Hardware Adalah: Begini Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

9 Mei 2023
Hardware Adalah: Begini Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya campaign-unlimited

Perangkat komputer terdiri atas beberapa komponen utama. Keempat komponen tersebut antara lain adalah software, hardware, brainware, dan data. Hardware adalah salah satu komponen yang bisa dilihat dan disentuh secara langsung sebab memiliki bentuk yang solid.

Karakteristik tersebut membedakan hardware dengan komponen utama perangkat komputer lainnya. Namun, di luar karakteristiknya tersebut tahukah kamu apa saja fungsi dan cara kerja hardware pada perangkat komputer?

Dalam pembahasan kali ini, kami akan membantumu mengetahui pengertian hardware dan kegunaannya. Yuk ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Hardware Adalah

Hardware dapat didefinisikan sebagai semua komponen fisik pada perangkat komputer, yang dapat dilihat dan dirasakan. Komponen ini memiliki tugas yang berbeda-beda dengan tujuan untuk membantu kerja dari perangkat komputer.

Setiap hardware memiliki papan sirkuit atau PCB. Papan sirkuit ini terbuat dari material plastik atau fiberglass dan digunakan untuk menyimpan Integrated Circuit (IC). Sirkuit inilah yang menentukan fungsi dan tugas dari perangkat keras.

Contohnya seperti  saat kamu membaca artikel ini sekarang melalui monitormu. Begitu juga dengan pemakaian pemakaian mouse, motherboard, dan komponen lain pada komputer. Komponen-komponen hardware tersebut dapat bekerja sesuai dengan tugasnya sebab telah terintegrasi dengan PCB yang terpasang di dalamnya.

Apa Kegunaan Hardware?

hardware adalah

Hardware memiliki beberapa fungsi utama dalam melakukan tugasnya untuk membantu komputer bekerja. Adapun beberapa fungsi hardware adalah sebagai berikut ini:

1. Menerima Input

Hardware adalah perangkat keras yang bertugas untuk menerima input. Saat user memberikan perintah atau melakukan aksi tertentu pada komputer, hardware bertugas untuk menerimanya. Sebagai contoh seperti saat kamu menggunakan keyboard untuk mengetik tulisan atau menekan kursor untuk melakukan akses tertentu.

2. Menghasilkan Output

Selain menerima input, hardware juga menghasilkan output. Input yang sudah diterima oleh hardware diproses dan diserahkan kembali sebagai output. Penyerahan output ini bisa diberikan ke user maupun software dalam komputer untuk melakukan aksi sesuai dengan instruksi pada input.

3. Memproses Informasi dan Data pada Perangkat

Di antara penerimaan input dan pemberian output, ada sebuah proses pengelolaan informasi dan data yang dilakukan oleh komputer. Proses ini dikerjakan komponen hardware. Perangkat keras pada komputer bekerja untuk mengolah data agar dapat dibaca sistem sehingga bisa ditampilkan di layar komputer.

4. Menyimpan Informasi dan Data Perangkat

Hardware juga berfungsi sebagai lokasi penyimpanan data dan informasi perangkat komputer. Komponen penyimpan data yang dimaksud antara lain seperti RAM dan SD Card.

Ciri-ciri Hardware

Hardware memiliki karakteristik yang membuatnya mudah untuk dikenali. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri hardware yang dapat membantumu untuk mengenali komponen ini lebih mudah.

  • Mempunyai bentuk solid. Tidak perlu khawatir akan kesulitan membedakan mana yang software dan mana yang hardware. Komponen hardware mempunyai bentuk solid sementara software tidak mempunyai bentuk fisik.
  • Ada di bagian luar perangkat komputer. Walaupun tidak seluruhnya, namun kebanyakan komponen hardware berada di luar komputer. Contohnya seperti komponen CPU, mouse, RAM, dan sebagainya.
  • Menghubungkan user dengan software. Berikutnya, hardware adalah penghubung antara user dengan perangkat lunak. Jadi, perangkat yang kamu berikan input untuk sebelumnya diproses pada software disebut sebagai hardware.

Jenis-jenis Hardware

hardware adalah

Beralih dari pembahasan tentang ciri hardware, berikutnya kita akan mempelajari tentang jenis-jenis hardware. Perangkat keras pada komputer terbagi atas beberapa jenis menurut fungsinya. Adapun beberapa jenis hardware adalah sebagai berikut;

1. Hardware Input

Seperti namanya, jenis hardware ini bertugas untuk menerima input dari user. Hardware input menerima dan memasukkan data yang diberikan oleh user, baik dalam bentuk teks, gambar, audio, atau lainnya ke komputer.

