Pengertian dan Cara Kerja Afiliasi

28 Feb 2023
Pengertian dan Cara Kerja Afiliasi campaign-unlimited

Pengertian dan Cara Kerja Afiliasi. Apakah kamu hendak mencoba menjadi seorang afiliate? Atau kamu sedang bingung mengenai apa sih itu afiliasi? yuk, mari simak dahulu penjelasan IDwebhost tentang pengertian dan cara kerja afiliasi dibawah ini.

Menurut Wikipedia

Afiliasi menurut wikipedia, afiliasi adalah cara untuk mendapatkan pemasukan uang dengan cara mendaftarkan diri pada sebuah perusahaan atau lembaga yang memang sedang membuka peluang untuk menjualkan lagi produk mereka dengan cara afiliasi.

Sehingga kamu atau suatu badan usaha akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama-sama. Itu penjelasan menurut situs pengetahuan terbesar wikipedia ya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kata afiliasi adalah hubungan antara anggota atau cabang seperti hubungan universitas di indonesia dengan universitas di luar negeri atau bisa diartikan suatu bentuk kerjasama antara dua lembaga pendidikan. Biasanya yang satu lebih besar, loh dibandingkan dengan yang lain. Tetapi tiap lembaga pendidikan tersebut berdiri sendiri ya. Gimana? Masih belum paham? Lanjut dibawah ya,hehe.

Pengertian dan Cara Kerja Afiliasi

 

Menurut IDwebhost

Afiliasi adalah kerjasama antara IDwebhost dengan individu atau suatu perusahaan yang saling berdiri sendiri. Singkatnya, afiliasi juga dapat diartikan sebagai sebuah kerjasama untuk mendapatkan keuntungan dengan cara melalui pemasangan ‘link’ atau ‘banner/iklan’ di situs web.

Sampai sini paham kan guys? Ok kalau sudah paham, kita lanjut pengertiannya menurut pelaku internet marketer atau bahasa sederhananya adalah sales online.

Pengertian afiliasi bagi praktisi internet marketer adalah suatu cara untuk mendapatkan uang dengan cara menjual produk dari suatu perusahaan yang menyediakan jasa afiliasi. Dengan bergabung menjadi bagian dari pemasar produk yang biasanya disebut dengan affiliate marketers, maka kamu akan dibayar setelah produk yang dipasarkan terjual.

Hai ini sangat terkenal loh di luar negeri sana, karena banyak pelaku afiliasi marketer di luar negeri bisa memiliki penghasilan rata-rata 20 juta perbulan hanya dari pekerjaan afiliasi marketing loh, fantastis kan guys. Setelah mengerti pengertian afiliasi dari berbagai pendapat, kita lanjut pembahasannya yuk. Lalu bagaimana sih cara kerja dari afiliasi itu ?

Cara kerja afiliasi hampir sama dengan broker atau perantara. Sebab penerapannya sama, yaitu kamu tidak perlu untuk memiliki barang atau jasa untuk bisa menjual sesuatu. Enak ya, tak perlu memiliki barang, tinggal promosikan kalau ada yang beli dapat komisi lagi. Enak kan?

Yuk, kita bahas selengkapnya bagaimana sistem kerja afiliasi dibawah ini.

Cara Kerja Afiliasi

Sistem kerja dari afiliasi sangatlah mudah dan menguntungkan. Kamu bisa memasarkan dan mempromosikan produk melalui media website, media sosial ataupun langsung ke teman-temanmu tanpa perlu membuat stock produk/barang terlebih dahulu.

Berbeda halnya dengan sistem reseller atau dropship. Di mana masih ada kaitannya dengan penjualan. Kalau di sistem kerja afiliasi, kamu hanya tinggal memasarkan link afiliasi melalui media yang sudah saya disebut di atas.

Lalu apakah bisnis tersebut merupakan bisnis yang kecil? Tidak, bisnis ini merupakan bisnis yang besar dan menggiurkan loh. Dalam bisnis ini ada istilah yang akan selalu kamu temui.

Seperti penyedia jasa atau biasa disebut dengan affiliate merchant, yaitu sebuah perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang akan mereka pasarkan dan promosikan melalui internet.

Jika bagi kamu yang baru mendengar istilah bisnis afiliasi mungkin wajar masih binggung, apa sih itu? bagaimana cara mendapatkan uangnya? Cara untuk mendapatkan uang dari bisnis ini yaitu ketika kamu mendaftarkan diri pada merchant. Lalu kamu akan diberikan link atau url khusus untuk mengidentifikasi bahwa nantinya penjualan produk tersebut berasal darimu yang bisa di-generate melalui link afiliasimu.

Contoh Merchant / Perusahaan Penyedia Afiliasi

Kamu tertarik dengan bisnis ini? Jika tertarik dengan bisnis ini, saya ada beberapa merchant yang menyediakan program afiliasi diantaranya adalah :

  • IDwebhost
  • Markethealth
  • ShareaAsale
  • Amazon
  • CJ.com
  • Clickbank

Itulah beberapa penyedia afiliasi dari berbagai merchant. Sekarang kita lanjut yuk bahas tentang keuntungan dari bisnis afiliasi ini.

cara kerja bisnis afiliasi

 

Keuntungan Afiliasi

1. Resikonya Kecil

Pemasaran online sebagai afiliasi marketer memiliki resiko yang rendah, namun memiliki peluang bisnis yang tinggi loh. Kita tidak perlu untuk menginvestasikan banyak uang untuk memulainya. Kita hanya membutuhkan koneksi internet dan komputer, bahkan ada yang melalui smartphone saja.

