Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya
Blog Tips Keren

Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya

Siapa yang tak pernah mendengar istilah internet saat ini? Hampir semua orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa atau bahkan lansia sekalipun mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut. Pengertian internet itu sendiri mungkin juga sudah bisa Anda mengerti secara sekilas.

Bahkan kini, hampir di semua aspek pekerjaan dalam kehidupan kita sehari-hari sudah bergantung pada internet. Sudah bukan trik rahasia lagi untuk bisa mencari segala solusi dan jawabannya di internet. Ketika Anda akan mencari resep makanan, atau ketika Anda mencari berita, bahkan ketika Anda mau memesan barang atau produk tertentu.

Tak jarang pula, teknologi canggih ini juga dapat memisahkan kita dari orang-orang sekitar kita. Pada restoran-restoran besar misalnya, pelanggan yang datang untuk makan cenderung menanyakan password WiFi restoran ke pramusaji sebelum mereka memesan makanan. Setelah selesai menyantap makanan yang dipesan, lalu satu keluarga yang tadinya makan semeja bersama menjadi sibuk dengan perangkat mobile masing-masing untuk mengakses internet.

Nah, apa sebenarnya apa pengertian internet itu? Bagaimana sejarah perkembangan internet sampai sekarang? dan Seperti apa penerapan teknologi ini di berbagai bidang? Mari kiat baca lebih lanjut penjelasan IDwebhost berikut!

Apa itu Internet?

 

apa itu internet
IDwebhost

 

Internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media lainnya. Standar teknologi pendukung yang digunakan secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat TCP/IP). TCP/IP ini adalah protokol pertukaran paket (Switching Communication Protocol) yang dapat digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, istilah “internetworking” yaitu cara atau proses untuk menghubungkan rangkaian internet serta penerapan aturannya yang telah disebutkan diatas.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

IDwebhost akan memberikan berbagai macam definisi atau pengertian internet menurut para ahli, yang bisa menambah wawasan anda!

Onno W Purbo

Pengertian Internet Menurut Onno W Purbo (dalam Prihatna, 2005) Internet pada dasarnya merupakan suatu media yang digunakan untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang disambungkan melalui berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, dan E-mail.

Oetomo

Pengertian Internet Menurut Oetomo (2002) internet merupakan singkatan dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.

Supriyanto

Pengertian Internet Menurut Supriyanto (2006) Internet merupakan suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan  jaringan di dunia yang mempunyai sistem operasi dan aplikasi yang berbeda-beda, dimana hubungan tersebut dengan memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control atau Internet Protocol).

 

Pengertian Internet Menurut Para Ahli
IDwebhost

Harjono

Pengertian Internet Menurut Harjono (2009) internet merupakan kumpulan dari beberapa komputer, yang bisa mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung serta saling terkoneksi satu dengan lainnya. Supaya komputer bisa saling terkoneksi satu dengan lainnya, maka diperlukan adanya media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang dipakai itu bisa memakai kabel atau serat optik, satelit atau melalui sambungan telepon.

Ramdhani

Pengertian Internet Menurut Ramdhani (2003) internet merupakan suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, organisasi, komersial, sampai perorangan.

Sibero

Pengertian Internet Menurut Sibero (2011) Internet merupakan kependekan dari Inter-connected Network.  Yaitu sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan antar komputer secara global.

Drew Heywood

Pengertian Internet Menurut Heywood (1996) internet merupakan istilah teknologi yang muncul pada akhir tahun 60-an yaitu saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan suatu standar baru untuk melakukan komunikasi Internetworking. Standar baru ini harus merupakan standar yang bisa menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer kontraktor militer, organisasi penelitian atau juga yang ilmiah seperti pada universitas. Jaringan ini harus kuat, aman serta tahan kerusakan sehingga mampu untuk dioperasikan pada kondisi minimum jika terjadi bencana maupun perang.

Sejarah Internet

Di tahun 1960-an, Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency atau ARPA merintis suatu sistem jaringan bernama ARPANET. ARPANET ini merupakan asal mulanya sebelum terbentuknya teknologi internet. Di tahun 1980-an, barulah internet mulai digunakan oleh kalangan terbatas serta menjalankan fungsinya dengan cara menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Amerika Serikat sendiri.

Protokol standar dari TCP atau IP sendiri mulai dipublikasikan di tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai digunakan empat tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1984. Lalu, National Science Foundation Network (NSFNET) berdiri dan mulai dikembangkan pada tahun 1986. NSFNET inilah yang menggantikan tugas dari ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional di banyak negara akhirnya mulai dikembangkan lalu dihubungkan melalui NSFNET tersebut.

 

paguyuban network indonesia
IDwebhost

 

Kemudian ARPANET diturunkan pada tahun 1990. Namun memang internet hasil pengembangan ARPANET tetap berkembang sampai sekarang ini. Dahulu, informasi yang bisa dimiliki lewat internet hanya informasi yang berbasis teks. Lalu pada tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yaitu WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan oleh CERN. Pada tahun 1993, InterNIC pun didirikan supaya bisa melayani pendaftaran nama domain dari publik. Sekitar pada tahun 1994, internet mulai masuk ke negara kita, Indonesia.

Ketahui juga dampak positif dan negatif dari penggunaan internet dengan membaca artikel berikut ini :

Dampak Positif dan Negatif dari Penggunaan Internet

Paguyuban Network

Pada awal masuk, jaringan internet di Indonesia lebih dikenali dengan nama Paguyuban Network. Paguyuban Network ini serupa dengan namanya dimana semangat kekeluargaan dan kerjasama terjadi begitu kental diantara para anggota pengembang teknologinya.

Hal ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan suasana pengembangan Internet di Indonesia sekarang ini yang tentunya lebih mengarah ke tujuan komersial. Tetapi tentunya tidak hanya sisi negatif yang dirasakan, pertumbuhan e-commerce serta perusahaan komersial lainnya menjadi meningkat drastis dan turut andil membangun ekonomi bangsa.

Kala itu RMS Ibrahim, Adisoemarta, Firman Siregar, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Adi Idrayanto, dan Onno Purbo adalah deretan nama-nama tokoh pengembang legendaris yang sudah tercatat di sejarah awal mula internet di Indonesia, tepatnya sekitar tahun 1992 sampai tahun 1994. Setiap pengembang sudah berkontribusi serta mendedikasikan keahliannya dalam membangun sejarah IT di Indonesia.

Pada saat ini pun sudah ada banyak temuan serta kreasi Internet of Things atau IoT. IoT adalah pengabungan antara hardware dengan software yang dikendalikan dengan internet. Misalnya penerapan pada pemberian makanan otomatis pada ikan di akuarium dengan memanfaatkan hardware tertentu dan dapat dikendalikan jarak jauh melalui internet.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah artikel diatas sudah dapat membantu Anda dalam memahami sejarah internet? Silakan anda tinggalkan komentar dan jangan lupa untuk subscribe email Anda supaya mendapatkan artikel menarik lainnya mengenai pengembangan bisnis dan website di era digital sekarang ini. IDwebhost sebagai provider web hosting Indonesia yang berkualitas dan berkomitmen untuk membantu kesuksesan bisnis online Anda!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.