Pengertian Dasar Website Yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

18 Jan 2019
Pengertian Dasar Website Yang Perlu Diketahui Oleh Pemula campaign-unlimited

Di masa kini website sudah memegang peranan penting dalam hidup kita. Apalagi dalam dunia bisnis, website sekarang ini sangat dibutuhkan agar bisnis kita bisa berkembang dan tidak kalah bersaing dengan kompetitor. Oleh karena itu, bagi anda yang masih baru memasuki dunia ini tidak boleh buta dan harus mengerti tentang website. Dan di artikel ini kami akan membahas pengertian dasar website bagi pemula.

Secara umum pengertian website bisa diartikan sebagai halaman yang berisi informasi berupa gambar, suara, dan teks yang dapat diakses secara online melalui internet oleh masyarakat luas atau netizen .

Bagi pengguna internet, istilah website tentu bukan lah hal asing lagi. Berbagai search engine seperti Google, Bing, Yahoo, hingga media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan kita setiap hari.

Berdasarkan informasi dari WeAreSocial, sebuah agency global yang mempelajari perkembangan teknologi di dunia, Indonesia memiliki 88,1 juta pengguna internet dari total populasi 259,1 juta jiwa. Jumlah ini merupakan jumlah pengguna internet terbesar ke 6 di dunia. Oleh karena itu, sayang sekali bukan jika bisnis anda tidak dikembangkan secara online?

Pengertian Dasar Website
Idwebhost

Tetapi dari jumlah pengguna internet tersebut, tidak semuanya memiliki website. Sebagian ada yang hanya menggunakan internet untuk mencari informasi melalui Internet dengan mengunjungi website. Mengapa demikian?

Karena sebagian orang beralasan tidak memiliki website karena keterbatasan keahlian untuk membuat website. Sedangkan sebagian yang lain nya disebabkan karena belum mengetahui fungsi website, serta apa manfaat website itu sendiri. Nah setelah memahami betapa penting nya memiliki website, berikut ini kami akan menjelaskan tentang pengertian dasar website bagi anda yang pemula dalam memasuki dunia online ini.

Pengertian Dasar Website Berdasarkan Fungsi dan Manfaatnya

Seperti penjelasan sebelumnya, website mampu menampilkan berbagai informasi seperti gambar, suara, maupun teks untuk para pengguna, sesuai tujuan pembuatannya. Secara garis besar ini juga sama dengan arti dan maksud dari pengertian website menurut para ahli yang ada dalam bukunya.

Contohya  ada website company profile digunakan untuk menerangkan profil suatu perusahaan, produk yang dijual, hingga kontak yang bisa anda hubungi.

Selain itu, ada juga jenis website e-commerce yaitu seperti toko belanja online, penjualan tiket, pembayaran online, dan masih banyak lagi, yang dimanfaatkan sebagai sarana untuk melakukan transaksi secara online.

BACA JUGA: Tips Menciptakan Website Yang Mobile Friendly

Misalnya Anda memiliki sebuah toko yang digunakan untuk berjualan sepatu. Maka Anda menggunakan toko tersebut seabgai toko fisik untuk memajang berbagai produk sepatu yang Anda jual.

Begitu pula jika Anda memiliki website, Anda dapat memajang semua produk sepatu yang Anda miliki di website tersebut dan hebatnya website toko sepatu Anda bisa dikunjungi oleh siapapun dan dimanapun sehingga jangkauan atau reach pasarnya menjadi lebih luas. Tampilan toko, serta informasi dan produk Anda dapat terwakili dengan tampilan halaman, informasi, teks, video dan gambar yang tertera di website.

Bagaimana Website Bisa Menampilkan Informasi?

Website dibuat menggunakan script pemrograman yang dapat menampilkan data yang sudah didefinisikan pada saat pembuatan untuk kebutuhan penggunanya. Informasi yang ingin ditampilkan bisa diambil dari database website itu sendiri (seperti tulisan gambar, video, dan lain-lain) atau dari berbagai sumber luar yang disimpan di server hosting.  Selanjutnya, script pemrograman yang ada pada server hosting tersebut akan diterjemahkan oleh web browser agar menampilkan informasi yang telah ditentukan.

