Pengertian dan Fungsi Workstation
Blog Tips Keren

Pengertian dan Fungsi Workstation

pengertian workstation

Saat mempelajari tentang teknologi, Anda tentu sudah mengenal tentang komputer. Banyak sekali jenis – jenis komputer yang sudah berkembang. Jenis dari komputer ini biasanya dibedakan dan didefinisikan berdasarkan fungsi utama dan kegunaan dari masing- masing komputer tersbut. Selain itu, beberapa komputer juga seringkali dibedakan berdasarkan peranannya di dalam sebuah jaringan komputer. Setidaknya, ada 4 jenis komputer secara umum. Salah satunya adalah workstation. Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa hal mengenai workstation yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Workstation

Workstation berasal dari bahasa inggris yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya stasiun kerja. Berdasarkan penjabaran situs wikipedia, stasiun kerja tersebut mengacu kepada komputer khusus dengan kapasitas tinggi dan harga mahal yang digunakan untuk perhitungan ilmiah atau teknis, atau keperluan lainnya.
Workstation adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Workstation tidak dapat menjalankan tugas pemrosesan, tugas pemrosesan seluruhnya dilakukan oleh server sehingga beban pemrosesan dan lalu lintas network terpusat pada server. Istilah workstation juga sering disebut sebagai client.

Sebuah workstation minimal mempunyai kartu jaringan(NIC), aplikasi jaringan (Software jaringan), kabel untuk menghubungkannya ke jaringan. Biasannya sebuah workstation tidak begitu membutuhkan harddisk karena data yang ingin disimpan dapat diletakkan di server. Hampir semua jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer workstation.

Pemanfaatan jaringan tersebut dapat berupa sharing data, sharing printer, dan sebagainya. Apabila terjadi kerusakan pada komputer workstation berarti komputer yang digunakan tidak dapat masuk ke dalam jaringan sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan komputer server maupun komputer lain dalam jaringan tersebut.

Pengertian Workstation

Tugas-Tugas Workstation

Biasanya, sebuah komputer workstation memang ditujukan untuk kebutuhan spesifik tertentu saja. Tugas – tugas spesifik dari komputer workstation ini biasanya banyak mengarah ke tugas-tugas yang berhubungan dengan:

• Desain grafis
• Pengelolaan grafis
• Manajemen data
• Beberapa digunakan untuk kepentingan militer seperti : pelacakan gps, pendeteksi objek pada radar (penggunaan pada satelit dan telekomunikasi)

Komputer workstation tidak hanya terpaku pada sebuah tugas spesifik yang besar seperti penggunaan militer dan satelit. Akan tetapi untuk fungsi dan tugas spesifik yang simple juga bisa disebut dengan workstation. Misalnya adalah seorang desainer 3D yang sedang membuat sebuah film kartun 3D. Workstation dari desainer ini bisa saja merupakan komputer pribadinya yang memiliki spesifikasi tinggi dalam hal 3D dan juga software – software pendukung untuk membuat animasi 3D.

Fungsi Workstation

1. Mempercepat Pekerjaan User

Workstation membuat pekerjaan user akan menjadi lebih cepat selesai dibandingkan tanpa menggunakannya. Komputer workstation memiliki spesifikasi yang lebih unggul, sehingga dari segi performa memiliki kualitas yang lebih baik.

2. Mempermudah Pekerjaan User

Workstation juga membantu mempermudah pekerjaan dari user. Misalnya seorang user yang pekerjaannya adalah seorang desainer. Tentu saja membuat desain 3D di dalam sebuah komputer jauh lebih mudah apabila harus membuat sebuah desain 3D secara manual tanpa menggunakan bantuan komputer.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Workstation. Jika saat ini Anda sedang mencari penyedia hosting atau domain yang terpercaya, maka Anda bisa menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia yang handal dan berkualitas di Indonesia. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.