Pengertian dan Fungsi Google Display Network (GDN)
Blog Tips Keren Pengertian dan Fungsi Google Display Network (GDN)

Pengertian dan Fungsi Google Display Network (GDN)

Jika anda ingin mengetahui tentang Google Display Network maka pertanyaan inilah yang harus anda jawab. Apakah anda sering menonton film atau anime? anda pasti menemukan banyak sekali iklan sebelum anda bisa memutar video yang anda ingin tonton entah link di halaman pencari Google, gambar dengan format GIF, atau foto hingga video testimoni produk tersebut. Iklan yang berada di banyak website inilah disebut dengan Google Display Network atau GDN.

Google Display Network merupakan tools yang tepat untuk mendapatkan pelanggan dengan jumlah banyak melalui pemasangan iklan. Google Display Network baik secara langsung maupun tidak langsung dapat menarik perhatian pelanggan di luar mesin pencarian Google. Menyebarkan iklan anda di situs website yang banyak dikunjung oleh orang lain mungkin tampak seperti tugas yang sulit dan mahal. Tetapi dengan Google Display Network yang ditemukan di Google Adwords, itu lebih sederhana daripada yang anda pikirkan. Simak penjelasan berikut!

Pengertian dan Fungsi Google Display Network (GDN)

Pengertian Google Display Network (GDN)

Google Display Network adalah sebuah sistem dari Google yang kuat dan yang dapat menjangkau lebih dari 2 juta situs website dan 90 persen pengguna internet. Dengan bantuan layanan ini anda dapat membuat iklan anda di pangsa pasar yang anda targetkan di seluruh dunia ini. Layanan ini merupakan Iklan yang dibuat pada Google Display Network yang berbentuk video interaktif, gambar dan teks. Anda juga dapat menampilkan iklan pada website sesuai dengan jenis bisnis.

Anda bisa menjangkau mereka ketika mereka melihat video berita, bermain game di ponsel mereka atau bahkan ketika mereka memeriksa email mereka. Yang paling penting? Pelajari cara menjangkau mereka dengan iklan anda sejak awal dalam siklus pembelian ketika mereka masih meneliti, menimbang pilihan mereka. Bahkan mungkin, saat mereka tidak sadar membutuhkan layanan anda.

Kenapa menggunakan Google Display Network (GDN) ?

Nilai dari kemampuan GDN sangatlah terjangkau hingga kesederhanaan dan kemudahan untuk pemula. Prospeksi, Brand awareness dan pemasaran ulang dapat dikatakan akan memakan biaya harga yang cukup malah ketika menggunakan iklan pencarian tradisional. Tetapi dengan menggunakan GDN anda dapat menyortir kebutuhan yang anda butuhkan untuk iklan dan bisnis anda. Selain itu ada juga opsi tak terbatas untuk menyesuaikan penargetan audiens anda dengan layanan ini.

Pada akhirnya, anda tidak perlu menggunakan banyak dana untuk beriklan melalui GDN. Anda hanya perlu memilih faktor penargetan yang tepat untuk tujuan pemasaran anda.

Dengan iklan pencarian Google, anda pada dasarnya hanya beriklan pada pasar yang masih besar. Dimana sebagian besar bisa untung-untungan, baik dengan siapa anda menargetkan maupun dengan cara anda apa membuat iklan. GDN,di sisi lain, memungkinkan anda untuk menentukan audiens anda dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh mesin pencarian Google. Karena anda dapat menargetkan lebih dari sekedar pangsa pasar yang masih luas, sehingga anda tidak terbatas pada halaman hasil Google. GDN memungkinkan anda menargetkan situs website berdasarkan kesamaan pengunjung website, industri dalam pasar dan keywords khusus. Anda bahkan dapat memilih sendiri penempatan iklan anda di situs website yang sesuai dengan audiens yang anda targetkan.

