Hyperlink Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Buatnya

1 Agu 2023
Hyperlink Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Buatnya campaign-unlimited

Jika sering membaca artikel pada website kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan hyperlink. Untuk memperjelas konteks pembahasan, kamu akan disediakan sebuah link menuju halaman atau artikel lainnya. Hyperlink adalah sebutan untuk fitur yang menyediakan akses link tersebut.

Bukan hanya pada artikel di website saja, hyperlink juga banyak digunakan pada dokumen presentasi, file gambar, dan sebagainya. Dalam dunia SEO, hyperlink bahkan termasuk dalam salah satu aspek yang tidak bisa ditinggalkan, lho.

Nah, jadi ingin tahu lebih lengkap tentang hyperlink, kan? Mari simak ulasan berikut dan ketahui cara membuatnya!

Hyperlink adalah sebuah metode untuk menghubungkan satu bagian ke bagian lainnya yang terdapat dalam sebuah dokumen, artikel, program, atau halaman website. Dalam praktiknya, hyperlink dapat ditampilkan dalam bentuk teks maupun gambar.

Objek hyperlink berupa teks pada sebuah website juga sering disebut dengan anchor text. Potongan teks atau gambar hyperlink akan mengarahkan pembaca menuju sebuah halaman atau bagian lain melalui link yang sudah ditentukan.

Fungsi dari hyperlink tidak lain guna memudahkan pembaca untuk membuka artikel dengan topik terkait, file tertentu, atau dokumen lain. Pada dokumen Power Point biasanya hyperlink digunakan untuk menghubungkan beberapa file atau bagian yang berbeda.

Dalam penggunaannya, hyperlink terbagi atas beberapa jenis. Adapun beberapa jenis hyperlink adalah sebagai berikut ini:

1. Absolute Address

Ini merupakan jenis hyperlink yang biasanya digunakan di internet. Hyperlink absolute address menuliskan alamat dokumen disertai dengan penulisan alamat situs. Jenis hyperlink ini harus dituliskan dengan adanya dukungan jaringan internet.

Absolute address memiliki unsur nama file, lokasi jaringan, path, dan protokol. Kamu bisa menggunakan jenis hyperlink ini pada situs web untuk menuju halaman website lainnya.

hyperlink adalah

Jenis hyperlink ini semakin banyak digunakan seiring dengan semakin tingginya kesadaran akan SEO Google. Link to section menyediakan tautan yang akan membawamu untuk mengunjungi bagian spesifik dari sebuah halaman.

Misalnya dalam sebuah artikel penulis menuliskan informasi dengan tautan menuju sumber referensinya. Saat hyperlink jenis link to section ini diklik, kamu akan dibawa ke halaman yang dirujuk dan langsung ke bagian atau kalimat yang dimaksud oleh penulis tadi.

Berikutnya adalah internal hyperlink. Ini merupakan fitur yang banyak digunakan pada artikel online. Internal hyperlink adalah tautan yang merujuk ke halaman berbeda namun masih dalam domain yang sama. Tujuan digunakannya ialah untuk memberikan referensi pembahasan yang masih terkait dengan halaman lainnya.

Selain itu juga untuk membuat pengunjung website tinggal lebih lama. Dengan adanya internal link, pengunjung bisa membaca artikel terkait lainnya dan menghabiskan waktu lebih lama di website. Alhasil, kamu dapat meningkatkan peringkat di SERP dan dinilai sebagai website yang bermanfaat oleh Google.

Kebalikan dari internal hyperlink, external hyperlink justru mengarahkan pengunjung website untuk mengunjungi halaman yang terdapat di website lainnya. Biasanya jenis hyperlink ini digunakan untuk merujuk informasi pelengkap yang terdapat di sumber lain.

Pemakaian hyperlink ini juga memberikan dampak positif pada peringkat website di SERP. Dengan mencantumkan external link menuju website yang berkualitas maka websitemu dinilai sebagai website yang kredibel.

5. Relative Address

Relative address hyperlink tidak jauh berbeda dengan absolute hyperlink. Selain mencantumkan alamat dokumen, relative address juga mencantumkan alamat situs. Akan tetapi, jenis ini tidak menampilkan lokasi jaringan dan protokol.

hyperlink adalah

Backlink juga biasa disebut dengan outbond hyperlink. Jenis hyperlink ini pada dasarnya sama dengan external link, yakni mencantumkan tautan ke halaman di website lain. Akan tetapi, backlink dan external link memiliki fungsi yang berbeda.

External link digunakan untuk menyampaikan sumber pelengkap informasi. Sementara outbond link biasanya digunakan untuk mereferensikan sebuah website dengan tujuan untuk memberikan keuntungan berupa backlink. Website dengan backlink dinilai kredibel dan bermanfaat sehingga bisa mendapatkan peringkat tinggi di SERP.

