Komunikasi Virtual Adalah: Arti, Kelebihan, Jenis, Serta Contohnya

22 Okt 2023
Komunikasi Virtual Adalah: Arti, Kelebihan, Jenis, Serta Contohnya campaign-unlimited

Kebanyakan dari masyarakat pasti sudah cukup familiar dengan kata ini. Namun, apakah anda sudah paham apa arti virtual itu sendiri? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), virtual adalah tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer, misalnya internet.

Kata virtual sering kali kita temukan dalam istilah sehari-hari, salah satunya komunikasi virtual. Apa sih komunikasi virtual itu? Artikel ini akan membahas pengertian komunikasi virtual, kelebihan komunikasi virtual, jenis-jenis komunikasi virtual, beserta contoh aplikasi komunikasi virtual.

Arti Komunikasi Virtual

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), virtual memiliki tiga arti. Pertama, virtual berarti nyata. Arti virtual yang kedua adalah sangat mirip. Sedangkan, yang ketiga, virtual adalah tampil atau hadir secara nyata dengan menggunakan alat.

Salah satu penerapan virtual bisa ditemukan dalam metode komunikasi. Komunikasi virtual ialah proses berinteraksi atau bekerja sama antar individu, tanpa berada di ruangan yang sama. Dengan kata lain, komunikasi virtual menjadi wadah pertemuan online tanpa bertemu langsung.

Baca Juga: Apa sih, Virtual Account Itu?

Dengan teknologi yang semakin maju saat ini, komunikasi virtual tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi antar individu untuk menanyakan kabar saja. Komunikasi virtual juga bermanfaat pada berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, sampai berbagai bidang pekerjaan pun bisa dilakukan secara virtual.

Kelebihan Komunikasi Virtual

Dengan kemajuan teknologi saat ini, komunikasi virtual menjadi komunikasi yang dianggap praktis dan efisien. Komunikasi virtual adalah metode komunikasi yang memudahkan banyak kegiatan manusia. Berikut kelebihan dari komunikasi virtual:

1. Membuat Komunikasi Menjadi Lebih Mudah

komunikasi virtual adalah

Sebelum adanya komunikasi virtual, komunikasi hanya bisa dilakukan dengan bertatap muka langsung atau melalui surat. Dengan adanya komunikasi virtual, kita dapat berkomunikasi tanpa bertemu langsung.

Hanya dengan mengirimkan pesan melalui handphone, laptop, atau tab yang mudah dibawa kemana-mana tanpa harus menulis surat lalu mengirimkannya. Selama memiliki koneksi jaringan atau internet yang memadai, kita dapat melakukan komunikasi dengan mudah.

2. Komunikasi Menjadi Lebih Cepat

Jika kita mengirim pesan melalui surat, butuh waktu beberapa hari untuk surat itu sampai ke tangan penerima. Dengan komunikasi virtual, mengirimkan pesan melalui chat memungkinkan pesan akan diterima dalam hitungan menit bahkan detik. Penerima pun juga bisa langsung membalas pesan tersebut.

3. Biaya Lebih Murah

Biaya komunikasi virtual bisa dibilang lebih murah daripada bertatap muka langsung ataupun melalui surat menyurat. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk berkomunikasi secara tatap muka. Surat menyurat pun juga mengeluarkan biaya untuk jasa pengiriman, biasanya semakin jauh jarak kirimnya akan semakin mahal biayanya.

Dengan komunikasi virtual, tidak ada lagi biaya akomodasi atau jasa pengiriman yang perlu dikeluarkan. Biaya komunikasi virtual biasanya lebih murah karena hanya memerlukan biaya akses internet.

4. Meningkatkan Hubungan Kerja

Komunikasi virtual memungkinkan perusahaan atau organisasi dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan lancar dan mudah. Komunikasi ini juga bisa dilakukan dari mana saja. Komunikasi virtual juga menjadi aset bisnis yang penting, terutama bagi perusahaan yang memasuki pasar global.

Jenis-Jenis Komunikasi Virtual

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, komunikasi virtual adalah proses komunikasi antar individu tanpa bertatap muka. Dalam penerapannya terdapat beberapa jenis komunikasi virtual, yaitu:

1.  Electronic Mail (Email)

apa itu komunikasi virtual

Electronic mail (email) atau surat elektronik dalam bahasa indonesia, merupakan sarana komunikasi berupa pertukaran pesan surat melalui jaringan internet. Sama hal nya dengan surat yang perlu kita kirimkan ke alamat tujuan penerima, email juga dikirimkan ke alamat email penerima.

2. Pesan Instan (Chat)

Pesan instan atau chat memungkinkan kita untuk melakukan percakapan secara online. Dengan chat, kita bisa mengirim teks dalam waktu yang singkat melalui internet atau jaringan komputer lain yang saling terhubung.