Google Display Network (GDN) vs. Search Network

Google Adwords memiliki dua jaringan iklan yang berbeda: Pencarian dan Tampilan.

GDN memungkinkan anda untuk menempatkan iklan di mesin pencarian Google yang terbukti berhasil, di mana anda dapat menjangkau pengguna saat mereka mencari kata kunci dan frasa tertentu. Ini muncul dalam hasil pencarian organik Google. Serta akan ada sedikit konten CTA tambahan dalam iklan dalam pencarian daripada apa yang anda harapkan dalam hasil pencarian Google akan terasa berbeda seperti biasa.

Tetapi GDN sendiri sedikit lebih pasif. Hal ini karena mengintegrasikan iklan anda ke situs web yang dipilih dengan cermat. Dimana akan dapat menjangkau pengguna saat mereka berbelanja, menelusuri atau membaca. Hal ini juga memungkinkan anda beriklan di beberapa media visual dengan video, bukan hanya iklan teks biasa dan mengingat bahwa sekitar 90 persen dari semua informasi yang diproses oleh otak adalah visual, itu saja bisa menjadi merubah teknik marketing anda menjadi semakin menarik.

Pengertian dan Fungsi Google Display Network (GDN)

Lokasi Iklan Google Display Network (GDN)

Seperti yang anda ketahui sebelumnya bahwa GDN menjangkau lebih dari 2 juta situs web tetapi itu tidak berarti iklan anda akan ditayangkan di setiap situs website tersebut. Jaringan ini terdiri dari beberapa tingkatan situs web yang berbeda.

Ada situs Google sendiri seperti YouTube, Blogger, dll. Situs penerbit AdSense, tempat pengelola situs website untuk mendaftar agar dapat berpartisipasi. Serta situs yang berpartisipasi dalam DoubleClick Ad Exchange, sebuah pasar iklan online. Meskipun anda dapat menjalankan iklan GDN di salah satu dan semua grup ini, Hal itu pada akhirnya tidak akan menghasilkan Return on Investment atau ROI yang tinggi. Untuk hasil terbaik, anda harus sedikit lebih selektif tentang situs Google Display Network tempat iklan anda berada. Berikut point point yang harus anda pikirkan:

  • Pilih sendiri domain anda

Disebut “Management Placements,” fitur ini memungkinkan anda untuk mengelola dan menentukan situs web, permainan, video, umpan, dan situs seluler tertentu tempat iklan anda akan muncul. Jika anda tahu pelanggan potensial anda adalah orang akdemisi dan pendidikan tinggi atau suka dengan produk tertentu. Jalankan iklan anda di situs-situs itu dan pastikan iklan anda adalah berisi konten yang tepat.

  • Biarkan Google memilih penempatan untuk anda

Meskipun tidak langsung, anda juga dapat mengizinkan Google Adwords untuk memilih placements iklan atas nama anda. Untuk melakukan ini, anda cukup menentukan kata kunci dan topik tertentu yang terkait dengan iklan anda, dan kemudian Google Adwords memilih situs yang paling relevan dengan iklan anda.

Pada akhirnya, meskipun placements anda penting, itu bukan satu-satunya opsi yang anda miliki saat membuat iklan di GDN anda. Anda juga dapat memilih pengunjung yang melihat iklan anda dengan menargetkan demo tertentu, lokasi geografis, dan lainnya.

  • Mengapa anda harus memblokir pembukaan iklan aplikasi seluler di GDN

Untuk setiap pengunjung dengan anggaran iklan terbatas untuk Google Adwords, anda sebaiknya menghindar dari pembukaan iklan melalui aplikasi seluler. Berbicara dari pengalaman penempatan seluler ini tidak dapat dikonversi dan khususnya iklan yang ada di game. Maka pahami juga cara memblokir traffic aplikasi seluler dari Google Display Network.

Pengertian dan Fungsi Google Display Network (GDN)

Penutup

Mungkin cukup sampai disini dulu. Selamat Membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.