Pengertian Domain dan Hosting serta berbagai macam jenisnya

7 Mei 2018
Pengertian Domain dan Hosting serta berbagai macam jenisnya campaign-unlimited

Saat Anda berselancar di internet, Anda mungkin sering mendengar kata domain dan hosting. Apalagi jika Anda baru membuat website, mungkin Anda akan bingung tentang perbedaan domain dan hosting. Pada artikel kali ini,kami akan membahas beberapa hal tentang domain dan hosting yang dapat Anda pelajari.

Definisi Domain

Domain diibaratkan sebagai alamat. Tiap-tiap komputer yang berhubungan satu sama lain akan memiliki alamat IP (IP Address). Namun, alamat IP yang berbentuk deretan angka sulit untuk dihafalkan. Karenanya, muncul nama domain. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah manusia dalam mengakses komputer diinternet.

Jenis-Jenis Domain

Dalam penamaannya, domain terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ekstensi atau kata yang berada dibelakang domain seperti .com, .net, .org dan lain-lain yang disebut TLD (top level domain). Ada dua jenis Top Level Domain (TLD), yaitu Generic Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).
gTLD adalah domain yang akhiran .com, .net dan .org sedangkan ccTLD adalah TLD yang dikhususkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, go.id, net.id dll) atau Jepang dengan kode jp (co.jp, ne.jp, or.jp dll).

Contoh gTLD:
.biz : Digunakan untuk keperluan bisnis.
.com : Digunakan untuk keperluan komersial.
.edu : Digunakan untuk keperluan pendidikan.
.info : Digunakan untuk keperluan informasi.
.net : Digunakan untuk keperluan internet.
.org : Digunakan untuk keperluan organisasi.
.pro : Digunakan untuk keperluan profesioal.

Nama domain sangat penting sekali sebagai identitas awal sebuah website. jadi bagi Anda yang ingin membeli sebuah nama domain sebaiknya mencari nama dengan hati-hati dan disesuaikan dengan website yang ingin dikembangkan.

Jenis Domain

Definisi Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data digital yaitu termasuk text, gambar, atau video yang nantinya kesemua informasi tersebut akan di tampilkan dalam bentuk website. Entah itu website perusahaan, website pribadi, website blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang hendak Anda jadikan online sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host, itulah yang dimaksud dengan hosting. Kini banyak tersedia host-host yang ditawarkan di internet. Mulai yang berbayar, sampai yang gratis sekalipun.

Jenis-Jenis Hosting

1. Shared Hosting

Shared Hosting adalah istilah yang digunakan untuk layanan web hosting di mana beberapa situs berbagi sumber daya dari web server yang besar. Shared web hosting adalah jenis pilihan yang termurah dan paling terjangkau dari web hosting lain seperti VPS atau Dedicated Server.

2. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket web hosting yang menyediakan dedicated server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk klien tunggal.

3. VPS Hosting

Hosting VPS adalah singkatan untuk Virtual Private Server hosting. VPS hosting menawarkan mesin virtual untuk klien. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya. Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi.

4. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis teknologi terbaru yang mungkin belum dapat Anda temui pada semua penyedia layanan web hosting. Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi awan yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja melainkan menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai titik dan berbagai negara.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari dari domain dan hosting. Jika sekarang Anda ingin mencari domain murah terpercaya dan hosting yang handal, maka Anda bisa menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting  terpercaya dan domain yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013