Salah satu contoh hardware input adalah mouse. Kamu pasti sudah tidak asing dengan perangkat ini, bukan? Mouse digunakan untuk menggerakkan kursor dan menjalankan perintah. Perangkat keras ini termasuk dalam hardware input sebab bertugas untuk menerima instruksi dari user.

2. Hardware Output

Kebalikan dari hardware input, jenis hardware ini bertugas untuk menampilkan hasil dari instruksi yang sudah diproses oleh hardware. Output merupakan hasil olahan data yang sudah diproses agar dapat ditampilkan dan dipahami oleh user. Perangkat untuk menampilkan output tersebutlah yang disebut dengan hardware output.

Contoh hardware output antara lain adalah speaker dan printer. Speaker adalah contoh hardware yang menampilkan output berupa audio. Untuk menampilkan output, speaker mengubah gelombang listrik menjadi gelombang audio. Sementara itu, printer mencetak input berupa tulisan atau gambar ke dalam kertas sebagai output.

3. Hardware Pemrosesan

Hardware adalah perangkat keras yang bertugas untuk memproses informasi dan data dalam komputer. Tugas ini dilakukan oleh jenis hardware pemrosesan, selaku “otak” dari sebuah komputer. Pemrosesan dilakukan untuk mengolah input menjadi output yang sesuai dengan instruksi dari user.

Contoh jenis hardware ini adalah CPU. Komponen CPU bertugas untuk mengontrol semua proses dalam komputer. Hal ini termasuk dengan instruksi, pengelolaan informasi dan data, serta pemberian hasil output.

4. Hardware Penyimpanan

Terakhir, jenis hardware ini bertugas untuk melakukan pekerjaan penyimpanan informasi dan data dalam komputer. Informasi dan data-data yang dimasukkan oleh user bisa diakses kembali di lain wkatu berkat adanya penyimpanan yang dari hardware.

Contoh jenis ini adalah flash disk dan harddisk. Kamu bisa menyimpan berbagai jenis data yang kamu masukkan ke komputer pada penyimpanan flash disk maupun hard disk. Kedua perangkat ini tersedia untuk dipasang di luar komputer dan bahkan bisa memindahkan data ke komputer lainnya.

Cara Kerja Hardware

hardware adalah

Terakhir, kamu akan mempelajari bagaimana cara hardware bekerja. Pada dasarnya, hardware bekerja berdasarkan instruksi yang diberikan oleh user atau software. Adanya perintah, membuat hardware melakukan berbagai kegiatan mulai dari menerima input, pemrosesan, penyimpanan, hingga pemberian output.

Ada tiga instruksi dasar yang cukup umum diberikan untuk membuat hardware bekerja. Ketiga instruksi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Input instruction set. Ini merupakan instruksi untuk memberikan informasi atau data pada software dengan perantara driver. Misalnya seperti saat user menggunakan keyboard untuk menulis atau mouse untuk menekan tombol aksi tertentu.
  • Proccess instruction set. Berikutnya adalah instruksi untuk melakukan pemrosesan data yang diinput untuk ditampilkan sebagai sebuah output. Proses ini terjadi di dalam sistem komputer dan biasanya hanya dikerjakan oleh suatu hardware saja.
  • Output Instruction set. Terakhir, instruksi ini memberikan perintah untuk menggunakan hardware tertentu dari user. Misalnya seperti saat user menyalakan monitor untuk menampilkan data yang sudah diinputnya.

Sekarang kamu sudah tahu lebih banyak tentang hardware, kan? Hardware adalah komponen utama dalam komputer yang bisa mudah dikenali dari cirinya berupa memiliki bentuk fisik. Pekerjaan hardware mencakup penerimaan input, pemrosesan data dan informasi, penyimpanan, dan penampilan output ke user.

Jika kamu menyukai artikel seputar teknologi seperti ini, kamu bisa mengunjungi blog IDwebhost. Kami menyediakan berbagai artikel informatif dan update  terkini soal perkembangan IT. Bukan hanya itu saja, IDwebhost juga siap menjadi partner layanan hosting websitemu! Temukan paket layanan pilihanmu sekarang, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022