Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya

9 Mei 2019
Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya campaign-unlimited

Siapa yang tak pernah mendengar istilah internet saat ini? Hampir semua orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa atau bahkan lansia sekalipun mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut. Pengertian internet itu sendiri mungkin juga sudah bisa Anda mengerti secara sekilas.

Bahkan kini, hampir di semua aspek pekerjaan dalam kehidupan kita sehari-hari sudah bergantung pada internet. Sudah bukan trik rahasia lagi untuk bisa mencari segala solusi dan jawabannya di internet. Ketika Anda akan mencari resep makanan, atau ketika Anda mencari berita, bahkan ketika Anda mau memesan barang atau produk tertentu.

Tak jarang pula, teknologi canggih ini juga dapat memisahkan kita dari orang-orang sekitar kita. Pada restoran-restoran besar misalnya, pelanggan yang datang untuk makan cenderung menanyakan password WiFi restoran ke pramusaji sebelum mereka memesan makanan. Setelah selesai menyantap makanan yang dipesan, lalu satu keluarga yang tadinya makan semeja bersama menjadi sibuk dengan perangkat mobile masing-masing untuk mengakses internet.

Nah, apa sebenarnya apa pengertian internet itu? Bagaimana sejarah perkembangan internet sampai sekarang? dan Seperti apa penerapan teknologi ini di berbagai bidang? Mari kiat baca lebih lanjut penjelasan IDwebhost berikut!

Apa itu Internet?

Apa itu Internet

Sebagian besar dari kita tentu memiliki definisi dari kata ‘internet’ karena  memang keberadaan internet sendiri sudah sangat dekat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas atau kehidupan manusia. Maka, ketika ada kata ‘internet’ orang akan dengan sangat beragam mengartikan kata ini, tentu saja berdasarkan pengalaman atau pemahaman mereka masing-masing.

Paling mudah,  ketika hari ini  kita bertanya apa arti internet kepada seseorang, mungkin mereka akan menjawab; paket data, wifi, google, website, sosial media, facebook, smartphone, komputer, dan berbagai hal lain. Namun  apa sih sebenarnya arti dari pada internet itu? Apakah semudah pengertian yang selama ini kita bayangkan? Atau  internet memiliki pemaknaan tersendiri? Mari kita cari tahu bersama apa itu internet.

Pengertian Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya. Standar teknologi pendukung yang digunakan secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat TCP/IP). TCP/IP ini adalah protokol pertukaran paket (Switching Communication Protocol) yang dapat digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, istilah “internetworking” yaitu cara atau proses untuk menghubungkan rangkaian internet serta penerapan aturannya yang telah disebutkan di atas.

Bisa kita simpulkan bahwa internet adalah suatu jaringan komunikasi yang saling terhubung / menghubungkan satu media elektronik dengan media elektronik yang lainnya melalui rangkaian protokol pertukaran paket yang saling terhubung di dunia ini. Maka, kita dapat saling berbagi informasi dari mana pun dan kapan pun, dengan memanfaatkan jaringan yang ada.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Di atas kita telah membahas bagaimana pengertian internet secara umum. Nah, bagaimana menurut para ahli mengenai pengertian internet? Tim IDwebhost akan memberikan berbagai macam definisi atau pengertian internet menurut para ahli, yang bisa menambah wawasan Anda, sebagai berikut:

Onno W Purbo

Pengertian Internet Menurut Onno W Purbo (dalam Prihatna, 2005) Internet pada dasarnya merupakan suatu media yang digunakan untuk mengefisiensikan proses komunikasi yang disambungkan melalui berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, dan E-mail.

Oetomo

Pengertian Internet Menurut Oetomo (2002) internet merupakan singkatan dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, di mana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.

Supriyanto

Pengertian Internet Menurut Supriyanto (2006) Internet merupakan suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan  jaringan di dunia yang mempunyai sistem operasi dan aplikasi yang berbeda-beda, di mana hubungan tersebut dengan memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control atau Internet Protocol).

Harjono

Pengertian Internet Menurut Harjono (2009) internet merupakan kumpulan dari beberapa komputer, yang bisa mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung serta saling terkoneksi satu dengan lainnya. Supaya komputer bisa saling terkoneksi satu dengan lainnya, maka diperlukan adanya media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang dipakai itu bisa memakai kabel atau serat optik, satelit atau melalui sambungan telepon.

Ramdhani

Pengertian Internet Menurut Ramdhani (2003) internet merupakan suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, organisasi, komersial, sampai perorangan.

Sibero

Pengertian Internet Menurut Sibero (2011) Internet merupakan kependekan dari Inter-connected Network.  Yaitu sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan antar komputer secara global.