2. Menjadi Bos Untuk Diri Sendiri

Tidak seperti pekerjaan pada suatu perusahaan dimana kita bekerja untuk orang lain, seorang afiliasi marketer menikmati jam kerja yang fleksibel dan bebas. Kita yang menentukan ingin bekerja berapa lama dan ingin mengerjakan dimanapun kita mau.

3. Tidak Ada Batasan Penghasilan

Program afiliasi tidak membatasi penghasilan yang dapat kamu peroleh kok. Semuanya terserah padamu, seberapa gigih kamu bekerja keras untuk bisa mendapatkan penghasilan yang di inginkan.

4. Passive Income

Bagi kamu yang sudah mempunyai pekerjaan, program afiliasi ini bisa menjadi salah satu solusinya. Karena kita hanya dengan mencantumkan url afiliate kita pada situs web atau blog kita. Setiap calon customer baru yang melakukan pembelian dari url yang kamu cantumkan, maka berhak mendapatkan komisi atas transaksi tersebut.

Itulah empat keuntungan berbisnis afiliase sebagai afiliasi marketer. Menarik kan guys? tertarik? tunggu dulu, selanjutnya kita bahas kekurangannya dari afiliasi ini yuk, dibawah ini.

Kekurangan Afiliasi

Tadi kita sudah membahas kelebihan/keuntungan dari program afiliasi ini, sekarang kita bahas kebalikannya yaitu kekurangannya yuk.

1. Afiliasi Marketing Membutuhkan Proses

Banyak orang berangapan bahwa dalam menjalankan bisnis ini prosesnya mudah dan cepat. Tentu itu salah, semua bisnis membutuhkan proses dan fokus untuk benar-benar bisa menghasilkan. Menurut data dari situs Threeladdersmarketing.com, hanya ada sekitar 0,6% affiliate marketer yang berhasil dalam menjankan programnya dari tahun 2013-2014. Nah, dari data diatas, membuktikan bahwa bisnis ini tentu membutuhkan waktu dan fokus untuk menjalankannya.

2. Media Populer Tidak Menjadikan Sukses

Banyak orang berfikir bahwa jika memiliki media seperti website dengan banyak pengunjung maka akan sukses dalam afiliasi. Memang benar tetapi itu tidak menjamin kamu sukses loh, banyak juga pelaku afiliasi yang memasang produknya di situs biasa namun justru berhasil.

Itulah 2 kekurangan dari saya dari program afiliasi. Selanjutnya kita bahas tips dalam menjalankannya yuk.

Baca Juga : 10 Tips Jitu Memilih Hosting Provider Yang Tepat

Tips Sukses Afiliasi

1. Memilih Partner yang Kompeten

Dengan memilik partner bisnis yang kompeten dan terbukti membayar, kamu akan lebih nyaman dan tidak khawatir untuk dirugikan sehingga pekerjaanmu lebih enak dalam menjalankannya.

2. Memasarkan Di Banyak Media

Cara terbaik untuk bisa meraih kesuksesam di program affiliate marketing yaitu dengan cara memasang link afiliasi di banyak media. Seperti memasang di beberapa web atau blog, di media sosial seperti Facebook, Instagram dan twitter.

Semakin banyak tempat atau media yang kamu manfaatkan untuk promosi, maka akan semakin banyak pula peluang orang membeli produk melalu link afiliasi tersebut. Oleh sebab itulah, perbanyaklah jaringan.

3. Fokus Dan Terus Belajar

Ini yang terpenting dari segala tips yang ada, kita harus bisa fokusaf terhadap suatu pekerjaan seperti pada program afiliasi dan terus belajar supaya bisa mengembangkannya agar bisa seimbang dengan dunia informasi yang terbaru. Sekiranya cukup tiga tips dari saya diatas untuk bisa mencapai kesuksesan dalam program afiliasi ini yah guys.

keuntungan program afiliasi

Baca Juga : Mengaktifkan Fitur Afiliasi di Member IDwebhost

Kesimpulan

Dalam menjalankan bisnis afiliasi dizaman yang sudah serba digital saat ini, kita harus lebih giat dan fokus dalam menjalankannya. Cara supaya kita bisa sukses di bisnis ini yaitu yang pertama harus memilih dengan teliti partner bisnis kita dan memastikan bahwa perusahaan mereka terpercaya dan membayar. Yang kedua kita harus banyak memasang url afiliasi kita diberbagai media baik web maupun medsos. Dan yang terakhir, kita harus banyak belajar dan terus belajar mencoba sampai mencapai titik bisa dikatakan sukses dalam program ini.

Itulah penjelasan singkat dari IDwebhost mengenai pengertian dan cara kerja afiliasi yang bisa membantu menambah pendapatanmu. IDwebhost merupakan salah satu webhosting atau penyedia hosting terbaik di indonesia yang telah dipercaya oleh 100 ribu pelanggan untuk membantu perkembangan bisnis mereka.

Selain itu IDwebhost juga menyediakan jasa berbagai jasa menarik lainnya seperti jasa pembuatan website, jasa promosi online, jasa wordpress hosting dan lainnya.