3. Pesan Singkat (SMS)

Short Message Service (SMS) atau dalam bahasa indonesia adalah pesan singkat, merupakan teknologi dimana kita bisa mengirim pesan elektronik. SMS biasanya terdiri dari karakter alfabet dan numerik, antara dua perangkat seluler yang kompatibel.

4. Video Chat

Jika pesan insan (chat) memungkinkan kita berkomunikasi dengan teks, sama hal nya dengan video chat namu dalam bentuk visual. Komunikasi dapat dilakukan secara tatap muka daring dengan menggunakan kamera web (webcam).

5. Voice Over Internet Protocol (VoIP)

Voice Over Internet Protocol (VoIP), sering disebut juga dengan IP telepon, merupakan metode teknologi yang memungkinkan kita untuk melakukan komunikasi suara. Sesi multimedia dari IP telepon ini adalah melalui jaringan IP.

6. Komunikasi Formal

Komunikasi formal adalah jenis komunikasi resmi. Jenis komunikasi ini biasanya berhubungan dengan pekerjaan, rapat, atau siaran pers melalui media untuk menyiarkan berita. Contoh komunikasi formal secara virtual adalah konferensi video, siaran pers, surat perintah, dan rapat online.

7. Komunikasi Non-Formal

Berbanding terbalik dengan komunikasi formal, komunikasi non-formal merupakan jenis komunikasi pribadi antar individu atau kelompok yang memiliki hubungan erat. Komunikasi non formal bersifat tidak resmi namun biasanya sudah terencana dan disiapkan sebelumnya. Komunikasi ini bersifat pribadi contohnya pertemuan keluarga yang diadakan secara online.

8. Komunikasi Informal

Komunikasi informal mirip seperti komunikasi non-formal, bedanya jenis komunikasi ini dilakukan tanpa rencana bahkan secara tidak sengaja dengan topik yang beragam. Jenis komunikasi ini juga bisa terjadi antara individu yang belum saling mengenal. Biasanya dilakukan untuk menjalin hubungan sosial.

9. Komunikasi Kelompok

Sesuai dengan namanya, komunikasi kelompok dilakukan secara berkelompok. Komunikasi kelompok secara virtual bisa dilakukan lebih dari 2 individu, atau bahkan hingga puluhan orang yang bergabung dalam sebuah kelompok.

10. Komunikasi Jaringan Kerja

Komunikasi jaringan kerja virtual adalah jenis komunikasi yang dilakukan berhubungan dengan pekerjaan. Jenis komunikasi jaringan kerja secara virtual biasanya dilakukan antar perusahaan atau antar pegawai. Contoh dari komunikasi ini adalah pemakaian email, skype, WhatsApp untuk berkomunikasi.

Baca Juga: Kumpulan Widget Terbaik Untuk Website WordPress

Contoh Aplikasi Komunikasi Virtual

Dengan kemajuan teknologi saat ini, banyak aplikasi yang menyediakan layanan untuk berkomunikasi secara virtual. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi komunikasi virtual:

1. WhatsApp

whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi yang populer di berbagai negara. Whatsapp bisa digunakan untuk komunikasi secara formal maupun non-formal. Aplikasi ini menyediakan layanan seperti pengiriman pesan, telepon, hingga video call.

2. Skype

Skype merupakan aplikasi buatan Microsoft. Fitur yang sering dipakai oleh pengguna Skype ialah berupa panggilan video. Namun, Skype juga menawarkan layanan komunikasi lain seperti panggilan audio serta chat.

3. Google Meet

Google Meet merupakan platform video konferensi yang menawarkan fitur utama untuk melakukan video conference dengan puluhan orang sekaligus. Google Meet bisa digunakan pada perangkat laptop atau ponsel.

4. Zoom

Sama seperti Google Meet, Zoom merupakan aplikasi yang menawarkan fitur video conference dengan puluhan orang dalam satu waktu. Sejak pandemi Covid-19, Zoom banyak digunakan oleh pegawai hingga siswa untuk mengurangi pertemuan tatap muka. Kini bahkan ada banyak kelas webinar yang bisa diikuti hanya via Zoom.

Kemajuan teknologi membantu mempermudah manusia, salah satunya di bidang komunikasi. Komunikasi virtual adalah salah satu contoh dari kemajuan teknologi tersebut. Dengan komunikasi virtual, kita mampu berkomunikasi dengan lebih mudah dan cepat.

Selain contoh aplikasi virtual yang disebutkan di atas, masih banyak aplikasi komunikasi virtual yang menawarkan berbagai macam fitur untuk digunakan secara gratis. Kita bisa memilih aplikasi komunikasi virtual, sesuai dengan tujuan dan kebutuhan kita sendiri.

Nah, kalau kamu ingin melakukan komunikasi virtual dengan lebih profesional kamu bisa menggunakan domain email bisnismu. Hanya 50 ribuan setiap bulannya, pelajari selengkapnya sekarang yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022