Pengertian Dasar Website
idwebhost

Jenis Website Berdasarkan Media Penyimpanannya

Dalam media penyimpanan datanya website bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu website statis dan website dinamis. Berikut penjelasannya:

1. Website Statis

Website yang menampilkan data statis atau tetap, dimana informasi ditulis, disimpan, dan ditampilkan di halaman yang sama. Apabila ada perubahan data, developer harus mengedit script website yang ingin diubah secara manual.

Keunggulan Website Statis

  • Relatif mudah dan cepat dibuat.
  • Ukuran file website yang relatif kecil.
  • Potensi terkena kejahatan hacking kecil.

Kelemahan Website Statis

  • Proses penambahan & pengeditan konten website yang merepotkan.
  • Setiap kali anda menambah konten baru, berarti Anda harus membuat halaman baru.

Website statis cocok bagi anda yang memiliki website yang jarang melakukan update produk, website yang hanya mengutamakan tampilan design bukan informasi yang update serta website yang tidak membutuhkan sistem khusus untuk dioperasikan.

2. Website Dinamis

Website dinamis merupakan website yang menampilkan data yang dapat berubah-ubah (ditambah, dikurangi, atau diedit), dimana setiap informasi pada website ditulis dan disimpan di database pada server baru kemudian disajikan di halaman penampil ke browser.

Bila diibaratkan website statis adalah sebuah mini market atau kios kecil yang menampilkan produk yang dipajang saja, sedangkan website dinamis adalah sebuah supermarket yang memiliki gudang berisi stok dan selalu mengupdate barang yang dipajang.

Jika perubahan data perlu dilakukan (penambahan, pengurangan atau penyuntingan), developer tidak perlu mengedit script website tersebut. Ia hanya perlu mengakses halaman khusus yang disebut halaman administrator untuk bisa melakukan pengelolaan data agar informasi tersebut bisa muncul di halaman yang diinginkan.

Keunggulan Website Dinamis

  • Update Informasi yang mudah melalui halaman khusus.
  • Mampu memproses data & tampilan sesuai sistem yang telah dibuat.

Kelemahan Website Dinamis

  • Waktu pembuatan yang relatif lama.
  • proses pembuatan yang relatif lebih rumit dari website statis.
  • Potensi terkena hacking jika keamanannya buruk.
  • Jika data yang diambil dari database berukuran besar, website dapat menjadi lambat.

Jenis website dinamis cocok untuk Anda yang membutuhkan website dengan fitur kompleks dan sering berganti atau update konten.

Platform Pembuatan Website

Ada empat platform untuk pembuatan website berikut ulasannya

1. Manual Coding

Website dibuat dari nol secara manual menggunakan script pemrograman berikut fungsi bawaan script tersebut.

Kelebihan

  • Dapat membuat tampilan sesuai kebutuhan & keinginan.
  • Dapat membuat fitur sesuai kebutuhan dan keinginan.
  • Hanya developer yang mengetahui strukturnya.

2. Framework

Website dibuat menggunakan library script pemrograman, dimana fungsi-fungsi dasar yang umum digunakan sudah didefinisikan sehingga developer tinggal menggunakan library tersebut untuk mengembangkan website.

Kelebihan

  • Dapat membuat tampilan sesuai kebutuhan & keinginan.
  • Dapat membuat fitur sesuai kebutuhan dan keinginan.
  • Struktur website teratur sesuai kaidah aturan penulisan framework yang digunakan.

3. CMS (Content Management System)

CMS merupakan sistem pembuatan website siap pakai, dimana umumnya para pengguna tidak perlu terlalu banyak bersinggungan dengan script.

Pengertian Dasar Website
Idwebhost

Keunggulan

  • Tidak diperlukan pengetahuan tentang pemrograman yang mendalam.
  • Sudah tersedia tampilan theme yang siap dipergunakan.
  • Sudah ada fitur plugin / extensions yang siap dipergunakan.
  • Pembuatan website relatif cepat.

4. Web Builder

Web Builder adalah sistem pembuatan website siap pakai sejenis CMS. Bedanya, fungsi yang ditawarkan cenderung lebih sedikit & terbatas pada fungsi website secara umum.

Kelebihan

  • Sudah tersedia tampilan theme yang siap dipergunakan.
  • Sudah ada fitur plugin / extensions yang siap dipergunakan.
  • Pembuatan website relatif cepat.

Nah itu dia Pengertian Dasar Website bagi Pemula. Setelah mengerti tentang website, ayo segera buat website dan pasang domain serta hosting di IDwebhost.