Sejarah Internet

Sejarah ARPANET

Segala sesuatu memiliki awal mulanya, jadi seperti apa sih perkembangan dan titik awal kemunculan internet di dunia ini? Kita perlu untuk merunut ke tahun-tahun awal kemunculan internet di dunia, di tahun 1960-an, Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency atau ARPA merintis suatu sistem jaringan bernama ARPANET. Berbagai sumber menyebut ini adalah awal mula kemunculan internet atau teknologi berbasis internet yang ada dan kita gunakan sampai saat ini.

ARPANET ini merupakan asal mulanya sebelum terbentuknya teknologi internet. Di tahun 1980-an, barulah internet mulai digunakan oleh kalangan terbatas serta menjalankan fungsinya dengan cara menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Amerika Serikat sendiri.

Protokol standar dari TCP atau IP sendiri mulai dipublikasikan di tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai digunakan empat tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1984. Lalu, National Science Foundation Network (NSFNET) berdiri dan mulai dikembangkan pada tahun 1986. NSFNET inilah yang menggantikan tugas dari ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional di banyak negara akhirnya mulai dikembangkan lalu dihubungkan melalui NSFNET tersebut.

Kemudian ARPANET diturunkan pada tahun 1990. Namun memang internet hasil pengembangan ARPANET tetap berkembang sampai sekarang ini. Dahulu, informasi yang bisa dimiliki lewat internet hanya informasi yang berbasis teks. Lalu pada tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yaitu WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan oleh CERN. Pada tahun 1993, InterNIC pun didirikan supaya bisa melayani pendaftaran nama domain dari publik. Sekitar pada tahun 1994, internet mulai masuk ke negara kita, Indonesia.

Paguyuban Network

Bagaimana sejarah awal masuknya internet ke Indonesia? Pada awal masuk, jaringan internet di Indonesia lebih dikenali dengan nama Paguyuban Network. Paguyuban Network ini serupa dengan namanya di mana semangat kekeluargaan dan kerja sama terjadi begitu kental di antara para anggota pengembang teknologinya.

Hal ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan suasana pengembangan Internet di Indonesia sekarang ini yang tentunya lebih mengarah ke tujuan komersial. Tetapi tentunya tidak hanya sisi negatif yang dirasakan, pertumbuhan e-commerce serta perusahaan komersial lainnya menjadi meningkat drastis dan turut andil membangun ekonomi bangsa.

Kala itu RMS Ibrahim, Adisoemarta, Firman Siregar, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Adi Idrayanto, dan Onno Purbo adalah deretan nama-nama tokoh pengembang legendaris yang sudah tercatat di sejarah awal mula internet di Indonesia, tepatnya sekitar tahun 1992 sampai tahun 1994. Setiap pengembang sudah berkontribusi serta mendedikasikan keahliannya dalam membangun sejarah IT di Indonesia.

Pada saat ini pun sudah ada banyak temuan serta kreasi Internet of Things atau IoT. IoT adalah penggabungan antara hardware dengan software yang dikendalikan dengan internet. Misalnya penerapan pada pemberian makanan otomatis pada ikan di akuarium dengan memanfaatkan hardware tertentu dan dapat dikendalikan jarak jauh melalui internet.

Kesimpulan Pengertian Internet

Produk IDwebhost Pendukung Jaringan Internet

Saat ini internet menjadi pemicu era yang kita kenal dengan revolusi industri 4.0 atau era digital. Manusia telah memanfaatkan internet untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pengembangan diri, mendukung kegiatan usaha, mendukung kegiatan kerja, dan mendukung kegiatan belajar, serta berbagai kegiatan atau aktivitas manusia.

Bagi Anda, pelaku usaha tentu sangat membutuhkan yang namanya internet. Dengan memanfaatkan internet untuk bisnis Anda, maka Anda dapat menjangkau pasar baru, pasar internet atau dunia maya. Saat ini orang mencari informasi suatu produk atau jasa melalui internet, maka bisnis hadir dalam internet adalah satu keharusan. Bagaimana caranya? Dengan membuat website bisnis, atau website toko online.

Untuk mendukung itu, Anda bisa menggunakan jasa pembuat website profesional. Untuk membangun sebuah website, Anda bisa memanfaatkan penyedia jasa layanan hosting murah, Anda juga perlu untuk memikirkan nama domain website bisnis Anda, dengan mengamankan brand Anda terlebih dahulu, caranya membeli domain murah yang ada di IDwbhots.

Demikian pembahasan kali ini mengenai pengertian internet, sejarah dan perkembangannya. Semoga hal ini membantu Anda dalam memahami sejarah internet. Silakan Anda tinggalkan komentar dan jangan lupa untuk subscribe email Anda supaya mendapatkan artikel menarik lainnya mengenai pengembangan bisnis dan website di era digital sekarang ini. IDwebhost sebagai provider web hosting Indonesia yang berkualitas dan berkomitmen untuk membantu kesuksesan bisnis online Anda!