Oleh sebab itu, banyak pengelola website melakukan link building. Ini adalah upaya untuk mendapatkan backlink dari website lain. Dengan begitu, website kamu bisa lebih mudah dicari dan dikenali oleh mesin pencarian.

Hyperlink adalah tautan dalam konten yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memberikan pelengkap informasi, sumber dengan pembahasan terkait, dan untuk meningkatkan kredibilitas website. Lalu, kira-kira bagaimana cara membuatnya? Mari ikuti pembahasan di bawah ini!

Membuat hyperlink PPT dapat memudahkanmu untuk menghubungkan dokumen presentasi dengan file lainnya. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, buka file Power Point yang akan diberikan hyperlink.
  • Kemudian, pilihlah slide di mana hyperlink ingin diletakkan.
  • Lalu, klik menu Insert pada bagian bar dan pilih menu Shapes.
  • Pilihlah bentuk sesuai dengan selera. Shape ini nantinya akan digunakan sebagai tombol instruksi menuju ke file lain yang dirujuk.
  • Selanjutnya, klik bentuk yang sudah dipilih dan masuk ke menu Insert kembali.
  • Berikutnya, klik menu Hyperlink.
  • Pada jendela berikutnya, kamu akan diminta untuk memilih menu Existing File or Web Page. Pilihlah yang sesuai dan masukkan tautan yang sudah disiapkan.
  • Selesai, kamu dapat klik shape saat presentasi untuk menuju ke file atau halaman web yang dirujuk.

Cara membuat hyperlink Excel juga tidak kalah mudahnya dari cara di atas. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka file Excel yang ingin diberikan hyperlink.
  • Lalu, temukan dan klik cell yang ingin dihubungkan.
  • Selanjutnya, pilih menu Insert di tab atas dan klik opsi Insert Link. Untuk cara singkatnya, kamu bisa menggunakan shortcut CTRL + K.
  • Atur Text to Display sesuai dengan yang diinginkan pada jendela baru yang muncul. Pastikan bagian ini sudah sesuai dengan cell yang dipilih sebelumnya.
  • Kemudian, pilih opsi Existing File or Web Page.
  • Masukkan tautan pada kolom yang tersedia atau klik tombol Browse untuk memilih file dari perangkat.
  • Setelah memasukkan tautan atau mendapatkan file yang ingin ditautkan, klik OK.
  • Selesai, cell yang dipilih akan menampilkan teks dengan tautan ke situs atau file yang dirujuk.

Kedua cara di atas menjelaskan bagaimana membuat hyperlink dalam dokumen. Lalu bagaimana jika di website? Beberapa dari kamu mungkin sudah tahu cara buat hyperlink di WordPress. Hanya dengan blok teks di halaman dashboard dan klik ikon rantai saja, kamu sudah bisa menyematkan tautan.

Namun, untuk membuat hyperlink website di luar artikel, caranya tidaklah sama. Kamu bisa menggunakan HTML dan mengikuti langkah-langkahnya berikut:

  • Pertama, bukalah aplikasi text editor. Kamu bisa menggunakan notepad bawaan Windows atau aplikasi lainnya jika ada.
  • Lalu masukkan kode sebagai berikut:

<html>

<head>

<title>HTML, CSS and JavaScript demo</title>

</head>

<body>

<p>

Temukan paket hosting paling murah hanya di <a href=”https://www.idwebhost.com/”title=”IDwebhost”>IDwebhost</a>

</p>

</body>

</html>

  • Bagian dicetak tebal adalah URL link sementara bagian yang dicetak miring adalah anchor text. Kamu bisa mengubah kedua bagian tersebut sesuai dengan keperluan hyperlink websitemu.
  • Selanjutnya simpan kode tersebut dengan format .html.

Hyperlink adalah tautan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah halaman ke halaman atau file dokumen lainnya. Dengan hyperlink kamu dapat mempermudah navigasi pengunjung menuju sumber terpercaya atau informasi terkait pelengkap topik pembahasanmu.

Kamu bisa memanfaatkan hyperlink untuk meningkatkan performa website. Dengan performa website yang baik, kamu bisa menempati peringkat teratas dalam SERP dan mendapatkan kepercayaan sebagai website kredibel.

Namun, pastikan juga untuk mengimbangi penggunaan hyperlink dengan kemampuan server yang cepat. Website bebas hambatan bisa menambah pengalaman menyenangkan bagi pengunjung, lho! Mari temukan layanan hosting terbaik untukmu dari IDwebhost.

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022