Domain XYZ Adalah: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, dan Contohnya

12 Mar 2023
Domain XYZ Adalah: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, dan Contohnya campaign-unlimited

Menggunakan domain unik bisa membuat situsmu mudah diingat oleh pengunjung. Salah satu ekstensi kelas gTLD yang bisa membuat nama domain tampil beda adalah domain XYZ. Dibandingkan dengan .COM yang sudah cukup menjamur, domain XYZ adalah ekstensi maish baru dan memiliki jumlah pengguna yang masih sedikit.

Kehadiran domain XYZ yang belum lama menjadi alasan mengapa penggunanya masih terbatas. Meskipun terdengar sedikit asing, ekstensi unik ini justru bisa membukakan peluang untuk situsmu. Untuk mengatahui apakah ekstensi domain XYZ cocok untuk situsmu, sebaiknya ketahui apa saja kelbihannya dari ulasan ini terlebih dahulu.

Apa Itu Domain XYZ?

Domain XYZ adalah ekstensi domain yang baru diluncurkan oleh Daniel Negari pada tahun 2014. Ekstensi ini disebut-sebut sebagai pengganti domain .COM di masa mendatang. Kok bisa? Hal ini berkaitan dengan anggapan tentang domain .COM yang sudah ada sejak pertama kali kemunculan internet.

Ekstensi domain .COM dinilai sudah terlalu lawas dan terlanjur diasosiasikan dengan generasi zaman dulu. Namanya yang terdiri atas 3 susunan huruf bahkan merepresentasikan wajah dari tiga generasi, yakni generasi X, Y, dan Z. Daniel Negari sengaja membuat nama ini memiliki ciri khas yang unik.

Ia bahkan berpendapat bahwa generasi saat ini sudah semestinya untuk menciptakan nama domain yang pendek dan unik. Dengan demikian siapa saja dapat mengelola sebuah website tanpa tergantung pada ekstensi .COM yang memiliki harga cenderung lebih mahal dan sudah terlalu pasaran.

Kelebihan dan Kekurangan Domain XYZ

domain xyz adalah

Jika dibandingkan dengan domain .COM yang sudah banyak ditemui pada berbagai jenis website, ekstensi domain XYZ tentu masih terasa cukup asing. Untuk menilainya secara objektif, kamu dapat mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Adapun kelebihan dari domain XYZ adalah sebagai berikut:

Kelebihan Domain XYZ

Memang kenapa harus pilih domain XYZ? Jika pertanyaan demikian muncul dalam benakmu, sebaiknya kamu mengetahui keunggulan yang ditawarkan oleh ekstensi domain satu ini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Ketersediaan Nama Domain Premium

Kelebihan domain XYZ yang pertama adalah menyediakan nama domain premium. Seperti yang diketahui, ekstensi TLD lain seperti .COM atau .NET sudah memiliki miliaran pengguna di seluruh dunia. Untuk membuat domain dengan ekstensi ini, kamu harus benar-benar berpikir kreatif untuk menciptakan nama yang unik.

Nama-nama premium yang singkat, jelas, dan mewakili nama sebuah brand umumnya sudah tidak tersedia atau sudah dipakai. Berbeda dengan domain XYZ. Pengguna ekstensi domain ini diperkirakan baru mencapai jumlah jutaan orang. Ini artinya, kamu berpeluang untuk menggunakan domain premium jika memilih ekstensi XYZ.

2. Ekstensi Domain yang SEO-Friendly

Domain XYZ adalah ekstensi yang sudah terindeks oleh Google. Semula, diketahui pada tahun 2018 ekstensi domain XYZ masih belum terindeks oleh mesin pencarian Google. Pengunjung website dengan domain ini harus masuk ke halaman Google Search terlebih dahulu alih-alih langsung mengakses situs berdomain XYZ melalui nama domainnya.

Dalam perkembangannya kini domain XYZ telah mendapatkan perlakuan sama dengan domain lain oleh Google. Kamu dapat mengembangkan potensi situsmu dengan menggunakan strategi SEO. Tidak perlu khawatir, situs berdomain XYZ dapat bersaing secara adil dengan berbagai situs domain populer lainnya.

3. Fleksibel tapi Kekinian

Nama domain XYZ mewakili tiga generasi, X, Y, dan Z. Generasi X merupakan kelahiran tahun (1961 sampai 1980), generasi Y kelahiran dari 1981 sampai 1995, dan generasi Z kelahiran dari tahun 1996 sampai 2010.

Meskipun menunjuk generasi yang spesifik, domain XYZ justru secara tidak langsung menyatukan ketiga generasi ini. Siapapun dari ketiga generasi ini dapat menggunakan domain XYZ. Bukan hanya itu saja, citranya yang membawa kesan baru juga membuat ekstensi domain ini dapat digunakan oleh generasi lainnya.

