facebook Marketing Untuk Bisnis Anda

Tetap lakukan persiapan

Meskipun spontanitas merupakan salah satu daya tarik livestreaming, tetap ada baiknya jika Anda untuk mempersiapkan 3 hal berikut :

  • Atur jadwal. Jika Anda melakukan livestream lalu hanya ada sedikit orang yang menonton, tetap lanjutkan livestream Anda. Pastikan bahwa Anda memulai livestreaming sesuai jadwal. Jangan kecewakan audiens yang sudah menunggu anda.
  • Siapkan sesi tanya jawab. Selama presentasi formal, ada waktunya sesi tanya jawab di mana audience bisa mengajukan pertanyaan dan pembicara akan menjawabnya. Setiap livestreaming mungkin tidak akan menjadi presentasi formal, namun Anda tetap perlu mengatur waktu untuk sesi menjawab pertanyaan dan sesi dialog dengan audience.
  • Jangan batasi waktu livestreaming Anda. Kalau Anda sudah mendapat banyak pertanyaan menarik dari audience Anda, tidak ada salahnya Anda untuk melanjutkan diskusi. Apalagi jika pertanyaan mereka memberi nilai lebih untuk audience Anda. Anda dapat meningkatkan engagement dengan konten terpopuler yang lebih menarik dan informatif.

Promosikan event live streaming Anda

tips dan trik live streaming
IDwebhost

Sama seperti event pada perusahaan lainnya, jangan lupa untuk mempromosikan event terbaru anda. Anggaplah event live streaming Anda sebagai sebuah konferensi web yang paling bergengsi. Pilihlah topik terhangat yang Anda rasa dapat mengundang banyak orang untuk menontonnya. Undang pembicara expert di topik tersebut dan dapat menarik perhatian audience Anda. Dengan mengundang pembicara yang ahli, Anda dapat memberi nilai lebih untuk mereka yang menonton. Lalu, tidak ada salahnya jika Anda melakukan digital advertising melalui sosial media untuk mencari peserta sebanyak mungkin dengan mempromosikan topik dan siapa saja pembicaranya.

Berikan konten eksklusif untuk para peserta

Salah satu cara mudah untuk mencari peserta live streaming yang paling sering dipakai adalah dengan menawarkan mereka berbagai jenis konten eksklusif. Bisa dalam bentuk :

  • Informasi dari expert yang jarang dibahas untuk publik
  • Resources yang bisa mereka dapatkan jika mereka telah melakukan registrasi
  • Informasi khusus yang hanya bisa didapatkan jika mereka telah melakukan registrasi
  • Diskon khusus untuk pembelian produk tertentu bagi peserta livestreaming

Masih ada banyak hal lain yang dapat Anda tawarkan untuk menarik perhatian banyak orang supaya mau bergabung dan menyaksikan video Anda.

Kesimpulan

Di artikel ini, IDwebhost sudah membahas tentang live streaming dan mengapa Anda perlu melakukan livestream serta tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk memulai live stream. IDwebhost juga menyediakan paket marketing murah loh. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu bisnis anda.