4. Mudah Diingat

Akhiran nama domain XYZ dapat membuat nama situsmu tampil unik. Nama domain dengan ekstensi XYZ membuat pengunjung kesulitan untuk melupakan situsmu. Terlebih lagi jika kamu menggunakan nama domain yang juga singkat dan unik, pengunjung pasti menjadi lebih familiar dengan situsmu.

5. Dapat Menyesuaikan Niche Spesifik Website

Beberapa ekstensi domain terikat oleh entitas atau citra tertentu. Misalnya saja seperti domain ORG yang digunakan untuk merepresentasikan situs resmi sebuah organisasi atau lembaga non-profit. Contoh lainnya juga ada domain .EDU yang merepresentasikan situs berbasis edukasi atau pendidikan.

Lalu, bagaimana dengan ekstensi ini? Domain XYZ untuk apa? Ketahuilah bahwa domain XYZ tidak terikat dengan entitas spesifik. Apapun niche website yang kamu gunakan, kamu dapat menggunakannya dengan leluasa. Domain XYZ adalah ekstensi yang cocok untuk digunakan pada nama domain dan niche website apapun.

Kekurangan Domain XYZ

Registrar domain xyz

Untuk menilainya dengan adil, kamu perlu mengetahui juga hal apa yang menjadi kekurangan dari domain XYZ. Walaupun tidak banyak, sebaiknya tetap pertimbangkan hal berikut ini sebelum menggunakan domain XYZ. Adapun kekurangan dari domain XYZ adalah sebagai berikut:

  • Ekstensi yang terdengar asing. Penggunaan yang jumlahnya masih sedikit dibandingkan dengan ekstensi  domain .COM seringkali membuat nama domain XYZ tampak asing. Sebagian pengguna bahkan bertanya-tanya apakah domain XYZ aman untuk digunakan.
  • Harganya tidak terpaut jauh dengan domain lain. Harga domain XYZ murah untuk tahun pertama saja. Tahun-tahun berikutnya, kamu akan dikenakan harga normal, yang jika dihitung-hitung tidak jauh berbeda dengan harga domain TLD lainnya. Eitss, tapi tenang jika ingin domain XYZ yang dijamin murahnya asli, kamu dapat menggunakan domain murah IDwebhost!

Contoh Website dengan Domain XYZ

contoh website dengan domain xyz

Pasti kamu sudah menanti-nanti pembahasan satu ini. Sebelum menutup artikel ini, kamu dapat mengetahui beberapa contoh website domain XYZ yang cukup populer. Kira-kira apa saja contohnya? Mari ketahui dari ulasan di bawah ini!

1. Official Website Daniel Nagari

Salah satu contoh website dengan domain XYZ adalah situs resmi pencipta ekstensi domain ini. Benar sekali, Daniel Negari mempunyai situs resmi untuk dirinya sendiri. Situs Daniel Negari ini berisikan tentang semua penjelasan terkait domain dan website miliknya.

Daniel Negari menggunakan website resminya untuk mempresentasikan profil, motivasi, visi dan misi, dan informasi lainnya terkait profesinya sebagai pencipta domain XYZ. Nama domain yang dikenakan bahkan sangat unik, lho. Website Daniel Negari mempunyai nama domain: ceo.xyz.

2. Alphabet Website

Contoh berikutnya adalah Alphabet website. Ini merupakan sebuah situs dari perusahaan induk Google. Situs ini dibuat pada tahun 2015. Nama situs ini cukup unik dan dapat menarik banyak perhatian pengunjung. Alphabet website mempunyai alamat situs: abc.xyz.

3. Social News – News Portal

Situs asal India ini juga menggunakan ekstensi domain XYZ pada website miliknya. Social News mempunyai reputasi yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Artikel-artikel di situs ini bahkan juga sering dibagikan ke berbagai portal luar negeri.

Konten Social News umumnya berupa artikel berita, ulasan film, dan berbagai artikel pop lainnya. Social News menjadi salah satu situs yang mudah diingat lantaran menggunakan akhiran ekstensi domain XYZ.

4. A&B Digital Marketing Agency Website

Terakhir, kamu juga bisa mengambil contoh dari website agensi digital marketing bernama A&B. Untuk menawarkan jasa layanan optimasi strategi digital marketing, A&B mengemas penampilannya dengan lebih menarik dan unik. Bukan hanya dengan penampilan visual situs yang minimalis namun juga dengan ekstensi domain yang iconic.

Jadi begitu ulasan singkat mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan, serta contoh dari penggunaan domain XYZ. Dapat disimpulkan bahwa domain XYZ adalah salah satu ekstensi domain yang tidak kalah populer dengan .COM dan mempunyai potensi untuk membuat website tampil lebih unik.

Jika tertarik untuk memiliki domain XYZ, kamu dapat menghubungi layanan customer care IDwebhost kapanpun! Namun, apabila kamu membutuhkan layanan hosting lengkap, IDwebhost juga menyediakan berbagai pilihan paket yang bisa kamu cek di sini.

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022